MASIGNASUKA101
7168738000188950837

14 Tempat Wisata di Kaur Terkini & Wajib Dikunjungi

14 Tempat Wisata di Kaur Terkini & Wajib Dikunjungi
Add Comments
1/07/2021
Salah satu daerah di Provinsi Bengkulu dengan ibukota Bintuhan yaitu Kaur memiliki kekayaan alam sangat berlimpah. Kendati pertanian masih mendominasi berita mengenai kabupaten ini. Namun statistik wisata Kaur menorehkan banyak prestasi.

Hal itu berhubungan dengan tempat wisata di Kaur yang menjadi semakin sesuai dengan keinginan setiap pengunjung. Seperti pantai, tujuan alam dan spot sejarah sejarah. Dari Kecamatan Semidang Gumay, Kecamatan Kaur hingga Kota Bintuhan menyuguhkan objek wisata yang bagus sekaligus diminati.

Berlibur ke Kaur hingga saat ini masih menjadi keinginan banyak orang. Di seluruh wilayah kabupaten ini wisatawan dapat menemukan berbagai rekomendasi objek wisata. Ingin tahu apa saja tempat wisata menarik di Kaur, berikut kami hadirkan ulasannya.

destinasi tempat wisata di kaur

1. Pantai Way Hawang

wisata kaur
image credit: a rachim hoesein via googlemap
Pantai merupakan wisata unggulan di Kaur, Bengkulu. Namun jika kamu mendambakan tempat yang unik dengan pemandangan bahari yang luar biasa indahnya. Maka tujuan pertama yang wajib didatangi adalah Pantai Way Hawang.

Di pantai ini terdapat sebuah batu yang terkikis oleh ombak. Batu tersebut dinamai Batu Jung oleh warga sekitar. Pengunjung sangat suka berfoto di depan Batu Jung. Selain karena tampilannya memang unik, tepat di balik batu raksasa itu terhampar lautan biru.

Pantai ini hanya berjarak 13 km dari arah Kota Bintuhan. Tepatnya di Desa Way Hawang, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur. Karena terletak di jalan lintas Sumatera, tentu akses ke lokasi sudah terbilang baik dan dapat diakses oleh kendaraan roda dua maupun empat.
Lokasi: Desa Way Hawang, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur (Peta)
Tiket Masuk: Rp5.000/orang
Jam Buka: 24 jam.

2. Taman Bineka Bintuhan

wisata kaur
image credit: yurnanto hk hattami via googlemap
Sesuai namanya, taman Bineka adalah taman yang disingkat dari kata Budaya, Industri dan Ekonomi Kaur. Tidak hanya menjadi ruang publik, taman di kota Bintuhan ini juga memiliki perpustakaan, toko oleh-oleh dan pasar tradisional.

Selain Lapangan Merdeka Bintuhan, pantas jika taman yang dibangun pada tahun 2017 ini juga sangat hits di kalangan kawula muda. Mata akan disenangkan dengan taman hias, bunga dan tugu. Tempat ini selalu ramai di akhir pekan.

Wisata gratis di jalan lintas Bintuhan - Kabupate Kaur ini tentu banyak peminatnya. Pengunjung bisa puas bersantai sembari menghirupnya udara yang segar. Sebelum pulang ke rumah, terdapat banyak toko camilan yang menyediakan oleh-oleh untuk dibawa pulang.
Lokasi: Jalan Lintas Bintuhan - Kaur, Kecamatan Sinar Pagi (Peta)
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

3. Air Terjun Lemo Nakai

wisata di kaur
image via @agorahjimmadan
Latar belakang geografis perbukitan di Kabupaten Kaur membuat daerah ini punya sederet tujuan wisata alam di sekelilingnya. Terutama soal Air Terjun, Kaur menawarkan beberapa spot menarik, sebut saja Air Terjun Lemo Nakai di Hulu Palik yang memesona.

Untuk menemukan posisi air terjun ini, kamu perlu merenggangkan otot. Dari Ibukota Kaur ke lokasi air terjun harus melalui jalan tanah yang lumayan licin. Pertimbangkan untuk datang pada musim kemarau sebab saat musim penghujan, jalur ke sana bisa semakin berat.

Lokasi wisata ini menawarkan panorama alam spektakuler. Riak air yang tak henti mengalir dari ketinggian 17 meter menciptakan panorama luar biasa. Apalagi di sekitarnya banyak tumbuh pepohonan hutan tropis dan rumput liar yang menambah sisi eksotik dari air terjun tersebut.
Lokasi: Desa Hulu Palik, Kecamatan Taba Padang Kol, Kaur
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 07.00 - 18.00 WIB

4. Pantai Pengubayan Kaur

tempat wisata di kaur
image via: garden ksf 
Objek wisata terbaru ini dapat dijumpai di Desa Pengubayan, Kecamatan Kaur Selatan. Kurang lebih 14 kilometer dari Kota Bengkulu. Meski baru dikembangkan, namun tempat ini sudah mendapatkan banyak kunjungan wisatawan mancanegara.

Pantai Pengubayan menjadi satu-satunya spot surfing di Kaur. Popularitas pantai ini bahkan sampai ke telinga turis mancanegara. Setiap musim ombak, akan banyak para peselancar dari negara Australia dan Jerman berwisata dan mencoba menaklukkan ombak disini.

Bagi wisatawan domestik yang ingin menengok keindahan pantai ini, hanya perlu membayar tiket masuk kendaraan saja. Dimana satu unit mobil dan kendaraan motor masing-masing diberi harga parkir sebesar Rp10 ribu dan Rp5 ribuan.
Alamat: Desa Pengubayan, Kec. Kaur Selatan
Tiket Masuk: Rp5.000-10.000
Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB.

5. Danau Kembar

wisata kaur
image via instagram/backerscology


Ada beragam cara untuk menikmati wisata alam di Kaur. Dan, salah satu tujuan yang recommended ialah mengunjungi Danau Kembar. Sebuah danau yang dapat ditempuh usai melintasi jalan sepanjang 19 kilometer dari seputaran Bintuhan.

Tak seperti destinasi alam kebanyakan, danau ini belum memiliki fasilitas lengkap. Bahkan pengunjung tak bisa berharap akan menemukan wahana permainan air yang menarik. Belum ada wahana seperti speed boat, perahu dan kapal bebek. Meski begitu, tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat liburan di Kaur bersama keluarga.

Intinya, liburan di danau ini dengan keluarga akan sangat mengasyikkan. Namun sarana jalan ke alamatnya belum begitu memadai. Beberapa plang petunjuk arah dari kota sampai ke lokasinya di Tanjung Agung, Kecamatan Maje memang sudah tersedia, tetapi agak sulit untuk dilalui.
Alamat: Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Maje, Kaur
Tiket Masuk: Gratis

6. Sungai Padang Guci

image via - re.harhary
Daerah Padang Guci merupakan surganya wisata alam di Kaur. Tak heran bilamana daerah ini mempunyai sungai-sungai yang bersih dan jernih. Baik dari hulu sungai sampai hilir, kerap dimanfaatkan publik sebagai tujuan pemandian.


Pesonanya yang memikat tentu mampu menarik orang untuk datang. Persis seperti pemandian di tengah alam, kamu dapat merasakan kesejukan saat berendam di sungai yang dikelilingi pohon hijau ini. Hal itu tentu membuat kamu betah bermain air.
Lokasi: Desa Ulak Agung, Kecamatan Padang Guci, Kabupaten Kaur
Tiket Masuk: -

7. Pantai Cukoh Bintuhan

image via: apri ksatria/googlemap
Nyaris tak ada cela, Pantai Cukoh Bintuhan adalah referensi wisata terbaik yang pas untuk liburan selanjutnya. Di tempat ini, pasti kamu dibuat terpesona oleh hamparan pasir putih yang menyelimuti seluruh pesisir pantai.

Sangking cantiknya, objek wisata di Kaur ini bertengger di puncak nomine dari ajang Anugerah Pesona Indonesia (API), dalam kategori destinasi terbaru pada pertengahan 2019 lalu. Jelas saja, tak ada lagi alasan untuk tidak mengunjunginya.

Pantai ini sendiri berada di Kec. Kaur Selatan dan merupakan destinasi yang difavoritkan oleh keluarga, generasi milenial dan kawula muda. Suasananya memang sangat nyaman sehingga kamu nggak akan menyesal ketika mengajak teman sepermainan berlibur kemari.
Lokasi: Desa Pasar Lama, Kecamatan Kaur Selatan, Bengkulu
HTM: Rp10k
Jam Operasional: 08.30 - 18.30 WIB

8. Pantai Laguna Ujung Lancang

image via: andre prihardi/googlemap
Spot wisata di Kecamatan Nasal yakni Pantai Laguna Ujung Lancang sudah menjadi menu wajib bagi para pemudik asal Kaur. Saat mereka pulang kampung pada hari-hari besar seperti Tahun Baru, Imlek, Natal dan juga Idul Fitri. Spot ini selalu dipadati oleh pemudik yang rindu kampung halamannya.

Berlibur di kampung sendiri memang mengasikkan, selain mampu mengobati rasa rindu. Kamu bisa mengenang kembali masa-masa kecil yang indah. Bebas berlarian di atas pantai hingga membuat rumah dari pasir. Pasti ingin kembali mengulang kejadian itu, bukan?

Lokasi pantai ini terletak di Desa Merpas, sebuah desa yang diapit oleh laguna kecil. Karenanya, tempat tersebut sangat pas dinikmati bersama orang terkasih. Bukan hanya romantis, tak jauh dari pantai ini tersedia penginapan bila kamu ingin bermalam.
Lokasi: Desa Merpas, Kecamatan Nasal, Kab. Kaur
HTM: Rp10.000 (perkiraan)
Jam Buka/Tutup: 09.00 - 19.00 WIB

9. Gunung Patah

wisata alam kaur
image source: instagram.com/gembel_pongo
Apabila kamu memiliki jiwa petualang, pastikan berkelana ke Gunung Patah. Dengan ketinggian 2817 mdpl yang dimilikinya, total waktu pendakian yang diperlukan untuk tiba di puncak adalah satu minggu penuh. Kamu merasa tertantang?

Di sela pendakian, flora dan fauna endemik khas akan menemani petualanganmu. Sebagai gunung yang dinobatkan tertinggi di Provinsi Bengkulu dan terletak di Cagar Alam Raja Mendare, Gunung Patah sendiri belum banyak ditaklukkan oleh pendaki.

Mengingat rutenya yang panjang dan butuh berhari-hari, hanya pendaki yang berjiwa pemberanilah yang siap menghadapi tantangan itu. Tidak harus pergi sendiri, kamu boleh mengikuti program ekspedisi yang dirancang oleh trip organizer setempat.

10. Curup Nibung Kaur

tempat wisata di kaur
curup nibung - instagram/ercsndg
Memiliki tinggi kurang lebih 15 meter, Air Terjun Curup Nibung menjadi obyek wisata yang gampang diakses oleh setiap orang. Kamu tak lagi harus berhadapan dengan trek menantang yang sedikit banyak memacu adrenalin. Bahkan rutenya cukup nyaman bagi anak kota yang hendak liburan ke alam.

Di sana, wisatawan dapat menikmati air terjun yang dikelilingi oleh areal persawahan. Suatu pemandangan yang jarang ditemukan di kota, bukan? Nah, seumpama liburan kemari, pastikan bawa kamera traveling dan pakai OOTD yang keren.

Karena selain berpose dengan latar air terjun, Desa Talang Besar di Kec. Padang Guci ini dipenuhi oleh sawah yang hijau. Jadi bukan cuma air terjunnya saja yang bisa dipotret, pun lansekap persawahan yang Instagramable pun pantas untuk dipajang ke media sosial.
Lokasi: Desa Talang Besar, Kec. Padang Guci, Kaur
Tiket: -

11. Air Terjun Tiga Panggung

image via: youtube.com/anggadwinka
Semilir angin yang berhembus dan suara gemuruh di Air Terjun Tiga Panggung segera menyambut wisatawan yang akan menikmati tempat rekreasi alam di Desa Ulak, Kecamatan Muara Sahung, Kabupaten Kaur tersebut.

Atraksi alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Tiga Panggung adalah bentuknya yang berundak. Di salah satu sudut bebatuan, terdapat lorong kecil menyerupai gua/goa. Jika masuk ke dalam gua aesteik itu, maka ditemukan aliran air terjun yang cukup deras.

Goa berbentuk vertikal tersebut memang cukup astetik untuk berswafoto. Tetapi pengunjung harus selalu waspada ketika akan memasuki goa. Sebab, permukaan bebatuan di sini cukup licin saat dipijak. Berpeganganlah dengan kuat agar tidak tergelincir.
Alamat: Desa Ulak, Kec. Muara Sahung, Kab. Kaur (peta lokasi)
Tiket Masuk: -

12. Pantai Air Langkap

tempat wisata di kaur
image via @miacornelia14/instagram
Tersembunyi dari hiruk pikuk kabupaten Kaur, Pantai Air Langat adalah destinasi alam yang menyajikan ribuan pohon kelapa. Keindahan pantai yang resmi dibuka pada akhir tahun 2019 ini tidak akan mengecewakan pengunjung. Kamu tak akan menyesal kalau memilih liburan disini.

Lantaran letaknya cukup tersembunyi, pantai yang satu ini masih begitu asri dan kental akan atmosfir alami. Pengunjung dijamin tak akan tahan untuk segera berenang setelah melihat air lautnya yang jernih dan bersih.

Jika punya banyak waktu luang, kamu bisa mencoba mendirikan tenda atau berkemah di tepi pantai ini. Setelah menikmati matahari terbenam. Di keesokan paginya, kamu akan merasakan bagaimana matahari terbit dan embun pagi yang membangunkan tidurmu.
Lokasi: Desa Pajar Bulan, Kecamatan Kaur, Bengkulu
HTM: Rp7.000/orang
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB

13. Danau Tumutan Tujuh

tempat wisata di kaur
image credit: instagram/gembel_pongo
Menghadapi musim pancaroba, destinasi air biasa dipilih untuk menghabiskan musim kemarau. Bisa sungai, bisa juga danau berair tawar. Udara yang panas sering menuntun kita ke tempat menyegarkan, sebut saja Danau Tumutan Tujuh.

Kealamian dan letaknya yang terisolir menjadi penyebab danau di seputaran Kaur ini menjadi pilihan berlibur di kala musim kemarau. Sayangnya, bukan hal mudah untuk bisa ke sana, setidaknya kamu harus punya stamina yang kuat untuk menerabas semak belukar.

Danau Tumutan Tujuh merupakan danau yang belum sering diceritakan oleh traveler. Walau begitu, tak sedikit traveler lokal dan domestik berharap bisa singgah ke danau yang ada di kaki Gunung Patah tersebut. Siapapun yang pernah liburan ke sini, pasti akan sangat bangga.

14. Pantai Sekunyit

wisata kaur bengkulu
image via: errol maulana a
Tak sulit menemukan pantai di Kaur, Bengkulu yang lokasinya bagus untuk kegiatan snorkeling. Nah, pesona bawah laut Pantai Sekunyit mampu menyenangkan mata lewat terumbu karang dan ikan berwarna cerah yang menghiasi pemandangan bawah lautnya.

Terumbu karang di pantai ini sangat menggemaskan! Terlebih lagi, Ikan laut yang akrab akan menjadi sahabat saat menyelam ke dasar pantainya. Suasana pantai yang lumayan sepi tentu menunjang aktivitas snorkeling, bukan? Kamu tidak perlu berebut momen dengan wisatawan lain.

Lantaran belum sering didatangi wisatawan, pantai ini agak kurang dari segi fasilitas. Mau atau tidak, pengunjung yang ingin berlama-lama menikmati tempat ini harus membawa bekal makan dan minum sendiri. Kapan lagi liburan ke destinasi wisata yang nuansanya seperti milik pribadi?
Lokasi: Jalan Lintas Barat Sumatera, Kaur, Bengkulu
Tiket Masuk: Mulai Rp10.000
Jam Operasional: 24 jam

Ragam destinasi tempat dan objek wisata di Kaur, Bengkulu yang telah kami himpun tersebut sepertinya sangat bagus untuk tujuan berliburmu di akhir pekan ini. Sebab tak hanya menawarkan eksotika alam, pantai, danau dan air terjun yang elok pun bisa kamu temukan ketika liburan di Kaur. (image cover: @taufikikhwansardi dan @garden._.ksf via instagram)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -