MASIGNASUKA101
7168738000188950837

13 Tempat Wisata di Bengkulu Utara Paling Terbaru & Kekinian

13 Tempat Wisata di Bengkulu Utara Paling Terbaru & Kekinian
Add Comments
12/15/2020

Cek daftar tempat wisata populer di bengkulu Utara. Objek berlibur terbaru dan terkini yang menjadi perbincangan turis. Meliputi destinasi alam, laut dengan pesona pantai terbaik, kuliner lezat, air terjun, pegunungan hingga tujuan rekreasi kekinian pun ada di sini.

tempat wisata di bengkulu utara
Bersama Kota Arga Makmur, Bengkulu Utara merupakan daerah geografis dengan indeks wisata terbaik di Bumi Raflesia. Tempat liburan di kabupaten tersebut memang komplit. Ditambah lagi sarana yang cukup memadai. Alhasil, destinasi wisata Bengkulu Utara menjadi semakin optimal berkat fasilitas dan akomodasinya yang lengkap itu.

Secara administratif Bengkulu Utara dan Arga Makmur berada di wilayah geografis yang sama. Menurut Wikipedia, luas darat dan laut mencapai 6.412 km persegi sehingga kegiatan turisme-nya menawarkan potensi alam dan bahari. Berikut sederet nama tempat wisata di Bengkulu Utara yang rekomended dikunjungi.

1. Taman Paduko Kota Arga Makmur

wisata taman argamakmur bengkulu utara
image via: yodi/googlemap
Sebagai wilayah kota, Arga Makmur memiliki beberapa objek wisata taman yang jadi tempat favorit warga untuk bersantai. Seperti Taman Tugu Amanah, Argamakmur's Landmark dan Alun-Alun Rajo Malim Paduko. Ketiganya berada di pusat perkotaan sehingga sangat strategis.

Lantaran termasuk wisata gratis, tentu saja taman di ibukota kabupaten Bengkulu Utara ini selalu ramai didatangi. Tak cuma ramai sewaktu weekend, pun pada hari-hari biasa tak pernah sepi. Sebab selain menawarkan suasana hijau dan asri, tersedia juga spot kuliner dan jajanan lezat di sini. 

Alun-alun Rajo Malim Paduko sendiri merupakan taman terbuka di Arga Makmur yang juga dijadikan sebagai pusat olahraga gratis. Sehingga rata-rata pengunjungnya datang untuk menghabiskan santai sore sampai malam hari sembari berolahraga ringan.
Lokasi: Kelurahan Gunung Alam, Kota Arga Makmur, Bengkulu Utara (Peta Di Sini)
HTM: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

2. Bukit Barisan Kuro Tidur

image via @eko_wahyu.dy
Salah satu spot wisata terbaru di kawasan Bengkulu Utara adalah sebuah bukit yang elok. Menyajikan panorama alam dengan pemandangan dari ketinggian dan memiliki jalur trekking yang cocok untuk pendaki. Destinasi hijau ini mulai hits di kalangan pecinta alam.


Adapun nama tempat wisata alam di Bengkulu Utara tersebut adalah Bukit Kuro Tidur. Lokasinya diapit oleh barisan bukit yang terbentuk alami menyerupai kura-kura. Bukit ini sendiri menjadi titik tertinggi yang keindahannya bagus diabadikan dengan foto.
Lokasi: Desa Kuro Tidur, Kec. Arga Makmur, Bengkulu Utara. provinsi Bengkulu
Tiket Masuk: -

3. Air Terjun Palak Siring

wisata kemumu bengkulu utara
image via: @rizalisme__
Tujuan wisata dekat arah Arga Makmur, Bengkulu Utara selanjutnya adalah Air Terjun Palak Siring di Kemumu. Bagi kamu yang ingin menikmati destinasi alami seperti air terjun lengkap dengan spot kolam pemandian, kamu bisa mengunjungi ke tempat ini.

Nah, curug yang satu ini memiliki julukan air terjun bertangga 1000. Karena wisatawan yang berkunjung ke sana harus melewati anak tangga yang tersusun rapi hingga ke dasar lembah. Meski begitu, perjalanan melalui tangga tak akan melelahkan.

Setibanya di lokasi wisata, aliran sungai Kemumu yang jernih berkilau akan segera menyambut. Di area lain, air terjun cantik setinggi 20 meter yang diapit dinding batu terlihat begitu menawan. Di sini, Teman TM bisa bermain air dan berenang di kolam alaminya.
Lokasi: Desa Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Bengkulu Utara.
Tiket Masuk: Rp2.500
Jam Operasional: 09.00 - 17.00 WIB

4. Pantai Tapak Balai

image via: instagram/dinata0227
Bengkulu Utara adalah surganya wisata pantai. Tak perlu repot mencari, kamu bisa membuktikannya lewat sederet pulau dan pantai eksotik di kawasan pesisir kabupaten. Akses dari Argamakmur ke kawasan yang banyak pantainya cuma berjarak 56 km saja.

Pantai Tapak Balai adalah destinasi ideal yang akan kamu jumpai setelah menempuh perjalanan selama 1 jam. Sisi unik dari pantai tersebut yakni keberadaan sebuah pulau kecil yang terbentuk akibat tergerus ombak secara terus-menerus.

Ombak di pantai unik tersebut memang dikenal kuat. Sehingga pengelola tak menganjurkan pengunjung mendekati tepi laut. Sebagau gantinya, pengunjung bisa menikmati panorama samudera luas beserta onggokan pulau kecil sambil menyegarkan diri dengan meminum kelapa muda.

5. Pantai Lais

image via @abisatriawansa
Berawal dari sungai yang bermuara ke laut lepas, Pantai Urai di Lais menjelma menjadi obyek wisata yang instagramble setelah pengelola menambahkan ragam spot foto kekinian yang romantis. Selain bisa menyegarkan pikiran, cocok juga dipilih untuk memuaskan kegemaran fotografi.


Hamparan pasir dan background laut yang menciptakan view menakjubkan di Pantai Lais adalah lokasi foto prewedding terbaik di Bengkulu Utara. Saat jalan-jalan ke sana, kamu akan sering melihat pasangan muda-mudi ditemani photographer yang sedang melakukan photoshot di tempat romantis ini.
Lokasi: Desa Lais, Kec. Padang Jaya, Kab. Bengkulu Utara
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Operasional: 08.00 - 18.00 WIB

6. Taman Wisata Pantai Indah

wisata putri hijau destinasi populer di bengkulu utara - image via: budi setiyawan/googlemap
Wilayah kecamatan Putri Hijau di Bengkulu Utara memang selalu menghadirkan tempat wisata yang seru untuk berlibur. Selain cagar alam Pusat Konservasi Gajah Sebelat, kamu dapat menjadikan Taman Wisata Pantai Indah sebagai tujuan alternatif.

Keseruan bermain air di wisata yang ada di Putri Hijau tersebut tak akan terlupakan. Wilayahnya yang membelakangi perbukitan dan laut biru membuat komposisi alam di sana terlihat seperti sebuah lukisan. Lokasinya pas banget buat kamu yang membutuhkan tempat menenangkan diri.

Makanya taman wisata pantai satu ini termasuk salah satu destinasi di Putri Hijau yang sangat mudah diakses. Kalau berangkat dari pusat kecamatan, cukup berkendara selama 12 menit saja. Soal biaya, pengunjung tak usah membayar retribusi karena tiket masuknya masih free alias gratis.
Lokasi: Desa Air Putih, Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 08.00 - 20.00 WIB

7. Lorong Watu

tempat wisata di bengkulu utara
image credit: @ihsanjayadi/instagram
Tak sedikit pengunjung yang menyebut tempat ini sebagai Lorong Waktu. Tetapi ada juga kok yang lebih suka memanggilnya dengan nama asli yaitu Lorong Watu. Namun apa pun julukannya, wisatawan pasti sepakat mengatakan bahwa objek wisata ini istimewa.

Sisi istimewanya adalah spot berupa fenomena tebing bebatuan yang terbentuk seperti lorong panjang. Adapun lorong itu mengapit sungai kecil berkedalaman 2 meter. Tak terlampau jauh dari sana, sebuah curug mini bisa disusuri.

Kamu pasti sangat senang jika berkesempatan menyusurinya. Pasalnya, area wisata di seputaran Kemumu ini menyediakan berbagai atraksi menarik. Oleh letaknya yang lumayan jauh dari pemukiman, maka potret lingkungannya masih lestari serta jauh dari polusi.
Alamat: Desa Kemumu, Kec. Arga Makmur, Bengkulu Utara
Tiket: Rp10.000
Waktu Operasional: 24 jam

8. Bak Blau

wisata bengkulu utara
image credit: instagram/torawidiobagoyto
Wow! Pernah berpikir nggak kalau ada tempat seindah ini di Bengkulu Utara?

Kalau kemari saat musim kemarau, Bak Blau dengan gemericik suara aliran sungai yang tergenang menjadi danau akan membuatmu seperti sedang mendengar merdunya nyanyian alam. Bukan hanya karena suasana itu, tetapi atmosfir di sana juga sangat asri.

Sungai yang dingin dan jernih ini berasal dari balik hutan. Sedangkan warna airnya yang biru ditenggarai muncul dari lumut yang tumbuh di dasar sungai. Karena kaya mineral, wisatawan dapat meneguk airnya langsung untuk menghilangkan haus dan dahaga.
Lokasi: Desa Meok, Kecamatan Enggano, Bengkulu Utara (Map)
Tiket Masuk: -
Jam Buka: -

9. Pantai Muara Ketahun

image via: @roellyan
Destinasi berikut bisa dibilang tersembunyi dan tak sefenomenal pantai lainnya di Bengkulu Utara. Ya, masih sangat sedikit wisatawan yang datang ke sana. Padahal, levelnya bisa bersaing bila dibahas dari segi daya tarik maupun keelokannya.

Irisan sunset di Pantai Ketahun nyaris sempurna. Keelokan yang tersaji itu menciptakan atmosfer senja yang memikat hati. Sedang pagi harinya, sunrise dengan lembayung matahari kekuningan yang memanjakan mata bisa traveler saksikan.

Pantai yang berlokasi di Kec. Ketahun ini menawarkan kenyamanan bagi semua tipe pengunjung. Kendati fasilitasnya tak semaksimal destinasi lain, namun kamu dan keluarga bisa habiskan liburan akhir tahun beserta keluarga di sini.
Lokasi: Jalan Raya Lintas Barat, Pasar Ketahun, Bengkulu Utara (Peta)
Tiket: Rp5.000/orang
Jam Operasional: 07.00 - 19.00

10. Air Terjun Alas Bangun

image credit: @mito.febrianto
Eksotika alam di Bengkulu Utara memang luar biasa menakjubkan, terlebih jika kamu berniat menjelajah ke pedalaman. Di Pinang Raya misalnya, tersedia Air Terjun Alas Bangun untuk menikmati aspek mencengangkan itu.

Petualangan menuju lokasi akan menempuh rute dimana kamu harus berjalan melalui desa terpencil. Sepanjang jalur trekking, pemandangan sawah berundak yang terbentang akan setia menemani sampai kamu tiba di tujuan.
Lokasi: Desa Alas Bangun, Kecamatan Pinang Raya, Bengkulu Utara
Tiket: Gratis

11. Danau Global

danau global
Bosan dengan spot yang itu-itu saja? mungkin kamu belum pernah berlibur ke spot unggulan di sekitar Suka Baru, Marga Sakti Seblat berikut. Destinasi pamungkas ini adalah Danau Global.

Bagus dinikmati dari ketinggian. Danaunya yang bening dengan gradasi hijau akan terlihat mengesankan. Nah untuk sampai ke titik ini pengunjung tak akan mengalami kesulitan, dapat menggunakan kendaraan motor maupun mobil.

Objek wisata sekitar Bengkulu Utara dan Marga Sakti Seblat satu ini bisa jadi tempat rekreasi alternatif yang pas. Kendati fasilitasnya masih seadanya saja. Sebab, setiap titik danau bagus untuk dibidik dengan lensa kamera.
Lokasi: Desa Suka Baru, Kecamatan Marga Sakti Seblat
HTM: Gratis

12. Curug Sembilan

curug sembilan - credit: @bonx.13
Kecantol dengan Curug Sembilan yang sering diberitakan media? Kamu harus memasukkan air terjun yang berjarak 34 km dari Kota Bengkulu ini ke dalam bucket list liburan selanjutnya. Apa saja yang akan dijumpai di sana? 

Merilekskan diri di tengah hutan sambil merasakan percik air angin adalah pengalaman yang akan kalian dapatkan. Curug cantik di Kec. Marga Sakti ini bikin mata sulit berkedip. Bagi yang doyan mengambil gambar, setiap areanya bagus untuk spot selfie dan wefie, lho!

Bahkan bagi wisatawan domestik, objek wisata Bengkulu Utara sudah sangat populer sebagai air terjun bertingkat. Banyak dari mereka yang datang dari luar pulau demi menengok wujud Curug Sembilan dan kemudian terpukau usai pulang dari sana.
Lokasi: Tanah Hitam, Kec. Marga Sakti, Bengkulu Utara
HTM: 7.000/orang
 

13. Bendungan Dam Desa Kuro Tidur

wisata bengkulu utara
bendungan dam kuro tidur - image via azka/googlemap
Bagaimana bila bendungan dikelola menjadi spot rekreasi? Plus, punya wahana permainan yang beragam pula. Jangan kaget jika hal itu kamu temukan saat liburan di Bengkulu Utara. Sebuah tempat penampungan air yang berubah jadi lokawisata.

Pada awalnya, tujuan dibangunnya bendungan desa ini pada tahun 2019 memang untuk mengelola debit air yang berasal dari G. Selang. Setelah berjalan beberapa tahun, satu per satu warga mulai berdatangan ke sana. Tak sekedar cuci mata, mereka pun berenang di lepasan air bendungan.

Setelah mengetahui tempat wisata di Bengkulu Utara yang kami ulaskan tersebut? Keren semua kan? Atau, kamu punya rekomendasi lain yang kekinian dan terbaru? Sampaikan ke kami dengan menuliskannya di komentar yuk.

TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -