MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Nyiur Melambai - HTM, Gambar & Aktivitas di Lokasi

Pantai Nyiur Melambai - HTM, Gambar & Aktivitas di Lokasi
Add Comments
5/23/2021
Info Pantai Nyiur Melambai - Alamat: Desa Lalang, Manggar, Kab. Belitung Timur, Kep. Bangka Belitung (Peta Lokasi) - Jam Buka 08.00 s/d 19.00 WIB - Harga Tiket Masuk: Rp2.000 - Atraksi Wisata: Laut, Kuliner dan Alam
Pasti pernah dengar lirik 'Melambai-lambai nyiur di pantai, berbisik-bisik Raja Klana'. Karena makna lagunya yang begitu dalam, lirik tersebut dipakai juga untuk menamai sebuah objek wisata di Bangka Belitung, namanya adalah Pantai Nyiur Melambai.

Seolah menggambarkan liriknya, Pantai Nyiur Melambai merupakan objek wisata bahari di Manggar, Kab. Belitung Timur yang cantik dengan barisan pohon kelapa. Bila angin laut berhembus, daun-daun yang menjuntai ikut bergerak dan menciptakan atraksi memikat.

Bukan hanya nyiur, laut dan pepohonan. Saat berkunjung ke Pantai Nyiur Melambai atau Pantai Lalang, pasir putih berkilau pun turut menambah eksotika alamnya. Hal itu menjadikan objek wisata satu ini, jadi tumpuan destinasi yang wajib diperhitungkan.

Tiket Masuk Pantai Nyiur Melambai

Berminat untuk melihat langsung? Kamu wajib mempersiapkan biaya kunjungan. Adapun harga tiket masuk yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Bahkan cukup murah bagi setiap kalangan wisatawan. Sediakan saja budget Rp2 ribuan.
Harga Tiket Masuk Pantai Nyiur Melambai
Tiket NormalRp2.000
Tarif tersebut berlaku untuk setiap hari kunjungan sesuai dengan jam buka. Tidak ada perbedaan tarif masuk bagi wisatawan lokal maupun turis mancanegara. Sementara untuk jam operasional, pantai dibuka dari senin hingga minggu mulai pukul 08.00 s/d 18.00 WIB.

Aktivitas Wisata & Daya Tarik

Pantai Nyiur Melambai yang sering disebut Pantai Lalang adalah destinasi menawan di sebelah utara Bukit Samak seperti dilansir dari disbudpar.belitungtimurkab.go.id. Dengan karakteristik pantainya yang menawan, tidak berbatu dan berpasir, maka pantai ini bukan hanya memesona oleh sunset-nya saja. Beberapa kegiatan pun sudah menunggu para wisatawan.

1. Bermain Pasir Putih dan Berfoto

pantai nyiur melambai
menawarkan permadani pasir putih - image via: ketut prasetya/googlemap
Memiliki luas area kurang lebih 1,2 hektar, seluruh permukaan darat pada pantai yang cantik ini memang tertutupi oleh material pasir padat. Tak heran jika pantai di Desa Lalang ini sangat terkenal akan pasir putihnya yang begitu berkilau, lembut dan tak berbatu pula.

Di atas permadani pasir putih tersebut, pemuda/i Karang Taruna Desa Lalang sudah mendirikan beberapa instalasi swa-foto unik. Seperti papan surfing dan spot bertuliskan Pantai Lalang. Para wisatawan sering memilih spot-spot tersebut untuk keperluan foto selfie.

Selain mengambil gambar, pengunjung dapat pula melakukan aktivitas wisata lainnya di sana. Ada yang membangun istana pasir dan ada pula yang terlihat asik mencari cangkang kerang berwarna-warni. Dan tak ketinggalan, menjadi tempat paling ideal untuk menanti munculnya sunset.

2. Areal Taman Bermain nan Hijau di Nyiur Melambai

pantai nyiur melambai
pantai yang memiliki area taman hijau dan tempat bermain - image via: thomas chandra
Pantai yang sudah populer sejak era 80-an ini memang dioptimasi oleh Pemkab Belitung Timur sebagai tujuan rekreasi keluarga. Salah satu caranya adalah dengan membangun taman modern namun bernuansa alamo di Pantai Nyiur Melambai.

Bagian belakang taman tersebut dibuat menghadap laut dan Bukit Samak. Sementara bagian depannya langsung bersinggungan dengan jalan. Di area taman ini terdapat beberapa unit wahana permainan outdoor yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak. Seperti jungkat-jungkit, ayunan dan perosotan.

Sedangkan bagi pengunjung dewasa, tersedia wahana menantang wall climbing yang wajib dicoba. Berjalan sekitar 10 meter dari sisi pantai, wisatawan juga akan menjumpai sebuah panggung berukuran sedang. Panggung di taman tersebut biasanya dipakai untuk menghelat acara daerah. Misalnya pemilihan duta pariwisata dan festival budaya.

3. Berwisata Kuliner Lokal

pantai nyiur melambai
spot kuliner di pantai - image via: thomas chandra
Sebagai penutup liburan, kurang lengkap rasanya kalau melewatkan sesi kuliner. Nah, tanpa harus beranjak dari dalam kawasan, wisatawan akan sangat mudah menemukan tempat nongkrong yang menyajikan aneka panganan lokal.

Hampir semua warung atau kedai yang terdapat di pantai ini tawarkan menu spesial bercita rasa lokal. Apalagi kalau bukan Mie Belitung dan Gangan. Kedua kuliner atau makanan lokal tersebut paling recomended untuk disantap.

Sebagai hidangan penutup, jangan lupa meneguk segelas air kelapa untuk menyegarkan tenggorokan yang kering ya!

Fasilitas

Dari segi fasilitas, Pantai Nyiur Melambai dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai. Selain menyediakan bilik bilas, kamar mandi dan tempat parkir kendaraan, kawasan wisata ini didukung dengan amenitas tambahan berupa:

- Taman Bermain
- Kedai/Spot Kuliner
- Wahana Outdoor
- Parking Area
- Spot Swa-foto


Lokasi dan Rute

Objek wisata pantai yang lengkap dengan taman bermain yakni Pantai Nyiur Melambai terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Prov. Bangka Belitung, Indonesia. Berikut kami sertakan Google Map sebagai panduan rute ke lokasi.


Akses menuju pantai ini sangat mudah. Pasalnya, jarak dari Kota Manggar ke sana hanya 2,2 km saja. Yap, dengan jaraknya yang begitu dekat, pengunjung hanya perlu berkendara selama 5 menit saja. 
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -