MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Sopo Guru Tatea Bulan - Sejarah yang Terpancang di Bukit Sigulatti

Sopo Guru Tatea Bulan - Sejarah yang Terpancang di Bukit Sigulatti
Add Comments
4/13/2020
Travelingmedan.com - Provinsi Sumatera Utara wajib dibanggakan. Selain Danau Toba yang begitu rupawan, masih terdapat atraksi wisata lainnya. Sopo Guru Tatea Bulan adalah salah satunya. Destinasi yang terletak di kaki gunung anak Toba dengan segala nilai budaya dan sejarah melingkupinya.

Belakangan kawasan Sopo Guru Tatea Bulan menjadi buah bibir karena dipandang berbeda. Di mana, tatanan indah dengan sentuhan harmonisasi antara alam dan budaya akan dirasakan ketika menelusuri tempat wisata yang berada di punggung Bukit Sigulatti tersebut.

Sesuai awal namanya yaitu Sopo dan Guru, maka tak sulit mendeskripsikan situs budaya ini. Adabnya, dahulu merupakan rumah terbuka yang dijadikan tempat tinggal oleh ompu guru (dalam istilah bahasa batak disebut juga orang sakti mandraguna) dari keturunan pertama Si Raja Batak yakni Tatea Bulan.

1. Mengenali Sosok Guru Tatea Bulan

sopo guru tatea bulan
image source: instagram.com/johnnysiahaan
Lantas, siapakah sebenarnya sosok Tatea Bulan?
Ketika Si Raja Batak diturunkan ke bumi, 2 orang anaknya yang akan menjadi penerus penguasa Tanah Batak pun terlahir. Kedua sosok pemuda itu diberi nama berbeda, selain Guru Tatea Bulan dan satu lagi ialah Raja Isumbaon.

Setelah usia mereka mencukupi, Guru Tatea Bulan akhirnya membangun bahtera keluarga, melepas masa lajang bersama ambatan hati yang selanjutnya akan menjadi istri sekaligus orangtua bagi keturunan mereka kelak, Boru Baso Burning namanya.

Dalam perjalanan hidup merena yang bahagia, kesempurnaan keluarga ini semakin komplit setelah dianugerahi 9 orang keturunan (laki dan perempuan). Daftar keturunan Tatea Bulan dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.
Keturunan Raja Tatea Bulan
Laki-laki (anak) Perempuan (boru)
Raja Uti Si Boru Pareme
Saribu Raja Si Atting Haumason.
Limbong Mulana Si Bunga Haumason
Sagala Raja Nantinjo
Silau Raja

2. Sejarah Sopo Guru Tatea Bulan

tatea bulan - image via @mariaagoretti
Jabu Parsaktian dan Sopo Guru tidaklah dibangun asal-asalan. Bermula dari keinginan Punguan Pomparan Guru Tatea Bulan (PPGTB) yang ingin sekali memelihara situs budaya milik nenek moyang Suku Batak Toba tersebut, maka didirikanlah gedung adat berornamen ukiran gorga di sisi timur Bukit Sigulatti.

Agar lebih menarik secara visual dan bisa dipelajari oleh orang yang tertarik dengan sejarah Batak, maka Sopo Guru dilengkapi dengan patung-patung sebagai wujud dari pomparan raja. Selain itu, dibangun juga beberapa benda dan hewan yang masih memiliki keterikatan dengan kisah Tatea Bulan.

Bukit Sigulatti merupakan tempat yang teduh dan berada di lereng tebing Danau Toba. Ukurannya memang tidak terlalu luas, namun bukit ini menawarkan pemandangan luar biasa. Kamu akan takjub dengan lanskap yang disuguhkan apalagi jika menyempatkan diri mengunjungi Sagala Valley.

Menariknya lagi, tempat wisata di Pulau Samosir di atas sudah mendapatkan pengelolaan dari Pemkab. Seluruh bangunan Sopo Guru yang terdiri dari 4 unit berbentuk gazebo telah ditata dengan baik. Agar wisatawan semakin betah, disediakan spot berfoto dan taman kecil di depan area.

3. Lokasi Sopo Guru Tatea Bulan


Setibanya di Tele, kamu harus meneruskan perjalanan via jalan ke arah Pangururan, kemudian ambil belokan Desa Sagala. Lanjutkan ke lokasi persisnya yaitu Dusun Arsam, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Sama sekali tidak ada tiket masuk bagi setiap pengunjung yang ingin menikmati pesona alam dan budaya di Bukit Sigulatti ini. Tetapi wisatawan diharapkan untuk terus menjaga kebersihan dan etika tatkala sudah menginjakkan kaki di sana.

Biar tujuan liburanmu tak hanya ke satu tempat saja, kamu bisa mengatur jadwal kunjungan. Pasalnya, di sekitar Bukit Sigulatti sendiri masih ada sederet obyek wisata yang sayang banget kalau dilewatkan begitu saja. Sebut saja Sagala Valley, Gedung Toba Caldera Geopark, Batu Hobon dan Batu Paranggiran Ni Si Boru Pareme.

Nah, itulah ulasan tentang Sopo Guru Guru Tatea Bulan yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -