MASIGNASUKA101
7168738000188950837

7 Tempat Makan di Selat Panjang Paling Enak, Kulinernya Istimewa!

7 Tempat Makan di Selat Panjang Paling Enak, Kulinernya Istimewa!
Add Comments
6/05/2020
Selat Panjang adalah sebuah jalan protokol di Kota Medan yang dimulai dari simpang Jl. Tjong Yang Hian dan berakhir di Jl. Pandu. Selain difungsikan sebagai jalur perlintasan, Selat Panjang dikenal juga lewat kulinernya yang istimewa.

Penggemar wisata kuliner malam pasti sadar kalau kehadiran Selat Panjang Medan makin menambah daftar street food di kota ini. Selain bubur lezat, kwetiau enak dan varian bakpao. Makanan di tempat ini juga menyajikan masakan India dan Chinese Food.

Tak jauh beda dengan Jalan Semarang Medan, Selat Panjang juga menjadi tempat jajanan yang puncak ramainya selalu berlangsung saat malam hari. Karena itu, kalau mau berburu makanan di kuliner Pecinaan ini datang saja sekitar jam-jam dinner atau supper.

Sekilas tentang Selat Panjang

Sebenarnya tempat makan yang ada di Selat Panjang tidak semua bertipe kaki lima. Banyak juga pedagang kuliner yang punya toko, kios atau warung sendiri, meski space-nya agak terbatas. Namun bagi pengunjung yang penasaran sensasi makan langsung di lokasi, wajib banget dicoba.

Sebelum menjajaki kawasan kuliner Selat Panjang, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Salah satunya adalah makanan di sini yang most of non-halal. Meski begitu, bukan berarti kamu harus mengurungkan niat untuk mengunjunginya, karena terdapat beberapa penjual makanan halal yang mengisi titik ini.

Supaya nggak salah memilih tempat makan, kamu bisa mengintip panduan berikut!

1. Martabak Piring Murni

selat panjang medan
martabak piring murni - image via @phnrzrz
Tempat makan pertama di Selatpanjang ialah Martabak Piring Murni. Kue manis asal Bangka yang diolah dari campuran tepung terigu, santan, gula pasir, telur, soda, mentega, topping dan lainnya ini menjadi istimewa karena dimasak di atas piring dengan menggunakan api tungku, bukan kompor lho!

Tukang pembuat martabak enak di Medan ini sudah menancapkan bisnisnya sejak tahun 90-an. Dari awal dibuka saat belum seterkenal sekarang, cara pembuatan martabaknya ternyata sudah begitu dari dulu. Seperti kata pepatah, proses tak akan mengkhianati rasa, maknyus tiada tara. 

Soal harga, Martabak Piring Murni sih juara banget untuk penikmat kuliner murah meriah, per bijinya nggak lebih dari 10 ribu, yakni Rp4.000 - Rp8.000 (tergantung topping dan varian rasa). Makan sebiji doang tak akan cukup, makanya para pembeli selalu pesan banyak-banyak.
Lokasi: Simpang Jalan Bogor (Tjong Yang Hian, Selat Panjang.
Harga: Rp4.000 - Rp8.000
FYI: Halal

2. Bakpao Shiuhua

bakpao shiuhua
Makanan khas Tionghoa yakni bakpao di Selat Panjang juga banyak banget. Kue bertekstur lembut yang dalamnya diisi kacang hijau atau daging B2 ini nikmat untuk jajanan malam. Kalau cari bakpao yang enak, tempat rekomendasi kami adalah Bakpao.

Tukang jual bakpao-nya ada di bagian ujung jalan. Nanti karyawannya akan tanya mau varian seperti apa. Owh iya, misal nggak sanggup habiskan bakpaonya malam hari, bisa di-steam paginya untuk sarapan, dijamin masih lezat!
Lokasi: Jalan Selatpanjang
Harga: Rp5.000>
FYI: Non-halal

3. Sate Padang Fadli

sate padang selat panjang - image via jenni chow, sukiman fakta
Terkadang cuaca dingin bikin kita lapar dan pengen makan yang pedas, bukan? Kalau waktu kunjunganmu bertepatan dengan cuaca seperti itu, maka Sate Padang Bang yang buka outlet di Selatpanjang wajib banget dihampiri.

Pesan satu porsi udah bikin kenyang, daging sate yang lembut dan aromanya wangi yang merebak saat sate dibakar otomatis bikin perut meronta minta diisi. Kalau pedasnya masih, minta bang Fadli-nya untuk menambahkan cabe giling ya.

Di sini ada kursi untuk duduk kok, jadi kalian boleh duduk santai sembari merasakan potongan makanan dari Sumbar itu.
Lokasi: Jl. Selat Panjang
Harga: 17.000>
FYI: Halal

4. Kede Bubur

selat panjang medan
kede bubur - image via immanuel sahasika, silvy santoso
Karena banyak peminat, Kede Bubur ini sudah buka cabang juga di Jl. Mangkubumi. Kalau kedai buburnya yang di Selatpanjang ramai, kamu bisa putar lokasi.

Kede Bubur punya banyak penggemar lho! makanannya memang benar-benar nikmat sih. Di sini tersedia bubur ayam, bubur ikan, pekcamke, mie ayam kampung, nasI ayam hai nam, puding durian dan aneka jus segar. Sedangkan menu andalannya adalah bubur udang dan bubur kepiting.

Baca Juga: 8 Mie Balap Medan Paling Hits dan Terkenal


Alamat: Jl. Selat Panjang, No 11, Pasar Baru, Medan Kota
Jam Buka: 17:00 - 22:00
Harga: Rp18.000>
FYI: Non-halal

5. Nasi Ayam SP 3

selat panjang medan
image via helpian laia
Ada beragam nasi goreng di Selatpanjang, mulai dari nasi goreng Penthol Kuah hingga nasgor Rumah Ari yang semuanya tentu layak dicoba. Semisal kamu pengen mencicipi menu lain tatpi tetap berbahan nasi, singgahlah ke Nasi Ayam SP 3.

Satu porsi nasi ayam dibanderol harga Rp40k, nanti diisi dengan beragam lauk pilihan lho! seperti chao sio, rendang daging b2 atau ayam rebus. Soal rasa jangan diragukan, nikmat! Untuk nyegerin tenggorokan, varian minumannya pun beragam, namun lebih banyak pengunjung memilih Teh Badak.

Lokasi: Jl Selat Panjang, No 3
Harga: Rp40.000>
FYI: Non-halal

6. Mie Tiong Sim

mie tiong sim - image via reza dermawan, stella septania
Banyak yang menyebut Mie Tiong Sim adalah bakmie paling legendaris di Pecinaan Medan. Selain itu, menu lainnya pun cukup enak. Pangsitnya lumayan laris, apalagi kalau sudah ditaburi bawang goreng yang asli buatan mereka sendiri. Dijamin akal kalap sih!

Harga makanan di Mie Tiong Sim lumayan bikin keringat. Bakmi Tiongsi-nya saja Rp40.000, kalau mau Cengmi Ayam, rogoh kocek Rp34.000. Nah yang mimin sebutkan itu masih yang bertipe standar, kalau mau versi jumblo, mulai dari Rp50-60k per porsi.

Simak Juga: Ke Warung Kudeta Yuk, Tempat Nongkrong Hits Buka 24 Jam

Alamat: Jalan Selat Panjang, No 7, Ps Baru
Jam Buka: 14:30 - 23:30
Harga: Rp40.000/porsi
FYI: Non-halal

7. Rumah Makan Selat Panjang 8

rm selatpanjang 8 - image via arifin lie
Tempat makan terakhir yang endeus dan cocok untuk dijadikan spot bersantap dengan keluarga adalah RM Selatpanjang 8 yang menawarkan menu andalan seperti Bistik B2, capcai jamur, udang goreng tepung dan ikan taucho.

Tempat makan ini ramainya dari siang sampai malam, kadang nggak kebagian tempat duduk. Mengenai harga, masakannya cukup terjangkau lah. Enggak yang mahal-mahal banget. Untuk porsi standar, mulai dari Rp20.000 ribuan.

Nah, itulah dia makanan dan tempat favorit di Selat Panjang yang bisa kamu pilih. Btw, area parkir di sini agak terbatas. Biar leluasa, kalian lebih baik membawa motor roda dua saja. Selamat berburu kuliner!


TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -