MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Wisata Bukit Kandis - Aktifitas, Tiket Masuk & Akses Lokasi

Wisata Bukit Kandis - Aktifitas, Tiket Masuk & Akses Lokasi
Add Comments
1/09/2021
Bukit Kandis - Alamat: Durian Demang, Kec. Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, 38382 (Peta Lokasi) Telp: - Jam Buka: 24 Jam (Setiap Hari) - Tiket Masuk: Rp5.000/pengunjung - Atraksi Wisata: Konservasi Alam, Kolam, Panjat Tebing, Dek Fotografi.
Bukit Kandis adalah area konservasi alam di Bengkulu Tengah. Meskipun pengelolaannya mendapat perlakuan secara khusus. Namun, tempat wisata yang terletak di lintas jalan Karang Tinggi - Kota Bengkulu tersebut dibuka untuk kunjungan publik.

Wisata alam Bukit Kandis tidak hanya menawarkan area konservasi tetapi juga jalur offroad tingkat nasional. Selain itu, pengunjung dapat menikmati lansekap alam dengan pemandangan menawan di ketinggian 754 mdpl. Sedangkan bagi penikmat wisata olahraga, tersedia beberapa spot panjat tebing.

Pada awalnya, area konservasi alam tersebut merupakan lahan tambang terbuka dengan luas sekitar 26 hektar. Kawasan ini berubah menjadi sebuah tujuan wisata setelah direvitalisasi oleh pihak KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Tiket Masuk Bukit Kandis

Pengunjung yang ingin berwisata alam ke bukit kandis perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Adapun harga tiket yang ditetapkan pengelola masih bisa dibilang murah. Dimana per seorangnya hanya dipungut biaya sebesar Rp5 ribuan.
Harga Tiket Masuk Bukit Kandis Bengkulu
Tiket UmumRp5.000
Tiket tersebut berlaku bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin masuk ke area konservasi. Sementara bagi pengunjung yang berminat akan olahraga panjat tebing akan dikenai tarif paket. Silahkan kontak pengelola untuk info biaya lain.

Atraksi Wisata Bukit Kandis

Awalnya, bukit ini sama sekali tidak memiliki nama. Namun ketika orang Bengkulu mendapati banyaknya vetegasi pohon asam kandis di sekitar area konservasi, maka tanpa hitam di atas putih mereka langsung menetapkan nama kawasan itu sebagai "Bukit Kandis".

Bagi sebagian orang nama bukit ini mungkin sedikit ganjil. Apalagi ketika wisatawan berada di sana tak ada pohon kandis sama sekali. Punahnya pohon tersebut ditenggarai oleh aktivitas pertambangan yang cukup masif kala itu.

Apa saja yang ada di area konservasi ini?

1. Memanjakan Mata di Dek Fotografi

bukit kandis bengkulu
image via @moanskywardz
Dek fotografi di bukit ini dibangun dengan sudut pandang menarik. Karena sejauh mata memandang, kamu akan mendapatkan panorama alam berupa hutan hijau yang menyelimuti perbukitan. Kamu juga bisa merasakan tiupan angin yang berhembus dari hutan tersebut.

Wisatawan selalu mengabadikan kunjungan mereka di dek fotografi ini. Kamu pun jangan mau ketinggalan ya. Banyak angle atau sudut yang keren untuk memuaskan sisi narsis. Tapi jangan sampai lupa memotret objek utamanya yaitu Bukit Kandis.

Sementara dari sisi kanan, puaskan dirimu untuk melihat bukit yang berdiri begitu megah di atas areal tanah konservasi. Walaupun bukit tersebut hanya ditumbuhi oleh pohon-pohon kecil dan lumut, tetapi suasana alaminya masih terasa kuat.

2. Mencoba Panjat Tebing

wisata bukit kandis bengkulu
image via @doni7386
Singgah di bukit ini dan mencoba atraksi wisata olahraganya tentu menarik, bukan? Terdapat area climbing atau spot panjat tebing yang sudah siap menjajal keberanian pengunjung. Aktivitas yang satu ini akan dipandu oleh climber profesional.

Tebing di Bukit  Kandis memiliki tingkat elevansi 90 derajat. Kecuali bagian puncak, hampir seluruh bukit berukuran besar ini tersusun dari bebatuan padat. 

Dengan bermodalkan helm, pakaian khusus, tali penyangga dan keberanian, kamu bisa melatih ketangkasan dengan menaiki tebing batu hingga mencapai puncak bukit. Kegiatan panjat tebing ini menjadi salah satu keseruan yang wajib kamu coba.

3. Kolam Alami nan Jernih

bukit kandis
image via novi arsa/googlemap
Masih ada objek menarik di wisata Bukit Kandis yaitu sebuah kolam alami yang memukau dengan air jernihnya. Kolam ini sangat cantik jika dilihat dari atas. Menurut penuturan warga, air kolam itu tak kunjung kering meskipun musim kemarau berkepanjangan sedang berlangsung.

Karena bersih dan jernih, wisatawan tentu bisa mengambil air dari kolam alami itu, lho! Enaknya lagi, di pinggir kolam ada beberapa tempat duduk untuk melepas lelah setelah mengelilingi perbukitan sehari penuh. Pemandangan disini pun tak kalah sedap!

Sembari mengistirahatkan badan dan mengumpulkan tenaga untuk pulang, kamu pasti penasaran melihat sunset dari area konservasi alam ini, bukan? Dikutip dari Detik.com ternyata pemandangan matahari terbenam di sini banyak diburu oleh penikmat senja.

Fasilitas

Destinasi konservasi alam di Bengkulu Tengah ini belum mempunyai banyak fasilitas. Untuk saat ini hanya ada jalan setapak yang sudah disemen, toilet dan juga warung makan kecil. Sedangkan spot berfoto disediakan di pinggir kolam air. 

Rute dan Lokasi

Bukit Kandis beralamat di Jalan Bengkulu - Kepahiang. Tepatnya di Desa Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu 38282. Nih, biar nggak perlu kemana-mana lagi, kami sisipkan juga peta sebagai penuntun jalan ke sana.


Untuk menuju area konservasi hanya tersedia satu rute. Pengunjung bisa sampai ke puncak jika menggunakan motor trail. Tapi kalau kamu membawa motor biasa, nanti berhenti di tempat parkir. Dari tempat parkir ke lokasi butuh perjalanan 20 menit dengan trek yang sedikit mendaki. 
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -