MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Bokek Jadi Wisata Alternatif Pinggiran Kota Melayu

Pantai Bokek Jadi Wisata Alternatif Pinggiran Kota Melayu
Add Comments
7/18/2020
Pemandian alam atau pantai Bokek adalah objek wisata alam yang terletak di Desa Tanjung Selamat, seputaran Deli Serdang. Namun, bisa juga dijangkau dari Medan sebab lokasinya terletak di perbatasan kedua daerah atau tanah Melayu tersebut.

Sesuai namanya, Pantai Bokek sendiri muncul dari istilah Melayu dan kehidupan ekonomi warga Medan tempo dulu. Yaitu pante (tempat mandi [kerap dieja pantai]) dan bokek berarti tidak punya uang. Dengan kata lain, pantai di Tuntungan ini merupakan tempat berlibur alternatif bagi masyarakat pinggiran kota yang tidak memiliki uang berlebih.

Rute ke Lokasi

Kendati sudah tak secantik pantai bali lestari atau se-hits pantai romantis, masih ada saja orang Medan dan Tuntungan yang berkunjung ke Pantai Bokek. Lantaran alamatnya tidak ada di google map, mungkin agak kesulitan menemukan objek wisata ini.

Sebagai panduan, arahkan saja perjalanan ke Desa Tanjung Selamat. Nanti setelah menjumpai jembatan permanen yang dibawahnya mengalir sungai Belawan, maka dipastikan bahwa kamu sudah tiba di objek wisata yang dimaksud yakni Pantai Bokek.

Satu hal yang membuat pantai ini begitu populer karena sering kali dijadikan guyonan receh khas oleh orang Medan. Terutama ketika diajak berlibur padahal kondisi keuangan sedang tidak sehat. Memang, tak perlu biaya atau tiket masuk untuk menikmati objek wisata tersebut.

Apa Saja yang Ada di Pantai Bokek?


1. Tempat Mancing Ikan di Medan
pantai bokek
spot memancing ikan medan di pantai bokek - image via eman laia/fb
Jika tak ingin kecewa, jangan sekali-kali membayangkan pemandangan berlaut biru atau pasir putih. Segera tepiskan, karena ekspektasi itu akan buyar setibanya di Pantai Bokek. Sejak tak lagi menarik bagi warga sekitar, tempat ini hanya diminati para pemancing ikan.

Aliran sungai Belawan yang membelah tanah Melayu ini memang dihuni beragam jenis ikan. Di spot tertentu, habitat ikannya cukup banyak. Termasuk di Desa Tanjung Selamat, Deli Serdang, yang juga kecipratan potensi sungai Belawan. Tak perlu heran kalau banyak muda-mudi maupun kaum lelaki yang hobi memancing memadati tempat ini.

Selain dimanfaatkan untuk wisata mancing, sebagian warga di sekitar sebenarnya masih menggunakan air sungai untuk kebutuhan harian, terutama bagi masyarakat yang sama sekali belum berlangganan air dari PDAM Medan yang memiliki Menara Air Tirtanadi.

2. Pemandian Alam 
di bawah jembatan desa tanjung selamat inilah alamat pantai bokek - image via cristian darmo 
Pada kenyataannya, masih ada banyak sekali orang yang menjadikan tempat wisata ini untuk menghabiskan waktu mereka. Bisa dikatakan kalau tujuan alternatif liburan tersebut memiliki udara yang segar dan sejuk. Apalagi pepohonan kawasan pinggiran sungai Tuntungan cukup lebat sehingga udaranya lumayan segar.

Bagaimanapun wujud dan warna sungai pasti airnya tetap segar, bukan? Lagipula, sungai Belawan ini tidaklah terlalu kotor, meski tak laik juga disebut bersih. Namun bagi mereka yang doyan bermain air, Pantai Bokek Medan menjadi tujuan wisata pemandian gratis yang menyenangkan.

Hanya saja kamu perlu tahu kalau air di pemandian alam ini kerap pasang surut. Pada waktu tertentu bisa juga mengakibatkan banjir jika meluap di bagian hulu sungai. Sebab itu tetaplah berhati-hati, entah saat memancing ikan atau berenang.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -