MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Begini Kolam Renang Paradiso Medan yang Diwariskan Belanda

Begini Kolam Renang Paradiso Medan yang Diwariskan Belanda
Add Comments
Sabtu, 04 Januari 2020
Proyek kolam renang Paradiso di Medan telah dimulai ketika Belanda menempati Sumatera Utara.

Kolam renang Paradiso merupakan peninggalan bersejarah semasa Indonesia dalam kungkungan Belanda. Kendati demikian, kondisi destinasi heritage yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Medan, dekat dari PDAM Tirtanadi dan Hotel Garuda tersebut masih terjaga.

Usai selesai dibangun pada tahun 1916-1918, kolam renang Paradiso saat itu hanya boleh dipakai oleh kaum bangsawan Belanda berserta keluarga kesultanan Deli. Namun paska Indonesia merdeka, kolam renang ini akhirnya resmi dibuka untuk umum.
paradiso in a swimming pool in medan, built by dutch on 1916 until 1918
Kolam Renang Paradiso adalah salah satu bangunan yang diwariskan oleh Belanda. Desain bangunan kontemporer tampak melekat di setiap inci gedung. Jika dilihat dari luar, wahana air ini terlihat biasa-biasa saja. Tapi, nilai historis yang tersimpan di dalamnya cukup menarik untuk ditelusuri.

Sampai sekarang, pengunjung kolam renang didominasi oleh atlet, pelajar dan masyarakat Medan yang bermukim di sekitar SM Raja. Pengunjung tidak terlalu ramai, biasanya mereka datang sore hari. Karena kolam renang ini bertipe terbuka maka saat tengah hari, sinar matahari terasa menyengat.

Seluruh area Paradiso dicat warna putih dan biru. Di sisi kanan kolam renangnya terdapat bangku panjang untuk duduk. Suasananya cukup nyaman dan bikin cozy, apalagi jika kita butuh kolam renang yang sepi di Medan, Paradiso ini sangat direkomendasikan.



Di sini terdapat dua buah kolam renang, satu dikhususkan untuk anak-anak dan satunya lagi bagi orang dewasa. Pun tingkat kedalamannya tentu berbeda.

Jangan berharap banyak dari segi fasilitas, di sini sama sekali tak ada wahana permainan seperti yang biasa dijumpai di waterpark atau waterboom. Amenitas kolam renang tergolong standar, yaitu toilet, ruang ganti dan bilik bilas.

Baca Juga: Kuil Shri Mariamman Medan

Tiket masuk ke kolam renang Paradiso yakni Rp13.000 baik weekend maupun weekday. Sedangkan untuk pelajar biaya masuknya lebih murah. Dan jika ingin berkunjung, jangan lupa membawa pakaian renang karena sudah diwajibkan oleh petugas sekitar.