MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Resto dan Gundaling Farm di Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi yang Hits!

Resto dan Gundaling Farm di Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi yang Hits!
Add Comments
3/23/2020
Kalau Bandung punya Farmhouse Lembang, maka Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi menjadi agro wisata peternakan di Sumatera Utara yang menawarkan suasana serupa. Tempat ini sering juga disebut Gundaling Farm. Kamu sudah pernah ke lokasinya, belum?

Gundaling Farm adalah peternakan sekaligus pasteurisasi susu sapi yang berada di Berastagi. Popularitas destinasi ini jangan ditanya deh. Setiap kali berlibur ke Karo, banyak wisatawan domestik yang singgah, bahkan tak sedikit juga orang yang khusus berlibur ke farmstead dan restorannya.

Supaya lebih asik dan mantap untuk berwisata ke Gundaling Farm, kamu wajib baca review travelingmedan.com di bawah ini ya.

1. Lokasi Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi Mudah Ditemukan

pasteurisasi-susu-sapi-berastagi
pasteurisasi susu sapi berastagi
Lokasi Gundaling Farm berada di kawasan strategis yaitu di ruas jalan Pendidikan, Jaranguda, Simpang Pelawi, Berastagi, Kabupaten Karo. Tanpa menggunakan peta google pun kamu tidak akan kesasar kok. Letaknya tidak terlalu jauh dari penginapan Bukit Bamboe dan Mikie Funland.

Gundaling Farm sendiri satu kawasan dengan PT. PIMS (Putera Indo Mandiri Sejahtera) yang merupakan pengelola resmi Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi. Sejak tahun 2005, animo wisatawan yang cukup tinggi membuat PT. PIMS semakin berbenah dan berusaha memanjakan pengunjung.

Karenanya, sekarang tidak hanya ada peternakan saja di sana. Pun, tempat makan yang dinamai Gundaling Restaurant Farmstead bisa dijadikan tempat bersantap. Harga menu di restoran tersebut tidak terlalu mahal, mulai dari Rp30.000,- per item.

2. Melihat Peternakan Sapi Berastagi Lebih Dekat

pasteurisasi-susu-sapi-berastagi
tempat wisata yang nyaman dan menyenangkan
Sesampainya di Gundaling Farm, atmosfer pertama yang dirasakan oleh wisatawan adalah hawa dingin. Yap, dataran tinggi Karo memang sama sekali tak pernah panas. Kesejukan udara yang menyergap tubuh itu tidak hanya berasal dari hijaunya kota Berastagi. Tetapi juga dari posisinya yang diapit oleh gunung dan perbukitan.

Setelah kaki rileks, saatnya menyaksikan peternakan sapi secara langsung. Dengan berjalan kaki dari area parkir selama 5 menit saja. Kamu akan menemukan sebuah bangunan yang dipagari kayu. Di dalamnya, terlihat beberapa gerombolan sapi. Bagi yang hobi main sosmed, pasti tahu dong kalau kandang ini sering dijadikan pengunjung untuk tempat berfoto.

Informasi menarik tentang Gundaling Farmstead ini adalah banyaknya jumlah sapi yang dipelihara. Tidak tanggung-tanggung, kalau ditotal kurang lebih sekitar 1.200 ekor sapi. Nah, sapi-sapi itu punya kategori berbeda, ada yang memang sepesial untuk diperah dan ada juga yang dipelihara untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Di Ujung Bandar Baru, Penatapan Berastagi Teduhkan Hati

3. Restoran di Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi

gundaling-farmstead
image via @juni__chong
Singgah sejenak di area restoran adalah salah satu kegiatan asik selama berwisata Gundaling Farmstead. Di sini, terdapat keju asli yang diolah dari perasan susu sapi murni. Satu lagi, pizza keju yang merupakan menu andalan restoran Gundaling Farm.

Selain susu sapi segar yang murni dan siap untuk diteguk, disediakan juga berbagai macam menu yang siap menggoyang lidah. Daftar makanan dan minuman di Gundaling Restaurant lengkap banget! Mulai dari Asian, Western sampai Karonese food bisa kamu temukan.

Berbicara mengenai vibe tempat makan di Berastagi ini, lumayan Instagramable juga sih. Kalau dilihat dari luar restoran, hampir seluruh bangunan terbuat dari kaca. Kesannya condong seperti restoran yang didesain ala Eropa. Sedangkan interiornya bergaya back to nature.

Susu sapi steril di sini bisa dibeli langsung, selain yang masih murni, kamu dapat memilih sederet varian rasa yang telah dicampur dengan berbagai aroma. Sebut saja yoghurt, blueberry dan mangga. Harga paling murah yakni Rp14.000 per botol.

4. Peternakan Sebagai Destinasi Wisata Edukasi

gundaling-farm-and-restaurant
image via @wilsenfang/instagram
Bagi pengunjung yang ingin melihat keseluruhan proses peternakan dan pengolahan susu sapi, kamu dapat mengajukan permintaan kepada pihak pengelola. Biasanya untuk tamu rombongan seperti pelajar dan mahasiswa dari berbagai kampus yang ingin belajar bersama selalu diterima.

Karena peternakan sapi di Sumatera Utara berskala besar boleh dibilang masih sedikit, maka Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi masih menjadi andalan wisata peternakan. Tempat ini sangat cocok untuk destinasi pendidikan. Nantinya, peserta akan diajak melakukan beberapa program paket wisata edukasi yang tentunya bermanfaat.

Jika berkunjung secara pribadi, kamu tetap bisa berinteraksi dengan hewan di sini kok. Namun, tidak terlalu leluasa karena lahan peternakannya dijaga sangat ketat. Pasalnya tidak semua zona terbuka dan bisa dimasuki oleh pengunjung biasa.

5. Jam Operasional dan Tiket Masuk Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi

Destinasi wisata peternakan ini dibuka sejak pagi dari pukul 10:00 dan tutup pukul 17:00. Kecuali untuk restoran, tutup sekitar jam 20:00. Saat libur nasional seperti tahun baru maupun lebaran, jam operasional tersebut tetap berlaku.

Fasilitasnya cukup lengkap, selain spot berfoto tersedia juga tempat parkir dan toilet. Menariknya lagi, kamu tidak perlu memikirkan tiket masuk karena setiap pengunjung dapat menikmati keindahan Gundaling Farm ini secara gratis.

Lantaran ramah untuk semua tipe wisatawan, cukup menyenangkan rasanya dijadikan sebagai destinasi keluarga. Tidak hanya murah meriah, tempat wisata di Berastagi ini juga menghadirkan pemandangan menawan. Sambil duduk menikmati segelas susu murni, kamu bisa nongkrong dan merasakan keelokan alam sekitarnya.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -