MASIGNASUKA101
7168738000188950837

11 Tempat Wisata di Seluma Terbaru dan Seru Dikunjungi

11 Tempat Wisata di Seluma Terbaru dan Seru Dikunjungi
Add Comments
11/11/2020
Tertarik menghabiskan liburan ke Bengkulu? coba kunjungi beberapa tempat wisata populer & terbaik di Seluma. Kabupaten dengan kota Tais ini menyimpan begitu banyak potensi alam dan sejarah. Bahkan wilayah ini mulai ramai dikunjungi.

Seluma adalah sebuah kabupaten yang menduduki posisi keempat sebagai daerah terluas di Bengkulu. Meski namanya masih belum familiar bagi orang Indonesia. Wilayah ini menawarkan beragam objek wisata alam unggulan mulai dari air terjun terindah, pantai dan bendungan.

Pada artikel berikut, travelingmedan akan membahas 11 tempat wisata di Seluma yang terbaik untuk sesi liburanmu. Baik itu yang sudah terkenal, maupun masih tersembunyi tetapi seru untuk dikunjungi dalam waktu dekat ini. Apa saja objek menarik yang ada di sana? Simak selengkapnya!
tempat wisata di seluma

1. Pantai Ancol Maras

tempat wisata di seluma
destinasi pantai wisata di seluma - image via @alan_yusuf/instagram
Lokasi: Jalan Raya Manna, Ketapang Mas, Maras, Kabupaten Seluma, Bengkulu - ( Peta )
Harga Tiket Masuk: Rp8.000,-
Waktu Operasional: 09.00 - 18.00 WIB
Sekilas, nama area pantai yang terdapat di Desa Ketapang Baru, Seluma ini terdengar seperti di Jakarta saja. Entah terinspirasi dari nama objek wisata itu atau tidak, yang penting tempat ini asyik untuk dijadikan destinasi berlibur. Pasalnya, posisinya mudah ditempuh dari Kota Tais.

Pantai Ancol Maras adalah spot liburan dengan fasilitas pondok kuliner. Terletak di 3 distrik desa yang ada di Seluma, wisata pantai ini tak cuma menawarkan eksotika laut dengan sapuan ombak yang indah. Tetapi beragam warung kuliner seafood juga menjadi salah satu incaran pengunjung.

Dengan demikian, pengunjung dan keluarga bisa menikmati atraksi wisata laut dan kuliner secara bersamaan. Bila datang kemari, suasana yang didapatkan sedikit banyak agak mirip sama Pantai Linau Bengkulu lho! Namun di sini kondisinya cenderung lebih ramai.

2. Air Terjun Kroya

wisata air terjun kroya seluma
image credit: instagram/yoorachel999
Lokasi: Desa Talang Sebaris dan Sukamaju, Kec. Air Periukan, Seluma
Tiket Masuk: Rp5.000/pengunjung
Jam Buka Tutup: Beroperasi 24 Jam
Merancang day trip ke wisata air di Seluma, jangan lupakan Air Terjun Kroya. Sebuah curug berketinggian 16 meter dengan lebar kolam 5 meter yang cantik ini baru dibuka mulai tahun 2018 lalu. Serunya lagi, kamu akan dihadapkan jalur trek di jalanan yang diapit oleh perkebunan karet PTPN 7 dan hutan belantara.

Menyusuri jalur ke air terjun Kroya adalah tantangan bagi sebagian orang. Rute jalan kaki dari tempat parkir ke lokasi kurang lebih 550 m. Selain mengenali wilayah Seluma lebih dekat lagi. Kamu bisa sekalian berinteraksi dengan masyarakat Kec. Air Periukan dimana curug ini berada.

Karena terkendala biaya, objek wisata ini baru serius dikelola beberapa tahun belakangan oleh perangkat desa dan karang taruna setempat. Di sini, kamu bisa berenang dan menghibur diri dengan mendengarkan nyanyian burung di tengah alam yang khas.

3. Goa Resam

image via youtube.com/dusunlaman
Lokasi: Desa Lubuk Resam, Kec. Seluma Utara, Bengkulu
Tiket: - Rp10k
Destinasi susur Goa Resam yang layak di coba di Seluma Utara, Bengkulu ini cocok untuk pecinta wisata speologi. Goa dengan pesona stalaktit dan stalakmit ini menjadi destinasi yang mudah dikunjungi lantaran treknya tidak terlalu ekstrim.

Terletak di area hutan lindung, Gua Resam adalah daerah karst sedalam 30 meter dengan tipe gua horizontal. Pada bagian dalam kamu bisa menjumpai beberapa ruangan dan chamber yang mana menjadi tempat kelelawar bersarang.

Dengan ornamen dalam goa yang sangat indah, destinasi di Desa Lubuk Resam ini menawarkan serunya berwisata petualangan. Mesi tidak memiliki kesulitan yang tinggi, ada bagusnya melengkapi diri dengan peralatan SRT sebelum menyusuri gua ini. Satu lagi, di desa ini ada pemandian air panas yang asyik untuk tempat berendam.

4. Bendungan Air Seluma

tempat wisata di seluma
image via @zadiel_sl/instagram
Seperti namanya, lokasi wisata air ini merupakan bendungan yang semula ditargetkan sebagai saluran sekaligus sumber irigasi pertanian. Bendungan Seluma tersebut memiliki luas sekitar 7.467 ha yang mengairi 1891 hektar lahan persawahan.

Daya tarik yang dimiliki oleh Bendungan Seluma akhirnya membuat tempat tersebut ramai didatangi untuk tujuan wisata. Pemandangan air berundak dengan alam hijau di sekitarnya memang menarik, apalagi kita tak perlu jauh mencari lokasinya. Dari arah kota Tais ke Sungai Seluma hanya 10 menit.

5. Pantai Ketapang Baru

wisata pantai seluma
image credit: uly johnson hutagalung/googlemap
Alamat: Ketapang Baru, Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma
HTM: Gratis
Buka/tutup: 24 jam
Menurut beberapa testimoni pengunjung, pantai-pantai di Seluma menawarkan keindahan yang tiada duanya. Pantai berpasir putih yang memukau dengan panorama memikat selalu jadi daya tarik utama. Nah, kamu nggak akan menyesal saat melipir ke Pantai Ketapang Baru ini.

Di wisata pantai Ketapang Baru ini ini kamu nggak akan kehabiskan ide berlibur, seabrek aktivitas seru dapat dilakukan. Dari bermain air, berenang, mendengar suara deburan ombak dan menyaksikan matahari terbenam dari dermaga kapal atau batu pemecah ombak.

Tidak seperti pantai kebanyakan, tempat wisata ini malahan tidak terlalu ramai dari keberadaan pengunjung lho! Pantai di kabupaten Seluma yang sedang dibahas ini memang agak jauh sih dari kota. Kecuali saat libur nasional, kebanyakan orang yang berkunjung kemari adalah para pemudik. 

6. Taman Buru Nasional Semidang Bukit Kabu

image via image via @ngerayawmela
Lokasi: Arang Sapat, Lubuk Sandi, Seluma
Tiket Masuk: Sesuai Paket Wisata
Jam Buka: 10.00 - 18.00 WIB
Keunikan akan terpancar tatkala kamu menginjakkan kaki di Taman Buru Nasional Semidang Bukit Kabu, sebuah kawasan perlindungan flora dan fauna di Seluma yang daya tariknya mampu menarik arus kunjungan turis mancanegara.

Objek wisata yang mengedepankan potensi kelestarian lingkungan alam di Kabupaten Selumba ini terdiri dari beberapa zona. Ibarat kebun bintang terbuka, terdapat berbagai hewan khas Sumatra seperti harimau, rusa, macan dahan dan berbagai jenis satwa liar yang hidup di sana.

Taman Buru Nasional Bukit Kabu adalah tempat yang sangat bagus untuk melihat salah satu keindahan wilayah konservasi di Provinsi Bengkulu. Kamu akan ditawarkan pemandangan hutan lebat, serta flora dan fauna yang membuat destinasi wisata ini begitu menarik didatangi.

7. Pantai Muara Ngalam

wisata seluma
image via indratian03/instagram
Alamat: Pasar Ngalam, Air Periukan, Kabupaten Seluma
Tiket Masuk: Rp5.000
Khusus buat penggemar wisata bahari, masih ada lagi pantai di Air Periukan yang bisa kamu kunjungi yaitu Pantai Muara Ngalam. Tenang saja, di sini kamu akan disajikan panorama bahari yang sangat indah dan photogenic untuk berswa-foto.

Kecantikan Pantai Muara Ngalam pun masih terjaga dengan baik. Selain bersih lautnya juga sangatlah jernih karena belum banyak diketahui orang. Sehingga kamu bisa bebas beraktivitas dan bermain ombak selama berada di sini. Menyenangkan sekali, bukan?

Pantai yang bisa dikunjungi saat ingin bertamasya bersama teman dan keluarga di Seluma ini membanderol harga tiket masuk murah. Bahkan biayanya bisa gratis pada hari tertentu lho! Kamu tak boleh melewatkan objek wisata ini begitu saja.

8. Air Terjun Napal Jungur

wisata napal jungur seluma
wisata napal jungur, seluma - image via: instagram/afif_lr
Lokasi: Desa Napal Jungur, Kec. Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Bengkulu
Tiket Masuk: Gratis
Napal Jungur adalah pemandian alam dan air terjun yang patut diperhitungkan keindahannya di musim kemarau. Saat cuaca sedang panas, perpaduan antara sungai biru kehijauan dan curug di Seluma ini seru untuk dijadikan tempat menyegarkan diri.

Kalau teman Travelingmedan yang berada di Bengkulu ingin sampai ke wisata Napal Jungur, maka terlebih dahulu harus melewati beberapa kebun sawit. Lantaran belum ada transportasi umum, cara satu-satunya adalah dengan menaiki kendaraan pribadi. Nah, pastikan BBM kenderaanmu sudah full, ya!

Nggak asyik kan kalau main ke air terjun tetapi tidak berenang? Di sini kamu bisa melakukan aktivitas itu. Airnya yang tenang membuat pengunjung tidak harus menggunakan pelampung. Jadi kamu bisa langsung melompat ke sungai dan menikmati sensasi segar dari air terjun ini.

9. Cagar Budaya Padang Periangan

image via kemendikbu
Lokasi: Desa Selisingan, Seluma Utara.
Tarif: Gratis
Salah satu referensi wisata budaya di kabupaten ini adalah Cagar Budaya Periangan. Pasalnya, di desa tersebut masih terdapat kenampakan beberapa rumah tradisional dari suku Seruwai. Suku tersebut merupakan suku terbesar yang bermukim di daerah Seluma.

Beberapa peninggalan budaya bisa kamu temukan di Cagar Budaya Padang Periangan. Terutama peninggalan yang menyangkut tradisi masyarakat lokal. Ukiran tiang dan rumah adat berbentuk panggung yang dihias dengan warna mencolok cukup khas. Banyak wisatawan menyambangi desa budaya ini untuk tujuan wisata edukasi.

Dibandingkan cagar budaya lainnya yang terdapat di Seluma seperti Gerincing dan Pejango, Padang Pariangan memang lebih lengkap. Ditambah lagi, terdapat cerita rakyat yang mempunyai hubungan dengan keberadaan benda-benda yang tersimpan di sana.

10. Air Terjun Batu Bekinyau

image via @exploresemaku @sonisnjy_
Air Terjun Batu Bekinyau merupakan objek wisata alam yang dapat ditemukan di daerah Sengkuang, Seluma bagian barat. Batu Bekinyau sendiri memiliki ketinggian 4 meter. Air terjun ini sebenarnya belum begitu populer karena letaknya yang agak tersembunyi.

Pun lokasinya belum lama ditemukan. Nah, waktu terbaik mengunjung tempat wisata di Seluma ini adalah pagi hari. Kendati pengelolaannya belum begitu baik, tapi hal itu tidak mengurangi animo para pengunjung. Terbukti dari persentase pengunjungnya yang terus meningkat setiap hari libur.

Ciri khas pada air terjun mempesona di Seluma tersebut tidak hanya berasal dari tingkat kejernihan air yang dimilikinya saja lho! Soalnya di sana kamu juga bisa mencicipi kesegaran alam dan merasakan semilir angin pegunungan yang sangat asri. Pokoknya seru banget!

11. Wahana Cemoro Sewu

image via nen dafri/googlemap
Lokasi: Kungkai Baru, Airpriukan, Kabupaten Seluma
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB
Bosan mengunjungi destinasi mainstream yang ada di Seluma? Sebaiknya pertimbangkan untuk mendatangi tempat rekreasi air yang sudah populer, dan sangat ideal dijadikan tujuan berlibur keluarga berikut ini. Namanya adalah Wahana Cemoro Sewu.

Spot wisata Seluma terhits ini menyatukan rekreasi pantai dan wahana air. Agar pengunjung puas bermain, maka disediakan bermacam-macam permainan seru seperti banana boat dan juga speed boat. Tak sampai di situ, di anjungannya ada pula sebuah restoran terapung.

Wahana Cemoro Asri ini merupakan spot wisata yang dikelola oleh warga lokal. Seluruh lahannya ditata semenarik mungkin. Termasuk pemandangan lepas pantai yang didekor kekinian. Kendati sempat terkendala izin, namun tempat ini masih dibuka untuk publik.

Yap itulah dia tempat wisata di Seluma yang kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi ketika ingin liburan. Pasti setuju kalau terdapat banyak lokasi wisata yang keren untuk dinikmati di sana. Tak sebatas destinasi alam, air terjun bahkan pantai pun menjadi spot terbaik di kabupaten yang terletak di Bengkulu ini. (image cover credit by @pastrayasa15 & @wahyusrirahayu)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -