MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Tiket Masuk Air Terjun Pantai Salak, Akses ke Lokasi dan Pilihan Rute

Tiket Masuk Air Terjun Pantai Salak, Akses ke Lokasi dan Pilihan Rute
Add Comments
5/20/2020
Air terjun yang berada di Pantai Salak ini memiliki ketinggian 8-12 meter. Kendati sempat ditutup sementara waktu akibat runtuhnya dinding penyangga air terjun, tetapi obyek wisata tersebut sudah kembali dibuka untuk kunjungan publik sejak awal tahun 2020.

Terletak di Batang Serangan, Air Terjun Pantai Salak adalah destinasi alam yang dikelola oleh warga Dusun Kwala Gemuk dengan luas 1/2 hektar. Sayangnya, paska bebatuan di tepi jurang air terjun longsor, potensi wisata alam tersebut menjadi sepi peminat.
HIGHLIGHT: AIR TERJUN PANTAI SALAK
Semenjak awal, Pantai Salak menjadi tersohor namanya lantaran sering kali disambangi oleh turis mancanegara yang plesiran ke Langkat. Suasana di sini memang terasa lebih private dan tentram karena belum terlalu banyak dijamah pengunjung.

1. Lokasi Air Terjun Pantai Salak

air terjun pantai salak
air terjun pantai salak - image source: @anang_nawansyah/instagram
Air terjun tersebut beralamat di Dusun Kwala Gemuk, Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Langkat, Sumatera Utara. Lihat map (peta) yang sudah Traveling Medan sematkan di bagian bawah.

Lokasinya yang agak sulit dicapai dan perlu kehati-hatian disebabkan oleh kondisi jalannya sendiri. Dimana, sebagian besar rute yang harus dilalui belum diaspal sehingga cukup sukar dilewati. Terutama dari arah Kwala Sawit ke Desa Namo Sialang, masih dihiasi batu-batu padas.

Untuk menuju air terjun di Batang Serangan yang berkarakteristik belasan meter tersebut, kamu dan kendaraan yang dibawa benar-benar harus dalam kondisi prima. Apalagi transportasi publik yang melayani trayek langsung ke sana belum tersedia. Kamu harus berjuang sendiri dengan menggunakan transportasi milik pribadi. Agar lebih efektif, usahakan untuk membawa tipe roda dua. Rute terbaik adalah via Binjai - Jalan Lintas Banda Aceh - Jalan Kwala Sawit - Kwala Gemuk.

2. Tiket Masuk Pantai Salak yang Relatif Terjangkau

pantai salak langkat
pantai salak langkat - image source: pintaria ginting/facebook
Tarif masuk ke obyek wisata pemandian Pantai Salak hanya Rp3.000. Itupun hanya untuk biaya kebersihan. Akan tetapi, biaya bisa bertambah kalau kalian meminta bantuan guide lokal, mereka umumnya memasang upah jasa sekitar Rp100 ribu untuk 1 orang tamu. Lumayan mahal juga, kan?

Sebenarnya, untuk menikmati keindahan Air Terjun Pantai Salak kalian tidak perlu mengeluarkan budget berlebih. Terutama jika sudah paham seluk beluk Langkat. Jika tidak, ajak teman yang sudah sering menelusuri daerah tersebut, atau tanya petunjuk kepada warga sekitar.

Setibanya disana, mencicipi sejuknya panorama alam Batang Serangan menjadi kegiatan pertama yang menarik untuk dilakukan. Seperti diketahui, tempat wisata ini tidaklah sebatas air terjun. Sungai yang membelah hutan TNGL pun mengalir di sini. Oleh warga, potensi itu kerap dimanfaatkan sebagai rekreasi keluarga.

3. Keindahan Air Terjun Pantai Salak

tempat wisata di batang serangan - image source: agus wayan/facebook
Batu-batu hitam yang kontras dengan hijaunya tumbuhan khas hutan tropis merupakan keindahan utama yang dimunculkan oleh Air Terjun Pantai Salak. Epiknya, bebatuan itu tak cuma melekat di bagian tebing. Tapi hampir seluruh kawasan wisata air terjun dipadati oleh benda bertekstur keras tersebut.

Wisatawan yang punya keberanian biasanya memilih berendam di bawah air terjun. Sedangkan bagi mereka yang agak ciut, mandi di aliran sungai yang bersumber dari aliran air terjun pun sudah puas. Apalagi bila mengingat bahwa kawasan di Langkat ini masuk kategori rawan longsor. Karenanya, tiap pengunjung diharapkan selalu waspada.

Tentu nikmat merasakan hembusan dingin air pegunungan yang perlahan membasahi tubuh. Pemandangan alam yang menakjubkan tak henti memanjakan mata. Tempat wisata alam yang luar biasa indah, benar-benar tersaji memanjakan hari libur.
Lihat Juga:
1. 5 Agrowisata di Medan untuk Tour Edukasi
2. Air Terjun Aek Limut Pintu Pohan Meranti

Begitu uniknya keindahan air terjun yang disajikan Pantai Salak membuat wisatawan tak henti terpana. Panorama alamnya memang tiada dua. Tak heran, setiap pengunjung selalu menyempatkan diri untuk berswa-foto. Malahan tak sedikit yang lebih fokus mengambil gambar air terjun eksotis itu dengan kamera profesional.

Tips Berlibur ke Pantai Salak

Waktu terbaik untuk datang ke wisata Pantai Salak tentunya pagi hari. Usahakan berangkat pukul 08:00 atau 9:00 dari rumah ya. Tips paling pas buat kamu yang baru pertama kali mengeksplor air terjun cantik di pedalaman Sumatera Utara.



Info tambahan, fasilitas yang tersedia tidak sementereng namanya. Bahkan tempat untuk ganti pakaian saja pun tidak ada. Sehubungan dengan hal tersebut, upayakan untuk melengkapi segala keperluan, termasuk konsumsi seperti makan minum, sarung dan tak ketinggalan pakaian ganti.

Sehari saja menjelajah tempat wisata yang berada di Dusun Kwala Gemuk, rasanya sudah cukup puas. Jika butuh obyek wisata terdekat, kalian bisa cari referensi air terjun di Langkat yang tidak kalah epik. Yuk, siapkan jadwal berliburmu!
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -