MASIGNASUKA101
7168738000188950837

5 Agrowisata di Medan untuk Tour Edukasi

5 Agrowisata di Medan untuk Tour Edukasi
Add Comments
5/19/2020
Sebelum membahas tentang agrowisata di Medan sepertinya kita perlu memilah arti dari "agro" atau yang sering juga disebut "agri" itu sendiri. Secara ringkas, jenis tour ini dapat didefeniskan sebagai kegiatan mengunjungi suatu lahan pertanian/perkebunan di mana tujuan utamanya adalah menambah pengetahuan.

Menikmati liburan ke sejumlah agrowisata di Medan merupakan pilihan utama bagi kalian yang selama ini mencari obyek wisata edukasi. Pasalnya, kalian tidak hanya akan fokus terhadap keindahan pemandangan yang tersaji, tetapi ikut melakukan sederet hal menarik, seperti menanam, memroses serta belajar langsung dari pengelola di lokasi.

agrowisata di medan
agrowisata medan - via @iwanvanwilan/instagram

Agrowisata di Medan

Bila didata, belum cukup banyak tempat wisata agro yang berada di Kota Medan. Karena itu, kami masukkan juga beberapa spot alternatif di kab/kota lain yang selalu dijadikan destinasi edukasi baik oleh warga lokal maupun wisatawan domestik.

1. Istana Jambu

agrowisata di medan
agrowisata istana jambu
Istana Jambu adalah salah satu tujuan agowisata terlengkap sekitaran Kota Medan. Tempat liburan bertipe edukasi ini menawarkan nuansa liburan di tengah kebun pertanian semi modern dengan koleksi beragam tanaman pangan khas daerah tropis. Bahkan, kalian juga bisa menemukan taman berisikan bunga anggrek.

Saat berkunjung ke agrowisata Medan Istana Jambu, kalian bisa mengetahui setiap proses budidaya tanaman non organik. Mulai dari pembibitan, penanaman hingga pemeliharaan. Kamu juga bisa merasakan serunya panen melalui kegiatan petik buah sendiri.

Biaya masuk ke agrowisata ini memang tidak terlalu murah, tiketnya dibanderol dari R30.000 (pelajar) dan umum Rp50.000. Tapi harga tersebut sudah termasuk voucher dan mendapat pendampingan gratis dari pemandu wisata lokal.

Soal lokasi, agrowisata ini terletak di arah timur kota Medan, sekitar 34 kilometer dari pusat ibukota. Tepatnya di Jalan Pembangunan, Kelurahan Sidirejo. Namorambe, Deli Serdang. Waktu kunjungan dibuka dari pukul 09:00 WIB.

2. Taman Wisata Agro Siba Indah

agrowisata medan
taman wisata agro siba indah
Kolaborasi antara wisata dan pertanian berikutnya yang berada di selatan kota Medan adalah Agrowisata Siba Indah. Desa ini tidak hanya mengembangkan 1 jenis tanaman saja, pun bahan pangan buah-buahan segar seperti mangga, durian, strawberry dan alpukat ikut serta dibudidayakan.

Desa berbasis wisata pertanian tersebut berdiri di lahan seluas 8 hektar. Di atasnya telah dibangun beberapa unit homestay, taman air dan warung kuliner. Fasilitas tersebut tentu sangat mendukung kenyamanan bagi para pengunjung.

Sesuai namanya, Agrowisata Siba Indah memang menyajikan pemandangan yang cantik. Jika kalian sedang mencari tempat pembelian tanaman hias dan buah-buah di Medan, silahkan datang ke alamatnya yakni Desa Hamparan Perak, Deli Serdang. Sebab, varietas tanaman yang dipelihara sangat komplit.

3. Agrowisata Paloh Naga

agrowisata medan
agrowisata paloh naga - image via @hendryit/instagram
Siapa tidak terpukau ketika dihadapkan dengan bentang alam luas, menyerupai lautan hijau yang justru muncul dari keindahan padi di lahan persawahan? Jika ingin melihat agrowisata sesuai gambaran itu, maka Paloh Naga adalah tujuan kamu selanjutnya.

Agrowisata di Deli Serdang ini tidak terlalu jauh, cuma memakan waktu 43 menit saja kalau ditempuh dari Kota Medan, yakni Desa Paloh Naga, Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang. Sesampainya di sana, kalian akan takjub dengan pesona sawah menguning.

Seiring dengan berjalannya waktu, fasilitas di agrowisata ini semakin dikembangkan. Bahkan kalau berkunjung sekarang, kamu akan menemukan sarana edukasi, taman bermain dan wahana outbond sederhana. Pada waktu tertentu, diadakan juga panggung hiburan rakyat.

4. Pematang Johar

agrowisata di medan
wisata agro di pematang johar - image via @andre.arwana
Pematang Johar merupakan agrowisata di Sumatera Utara yang namanya viral beberapa tahun terakhir. Diresmikan pada tahun 2019, desa wisata pendidikan ini identik dengan pertanian padi sehingga menjadi sasaran study tour anak sekolah.

Keseluruhan kawasan agrowisata di Pematang Johar adalah lahan pertanian yang disulap atraktif dengan menghadirkan beragam spot menarik, seperti area foto, tempat kuliner dan danau kecil yang diatasnya dibuat restoran bergaya tropis.
Baca Juga: Kolam Renang Green Dim Park

5. Agrowisata Rajasyah

image via theresiashtg_/instagram
Terakhir, ada agrowisata di Medan yang paling dekat letaknya yakni Rajasyah. Dibandingkan dengan 4 spot sebelumnya, tempat wisata ini sering kali dipakai untuk kegiatan pelatihan out door, baik oleh perusahaan, komunitas maupun institusi pendidikan.

Letak agrowisata ini dapat kalian kunjungi di Jalan Bunga Pariama, Namu gajah, Medan Tuntungan. Selain tamu rombongan, tempat ini dibuka juga untuk kunjungan publik untuk perseorangan dengan tiket masuk Rp5.000 per orang. Di dalamnya, kalian bisa mengikuti berbagai kegiatan seru!

Itulah ulasan tentang Agrowisata di Medan yang kami rekomendasikan untuk kalian jadikan sebagai tujuan tour edukasi maupun sekedar liburan biasa. 
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -