MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Gapang: Lokasi, Tiket Masuk & Pesona Terkini

Pantai Gapang: Lokasi, Tiket Masuk & Pesona Terkini
Add Comments
1/22/2021
Pantai Gapang | Alamat: Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh, 24411 (Map: Di Sini) | HTM: Rp5.000 | Jam Buka: 09.00 - 21.00 | Telepon: - | Aktivitas: Snorkeling & Renang |
Bagi para traveler dan backpacker, Pantai Gapang merupakan tempat liburan ber-bujet rendah yang cocok di kantong. Pantai yang berada di arah laut selatan Sabang dan Pulau Weh tersebut menyajikan view samudera laut biru dengan daya tarik gelombang ombak yang indah.

Banyak traveler mengira bahwa Pantai Gapang Sabang adalah spot yang keindahannya hanya bisa dinikmati lewat mata saja. Padahal, tempat liburan tepi laut yang lokasinya sejajar dengan pantai Iboih tersebut, punya pesona dan keunikan tersendiri.

Jika sedang menyambangi wisata Sabang, maka berlibur ke Pantai Gapang menjadi pilihan yang harus ada di urutan pertama. Disana, banyak kegiatan menarik yang sudah menanti traveler. Seperti snorkeling, berselancar serta menyelam ke dalam dasar laut yang selama ini merupakan aktivitas andalan.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Setelah berhasil menjangkau Pantai Gapang, di depan pintu masuk akan ada pos retribusi. Setiap wisatawan wajib menyediakan biaya untuk tiket masuk. Harga yang ditetapkan benar-benar membuat kantong nyaman yakni sebesar Rp5.000 per orangnya.
Harga Tiket Masuk Pantai Gapang
Tiket UmumRp5.000
Tiket ParkirRp2.000 (motor)
Rp5.000 (mobil)
Karena di pantai ini terdapat basecamp diving dan snorkeling, jadi bagi traveler yang mau mencoba menggunakan peralatan tersebut untuk menengok pemandangan bawah laut, perlu mengeluarkan tambahan biaya. Sewa peralatan snorkel mulai Rp10.000/hari. Sedangkan perlengkapan diving mulai rp450 ribuan.

Jam Buka Tutup

Karena dikelola langsung oleh pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kota Sabang, jam buka Pantai Gapang menyesuaikan waktu operasional yang diatur oleh dinas terkait. Dan berikut jam buka terkini yang sudah mereka tetapkan.
Waktu Operasional Pantai Gapang
Jam Buka/Tutup:08.00 WIB - 20.00 WIB

Pesona Pantai Gapang

Ketika memasuki spot berlibur ini, sebuah gerbang bertuliskan "Welcome To Gapang Beach" akan menandakan jika kamu sudah ada di lokasi yang tepat. Dari gerbang ini, matahari yang menyinari pantai membuat air laut terlihat seperti zamrud biru di kejauhan.

Namun itu bukanlah satu-satunya pesona yang bisa ditemukan saat kamu tengah berkunjung ke pantai ini. Travelingmedan.com sudah merangkum beberapa pesona lain yang tersimpan. Begitu pula kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berlibur kemari.

1) Berpasir Bersih Seperti Zamrud

image via @pasaribu.denny
Apabila Pantai Anoi Itam dibandingkan dengan Pantai Gapang, akan banyak backpacker mengatakan jika kedua tempat tersebut punya karakteristik berbeda. Namun salah satu persamaannya adalah posisinya yang bersisian langsung dengan laut lepas.

Dengan air laut berwarna biru zamrud, kolam alami berukuran raksasa ini memang tidak hangat sepanjang tahun. Tetapi hal tersebut tidak serta-merta menghalangi warga lokal maupun wisatawan yang terlihat sangat suka berenang disana. 

Beberapa tahun terakhir, pantai di Pulau Weh ini dikenal sebagai salah satu destinasi terbaik di Indonesia. Lantaran memiliki butiran pasir putih yang lembut dan cantik. Dan traveler tak akan mampu menjauh dari pasir yang terhampar luas itu.

2. Area Snorkeling & Spot Selancar Pemula

pantai gapang
gapang beach - image via: @marlinresort
Gulungan ombak berjarak 15 meter dari lepas pantai menjadikan Gapang Beach masuk daftar spot wisata terbaik untuk berlatih selancar di Pulau Weh. Tingkat ombak di sini masih standar, cocok bagi mereka yang baru tertarik akan dunia surfing.

Jika berselancar bukanlah minatmu, lepas pantai ini menyediakan area snorkel dengan panorama bawah laut yang cantik. Traveler tak harus menyewa jasa guide, minta saja kapal nelayan yang bersandar di sana mengantarkanmu ke spot snorkeling terbaik.

Sembari mengapung menikmati ikan warna-warni dan terumbu karang di bawah laut, jangan lupa mengambil satu atau dua foto sebagai kenang-kenangan. Tetapi kami menjamin jika memory kamera underwater-mu akan terisi penuh tanpa sisa.

3. Bersantai Sore Menunggu Sunset

image credit: @tomomibecot
Tak semua pantai punya pemandangan matahari tenggelam. Tetapi saat berkunjung ke Pantai Gapang satu ini, golden sunset bukanlah momen langka. Terutama bila mengingat kalau titik koordinatnya yang tepat menghadap samudera luas.

Oleh karena itu, dermaga di tengah pantai selalu ramai menjelang sore. Dari pelataran dermaga ini traveler bisa menyaksikan arak-arakan awan, serta proses pudarnya warna keemasan pada matahari sebelum benar-benar tenggelam di balik lautan.

Kalau di dermaga kapal sudah tak ada lagi tempat yang tersisa, warung kopi dan cafe kecil-kecilan di sepanjang pantai ini juga bisa kamu pilih kok untuk menikmati sunset. Selain lebih nyaman, di warung tersebut traveler bisa makan dan minum.

Fasilitas

Seperti tempat liburan pada umumnya, pantai yang cantik ini sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa menunjang kenyamanan setiap wisatawan. Sebut saja kamar mandi, warung-warung, parkir kendaraan dan infrastruktur lain seperti hotel dan penginapan pun sudah tersedia.

Tapi karena warung disini jumlahnya sangat terbatas, lebih banyak traveler dan backpacker membawa konsumsi masing-masing. Tentu selain bisa berhemat, wisatawan bisa terhindar dari harga menu yang terkadang bikin terkejut

Lokasi Pantai

Tempat liburan yang mengasikkan ini beralamat di Sukakarya, Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Kamu ingin cepat kesana? tenang, dari pusat kota tak begitu jauh kok. Cek peta berikut!

Di akhir ulasan mengenai Pantai Gapang ini mungkin kamu sudah tak sabar ingin segera bisa berlibur ke tempat tersebut, kan? Nah, segera deh atur jadwal perjalananmu! Atau kalau butuh paket wisata, Travelingmedan menyediakan trip yang terjangkau. (image cover: adli azhari)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -