MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Lokasi, Tiket Masuk dan Daya Tarik Pemandian Air Soda Tarutung

Lokasi, Tiket Masuk dan Daya Tarik Pemandian Air Soda Tarutung
Add Comments
2/29/2020
Berendam di air tawar mungkin sudah terlalu mainstream, bagaimana jika berkunjung ke pemandian air soda di Tarutung saja? Aek Rara namanya. Selain menarik, tempat tersebut juga memiliki sejarah.

Sebelumnya, kita perlu tahu bahwa air soda (karbonat) merupakan cairan yang didapat melalui proses kimia dan bisa dicampurkan ke berbagai jenis minuman agar semakin menyegarkan. Namun, pemandian air soda di Parbubu, Tapanuli Utara ini justru unik karena bersumber langsung dari alam.

Pemandian Air Soda Tarutung merupakan obyek wisata terunik dan paling langka di Sumatera Utara sekaligus Indonesia. Sebab, fenomena alam tersebut hanya bisa dijumpai di dua negara di seluruh dunia. Selain Aek Rara, sedangkan satunya lagi terdapat di Venezuela.

Pemandian Air Soda Tarutung

Berikut informasi detail tentang Air Soda Tarutung meliputi tiket masuk, lokasi, sejarah dan tiket masuk.

1. Lokasi Pemandian Air Soda

Pemandian ini tidak jauh dari Sipoholon Hot Springs yaitu di desa Parbubu I, kecamatan Tarutung, kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 22414. Supaya lebih detail, alamatnya dapat dilihat pada peta yang disematkan berikut:


Kalau teman TM yang berdomisili di Medan hendak ke sana, maka wajib menempuh perjalanan sekitar 7 jam via darat. Tapi sekarang sudah bisa menggunakan bandara di Danau Toba di seputaran Taput. Nanti dari bandara tersebut hanya butuh waktu 1 jam.

Akses ke pemandian air soda Tarutung sangat memadai kok. Agar tidak keliru, pakai saja panduan peta google di atas atau pun bertanya kepada masyarakat sekitar. Sangking anyarnya ini tempat, semua orang pasti tahu arah menuju Desa Parbubu itu.

2. Tiket Masuk

Obyek wisata di Taput ini dikelola sepenuhnya oleh perseorangan atau pihak swasta. Biaya masuk ke dalam Aek Rara cukup murah, hanya perlu bajet Rp10.000 untuk membeli karcis. Tarif tersebut berlaku sepanjang hari dan dihitung per pengunjung.

Jam operasional dibuka mulai pagi, sekitar pukul 08:00 dan tutup sore hari pukul 17:00 WIB. Jadwal itu berlaku sepanjang tahun. Hanya saja, disarankan untuk mengatur jadwal kedatangan di hari biasa. Sebab, tempat ini selalu ramai saat tanggal merah.

Daya Tarik Pemandian Air Soda Tarutung

Apa saja ya hal menarik yang dapat dilihat di sana?

3. Sensasi Pemandian yang Unik

pemandian air soda tarutung
Ukuran kolam air soda Tarutung tidak terlalu luas, diameternya tidak lebih dari 7 meter. Di mana, mata airnya bersumber langsung dari dalam tanah. Sensasi menyegarkan langsung menghinggapi tubuh ketika teman TM nyemplung ke area kolam tersebut.

Jika melihat ke dasar, gelembung-gelembung gas bersoda terlihat menyembul melalui celah bebatuan. Pemandangan unik itu patut direkam dengan kamera. Makanya, jangan lupa membawa serta kamera underwater ketika nge-trip ke sini.

Lantaran terletak di sisi areal persawahan dan dibentengi oleh perbukitan, panoramanya pun tak kalah juara. Sambil berendam dan merasakan sensasi buih air soda, teman TM akan terpana oleh view menawan yang disajikan oleh Aek si Rara.

4. Punya Beragam Manfaat

aek rara image via wonderlaketoba
Di samping efek lainnya, air soda juga memiliki beragam manfaat yang bagus untuk tubuh. Air berkarbonasi dipercaya bisa memulihkan rasa lelah atau capek. Namun, tingkat karbonasi air di Aek Rara ini cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi atau diminum.

Berendam di air soda rasanya seperti sedang menikmati spa khas alam. Buih dan gelembung airnya akan membantu tubuh kita untuk berelaksasi. Sensasi itu terasa dipijit-pijit oleh air soda. Daripada pergi spa ke tempat-tempat mahal, mendingan ke Aek Rara saja, bukan?

Bukan hanya langsung dari alam, biaya yang seyogianya dikeluarkan untuk merasakan spa di hotel atau tempat lainnya, bisa dialihkan untuk keperluan lain yang tentu jauh lebih bermanfaat.

Sejarah Pemandian Air Soda Si Rara

aek rara tarutung
Di balik kepopuleran nama destinasi ini, tersimpan sebuah sejarah yang dituturkan oleh pemilik.

Berdasarkan cerita rakyat, dahulu tepat di bagian tengah air tersebut ada sebuah batu besar yang ditinggali seekor naga. Itulah mengapa pada zaman itu, tidak banyak orang berani mendekati mata air di bawah bukit Tapanuli Utara ini.

Ketika Jepang tengah berinvansi ke Sumut, mereka sampai ke Aek Rara dan menggunakannya untuk mandi. Anehnya, para tentara justru banyak yang jatuh sakit setelah memakai air tersebut sehingga membuat mereka mengambil keputusan untuk menghancurkan sumber mata air.

Tetapi apa daya, segala daya usaha yang mereka lakukan tidak kunjung membuahkan hasil. Hingga akhirnya tempat itu diledakkan tentara Jepang. Tapi mereka malah kaget usai melihat air yang semula jernih justru berubah warna menjadi merah.

Semenjak saat itu, masyarakat sekitar pun menamainya Aek Rara yang berarti air merah. Seiring berjalannya waktu, Aek Rara menjadi Pemandian Air Soda yang kita kenal sekarang.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -