MASIGNASUKA101
7168738000188950837

14 Tempat Wisata di Lebong Terbaru & Terkini Wajib Dikunjungi

14 Tempat Wisata di Lebong Terbaru & Terkini Wajib Dikunjungi
Add Comments
11/28/2020
Beragam rekomendasi tempat wisata di Lebong, Bengkulu. Selain pilihan destinasi alam yang cantik, ketahui juga tujuan rekreasi menarik yang wajib dikunjungi untuk aktivitas berlibur Anda. Dari objek wisata terbaru hingga spot kekinian yang unik di wisata Lebong.

Lebong yang terdiri dari 14 kecamatan dengan wilayah di Muara Aman dan Tubei sebagai pusat kota baru membuatnya memiliki beberapa destinasi wisata terbaik untuk menghabiskan akhir pekan. Dan semua tempat itu mudah diakses dari kota.

Hanya terpaut 4 jam saja dari Bengkulu, Lebong banyak menawarkan rekomendasi destinasi wisata yang harus kamu jadikan untuk tempat liburanmu selanjutnya. Dan ini dia daftar destinasi wisata di Lebong yang wajib kamu sambangi, check it out!

1. Danau Picung

tempat wisata di lebong
destinasi wisata danau picung di lebong - image credit: instagram/andegokil
Lokasi: Desa Tanjung Agung, Kec. Pelabai, Kabupaten Lebong, Bengkulu 39264 ( Peta )
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka Tutup: 24 Jam
Pertimbangkan untuk mampir ke Danau Picung jika sedang liburan di Lebong. Pasalnya, tempat ini tidak hanya menawarkan objek wisata alam, jejak sejarah yang tersimpan di dalamnya juga tak kalah menarik untuk ditelusuri. Apa saja yang ada di danau ini?

Sesuai dengan berita yang diliput media, pada awalnya danau ini adalah wadah pasokan air yang mensuplai kebutuhan air untuk lahan pertambangan emas murni yang kala itu dieksplorasi oleh Belanda. Sejak operasional tambang berhenti, danau tersebut berubah fungsi menjadi destinasi wisata Lebong.

Objek wisata danau yang letaknya dekat dari arah kota Muara Aman ini dibuka dari pukul 08.00, kemudian tutup pada sore hari sebelum malam. Mengenai harga tiket masuk, pengunjung bisa menikmati danau ini secara gratis tanpa sedikitpun biaya lho!

2. Air Terjun Paliak

wisata air terjun lebong
image via @fianbkl
Alamat: Desa Embong, Kecamatan Uram Jaya, Lebong
Harga Tiket Masuk: Rp6.000
Jika tujuanmu berjalan-jalan ke Lebong ialah untuk refreshing. Air Terjun Paliak bisa dijadikan pilihan pertama. Curug ini berlokasi di tengah hutan lindung, tepatnya di Desa Embong, Kecamatan Uram Jaya. Namun wajib diketahui, akses ke sana agak terjal dan berbatu.

Setibanya di lokasi wisata, pengunjung bisa langsung mengambil air yang tercurah itu untuk dikonsumsi. Karena selain bersih, air terjun ini sendiri dipercaya memiliki kandungan mineral yang tinggi. Di bawah curahan curug tersebut, terdapat sebuah kolam renang alami sebagai tempat refreshing.

Berketinggian hampir 15 meter dengan arus air yang jernih merupakan komposisi menarik dari Air Terjun Paliak. Tak heran bila air terjun ini menjadi favorit wisatawan dan warga lokal. Pesona alam yang tersaji bisa membuat pengunjung mendapatkan ketenangan jiwa.

3. Goa Kacamata

wisata goa lebong
image via @desitaaasr/instagram
Lokasi: Desa Lebong Tambang, Lebong Utara, Kabupaten Lebong, Bengkulu 39264
Tiket Masuk: Rp8.000
Goa Kacamata adalah spot wisata speologi yang cocok bagi penikmat dan penjelajah alam. Goa yang kini sangat populer di Lebong ini memiliki dua pintu masuk utama. Dimana pintu masuknya adalah dua buah lobang yang bertengger di tebing batu.

Untuk mencapai pintu lobang goa, pengunjung harus melalui tangga-tangga kecil yang sudah dibangun permanen oleh Pemkab Lebong. Nanti setelah berada di dalam, kamu akan menemukan beberapa titik cahaya matahari. Tetapi, goa ini tidak memiliki stalagnit maupun stalagnit.

Jadi meskipun tanpa penerangan senter, goa ini sudah terang benderang karena mendapat asupan cahaya matahari yang cukup. Goa yang merupakan bekas tambang perak tersebut sudah dilengkapi dengan keamanan sehingga kamu bisa tuntas menjelajahinya.

4. Taman Kota Tubei

image via googlemap/zerithonmuchsin
Alamat: Tj. Agung, Pelabai, Kabupaten Lebong
Jam Buka: 24 Jam
Taman Hutan Kota merupakan taman di Kota yang didirikan untuk menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi masyarakat kota. Berbeda dengan taman yang biasa dipenuhi bunga, taman ini justru dipenuhi sarana olahraga dan wahana permainan.

Dan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), taman ini adalah spot paling adem untuk bersantai. Seluruh area taman sengaja dirancang ramah bagi setiap pengunjung agar anak-anak dapat ikut menikmatinya. Apalagi wahana permainannya yang sangat beragam itu bisa dicoba satu per satu.

Sebut saja seluncuran sederhana, jungkat-jungkit dan ayunan. Taman hijau dengan aneka tumbuhan yang terawat selalu asyik untuk dijadikan spot bersantai di sore maupun pagi hari. Ditambah lagi, vegetasi pohon yang padat di RTH ini menghasilkan udara yang segar untuk dihirup.

5. Danau Tes

image via @eksplorepekal
Terletak di dataran tinggi, Danau Tes mampu menyihir setiap orang yang liburan di Lebong Bengkulu. Lokasi wisata ini merupakan tujuan wisata lengkap. Bahkan menjadi destinasi favorit. Kamu bisa mengajak saudara, teman atau keluarga untuk membuktikannya sendiri.

Destinasi ini menawarkan atraksi memukau yang wajib dikunjungi. Mulai dari gardu pandang untuk memandang panorama danau, bermain di pantai, hingga menyaksikan sebuah tradisi unik yaitu Panen Kizing atau Panen Tiram Tawar yang biasanya berlangsung setiap akhir tahun.

Akomodasi seperti penginapan, restoran dan villa di sepanjang pantai yang ada di Danau Tes pun sudah terpenuhi dengan lengkap. Karena itu juga, kamu bisa puas berlibur tanpa rasa was-was. Sehingga kamu tak cuma sekedar menengok kemolekan Danau Tes dari gardu pandang semata.

6. Bukit Pabes

image via @dian_sepriawan
Bagi yang tertarik mendaki gunung, sepertinya bukit di Lebong ini bisa banget memenuhi adrenalinmu nih. Rute dan tanjakan yang dihadapi akan terbayar cash saat tiba di puncak oleh indahnya samudera awan yang berarak-arakan di lereng bukit.

Kendati samudera awan adalah pemandangan utama yang difavoritkan pengunjung di spot wisata petualangan ini. Tetapi banyak juga pengunjung yang justru terpikat oleh pesona sunrise dan sunset-nya. Para kawula muda selalu memilih camping agar bisa mendapatkan suasana yang memesona itu.

7. Pemandian Karang Dapo

karang dapo - image via @bagassatrio
Alamat: Desa Tes, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong
HTM: Rp10.000/orang
Refleksi di pemandian air panas untuk merenggangkan kekakuan otot sering kali disarankan bagi orang dengan rutinitas tinggi. Jika demikian, Karang Dapo adalah objek wisata pemandian yang pas untuk itu. Di sana, terdapat kolam-kolam untuk berendam.

Pemandian air panas yang dapat ditemukan di Dusun Karang Dapo ini berada di kawasan bukit. Kurang lebih 56 km dari Kota Tubei. Kondisi jalan yang sudah hotmix tidak akan menyulitkanmu untuk sampai di lokasinya. Jangan ragu bertanya ke warga Tubei jika masih agak bingung akan rutenya.

8. Dayang Reginang

image via @yoghipb
Lokasi: Desa Teluk Dien, Kecamatan Topos, Lebong, Bengkulu.
HTM: Rp250.000/arung jeram
Jam Buka: Sesuai Permintaan
Sungai Ketahun di Kec. Topos yang dimiliki oleh Kabupaten Lebong ini memiliki arus deras dengan jeram bertingkat. Potensi tersebut tak dibiarkan begitu saja, kini di sana tersedia wisata olahraga Arung Jeram Dayang Reginang.

Bagi traveler yang bernyali tinggi dan gemar berwisata olahraga, arung jeram ini menawarkan tantangan maksimal yang tak akan terlupa. Tak punya alat? Tenang! Tersedia paket pemandu beserta perlengkapan untuk sekali lintasan dari Sungai Ketahun ke Desa Talang Ratu.

Di spot arung jeram yang berjarak 65 km dari ibukota kabupaten ini juga bisa dijumpai arena outbond yang dirancang dengan konsep alami. Liburan di tempat yang menantang, siapa takut!

9. Telaga Putih 7 Warna

wisata kabupaten lebong
image credit: bengkuluinteraktif.com
Alamat: Desa Rimbo Pengadang, Kec. Air Dingin, Kabupaten Lebong
Tiket Masuk: Rp4.000
Tak jauh berbeda dengan namanya, di Telaga 7 Warna ini akan didapati tujuh buah telaga yang airnya terdiri dari bermacam-macam warna. Dikutip dari Lebongkab.id tempat wisata seluas 50 hektar area tersebut merupakan destinasi paling unik di Kabupaten Lebong. Makanya, ada banyak sekali wisatawan yang datang silih berganti ke area ini untuk mengabadikan keunikan itu.

Kamu memang bisa berfoto di setiap telaga. Namun, yang paling disukai wisatawan sebagai latar belakang adalah spot utama yaitu Telaga Biru. Selain karena airnya berwarna sangat terang, telaga ini menghadap ke arah hutan. Sehingga pengunjung mudah mendapatkan perpaduan gambar yang unik.

Jarak antar telaga tidaklah begitu jauh, tetapi kontur areanya yang berbukit-bukit mengharuskan wisatawan untuk melakukan soft trekking. Sebelum datang kemari, gunakanlah sepatu yang alasnya tidak licin agar kamu tak tergelincir saat melintas.

10. Air Terjun Semelako

image credit: instagram/arif_alghozali
Lokasi: Desa Semelako, Kec. Lebong Tengah, Bengkulu (Peta)
Tiket Masuk: Rp6.000/orang
Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
Tak puas hanya mengunjungi 1 air terjun saja di Lebong? Masih ada 20-an wisata air terjun yang berada di kabupaten ini. Misalnya Air Terjun Semelako atau Telun Nga'ai di Desa Semelako yang luar biasa alami dan menakjubkan.

Sebagai air terjun tertinggi di wilayah Kabupaten Lebong, percikan air dan suara dentuman keras seperti menderu-deru yang sudah terdengar dari kejauhan dijamin membuat takjub. Apalagi bila sudah menyaksikan pesonanya, pasti deh langsung terpukau.

Selain tingginya yang mencapai 100 meter, kealamian lingkungan di air terjun otomatis menjadi nilai tambah. Pepohonan rindang beserta kolam yang terbentuk secara alami niscaya menciptakan semburat alam yang menenangkan sekaligus memanjakan mata.

11. Masjid Agung Sultan Abdullah Lebong

masjid agung sultan abdullah lebong - credit: @bianfebrian
Lokasi: Kota Tubei, Kec. Tubei, Kab. Lebong
Jam Buka/Tutup: 24 Jam
Jika kamu jeli ketika menonton siaran TV pada tahun 2000 ke atas, Masjid Agung Sultan Abdullah Lebong yang menjadi cuplikan video maghrib di Trans 7 ini tentu sudah pernah kamu lihat. Arsitekturnya sangat megah dan indah, bukan?

Objek wisata religi Masjid Agung Sultan Abdullah ini terletak di pusat Kota Tubei. Tak hanya kerap didatangi untuk tempat beribadah. wisatawan pun sering menyambangi masjid tersebut untuk berswafoto sembari menengok kemegahan yang terpatri di setiap bangunannya.

Nama masjid ini terinspirasi dari tokoh lokal yakni Ki Karang Nio yang merupakan penguasa di Tanah Rejang. Karena kemegahannya, masjid yang dibangun di atas lahan dengan luas 100.000 meter persegi tersebut kini menjadi salah satu landmark kabupaten Lebong.

12. Air Putih Lebong

tempat wisata di lebong
image credit: makan bae/googlemap
Lokasi: Desa Air Putih, Kec. Pinang Berlapis, Lebong
HTM: Rp5.000/orang
Jam Buka: 09.00 - 19.00 WIB
Gunung Semelako merupakan dataran tinggi yang menjadi sumber mata air bagi beberapa sungai di kabupaten ini. Di kaki gunung ini terdapat sebuah aliran sungai yang hits dikunjungi karena memiliki suhu panas dan dingin. Namanya ialah Air Putih Lebong. 

Perlu kamu ketahui bahwa memiliki nama Air Putih Lebong itu bukan berarti sungainya berwarna terang ya teman. Namun, sebutan itu berasal dari lokasinya sendiri yang berada di sudut Desa Air Putih. Yakni sebuah desa yang secara topografi membentang di kawasan lembah.

Mengingat objek wisata yang diandalkan tempat ini adalah sungai. Maka bisa dikatakan tujuan utama orang kemari untuk mandi-mandi. Padahal pemandangan di seputar desa ini tidaklah kalah indah. Dalam perjalanan menuju lokasi wisata, suguhan areal sawah, gunung dan perbukitan tak akan henti menemani.

13. Air Terjun Gumaceak

wisata air terjun lebong
image via efan akmal humam/googlemap
Lokasi: Desa Lemeu, Kec. Uram, Kab. Lebong, Bengkulu
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: -
Tik Gumaceak adalah air terjun yang tersembunyi di utara kabupaten ini. Debit air yang mengucur dari puncak tebing setinggi 37 meter. Jika diamati lebih detail lagi, bentuknya menyerupai jarum yang membengkok pada bagian ujung.

Ada beberapa alasan kenapa destinasi air terjun ini masih tersembunyi. Pertama, kawasannya masih masuk area Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang dilindungi. Kedua, potensinya belum terkelola baik dan ketiga info mengenai air terjun yang agak sulit didapatkan.

Alasan di atas tentu bukan jadi masalah bagi penggemar wisata petualangan, bukan? Dari kota Bengkulu ke Air Terjun Gumaceak kamu akan menghabiskan perjalanan kurang lebih 177 km. Dari start point, kemudian dilanjut dengan melintas rimba dengan berjalan kaki selama 1,6 km lagi.

14. Taman Smart City Karang Nio

tempat wisata di lebong
image via benny arisandy/googlemap
Di seputaran Daneu, Lebong Atas sudah ada tempat berlibur yang gratis. Taman Smart City Karang Nio namanya. Yap, kawasan ini memang sedang dikembangkan untuk rujukan smart city di Bengkulu. Taman ini difasilitasi internet gratis atau WiFi, lho!

Taman Karang Nio merupakan pilihan tempat untuk bersantai dan nongkrong dari pagi sampai sore. Saat piknik di taman ini, kamu dapat menikmati pemandangan gunung menjulang tinggi di seberang yang akan membuatmu betah dan nyaman selama nongkrong.

Itulah dia keempat belas Tempat Wisata di Lebong yang hits dan terbaru. Semoga ulasan tersebut bisa membantu kamu saat berlibur ke Bengkulu. Agar semua objek wisata itu semakin populer, pastikan untuk mengunggah foto kamu di sosial media ya teman. (Image Cover: Elin Rosita & Instagram: @aryfirst).
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -