MASIGNASUKA101
7168738000188950837

13 Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Terbaru Wajib Disinggahi

13 Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Terbaru Wajib Disinggahi
Add Comments
2/03/2021
Dengan ibukota Manna, Bengkulu Selatan merupakan daerah kabupaten tertua di bagian selatan Pulau Sumatera. Luasnya 1.185 km persegi dan memiliki motto "Sekundang Setungguan". Tentu sebagai kabupaten yang sudah lama ada, maka wisata Bengkulu Selatan tak kalah bersaing dengan daerah lainnya.

Tempat wisata di Bengkulu Selatan punya segudang potensi yang luar biasa. Alhasil liburan ke daerah ini sangat menarik, sebut saja dari segi wisata alam dan budaya. Ada juga pantai cantik, ragam tujuan sejarah hingga sekumpulan air terjun eksotik yang senantiasa memancarkan pesona.
tempat wisata bengkulu selatan

Travelingmedan.com sudah merangkum beberapa tempat wisata di Bengkulu Selatan yang dapat dijadikan rekomendasi ketika kamu ingin menghabiskan waktu liburan di sana. Penasaran ada apa saja? Simak daftar serta deskripsi berikut!

1. Angling Wisata Manna

wisata bengkulu selatan
image: raymond reen/googlemap
Sempat ramai diperbincangkan, objek wisata yang berlokasi di arah selatan Kota Manna ini menjadi viral di berbagai lintas media. Menyebarnya unggahan mengenai destinasi wisata tersebut tak lain karena tempatnya yang digadang-gadang akan dibentuk dengan konsep masa kini.

Angling Wisata Manna terletak di semenanjung laut, posisinya di atas tebing pantai yang menyerupai perbukitan datar. Namun, bukan itu saja yang membuat destinasi ini viral. Kreativitas warga yang menambahkan sederet properti foto yang unik dan instagramable ikut serta membesarkan namanya.

Sehingga saat berkunjung ke wisata Angling di Kota Manna ini, kamu tak hanya bisa mendapatkan spot foto dengan latar belakang laut lepas. Properti-properti unik yang terpajang di sepanjang bibir pantai seperti lampu terbang, sangkar burung dan ayunan aestetik juga memberikan daya tarik tersendiri untuk dipotret.
Alamat:  Pinoraya, Kec. Manna, Kab. Bengkulu Selatan. (Peta)
HTM: Rp5.000/orang
Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB

2. Pantai Pasar Bawah

image: reza maha/googlemap
Stok pantai di Bengkulu Selatan seolah tak ada habisnya untuk dibahas. Ke jalan mana saja kaki melangkah, maka setiap perjalanan selalu terhenti di pantai yang cantik. Seperti destinasi yang menawarkan tempat berlibur indah ini yaitu Pantai Pasar Bawah.

Destinasi yang juga familiar lewat nama Pantai Duayu Sekundang ini membentang dari selatan ke utara. Area pantai terdiri dari beberapa zona meliputi benteng peninggalan Inggris, sentra kuliner dan taman bermain yang semuanya dikelola oleh Pemkab Bengkulu Selatan.

Pada malam hari, pantai yang ada di Bengkulu Selatan ini menjadi tujuan wisata malam. Selain kawula muda, pengunjungnya berasal dari berbagai kalangan usia. Berangkat dari hal itu pula Pemkab tengah membangun fasilitas permainan dan hiburan disini.
Lokasi: Desa Pasar Bawah, Kec. Pasar Manna, Kab. Bengkulu Selatan (map)
Tiket Masuk: Rp-
Jam Buka: 24 Jam

3. Air Terjun Geluguran

wisata bengkulu selatan
image: instagram.com/pebri_yanto02
Selain pantai, Bengkulu Selatan juga menyimpan jejeran air-air terjun yang seru untuk refreshing. Tapi kalau kamu pengennya mengeksplor objek yang lokasinya agak tersembunyi, maka Air Terjun Geluguran merupakan sebuah pilihan yang tak boleh ditawar.

Lokasi air terjun ini berada di jalan penghubung Bengkulu Selatan dan Pagar Alam. Persisnya di Desa Pino, Kecamatan Ulu Manna. Serunya lagi, kamu nggak bakal ngabisin banyak waktu semisal berlibur sana, lho! Naik bus atau motor cuma 40 menitan doang.

Kalau perjalananmu sudah sampai di Desa Pino, pastikan dulu sama warga desa sekitar ya. Soalnya, air terjunnya punya dua nama. Pertama Air Terjun Ghiki dan satu lagi Air Terjun Geluguran. Meski berbeda, tetapi nama tersebut masih merujuk ke air terjun yang sama kok.
Lokasi: Desa Pino, Kecamatan Ulu Manna, Bengkulu Selatan.
Tiket Masuk: Rp7.000,-
Jam Operasional: 07.00 - 16.00 WIB

4. Danau Ulu Seginim

image: instagram.com/bengkuluselatan_
Soal wisata alam sih Bengkulu Selatan bukanlah kabupaten yang dipandang sebelah mata, yakin banget! Mau bukti? Kamu bisa berkunjung ke kec. Air Nipis. Kawasan ini dipenuhi destinasi menyegarkan, seperti Danau Ulu Seginim yang wajib kamu kunjungi.

Danau Ulu Seginim adalah perairan darat yang terbentuk melalui proses alami. Walaupun danaunya nggak seluas Danau Toba, tetapi tidak masalah lantaran Ulu Segilim tak kalah menawan. Waktu pertama kesini, berasa seperti berada di alam bebas.

Kapan pun itu, kamu boleh mengunjungi danau yang indah ini karena sebagai objek wisata alam tempatnya sendiri dibuka selama dua puluh empat jam penuh. Tiket masuknya jangan ditanya deh, asyik banget buat yang mau liburan murah.
Alamat: Desa Tanjung Beringin, Kec. Air Nipis, Bengkulu Selatan
Jam Buka: 24 jam
HTM: Rp5.000/orang

5. Bengkenang Beach

wisata bengkulu selatan
image credit: @@dinnuelhassan
Jika tak ada aral-melintang, sempatkan berwisata bahari ke pantai yang berlokasi di Manna, Bengkulu Selatan satu ini. Deruan ombak yang menenangkan serta semilir angin syahdu membuat Bengkenang Beach cocok untuk menghilangkan penat.

Bengkenang Beach merupakan pantai alami yang penuh kejutan di Tanjung Besar. Lantaran berhadapan dengan Samudera Hindia, matahari terbenam bisa disaksikan secara jelas. Tersedianya permainan bagi anak-anak akan menyenangkan si kecil yang ikut berlibur.

Ombak di pantai tersebut sangat aman untuk berenang. Jadi ketika kamu menunggui matahari tenggelam di ufuk barat, kamu mungkin tertarik melakukan aktivitas wisata air, sebutlah bermain pasir, berswa-foto sepuasnya atau menikmati hidangan seafood.
Alamat: Ds. Tanjung Besar, Kota Manna, Bengkulu Selatan
Tiket: Rp8.000/orang
Jam Buka: 24 jam5. Taman Remaja

6. Taman Merdeka Kota Manna

image: dedi mulyadi/goglemap
Semisal lagi bingung hendak kemana menghilangkan penat, banyak taman di Bengkulu Selatan yang adem untuk disinggahi. Agar tak semakin jenuh, cobalah bersantai di antara tanaman hijau yang asri sembari nongkrong bersama teman dekat maupun orang tercinta di Taman Merdeka Manna.

Sesuai dengan nama yang disematkan, Taman ini terletak di Pasar Manna, Bengkulu Selatan. Lokasinya sendiri nggak sulit dijangkau lantaran dilalui oleh banyak kenderaan umum. Taman tersebut sudah difasilitasi dengan panggung remaja, alun-alun dan sentra kuliner lokal.
Alamat: Kampung Baru, Kec. Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan (peta lokasi)
Tiket: Gratis

7. Sepit Kancing

wisata bengkulu selatan
nana storada/googlemap
Sepit Kancing merupakan wisata pemandian alam di Air Nipis. Kolam pemandian ini terbentuk karena aliran sungai yang merembes melalui rongga bebatuan. Airnya yang tersaring sangat jernih dan segar, pas banget buat kamu mandi di kolam alaminya.

Kolam alami ini sebetulnya ditemukan tanpa sengaja oleh warga Air Nipis. Pada awalnya, mereka tengah membuka perladangan yang terletak di tepi sungai. Saat melintas, tersajilah Sepit Kancing yang begitu elok. Lambat laut, lubuk ini mulai dikenali wisatawan sebagai tujuan wisata pemandian.

Terletak di Desa Sukarami, Kecamatan Air Nipis, destinasi wisata ini sangat pas untuk berenang. Suasananya yang syahdu dan tenang juga asyik banget buat bersantai. Kesininya, kamu tak boleh lupa bawa kamera underwater ya.
Lokasi: Desa Sukarami, Kec. Air Nipis, Bengkulu Selatan
Tiket Masuk: Rp5.000/orang
Jam Buka: 09.15 - 18.15 WIB 

8. Gua Suruman

image: mapetalauniversitasbengkulu.blogspot.com
Bosan ke pantai atau air terjun? Sst! Objek wisata yang terdapat di Bengkulu Selatan tidak itu melulu, lho! Mau destinasi berbeda yang bisa menguji keberanian dan adrenalin? Gua Suruman yang keren dengan stalagmit dan stalagnit wajib dijajal.

Gua Surumuan ialah lorong bawah tanah di sudut Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang. Dibangun oleh Inggris, gua tersebut terdiri atas beberapa ruangan yang memiliki suhu berbeda. Menurut warga setempat, lorong gua ini tembus ke wilayah Padang Guci di Kabupaten Kaur. 

Untuk menuju gua yang didiami oleh ribuan burung walet ini terlebih dahulu harus berangkat melalui Kota Manna. Kemudian lanjut ke lokasi wisata yakni di Desa Batu Ampar. dari desa ini pengunjung perlu trekking selama 1 jam sebelum mengeksplor lebih jauh lagi. 

9. Pantai Muara Kedurang

via: wandra jaya b/map
Jika waktu luangmu cukup, maka sempatkan berkunjung ke Kedurang Ilir. Di kecamatan tersebut terdapat sebuah pantai yang sangat romantis dan instagenik, Muara Kedurang. Jangan sampai lupa bawa pasangan untuk ber-selfie di sini, deh!

Struktur pasir dan bebatuan yang kecil membuat Pantai Muara Kedurang asyik dijadikan tempat jalan-jalan. Tak kalah unik, pemandangan ratusan pohon kelapa yang berjajar membatasi darat dan laut menghadirkan panorama yang mempesona sekali.

Bukan cuma bisa menikmati lanskap bumi, berenang pun adalah suatu aktivitas yang tak boleh dilewatkan di pantai di Kedurang Ilir ini. Meskipun airnya asin, pantai tersebut masih bersih sekaligus terjaga dari tangan jahil. Kamu pun tak perlu ragu kalau ingin berenang di sana.
Lokasi: Desa Tanjung Aur, Kecamatan Kedurang Ilir, Bengkulu Selatan
HTM: 10.000/orang
Jam Buka: 09.30 - 18.30 WIB

10. Bendungan Kota Agung Seginim

image: fara dewa/instagram
Waduk ini termasuk destinasi lama yang masih eksis sampai sekarang. Sebagai danau buatan, debit air yang terkumpul di Bendungan Selepah tidak cuma dikelola untuk pengairan, warga domisili Seginim juga memanfaatkannya sebagai area rekreasi keluarga.

Merapat ke Bendungan Selepah kamu kamu langsung disuguhkan pemandangan alam begitu luas. Tekstur bangunannya juga keren. Ditambah lagi dengan keberadaan dua buah jembatan gantung yang bisa digunakan untuk memandang alam sekitar.

Tapi saat mendatangi wisata bendungan tersebut, tak usah kaget jika menengok fasilitas yang ala kadarnya. Hal itulah yang memantik warga Seginim supaya stake holder memperhatikan sarana dan prasarana Bendungan Selepah.
Alamat: Desa Babatan Ulu, Kec. Seginim, Bengkulu Selatan
Tiket Masuk: Gratis

11. Pantai Sekunyit

image via: @bengkuluselatan_/instagram
Kawasan Pantai Sekunyit di Bengkulu Selatan tidak hanya merujuk ke satu destinasi saja. Dengan begitu, pengunjung tak usah khawatir cepat bosan ketika berlibur di sana. Tidak ketinggalan, kuliner dan swafoto kekinian siap menemani plesiran kamu.

Pantai Sekunyit ini cukup menyenangkan jika dipilih untuk menghabiskan hari libur nasional. Entah itu Idul Fitri, Natal ataupun Tahun Baru. Biasanya, seluruh area sudah beroperasi mulai pukul 8 pagi. Sedangkan pada weekend, jam bukanya dibuat lebih awal.

Disini, pengunjung boleh memasang tenda lho! Zona perkemahannya sendiri tersedia di semenanjung pantai. Peralatan camp, tenda dan kebutuhan lainnya harus disiapkan sendiri. Satu hari penuh berlibur di Pantai Sekunyit nggak bakal terasa.
Lokasi: Desa Tj. Besar, Kec. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan
HTM: 9.000/orang

12. Meriam Honisuit

via: @eksploresemaku
Meriam Honisuit adalah ikon kabupaten Bengkulu Selatan yang unik. Mengingat benda peninggalan itu didirikan oleh Inggris, maka markah kebanggaan kabupaten ini juga disahkan sebagai situs sejarah. Meski meriam tersebut sudah dipugar, masyarakat tetap diperkenankan untuk melihatnya.

Daya tarik Meriam Honisuit ialah ukurannya yang sangat besar apabila dibandingkan dengan meriam lainnya yang tersisa di penjuru Nusantara. Destinasi ini pastinya unggul dari sisi wisata edukasi yang dibutuhkan pelajar maupun mahasiswa.
Alamat: Kel. Pagar Dewa, Kota Manna
Jam Buka: Tentatif

13. Wisata Debadas

wisata bengkulu selatan
image: instagram.com/debadas_official
Menutup liburan di suatu daerah dengan kulineran ke cafe atau tempat makan yang menyediakan panganan lokal, akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan. Kalau setuju, cobain deh nongkrong ke Wisata Debadas di Pinoraya.

Tempat makan ini terkenal akan masakan lautnya yang khas, serta memiliki panorama cafe dengan teras terbuka yang posisi gedungnya dibuat menghadap ke laut. Tak perlu kaget jika Debadas tak pernah kosong, selalu ada wisatawan yang bersantai disana.

Wisata Bengkulu 2020 hits ini menjadi opsi terbaik jika kamu butuh tempat makan yang tak sekadar asyik buat kulineran, tetapi menyenangkan pula untuk bersantai.

Daftar objek wisata di Bengkulu Selatan yang Travelingmedan.com pilihkan di atas rekomended untuk dikunjungi sepanjang tahun. Jika jadwal cuti liburan kamu sudah hampir tiba, datangi saja satu per satu atau pilih beberapa dari semuanya. (image cover credit: @vikyafifatin_ dan A Rachim Hoesein)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -