MASIGNASUKA101
7168738000188950837

17 Tempat Wisata di Pulau Samosir, Destinasi Terbaru Hits 2020

17 Tempat Wisata di Pulau Samosir, Destinasi Terbaru Hits 2020
Add Comments
3/09/2020
Danau Toba adalah inti keindahan wisata di Samosir. Pulau ini menyuguhkan ragam destinasi yang dikenal tak tertandingi pesonanya. Mulai dari pantai eksotis hingga perbukitan alam yang begitu luar biasa menakjubkan.

Selain Bali, tempat wisata di Pulau Samosir seringkali menjadi pilihan terbaik bagi turis domestik maupun mancanegara yang berlibur ke Indonesia. Lantaran sangat hits dan populer, destinasi ini merupakan kebanggaan utama dari Sumatera Utara.

Pulau Samosir sendiri merupakan daerah tropis yang dilingkupi iklim sejuk. Di dalamnya tersimpan keindahan mempesona yang dapat dinikmati tanpa batasan musim.

Daftar Tempat Wisata di Pulau Samosir

Berikut ini 18 tempat wisata di Samosir yang direkomendasikan dan harus anda kunjungi sebelum tahun 2020 berakhir.

1. Desa Wisata Tomok

tomok samosir - image source via instagram/pokok_kelapa
Kalau membahas tentang objek wisata di Samosir yang sudah kepalang hits, maka Desa Tomok yang berlokasi di seberang Parapat wajib anda kunjungi. Dalam satu tempat, anda dapat merasakan 3 pengalaman sekaligus yaitu alam, atraksi budaya dan destinasi belanja.

Tomok adalah tempat wisata yang selalu dicari oleh turis luar tatkala mereka berplesir ke pulau Samosir. Tidak berlebihan jika desa kecil yang diselimuti keindahan Danau Toba ini difavoritkan orang banyak. Setiap sisi menampilkan panorama khas yang akan setia terekam di benak pengunjung.

Disini pula, anda dapat melihat kultur Batak secara lebih dekat dan nyata. Namun sebelumnya, sudah pernah membayangkan sebuah patung kayu menari? tak jauh dari Huta Batak, atraksi Sigale-gale yang mempertontonkan tarian tor tor sepertinya harus anda saksikan.

2. Pusuk Buhit

pusuk buhit - image sourve via @zefripradana_ and @gun.sina
Akhir-akhir ini, wisata alam di Samosir yaitu Pusuk Buhit semakin sering dibahas oleh para pendaki dan penikmat kecantikan alam. Karena tempatnya yang tak lagi tersembunyi, Pusuk Buhit diam-diam menyajikan pemandangan bukit, danau, area persawahan hingga lembah hijau kabupaten Samosir.

Tak percuma melalui rintangan untuk sampai di tempat ini. Nuansa yang sangat alami dengan pemandangan mewah bisa didapatkan. Aktivitas trekking ke puncak memberikan momentum petualangan yang tak akan terhapus dari memori ingatan.

Satu lagi, cobalah menginap di atas bukit, merasakan bermalam di hotel bintang lima ala pecinta alam. Pagi harinya, cepat beranjak dari matras untuk menyambut matahari. Tempat ini populer dengan golden sunrise yang sama sekali tak pernah mengecewakan.

3. Kota Pangururan

wisata pangururan
image source via instagram.com/natasya_meymalau
Pangururan adalah kota wisata kecil di tengah pulau Samosir. Lantaran terletak di pusat kota, perjalanan di seluruh arah ke Pulau Samosir dapat dimulai dari tempat ini. Sayangnya, tak banyak orang tahu jika terdapat beberapa destinasi keren yang mengitari sang ibukota kabupaten.

Perlu diketahui, kota wisata ini mempunyai taman-taman yang langsung berada di tepian danau Toba. Seperti Liberty Malau dan Taman Reklamasi. Taman tropis tersebut sering kali dijadikan persinggahan, merilekskan diri sebelum mengeksplor pulau bersejarah yang terbentuk sekitar 300 juta tahun silam.

4. Tano Ponggol

tano ponggol samosir
image via instagram.com/ahmad_naufaldy
Pasti banyak orang yang pernah berkunjung ke pulau samosir melewatkan Tano Ponggol. Padahal, objek ini sudah begitu legendaris dimana Tano Ponggol sendiri merupakan salah satu objek wisata sejarah yang memiliki ikatan dengan keberadaan Belanda tempo dulu.

Tano Ponggol menjadi jembatan terusan yang menghubungkan pulau dan daratan Sumatera. Tatkala berdiri di atas lokasi ini, anda bisa melihat panjangnya terusan yang telah dibangun sejak lama itu. Panoramanya tak kalah sedap! Sajian eksotis tebing dan kapal yang melintas sangat pantas diabadikan dengan kamera anda.

Sempat tersiar kabar bahwa Terusan Tano Ponggol akan dikembangkan sebagai atraksi baru. Nantinya akan dibangun pula jembatan dalihan natolu. Ah, tak sabar ingin kembali jalan-jalan ke samosir kalau wacana itu telah terwujud.

5. Panatapan Parhallow View Point

image source via nico p/googlemap
Tempat pemandangan cantik di samosir ini benar-benar melegakan mata. Hampir setiap sudut di panatapan Parhallow View Point adalah panorama paling spesial yang mungkin pernah anda temui.

Semburat hijaunya semesta alam menjadikan parhallow view poin mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Pun, destinasi ini cukup populer bagi turis. Memandang si Toba dengan bukit barisan yang membentenginya sembari meneguk seduhan kopi wajib dilakukan.

Lokasi destinasi keluarga yang cocok untuk tujuan libur akhir pekan ini cuma terpaut jarak 30 menit dari desa tomok. Setibanya di puncak, anda dijamin takjub melihat panorama disini. Tiada tiket masuk bagi wisatawan yang berkunjung, hanya saja anda perlu pesan minum atau makan.

Pemandangan ekstra eksotis ditawarkan oleh pantai ini kepada para pengunjung. Hamparan pasir yang elok dengan garis pantai bersih serta areanya yang luas. Tak salah kalau di sini cocok untuk wisata keluarga. Semenjak dibuka, biaya masuk ke obyek wisata di Simanindo Samosir tersebut masih gratis.

6. Pemandian Air Panas Rianiate

air panas rianiate - image source via fb/jack.chin
Jika Aek Rangat terletak di luar pulau, maka Pemandian Air Panas Rianiate adalah destinasi kolam yang justru terletak di jalan lingkar Simbolon Purba, tepatnya masih di pulau Samosir. Tempat ini agak jarang dikunjungi, entah karena kurang informasi atau wisatawan lebih banyak memilih hot springs lain di bawah kaki pusuk buhit.

Air Panas Rianiate bisa dijadikan alternatif jika teman TM berniat menjelajah kecamatan Nainggolan. Sebab, anda tak perlu lagi memutar arah. Kegiatan disini tak sekedar berendam, pemandangan pulau-pulau kecil dan bukit indah sitalmak-talmak secara jelas terlihat dari sini.

Usai puas berendam air panas yang ditemani dengan keindahan bukit kapur, jangan lupa memesan kuliner danau toba yaitu mie gomak. Biasanya, perut akan keroncongan dan minta diisi setelah mandi-mandi, bukan?

7. Batu Guru

image source: visitsamosir
Batu Guru adalah obyek wisata Samosir paling unik. Konon, batu granit berukuran besar yang dinamai Batu Guru tersebut mengambang di danau dan bisa berpindah posisi.

Tempat wisata di Nainggolan ini memang disakralkan oleh warga. Namun, bukan berarti anda tak boleh berkunjung. Selain harus mawas diri, akses satu-satunya ialah menaiki sampan atau kapal yang bersandar di pelabuhan Nainggolan.

Batu Guru masih menyimpan sekelumit cerita yang belum tuntas sampai sekarang. Beberapa pemberani yang pernah berenang dan menyelam disana menyebut bawahnya didiami oleh ikan. Sedangkan dasarnya tak terlihat.

8. Pantai Sigurgur Resort

pantai si gurgur resort
Sejumlah wisata alam nge-hits di Samosir memang mengusung konsep kekinian. Lantaran disukai oleh milenial dan gen z. Dari sekian banyak Satu diantara yang sedang viral di Instagram serta media sosial lainnya yaitu Pantai Sigurgur Resort.

Pantai Gurgur merupakan salah satu pantai terbaru yang diluncurkan pada awal tahun 2020. Dekat juga dari menara pandang dan berlokasi di Desa Cinta Dame, Simanindo, Sinapuran. Tempat ini melengkapi destinasi Samosir yang diketahui punya lanskap daratan dengan kontur yang menjorok indah ke arah danau toba.


9. Pondok Wisata Lagundri

pantai lagundri samosir
Pondok Wisata Lagundri adalah obyek wisata rekreasi yang difokuskan untuk sarana out bond. Lokasinya berada di ujung timur pulau Samosir, yaitu Desa Sitamiang, Onan Runggu.

Onan Runggu sebagai kecamatan yang wilayahnya cukup luas memang menyimpan sederet potensi alam tersembunyi. Demikian juga halnya dengan Pondok Wisata Lagundri, keindahannya yang tidak perlu diragukan lagi semakin komplit lantaran diberi fasilitas lengkap.

Namanya mungkin terdengar sedikit asing. Lain hal jika anda sudah kerap berlalu-lalang mengitari pulau di tengah danau toba ini ya. Di taman rekreasi ini, pengunjung akan menjumpai arena permainan, jogging trek dan aula.

10. Pantai Bebas Sukkean

pantai bebas sukkean samosir
image source: alfred mario gultom/fb
Pantai pasir putih danau toba memang banyak jumlahnya, tapi sudahkan cukup puas kalau hanya mengunjungi pantai parbaba saja? Bagi petualang, menemukan destinasi di Samosir yang luput dari media merupakan tantangan tersendiri.

Sebut saja Pantai Bebas Sukkean yang jadi andalan wisata di Onan Runggu. Kumpulan pasir yang tak henti menebar kilau di bibir pantai seolah menciptakan tarian alam. Begitu juga dengan dangkalnya pantai ini, tentu nyaman sekali untuk berendam.

Bebas Sukkean dapat digambarkan sebagai wisata air yang sepi dari hiruk-pikuk pengunjung. Karena itu pula tempat ini sangat terjaga kealamiannya. Airnya yang kehijauan dan jernih seperti menarik pengunjung untuk lekas nyemplung ke danau.

11. Bukit Beta

image source: disparkabsamosir
Bukit Beta ini lokasinya berada di Tuktuk Siadong, semenanjung kecil di pulau Samosir. Keunikan dari bukitnya adalah tempatnya yang sangat damai. Dari tepi jalan menuju Tuktuk, bukit beta terlihat sangat menonjol karena ditumbuhi perdu rerumputan.

Memang Tuktuk Siadong selalu diincar oleh wisatawan domestic dan luar negeri lantaran terdapat sejumlah hotel di danau toba yang mengisi ruang desa wisata ini. Jika suatu saat nanti anda berencana ke sana, maka Bukit Beta adalah spot yang harus disinggahi. Berdiri menatap danau, bermain layangan dan berfoto dengan latar air terjun menjadi kegiatan paling asik.

Bukit ini sendiri semakin terkenal semenjak Festival Danau Toba diadakan di obyek wisata tersebut. Karenanya, anda akan menemui sekelompok orang yang camping. Berjalan ke arah puncak, anda akan menemui cafe sehingga bisa dijadikan tempat nongkrong.

12. Batu Kursi Raja Siallagan

image source: instagram.com/hokonglim
Taukah anda? dahulu Pulau Samosir punya beberapa kerajaan. Peninggalan kerajaan tersebut masih eksis sampai sekarang. Sebut saja Batu Kursi Siallagan yang cocok dijadikan tujuan wisata budaya sekaligus destinasi edukasi yang sangat informatif.

Batu Kursi Siallagan sangat kental akan suasana budaya Bataknya. Sebab itu, ini akan menjadi sisi berbeda pulau samosir yang khas karena memberikan pengalaman spiritual bagi pengunjung. Berlokasi di Desa Siallangan, Ambarita. Pengunjung bisa memasuki komplek kerajaan tersebut secara perseorangan. Tapi kebanyakan adalah rombongan tamu wisata.

13. Danau Sidihoni

image source: instagram/danau_tobasamosir
Hamparan padang menyerupai savana di pinggir Danau Sidihoni akan membuat anda takjub. Jika anda benar-benar mengenal Pulau Samosir maka danau ini sudah tidak asing lagi.

Danau Sidihoni adalah danau air tawar yang berada di Desa Salaon Roba. Danau ini sering kali dijuluki danau di atas danau. Tidak terlalu luas memang, tapi danau ini memegang peranan peting bagi warga setempat dimana airnya dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tak perlu kaget, kendati pulau samosir dikelilingi air tawar yang beribu juta ton volume-nya. Air masih menjadi kendala pokok. Terutama saat musim kemarau, cukup sulit menemukan air bersih. Itulah mengapa Danau Sidihoni yang menjadi destinasi wisata di Ronggur Ni Huta ini sangat penting bagi masyarakat sekitar.

14. Pulau Tao

pulau tao samosir via instagram.com/fyda22
Tidak harus bernyali tinggi untuk bisa mencapai Pulau Tao. Bahkan saat berdiri di dermaga kapal Simanindo, deretan pulau kecil sudah tampak oleh mata. Tempat wisata di Pulau Samosir ini dulu difavoritkan bule, namun seiring berjalannya waktu tidak lagi dihuni.

Pohon kelapa dan tumbuhan tropis lainnya menutupi permukaan daratan yang luasnya tak lebih dari 1 hektar. Sesekali, burung bangau tampak terbang dari pulau eksotis itu. Sebab, mereka telah menjadikan Pulau Tao sebagai rumah. Biasanya wisatawan hanya melihat dari kejauhan.

15. Dermaga Jetty Samosir

dermaga jetty samosir
Dermaga jetty merupakan pelabuhan kecil yang dibuat terintergrasi dengan taman air, spot kuliner dan pantai. Saat ini, tempat tersebut memang sedang dalam tahap pengembangan oleh Pemkab Samosir. Tetapi publik sudah bisa berkunjung lantaran dermaga itu telah dibuka untuk rekreasi.

Kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan yaitu menaiki banana boat. Seru pasti! dihempas oleh air danau toba yang dingin sambil berteriak kegirangan. Momen sunrise jangan dilewatkan ya. Disini matahari sangat indah ketika akan bersembunyi di balik perbukitan. Tentang lokasinya, dermaga jetti terletak di Desa Situngkir, Simanindo.

16. Taman Doa Getsemani

image source: rita desi natalina/googlemap
Beberapa tahun terakhir, kabupaten samosir sedang giat membangun patung Yesus di kec. Harian. Destinasi itu diharapkan jadi magnet baru yang menarik bagi pengunjung. Namun, jauh sebelumnya, ternyata sudah ada obyek wisata religi di desa Ambarita, yaitu Taman Doa Getsemani.

Taman Doa Getsemani sama seperti bukit gibeon sibisa. Bedanya, taman religi ini hanya khusus untuk tempat berdoa. Bangunan klasiknya akan membuat anda teringat akan indahnya gaya arsitektur khas eropa dan belanda. Tak sulit ditemukan, taman ini masih berada di seputaran wilayah Simanindo.

Selain mendekatkan diri kepada sang pencipta, taman doa yang ditata epik punya beragam tempat untuk berfoto. Tanaman hias seperti bunga dan rerumputan menambah sisi romantis. Tak perlu khawatir, semua orang diizinkan masuk tanpa dipungut tiket alias gratis.

17. Pantai Lumban Parmonangan
pantai lumban parmonangan
Destinasi wisata pantai lainnya yang cukup menawan untuk anda kunjungi di Pulau Samosir adalah Pantai Lumban Parmonangan. Pantai yang berada di wilayah Kab. Samosir tepatnya Desa Martoba tersebut punya pesona yang berbeda. Tempatnya pun tak seramai destinasi lain di seputaran Simanindo.

Jika anda dari Pangururan, mungkin harus berada di perjalanan selama 2,5 jam. Misal ditempuh dari Tuktuk, sekitar 5 menit. Akan lebih baik jika diakses via Parapat dengan menaiki kapal penumpang. Di sini anda bisa rileks dan duduk menikmati suasana senja atau berendam di tepi pantai yang bersih.

17 tempat wisata yang telah travelingmedan.com rangkum di atas semuanya berada persis di pulau Samosir. Kecuali Pusuk Buhit yang sengaja kami masukkan karena untuk menuju Pangururan vi darat, destinasi itu selalu dilewati.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -