MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Air Terjun Lae Une Mengalir dari Pakpak Bharat ke Aceh Singkil

Air Terjun Lae Une Mengalir dari Pakpak Bharat ke Aceh Singkil
Add Comments
Selasa, 07 Januari 2020
Bagi warga Pakpak Bharat, sebelumnya Air Terjun Lae Une adalah tujuan berlibur paling favorit sebelum kemunculan beberapa destinasi alam lain. Objek wisata ini terletak di lembah Desa Kecupak, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut (PGGS).

Air Terjun Lae Une merupakan salah satu titik aliran sungai une (simpang kanan) yang asal mata airnya berasal dari daerah pegunungan Pagindar dan kemudian bermuara ke Aceh Singkil.

Tinggi air terjun tersebut tidak lebih dari 9 meter. Namun luas area kolamnya mencapai 100 meter dan dikelilingi oleh bebatuan. Air Terjun Lae Une pernah meluap sekitar tahun 1996 dan membuat gazebo di sekitarnya hanyut.

lae une - via bulan ths

Daya Tarik

Keindahannya tidak lepas dari kondisi alam yang masih terjaga. Sayangnya, tinggi air terjun Lae Une mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Hal itu diakibatkan oleh derasnya debit sungai yang perlahan menggerus bebatuan. 

Saat berkunjung pada musim hujan, di tempat ini akan muncul 1 air terjun lagi. Tepatnya di sebelah kanan Lae Une.

Air Terjun Lae Une ini juga dikenal sebagai spot memancing terbaik di Pakpak Bharat lho teman travelingmedan.com. Ikan endemik khas air tawar seperti Kaperras dan Ihan, banyak ditemukan hidup di dalam sungai tersebut.

Fasilitas

Oleh Dinas Pariwisata Pakpak Bharat, objek ini sudah diberikan amenitas lengkap. Sarana jalan berupa tangga yang disemen permanen pun telah dibangun. Sehingga, teman Traveling Medan tidak perlu kesusahan untuk menuruni tebing.
lae une
Bila ingin berenang, dianjurkan untuk di tepi sungai saja mengingat alirannya yang begitu deras. Terutama bagi pendatang, harus ekstra hati-hati karena bebatuan di bawah sungai rata-rata memiliki permukaan yang licin.

Di lokawisata tersebut, terdapat warung kecil yang menyediakan aneka jajanan. Seraya menikmati keelokan Lae Une. Kita bisa makan atau minum kopi khas Pakpak.

Rute dan Tiket Masuk

Dari ibukota Salak, jarak ke lokasi sekitar. Tersedia transportasi publik setiap hari namun jarang. Kecuali ketika hari pekan (Kamis). Opsi terbaik yakni menggunakan angkutan becak. Soal penginapan, di Kecupak sudah ada hotel Impana jika teman TM ingin bermalam di ibukota kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut.

Biaya masuk ke Air Terjun Lae Une sekitar Rp5k per pengunjung baik saat weekend maupun weekday. 

Air terjun yang sungainya mengalir dari kabupaten Pakpak Bharat dan bermuara ke laut kabupaten Aceh Singkil ini patut dikunjungi jika sedang berada di Salak. Selain itu, masih ada Simbilulu yang tak kalah keren.