MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Daftar Terminal di Medan - Lokasi dan Jam Operasional

Daftar Terminal di Medan - Lokasi dan Jam Operasional
Add Comments
4/19/2020
Terminal merupakan fasilitas publik yang dibangun untuk tujuan menaikkan atau menurunkan penumpang.

Terminal di Medan adalah tempat paling pas untuk mencari berbagai macam moda transportasi seperti bus lintas antar provinsi, angkutan kota (sudako) dan penyewaan kendaraan mobil.

Namun, kondisi penuh sesak terminal menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai stasiun bus di Medan. Masing-masing armada memilih untuk memiliki lokasi "ngetem" sendiri agar penumpang lebih mudah menemukan alamatnya tanpa harus capek ketika ingin bepergian.

Di Medan, terminal yang dikenal luas dan familiar bagi warga setempat maupun pendatang dari luar ada dua, yaitu Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris. Tetapi, banyak juga merek bus seperti Paradep dan Als yang mendirikan pangkalan armada sendiri.

Daftar berikut adalah terminal di Kota Medan yang sampai sekarang masih terus beroperasi.

1. Terminal Terpadu Amplas

terminal amplas
terminal terpadu amplas medan - image via @emshal/googlemap
Terminal Terpadu Amplas merupakan pusat perhentian bus terbesar di Sumatera Utara. Terminal ini tidak hanya melayani rute antar daerah Sumut. Di sini juga terdapat beberapa angkutan lintas provinsi yang membuka rute hingga ke Pulau Jawa dan Jogja melalui jalan darat.

Beroperasi selama 24 jam penuh dan dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, terminal bertipe "A" ini rampung dibangun pada tahun 1991.

Kendati demikian, proses pengembangan terminal masih terus dilakukan hingga sekarang. Bahkan belakangan, terminal tersebut akan ditata ulang sehingga menjadi terminal modern yang memiliki mall serta terkoneksi dengan bandara Kualanamu dan Tol Belmera.

Lokasi Terminal Terpadu Amplas terletak di arah selatan pusat kota. Tepatnya di Jalan K.H Rifai A. Manaf Lubis, Timbang Kota, Kecamatan Medan Amplas, Sumatera Utara (lihat peta)

2. Pangkalan Stasiun ALS (Antar Lintas Sumatera)

terminal medan
terminal als medan
Berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Km 6, RW 5, Kelurahan Harjosari II, Amplas, telepon (061) 7866685, pangkalan terminal ALS Medan adalah jasa operator transportasi darat yang membuka rute ke berbagai destinasi di Indonesia sejak tahun 1966.

ALS Medan menawarkan 6 jenis kendaraan bus bagi para penumpang. Mulai dari kelas super executive, patas dan ekonomi. Harga per kursi ditentukan oleh fasilitas pendukung yang dimiliki masing-masing tipe bus. Namun, rata-rata menyediakan toilet di dalam bus, AC dan selimut.

Bagi yang sedikit phobia dengan ketinggian dan lebih suka naik bus, ALS Medan menjadi pilihan pertama jika hendak melancong atau merantau ke kota lain. Lantaran sudah begitu legendaris, banyak kenangan para penumpang akan armada yang satu ini.

3. Terminal Pinang Baris

terminal pinang baris medan image via @

Terminal Pinang Baris adalah terminal terpadu kedua di kota Medan yang khusus menangani jasa transportasi antar provinsi. Selain itu, terminal ini sering jadi titik keberangkatan wisatawan yang akan bepergian ke Tangkahan dan Langkat.

Beralamat di Jalan Tahi Bonar Simatupang, Kampung Lalang, Medan Sunggal. Melihat kondisinya yang lumayan semrawut, Terminal Pinang Baris disebut-sebut akan diperbaiki oleh pemerintah agar lebih layak dan bisa dibanggakan oleh warga Sumatera Utara.

Terminal di Medan yang buka 24 jam sehari ini, Anda bisa menjumpai angkutan umum ke berbagai kecamatan di Kota Medan seperti arah Tembung, Belawan, Tanjung Gusta, Pancur Batu yang berangkat setiap 15 menit sekali.

4. Pangkalan Stasiun Paradep Trans

terminal medan
pangkalan stasiun paradep
Pangkalan stasiun khusus bus Paradep Trans ini sudah tersebar di beberapa titik kota Medan. Bagi yang mendambakan transportasi darat mewah dan terpandang serta dianggap berkelas. Paradep adalah moda transportasi yang paling kami rekomendasikan.

Berada di bawah naungan PT Putra Paradep yang beroperasi dari pagi hingga malam, stasiun utama bus ini beralamat di Jalan Sisingamangaraja No 59, Medan Kota (lihat peta) dan dapat dihubungi via telepon resmi yakni 08116123707.

Stasiun bus dari Medan ke Siantar ini memasang harga tiket mulai dari Rp55.000 per penumpang. Fasilitas terminal Medan yang satu ini meliputi ruang tunggu, toserba, kamar mandi dan mushala. Mengenai busnya, rata-rata dilengkapi pendingin udara.

Semoga ulasan tentang terminal di Medan dan pangkalan bus yang dibutuhkan informasinya ketika akan melakukan perjalanan ke suatu daerah di atas bisa membantu kamu memilih angkutan umum yang akan digunakan. Daftar ini kemungkinan akan terus ditambah, jika punya saran silahkan hubungi kami ya.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -