MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Tongaci - De Lokomotief, Tiket Masuk & Objek Wisata

Pantai Tongaci - De Lokomotief, Tiket Masuk & Objek Wisata
Add Comments
10/28/2020
Info Pantai Tongaci - Jam Buka Tutup: 08.00 s/d 23.00 - Alamat: Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung 33211 (Peta) - Harga Tiket Masuk: Rp10.000 & Rp20.000 - Tipe Wisata: Konservasi, Cafe dan Alam.
Pantai Tongaci merupakan sebuah objek wisata marina spesial dengan pemandangan batu vulkanik di Sungailiat, Belitung. Selain mencobai permainan air lautnya, pantai tersebut pun menawarkan bermacam aktivitas bagi wisatawan. Termasuk mengunjungi De Locomotief yang menjadi wilayah konservasi khusus penyu.

Nongkrong untuk menyaksikan keindahan laut, bertandang ke museum Garuda, menyaksikan penangkaran penyu dan hunting foto di De Locomotief adalah 4 tujuan atraksi utama yang ditawarkan oleh Pantai Tongaci. Tiket masuknya pun tidaklah semahal Martabak Bangka.

pantai tongaci
Berkunjung ke Pantai Tongaci yang beralamat di Jalan Laut, Sinar Baru, Kampung Pasir, Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung ialah liburan yang pasti berkesan. Jarak ke tempat tersebut cuma 6,9 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh 12 menit saja dari arah kota.

Tiket Masuk Pantai Tongaci

Untuk dapat memasuki kawasan objek wisata Pantai Tongaci dan taman De Locomotief, setiap pengunjung akan dikenakan sejumlah tiket masuk dengan harga berbeda. Lalu, berapakah tarif berkunjung yang akan dibayarkan jika dihitung per orangnya?
Harga Tiket Masuk Pantai Tongaci 2020
Jenis Tiket Harga
Tiket normal Rp10.000
De Lokomotief Rp20.000
Museum Garuda Rp25.000
Harga tiket masuk yang tercantum di atas kami update pada November 2020. Biaya tersebut dipatok untuk WNI dan WNA. Jika terdapat perubahan biaya hal itu adalah ketetetapan pengelola. Untuk kepastian tiket masuk ke De Locomotif, mohon hubungi manajemen melalui telepon di nomor (0717) 9104049.

Spot Wisata di Pantai Tongaci

Kawasan wisata Tongaci Beach dan De Lokomotief sendiri terletak di area terpisah. Begitu juga dengan area penangkaran penyu (tukik) Bangka. Yang jelas, semua spot tersebut saling berdekatan. Kamu bisa mengunjunginya satu per satu.

1. Menikmati Wisata Pantai dan Penangkaran Penyu

pantai tongaci
pantaiimage via eko suyitno & nurfitri/googlemap 
Biasanya pengunjung menyambangi Tongaci Beach terlebih dahulu sebelum beranjak ke tempat wisata lain. Sebab, kawasan rekreasi pantai berpasir putih ini mempunyai beberapa sarana wisata air yang wisatawan bisa coba, seperti jet ski dan speed boat.

Wisatawan yang hendak menyewa banana boat dapat memesan langsung kepada operator di sana. Tarif berkeliling untuk 8 orang dibanderol Rp250 ribu dan jet ski Rp350k. Saat menaiki boat di laut, kita akan disuguhkan pemandangan lepas pantai yang menakjubkan.

Penangkaran Penyu Pantai Tongaci sendiri merupakan upaya penyelamatan hewan laut yang dikelola oleh Yayasan Tukik Babel. Penangkaran tersebut bisa dijumpai di area Pantai Batavia. Di spot itu, terdapat dua buah kolam indoor dan outdoor berisi penyu sisik (Eretmochelys Iimbricata) dan Tukik hijau (Chelonia midas).

2. Menyambangi De Locomotief Bangka

de lokomotief di pantai tongaci menjadi daya tarik utama - image via @damarsantosa
De Locomotief adalah restoran seafood terkenal di Sungailiat, Bangka. Tempat nongkrong ini semakin populer karena tidak cuma menyajikan makanan laut, tetapi sepanjang tepi jalannya dipermak dengan beragam spot berfoto instagenik. Sehingga penunjung yang berdatangan tak sekadar makan atau minum, tetapi bisa juga berswafoto.

Langit terbuka berselang-seling di De Locomotief dengan payung tradisional berbahan kayu memberikan pesona tersendiri. Sedangkan di sudut lain berdiri patung-patung yang dibentuk berbaris menyerupai sekelompok prajurit Terracotta. Patung tersebut terinspirasi dari dinasti Qin. Namun, semua patung itu diberi pembatas agar tidak rusak.

Meski kebanyakan pengunjung menghabiskan waktu di sini hanya untuk berfoto. Tetapi tidak sedikit juga yang mampir untuk bersantap siang ataupun malam. Menu yang ditawarkan kepada pengunjung adalah seafood dan makanan Indonesia lainnya.

3. Perpustakaan dan Museum Garuda

pantai tongaci
image via adrian kiagus/googlemap
Masih di lokasi yang sama, kamu bisa juga menjumpai sebuah perpustakaan mini yang letaknya berdampingan dengan Museum Garuda. Menariknya lagi, kedua tempat wisata edukasi tersebut merupakan bagian dari Pantai Tongaci.

Di dalam Museum Garuda dipamerkan sederet koleksi benda kuno, seperti manik-manik, piring porselen dan perhiasan. Secara garis besar, museum ini memuat tentang sejarah panjang kedatangan Suku Hakka ke pulau Bangka Belitung. Sedangkan perpustakaannya menyimpan buku lintas generasi.

Pantai ini pun menjadi lokasi event Bangka Culture Wave, sebuah acara yang dikemas modern tetapi mengangkat kekayaan budaya dan tradisi lokal. Sayangnya, event menarik itu hanya diadakan 1 kali setahun tepatnya pada bulan April.

Fasilitas

Sebagai salah satu pantai hits di Babel, Pantai ini tentu menyediakan berbagai fasilitas yang akan membuat liburanmu sangat menyenangkan. Berikut ini beberapa fasilitas dan kelengkapan sarana yang akan kamu temukan di sana.

- Cafe & Restoran
- Permainan olahraga air
- Spot berfoto
- Homestay
- Penangkaran penyu
- Mushola
- Parkir dan toilet

Cara ke Lokasi

Perjalanan menuju destinasi pantai populer tersebut dari Kota Pangkalpinang dapat diambil melalui rute Jl. Bahagia, kemudian lanjut ke Jalan Sungai Liat - Belinyu, setelah menemukan Jl. Laut, ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di Sinar Baru.

Ada banyak pilihan rute ke sana, tetapi pastikan untuk mengambil perjalanan menuju Pantai  Tongaci yang lokasinya berada di Sinar Baru, Kampung Pasir, Sungai Liat, Kepulauan Bangka Belitung. Klik saja alamat di samping untuk mendapatkan tuntunan Google Map.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -