MASIGNASUKA101
7168738000188950837

10 Tempat Wisata di Tapanuli Utara Terkini & Paling Populer

10 Tempat Wisata di Tapanuli Utara Terkini & Paling Populer
Add Comments
5/01/2023
Tarutung dan Tapanuli Utara merupakan daerah destinasi wisata yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Daerah ini memiliki berjuta keindahan dan pesona alam yang menarik sehingga layak untuk dijelajahi. Selain mengandalkan alam, kawasan Danau Toba di kabupaten Taput pun sangat memikat.

Secara garis besar, rangkaian spot wisata di Tapanuli Utara terdiri dari daya tarik alam memukau, sederet destinasi geosite Danau Toba dan beragam situs religi. Berjarak sekitar 457 km dari Kota Medan, akses perjalanan ke Tarutung sudah sangat memadai dimana terdapat bandara Silangit yang bisa digunakan turis sebagai transportasi udara.

Kota Tarutung sendiri menjadi titik awal bagi wisatawan untuk memulai petualangan menjelajah Kabupaten Tapanuli Utara. Nah, berikut sederet obyek wisata di Tarutung dan Tapanuli Utara yang keren dan mengagumkan yang sudah dirangkum oleh travelingmedan.com untuk Anda:

1. Pemandian Air Soda Tarutung

pemandian soda tarutung
Jika sedang berlibur ke Tarutung, jangan lewatkan destinasi paling fenomenal yang hanya ada 2 di dunia yakni di Taput, Indonesia dan Venezuela ini. Sesuai namanya, disini ada sumber mata air yang memiliki kandungan soda.

Air Soda Tarutung semakin instagenik karena dikelilingi oleh view perbukitan. Anda dapat berenang atau berendam di area kolam sambil merasakan sensasi gelembung-gelembung kecil yang keluar dari dalam tanah di Pemandian Parbubu ini.

Tempat wisata ini memang sangat menawan dan unik. Sebab itu, cukup sering diwartakan di televisi. Apalagi, di balik keberadaannya, tersimpan sejarah terkait agresi Belanda kala itu. Disebutkan bahwa objek air soda ini sempat ingin dihancurkan tetapi tidak bisa.

Lokasi: Desa Parbubu, Aek Siansimun, Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara
Tiket masuk: Rp7.000/orang
Jam operasional: 06.00-21.00 wib
Rute dan peta alamat: titik koordinat lokasi

2. Salib Kasih Siatas Barita

salib kasih
Terletak di daerah Siatas Barita, arah timur Tarutung. Salib Kasih berada di perbukitan kecil dimana dahulu Misionaris Batak memandang Rura Silindung. Bagi umat Kristinani, destinasi religi ini sangat populer bahkan cukup banyak wisatawan dari luar daerah datang berkunjung.

Atraksi wisata Salib Kasih ada pada bangunan Salib yang dibangun dengan tinggi 31 meter dan dikelilingi rumah-rumah doa. Pohon pinus akan menjadi pemandangan lumrah dari kaki bukit hingga tiba di puncak.

Bagi umat Kristinasi, tidak dapat disangkal jika Tapanuli Utara menjadi tujuan rekreasi religi paling potensial di seluruh wilayah Sumatera Utara. Pekabaran injil di tanah Batak memang dimulai dari kabupaten ini sehingga wajar jika begitu didambakan oleh wisatawan religi.

Lokasi: Dolok Siatas Barita, Sosunggulon, Tarutung, Taput, Sumatera Utara
Buka: 07.00 - 17.00
Tiket masuk: Rp.5.000/pengunjung
Rute dan peta: titik koordinat lokasi

3. Bukit Doa Taber

bukit doa taber
Bukit Doa Huta Ginjang atau sering juga dinamai Bukit Doa Taber menawarkan spot wisata religi yang dibalut dengan suguhan eksotisme panorama Danau Toba dari ketinggian. Di wisata Huta Ginjang ini, terdapat patung tangan yang posisinya dibuat menghadap danau terbesar di Asia Tenggara.

Di sepanjang rute menuju Bukit Doa, pohon pinus dan jalan berkelok merupakan atraksi menarik lain yang dapat dinikmati pengunjung. Pun areal persawahan menyerupai terasering terlihat sangat menggoda di kejauhan.

Rute wisata Tapanuli Utara di kawasan ini menjadi trayek wajib bagi para penikmat alam. Layaknya daerah dataran tinggi, lansekap yang tersaji selalu membuat pengunjung berdecak kagum. Tapi perlu diketahui, akses menuju puncak bukit tersebut cukup menantang.

Lokasi: Huta Ginjang, Muara, Tapanuli utara.
Tiket masuk: Rp10.000/orang
Jam Operasional: setiap hari 24 jam

4. Pelabuhan dan Desa Muara

pelabuhan muara
Menyerupai teluk di tepian Danau Toba, Muara merupakan galangan sekaligus tempat penyeberangan wisatawan dan masyarakat lokal yang hendak berkunjung ke Pulau Sibandang. Namun, Muara juga memiliki pemandangan Bukit Barisan yang tak kalah epik.

Banyak juga yang datang ke tempat wisata ini hanya untuk menghabiskan waktu serta menikmati view di sekitar. Suasana teduh dan nyaman membuat pengunjung betah untuk berlama-lama. Di sekitarnya ada sederet pantai bagus yang bisa dieksplor.

Lokasi: Pelabuhan Muara, Hutana Godang, Tapanuli Utara
Tiket masuk: -
Jam buka: 24 jam

5. Pulau Sibandang

sibandang
Dari 8 pulau yang berada di perairan Toba, Pulau Sibandang di Tapanuli Utara ini memegang gelar sebagai pulau terbesar kedua setelah Samosir. Topografi alam nan unik ditambah tradisi budaya turun temurun yang dapat dijumpai di Sibandang membuat pulau ini telah dijadikan sebagai desa wisata.

Di desa wisata Tapanuli Utara ini, pengunjung dapat menyasikkan beragam atraksi Batak seperti tortor, pencak silat khas Batak dan beberapa situs budaya yang masih terjaga dengan baik.

Namun, untuk menuju ke sana kita harus menyeberang terlebih dahulu. Tidak lama kok sob, hanya sekitar 50 menit saja dari Pelabuhan Muara. Eksotika alam yang memukau itu akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Lokasi: Pulau Sibandang, Kecamatan Muara
Tiket masuk: Rp10.000 (untuk tujuan wisata)
Jam buka: 24 jam
Rute dan peta: titik koordinat lokasi

6. Tugu Toga Aritonang

tugu toga aritonang
Meski didirikan oleh perkumpulan marga Aritonang, tetapi keindahan Tugu ini banyak menyedot perhatian wisatawan karena setiap sisi menampilkan pemandangan alam yang benar-benar menakjubkan. Wisata Tugu Toga Aritonang ini asyik untuk hunting foto dan berselfie. Pengunjung juga diizinkan untuk camping.

Selain bangunan Tugu Toga Aritonang sendiri yang tampak memukau, ada sebuah danau kecil berwarna kehijauan di lokasi serupa. Biasanya, para fotografer mengabadikan danau tersebut lewat foto maupun video dengan menggunakan kamera drone.
Lokasi: Dolok Martumbur, Muara, Tapanuli utara, Sumatera Utara
Tiket masuk: Rp5.000,-
Jam buka: 08.00 - 18.00
Peta dan rute: titik koordinat lokasi

7. Dolok Martimbang

dolok martimbang
Dolok Martimbang memang tidak terlalu terkenal dan belum banyak memikat para pendaki gunung atau para petualang. Namun gunung di Tapanuli Utara ini punya sisi menarik sebab masih tergolong aktif.

Gunung Martimbang memiliki tinggi 1.680 mdpl dan merupakan sumber air dari pemandian Sipoholon. Gunung ini sebenarnya sudah tidak aktif lagi sehingga cocok untuk dieksplor. Apalagi, dari tempat ini traveler dapat menyaksikan Sibolga.
Lokasi: Banuaji II, Adian Koting, Tapanuli Utara
Tiket masuk: -
Jam operasional: -
Rute dan alamat: titik koordinat lokasi

8. Sopo Partungkoan

sopo partungkoan
Wisata Tarutung yang berada di pusat kota Tapanuli Utara ini kental dengan sejarah serta kebudayaan Batak. Arsitektur Sopo (batak: rumah) tampak begitu unik dan menawan. Bangunan yang sudah berusia ratusan tahun ini biasanya digunakan untuk pertemuan dan dijadikan sebagai lokasi pertunjukan daerah.

Tepat di depan Sopo Partungkoan, masih ada situs budaya lain yang bisa dilihat yaitu sumur pemandian Raja Sisingamangaraja XII dan juga pohon durian yang disnyalir sebagai asal muasal dari nama Kota Tarutung.
Lokasi: jalan Sisingamangaraja, Hutatoruan, Tarutung, Tpaanuli Utara
Tiket masuk: Gratis
Jam Operasional: 08.00 - 19.00
Rute dan peta lokasi: titik koordinat

9. Sipoholon

sipholon
Pemandian Air Panas Sipoholon yang berada di Desa Parbbubu ini juga nggak kalah keren dan instagramable dibandingkan Pamukkale di Turki. Selain mandi di aliran belerangnya, Anda dapat naik ke puncak perbukitan kapur dan memandang view spektakuler.

Dikelola oleh penduduk, di Sipoholon ada banyak pilihan untuk tempat pemandian yang juga menyediakan beragam menu makanan nusantara. Jangan lupa untuk membeli kacang Sihobuk ya sobat!
Lokasi: Jalan lintas Tarutung, Tapian Nauli, Sipoholon
Tiket masuk: Rp8.000/orang
Jam operasional: buka 24 jam
Rute dan peta: titik koordinat lokasi

10. Pondok Wisata Rumah Kapal

rumah kapal
Pondok wisata Rumah Kapal ini lokasinya sejajar dengan Salib Kasih Tarutung. Disini ada Patung Yesus yang sedang menenangkan badai saat berada di atas kapal. Selain jadi tempat beristirahat, di belakang Pondok unik ini pun terdapat tambak ikan Guru Mangaloksa Hasibuan.
Lokasi: jalan Salib Kasih Siatasbarita, Tarutung, Tapanuli Utara
Tiket masuk: Rp5.000
Jam operasional: 08.00 - 20.00
Rute dan peta: titik koordinat

Nah, dari sekian banyak destinasi wisata di Tarutung dan Tapanuli Utara, spot mana nih yang menurut kamu paling menawan dan sudah pernah dikunjungi?
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -