MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Sengon - dari Lokasi, Tiket Masuk hingga Obyek Wisata

Pantai Sengon - dari Lokasi, Tiket Masuk hingga Obyek Wisata
Add Comments
5/16/2020
Berawal dari niatan hati untuk menemukan pantai khas ala tanah Melayu, kami pun mengambil keputusan untuk melabuhan perjalanan ke sebuah tujuan wisata tersembunyi yang rupawan dan baru saja dibuka beberapa tahun terakhir, namanya adalah Pantai Sengon.

Pantai Sengon merupakan pantai cantik yang berada di perbatasan Binjai dan Langkat, tepatnya di Desa Namu Ukur, Kecamatan Sei Bingei. Di sepanjang aliran pante (sungai), riak hempasan air begitu jernih dan tenang, pantas saja sering dijadikan tempat mandi-mandi oleh wisatawan.
HIGHLIGHT: PANTAI SENGON
Di sekitar pantai ini terdapat beberapa rekomendasi wisata yang berada di jalur serupa. Sebelas duabelas dengan tujuan rekreasi sebelumnya, masing-masing sama-sama menawarkan tipe wisata air, yakni Lau Perkoh dan Pemandian Rudang Mayang.

Sesungguhnya, pesona yang menjadikan wisata Sengon terasa berbeda adalah barisan dinding bebatuan di mana bagian atasnya ditumbuhi pepohonan hijau. Sedangkan bagian sisi yang menghadap sungai, bermunculan mata air kecil yang menandakan betapa asri dan alaminya lokawisata ini.

Lokasi Pantai Sengon

pantai sengon binjai - image via ikhsan s/facebook
Bila ingin meluangkan waktu dan ingin sekali berkunjung ke pantai berair tawar ini, kalian hanya perlu mengarahkan rute kendaraan langsung ke alamatnya, yakni Jalan Peragahan, Desa Namu Ukur, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Agar lebih detail, nanti lihat peta di bagian bawah ulasan kami ini.

Menariknya lagi, perjalanan menuju pantai ini tak lepas dari pemandangan perbukitan yang menyelimuti daerah Namu Ukur. Selama kendaraan kalian bergerak, selama itu juga suguhan keindahan alam yang terpatri dapat dinikmati mata.

Usai menuruni jalan raya yang terjal dan sedikit berkelok, tibalah di salah satu pantai di tanah Melayu. Kalau dihitung, kami menghabiskan waktu 1 jam dari Medan ke Pantai Sengon. Dari Binjai, setingkat lebih dekat, hanya 18,5 kilometer saja.

Tiket Masuk Pantai Sengon

Biaya yang perlu kalian keluarkan ketika mengunjungi ketiga pantai ini hanyalah Rp5.000 per orang. Tarif tersebut berlaku sepanjang hari, jadi saat kalian berada di sini baik saat weekend maupun weekday tidak ada bedanya.
BIAYA MASUK PANTAI SENGON
Tiket Masuk Rp5.000/orang
Sewa ban Rp3.000/buah
Sewa pondok Rp20.000/unit
Kecuali bagi kalian yang ingin memakai pondok, ban dan pelampung, diberlakukan sistem sewa per hari. Tapi tetap murah-meriah, pasalnya fasilitas pendukung tersebut dipasang harga rental dari Rp3.000 hingga Rp40.000 per unit pondok.

Aktivitas Menarik di Sengon

image via diana & efendi barus/facebook
Banyak cara untuk menikmati keindahan Pantai Sengon, bukan sekedar berenang atau berendam saja. Pengunjung bisa menantang diri sendiri dengan bermain ayunan yang dibuat membentang di atas sungai tersebut.

Tiap kali wisatawan mendatangi pantai ini, kegiatan primer yang tak pernah dilewatkan adalah bermain air di sungainya yang jernih. Ketinggian sungainya memang tidaklah dalam, hal ini tentu menggembirakan bagi kalian yang ingin membawa anak-anak berlibur.

Ketika matahari sudah sepenggalah tingginya, wisatawan yang berkunjung dalam rangka rekreasi keluarga, umumnya mengadakan barbeque ala pinggir sungai. Sebagian dari mereka memanggang ikan hasil tangkapan dari sungai, sebagian lagi membawa bekal dari rumah.

Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, warung-warung makan di sini menjual berbagai kudapan ringan. Seperti mie, kopi dan teh. Tetapi jika kalian memilih untuk menghemat biaya, akan lebih baik kalian menyediakan kebutuhan konsumsi pribadi.

Obyek Wisata di Sekitar

Sumber air ini mengalir dari dataran tinggi pegunungan yang melingkupi hampir seluruh daerah di Desa Namo Ukur. Karena itu, setiap sudut selalu dijumpai objek wisata yang mengandalkan potensi air sungai tersebut.



Apabila pantai di atas tengah dibanjiri oleh wisatawan yang berduyun-duyun dari berbagai daerah. Kalian bisa menjadikan Pemandian Rudang Mayang atau Lau Perkoh sebagai alternatif lain. Tidak jauh berbeda, kedua destinasi tersebut juga tak kalah seru.

sembari menunggu sore, beberapa tujuan berlibur di sini pun asyik untuk dieksplorasi, sebut saja Lau Kulap dan Air Terjun Siluman. Yap, daerah Namo Ukur Selatan memang populer akan keindahan alam yang sangat potensial untuk terus dikembangkan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -