MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Air Terjun Humogo: Wana Wisata Terbaru, Lokasi dan Aktivitas

Air Terjun Humogo: Wana Wisata Terbaru, Lokasi dan Aktivitas
Add Comments
8/04/2020
Sering disebut penetralisir mabuk laut, Air Terjun Humogo adalah objek wisata air terjun di Desa Fadoro, Gn. Sitoli. Berada di ketinggian 440 mdpl dan dikerumuni oleh padatnya hutan kelapa menjadikan pesonanya selalu tawarkan hawa menyejukkan.

Air terjun terindah di Kepulauan Nias yakni Air Terjun Humogo memiliki wana wisata seluas 3 hektar. Lokasinya sudah kerap didatangi turis bahkan jauh sebelum parasnya kembali 'dioplas' oleh Pemko Gunung Sitoli seperti sekarang.

Air Terjun Humogo

Kendati menjadi alternatif tempat berlibur bagi wisatawan yang bosan akan air laut. Namun air terjun ini memiliki keindahan tersendiri. Dengan ketinggian curah hujan di Gunung Sitoli yang mencapai 221,9 mm per tahun, kawasan ini selalu lebih lembab dan alami dibandingkan tempat lainnya.

Harga Tiket Masuk

Air Terjun Humogo juga merupakan destinasi terbuka yang bisa digunakan pengunjung maupun warga setempat untuk kegiatan rekreasi bertipe luar ruangan. Bukan hanya bermain air, pengunjung bisa berkeliling ke sejumlah spot menarik di air terjun yang berasal dari dalam goa ini.
tiket masuk air terjun humogo
Harga tiket Gratis
Satu hal lagi yang perlu diketahui, wisatawan yang ingin menikmati air terjun tercantik di Nias tersebut tidak akan dikenakan biaya tiket. Lantaran retribusinya belum dibanderol, maka turis mancanegara maupun domestik dapat melakukan berlibur ke sini secara gratis.

Dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 - 17:00 WIB, objek wisata air terjun ini langsung di bawah kendali Pemko Gusit  Karena itu, selalu ikuti aturan untuk tidak mencoret-coret atau merusak alam sekitar. Selama Pandemi,  patuhi juga protokoler kesehatan dalam berwisata.

Lokasi

Air Terjun Humogo Nias mudah dijumpai karena akses masuknya berada di tepi jalan Tola Maera, Desa Fadoro, Gunungsitoli Idanoi, 22851. Jarak dari pusat kotamadya hanya 14 kilometer atau dengan kata lain perjalanannya sekitar 30 menit.



Akses utama ke lokasi air terjun tersebut sudah sangat bagus. Bisa menggunakan kendaraan bermotor sampai ke tempat parkir. Jadi, teman travelingmedan.com tak perlu menguras keringat dan berpeluh kesah karena rutenya termasuk enteng untuk ditaklukkan.

Aktivitas Wisata di Air Terjun Humogo

Memasuki area wisata, hal pertama yang terlintas di Air Terjun Humogo ialah kesan kekinian. Dari jalan masuk saja sudah disambut dengan jalur pedestrian yang dihiasi pagar warna-warni. Semakin disusuri pasti akan semakin terpikat akan suasana alamnya.

Berikut beberapa kegiatan rekomendasi serta daya tarik yang akan kamu jumpai selama berada di air terjun paling indah di Gunung Sitoli ini. Yuk disimak!

1. Trekking

air terjun humogo
air terjun humogo di gunung sitoli - image via steen harefa
Keindahan Air Terjun Humogo bisa menjadi alasan kenapa objek wisata ini wajib dikunjungi. Selain dikarenakan penataannya yang sudah sangat maksimal. Teduhnya jajaran pepohonan di sepanjang jalur trekking juga membuat tempatnya nyaman untuk bersantai.

Jalur trekking berupa jalan setapak yang ada di sini memang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 100 meter. Pun medannya tidak terlalu berat. Tetapi, lokasi air terjun cukup luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan jogging atau berolahraga.

Selama berjalan-jalan, pengunjung dapat melihat sekawanan burung yang bertengger di atas dahan pohon. Jika kamu tak lupa membawa kamera kesayanganmu. Menangkap gambar burung tersebut tentu saja jadi aktivitas tambahan.

2. Berenang dan Bersantai

air terjun humogo gunung sitoli
atraksi yang ditawarkan membuat wisatawan ramai berkunjung ke humogo - image: suar natal waruwu
Sesampainya di titik air terjun, wisatawan bisa memuaskan diri dengan berenang di bawah kucuran air yang mengalir dari balik bebatuan. Rasa gerah selama berjalan kaki seolah lenyap seketika. Di lokasi imilah umumnya wisatawan terkonsentrasi.

Lantaran ketinggian airnya hanya setinggi 8 meter saja, tentu sejumlah jeram yang ada di Humogo sama sekali tidak berbahaya. Kedalamannya juga hanya sekitar 30 cm. Mau langsung merasakan segarnya kucuran air di bawah lepasan? Bisa banget!

Wisatawan yang liburan dengan keluarga ke air terjun terindah di Kepulauan Nias ini tak akan kecewa. Pasalnya, sebagian tanah di atas lahan wisata tersebut sudah dijadikan pedestrian. Nah, lapak itu bisa untuk bersantai. Jika membawa tikar, gelarkan saja di tepi aliran air terjunnya.

3. Berfoto dengan Alam dan Spot Kekinian

air terjun humogo nias
menjadi salah satu air terjun terindah di nias -  image via irma citra/googlemap
Banyak banget spot foto air Terjun Humogo, seperti sangkar burung serta lingkaran besi berbentuk love dengan hiasan bunga atrifisial yang begitu disukai remaja dan muda-mudi. Dan tentu saja, latar berfoto paling difavoritkan pengunjung air terjunnya sendiri yang indah rupawan.

Air terjun ini terdiri dari beberapa buah, masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Karena warna airnya tergantung musim, adakalanya kolam di bawah air terjun berwarna hijau toscha, tetapi bisa juga kuning kecoklatan seperti pantai bokek saat kemarau berkepanjangan.

Fasilitas

Humogo Waterfall menjadi air terjun dengan fasilitas terlengkap di Nias. Beberapa diantara amenitas tersebut bahkan tidak ada di objek wisata serupa lainnya.

- Pedesterian
- Area jogging
- Kamar mandi
- Pemandian alam
- Parkir dan spot berfoto.

Itu dia penjelasan seputar Air Terjun Humogo di Gunung Sitoli yang epik banget untuk dikunjungi saat liburan. Bukan hanya cocok bagi para pecinta rekreasi alam, tetapi sangat laik pula untuk disambangi bareng keluarga.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -