MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Air Terjun Efrata - Lokasi, Daya Tarik dan Tiket Masuk 2020

Air Terjun Efrata - Lokasi, Daya Tarik dan Tiket Masuk 2020
Add Comments
3/04/2020
Air Terjun Efrata adalah obyek wisata alam yang terletak di Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Samosir. Berjarak 173 km dari arah timur Kota Medan. Tempat ini dibuka untuk khalayak dari pagi sampai sore. Meskipun banyak difavoritkan oleh orang yang berkunjung, biaya masuknya serba murah meriah.

Wisata air terjun dengan tinggi 20 meter ini dikenal juga dengan identitas Sampuran Efrata, yang jika dideskripsikan secara bebas berarti taman terindah dan suci. Namun, ada sejarah tersendiri kenapa disebut demikian.

Hal itu bermula ketika rombongan turis mancanegara berkunjung ke Sosor Dolok, usai terpana dengan panorama alam dihadapannya, maka kata pertama yang diucapkan adalah "Efrata Waterfall". Lambat laun, julukan yang menggambarkan indahnya pesona alam di luar Pulau Samosir itu digunakan oleh masyarakat.

HIGHLIGHT: SAMPURAN AIR TERJUN EFRATA

Karena dekat dari menara pandang Tele dan Danau Toba, destinasi wisata kecamatan Harian ini sering juga dijuluki menjadi Air Terjun di Tele. Pun posisinya, tak jauh dari pinggir jalan lintas menuju Pangururan dan melewati Bukit Holbung yang fenomenal. Karenanya, air terjun ini termasuk rangkaian wisata di luar pulau Samosir.

Sampuran Efrata menjadi kawasan hijau yang diapit oleh perbukitan. Memiliki ciri khas hutan alami. Sedangkan air terjunnya berbentuk tirai melebar. Dispar Samosir telah menyediakan beberapa fasilitas sederhana di tempat tersebut walau perlu ditingkatkan. Selengkapnya, yuk simak ulasan travelingmedan.com berikut:

Cara ke Lokasi Air Terjun Efrata

Air terjun ini dapat ditemukan di Desa Sosor Dolok yang merupakan salah satu wilayah administratif Kecamatan Harian, Kab Samosir, Sumatera Utara (22396). Seperti tertera pada peta di bawah ini:



Ada 2 rute untuk menuju lokasi, yakni melalui akses Jalan Jamin Ginting dan Saribu Dolok. Paling banyak dpilih adalah jalur via Jamin Ginting karena jauh lebih cepat sampai ke tujuan. Bagi teman TM yang mengendarai alat transportasi pribadi, berikut rute yang bisa diambil:

  • Jl. Jamin Ginting - Tongkoh - Jalan Besar Kabanjahe - Tiga Panah - Simpang Tiga Sidikalang - Tanjung Beringin - Parbuluan - Turpuk Limbong - Sosor Dolok (5 jam).
  • Tol Belmerea - Pematangsiantar - Jl. Saribu Dolok - Nagahuta Timur - Jalan Lintas Barat Sumatera - Sosor Dolok (6,5 jam).

Jika menggunakan transportasi umum, terdapat bus Pulo Samosir Nauli (PSN) dan Sampri Pribumi trayek Pangururan. Stasiunnya ada di seputaran Padang Bulan Medan. Jangan lupa minta berhenti di Sosor Dolok.

Tiket Masuk Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata merupakan destinasi yang langsung dikelola penuh oleh Dinas Pariwisata Samosir. Biaya yang perlu dikeluarkan tidak lebih dari sepuluh ribu rupiah. Lihat uraian tabel di bawah ini.
Biaya Masuk Air Terjun Efrata 2020
Jenis Tiket Harga Keterangan
Parkir Rp2.000,- motor dan roda empat
Karcis Rp8.000,- berlaku setiap hari tanpa pengecualian
*note: tarif tersebut bisa berubah tanpa pemberitahuan dari pengelola.

Daya Tarik dan Aktivitas

Untuk sampai ke salah satu air terjun di danau toba yang paling strategis, pengunjung perlu berjalan kaki sepanjang 100 meter dari area parkir. Jaraknya hanya sekitar lima belas menit kok. Sederet daya tarik berikut menjadi alasan mengapa tempat populer ini tak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

1. Bentang Sawah di Harian Jadi Menu Pembuka

air terjun efrata
sawah di sepanjang jalan menuju air terjun efrata via hulama samosir
Sensasi kesejukan telah menghampiri ketika teman TM menginjakkan kaki di jalan setapak. Terik matahari yang menyengat terhalau oleh hijau panorama di depan mata. Pemandangan pertama yang bisa dinikmati adalah sawah di kecamatan Harian.

Seutas menu pembuka Air Terjun Efrata itu tentu menjadi sisi lain yang memesona. Jika saat musim panen, panorama padi yang menguning tampak memanjakan mata. Sebaliknya, bentang hijau akan menenangkan hati tatkala lahan pertanian sedang musim tanam.

Pesona hijau itu sering kali dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar ber-selfie. Luasnya yang mencapai 1 hektar lebih tentu memberikan nuansa alam yang indah dan melegakan jiwa. Karenanya, jalur setapak ini termasuk paling disukai oleh turis.

2. Pesona Air Terjun di Balik Tebing Bebatuan

air terjun efrata
sampuran air terjun efrata
Kendati tidak terlalu tinggi, air terjun ini seperti oase di tengah perbukitan. Melihatnya dari kejauhan saja sudah membuat kita tak sabar untuk menyaksikannya lebih dekat. Sampai di tepi sampuran, dijamin buru-buru turun dan merasakan kesejukan air khas pegunungan Toba.

Kayu-kayu besar yang menaungi lokasi wisata tersebut tampak menawan. Di bawah air terjun, berjejer pula batu-batu berukuran besar dan kecil. Nah, bebatuan tersebut menjadi spot foto yang paling difavoritkan pengunjung. Kalau mau mencoba naik ke atas batu, hati-hati ya karena permukaannya cukup licin.

Selain itu, pengunjung juga menghabiskan waktu berlibur di sana dengan berendam di bagian kolam alami yang berada tepat di bawah air terjun. Tak perlu khawatir, kolam air alami itu sangat bersih dan sama sekali belum terjamah.

Kekurangan obyek wisata di Samosir ini mungkin dari segi fasilitas saja. Beberapa amenitas yang disediakan pun kurang memadai dan tidak terlalu terawat, terkesan apa adanya dan tidak seperti air terjun janji. Apabila hal itu tidak jadi kendala, teman TM segera yuk main ke sana.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -