MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Banyuasin Terkini yang Instagramable

12 Tempat Wisata di Banyuasin Terkini yang Instagramable
Add Comments
1/29/2021
Berjarak 48,7 km dari arah Palembang, Banyuasin merupakan kabupaten yang dapat ditemukan di Sumatera Selatan. Kabupaten beribukota Pangkalan Balai ini tak hanya memiliki beberapa objek rekreasi, deretan panorama alamnya juga berlimpah. Jadi tak ada ruginya jika singgah ke tempat wisata di Banyuasin.

Deretan objek wisata Banyuasin yang bisa menjadi tempat berlibur terdiri atas serangkaian air terjun alami, pantai nan unik dan tujuan rekreasi yang instagramable untuk berburu foto kekinian. Tak ketinggalan aneka kuliner daerah yang membuat waktu liburan akan terasa nikmat di jalani.

Kamu dengan sebaik mungkin bisa mengatur waktu berkunjung ke Banyuasin. Termasuk memanfaatkan jadwal cuti agar dapat menikmati sajian destinasi wisata yang ada. Serta berkeliling ke penjuru daerahnya. Berikut daftar tempat wisata di Banyuasin yang wajib dikunjungi.

1. Taman Kota Pangkalan Balai

taman kota jadi wisata pangkalan balai - image: m. taufiq yuliansyah
Pangkalan Balai merupakan kelurahan sekaligus kota paling ramai di kabupaten Banyu Asin yang terletak arah utara kota Sekayu. Seperti daerah padat penduduk pada umumnya, maka rata-rata tempat wisata di Pangkalan Balai adalah taman kota dan spot rekreasi buatan.

Sejak dibuka beberapa waktu lalu, taman kota ini sudah menjadi alun-alunnya masyarakat Banyuasin. Apalagi sempat ada wacana Pemkab untuk membuat kebun binatang mini di taman tersebut. Meski belum terealisasi sampai sekarang, tetapi masyarakat masih suka piknik kecil-kecilan disana. Entah sekadar menikmati lembayung senja di sore hari maupun berolahraga.

Taman wisata di seputar Pangkalan Balai ini sudah dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas. Mulai kursi santai, area kuliner, gazebo dan lapangan hijau. Daripada pergi ke luar daerah, tak sedikit warga yang malahan memilih berlibur di sini ketika Idul Fitri maupun menjelang akhir tahun.
Lokasi: Pangkalan Balai, Kec. Banyuasin III, Kab. Banyu Asin, Sumatera Selatan (Peta)
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

2. Taman Selfie Putri Wisata

image credit: youtube.com/desi maya sari
Setelah Taman Selfie Putri Wisata (TSPW) resmi dibuka, Kecamatan Betung di Banyuasin bertambah populer dan ramai dikunjungi. Lokasi ini sangat cocok bagi penggemar foto karena menawarkan destinasi liburan yang sangat instagramable lagi kekinian.

Kendati hanya memiliki luas 450 meter persegi, namun spot foto di lokasi berlibur warga Betung ini tak terhitung jumlahnya. Sebut saja taman bunga Sakura, perahu terbang dan rumah kayu yang aestetik. Tak lupa, ada kolam renang buat pengunjung menyegarkan diri.

Jika kamu belum mengenal Betung, maka objek wisata yang dapat ditemukan di Jalan Walisongo, Desa Bukit ini bisa jadi menu pembuka agar kamu semakin familiar. Apalagi untuk yang kamu berencana menjelajah tempat menarik lainnya di Betung Palembang, spot ini sangat recommended!
Lokasi: Jalan Walisongo, Desa Bukit, Kecamatan Betung
Tiket Masuk: Rp10.000/orang
Jam Operasional: 08.00 - 17.00 WIB

3. Pantai Sungsang

wisata banyuasin
image credit: instagram/desawisata_sungsang
Setelah dimekarkan dari Kabupaten Musi Banyuasin, Desa Sungsang yang berada di daerah pesisir laut ini otomatis masuk ke wilayah Kab. Banyu Asin. 6 tahun berlalu, desa ini pun mulai ditata serta dipercantik agar siap menyambut wisatawan.

Kawasan tepi laut desa ini adalah daerah pantai yang memiliki hutan mangrove. Karena sebagian besar wilayah tersebut terendam oleh air laut, maka produk wisata yang dikembangkan tak jauh-jauh dari destinasi bahari meliputi ecotourism dan eduwisata.

Tak hanya bermain ke pantai di Desa Sungsang, kamu pun bisa menikmati berbagai ikan laut yang merupakan hasil tangkapan para nelayan. Perlu dicatat, desa ini ternyata bagian dari Taman Nasional Sembilang, lho!

4. Danau Retensi

image credit: rizki hasri
Selain danau Air Batu, masih ada danau buatan yang memesona yaitu Danau Retensi. Terletak di antara kantor bupati Banyuasin dan komplek gedung DPRD.  Pada awalnya, danau ini hanya berfungsi untuk menyerap air hujan yang terjun dari komplek pemukiman.

Namun, Danau Retensi di Kel. Kedondong Raye ini berubah menjadi tempat rekreasi gratis. Wisata air tersebut ditata menyerupai taman hijau, sekelingnya difasilitasi pula dengan pedestrian serta jogging trek. Dan paling utama, pengunjung tak perlu keluar uang untuk tiket masuk.
Lokasi: Alamat: Desa Kedondong Raye, Kec. Banyuasin III, Kab. Banyu Asin
Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB

5. Danau Biru Kedukan

tempat wisata di banyuasin
image credit: ahmad fajri
Danau Biru yang berada di Dusun Talang Bungin, Kecamatan Talang Kelapa ini menjadi wisata Banyuasin paling fenomenal. Berlokasi di kilometer 13 jalan lintas perbatasan Banyuasin dan Palembang, keindahan danau tersebut seperti permata biru yang berkilau.

Pengunjung yang datang ke Danau Biru Kedukan selalu takjub dengan keindahan tersaji. Areal danau yang dikelilingi perbukitan pasir serta kilauan airnya yang terpampang begitu jernih seperti di pantai, membuat destinasi ini acap kali dipakai pasangan pengantin untuk mengambil foto prewedding.

Semula, Danau Kedukan hanyalah lahan kosong yang ditinggal setelah aktivitas pertambangan terhenti. Kerukan tanah yang luas lambat-laun terisi oleh hujan hingga membentuk sebuah danau biru. Sama seperti objek wisata di Banyu Asin lainnya, tempat ini juga bisa dikunjungi secara gratis.
Alamat: Dusun Talang Bungkin, Kec. Batu Air, Kab. Banyu Asin
HTM: Gratis

6. Danau Pilip Dua Betung

danau wisata kampung sawit betung - image credit: bambang razer
Danau Kampung Sawit Pilip 2 Betung merupakan tujuan rekreasi alam dan buatan yang indah. Danau di sekitar Banyuasin ini kalah cantik dibandingkan objek lainnya. Lokasinya sendiri sangat mudah dan bisa ditempuh dari kota Pangkalan Balai setelah berkendara selama 1 jam saja.

Sembari menikmati kesejukan alam, di sini kamu bisa seru-seruan dengan bermain air. Ada bebek-bebekan, bola air dan sepeda air yang semuanya seru untuk dicoba. Ya, destinasi yang satu ini paling pas untuk kegiatan berlibur bareng keluarga di akhir pekan.
Alamat: Desa Taja Raya 1, Betung, Kab. Banyuasin
Jam Bula: 08.00 - 17.005. Monumen Front Langkan

7. Monumen Front Langkan

image via: muh. toya
Menambah wawasan atau pengetahuan memang cocoknya ke destinasi sejarah saja. Di kabupaten ini, terdapat sebuah tugu megah yang di dalamnya tertulis nama sejumlah tokoh pejuang Banyuasin. Tugu tersebut diberi nama Monumen Front Langkan.

Monumen yang dibangun di Desa Langkan, Kecamatan Pangkalan Balai pada 2015 ini terdiri dari 3 buah patung pejuang serta 69 daftar nama pahlawan yang diukir di dinding tugu. Disini, pengunjung bisa mengenang derap perjuangan para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan.

Komplek monumen yang dipagari tembok setinggi 1 meter ini menjadi objek wisata unik yang dapat dikunjungi ketika kamu melintas di jalan lintas timur Betung - Palembang. Terletak di km 35, destinasi wisata ini pun bebas dari pungutan tiket masuk.
Alamat: Desa Terlangu, Kec. Banyuasin III, Kabupaten Banyu Asin
Jam Buka: - 

8. Wisata Bebek Aye

image via: a whyudi4674/googlemap
Meski tak memiliki air terjun, Banyuasin punya segudang destinasi air yang eksotik. Sebut saja Wisata Bebek Aye yang dapat dijumpai di Desa Sungai Kedukan, Kecamatan Seberang Ulu. Letaknya bersebelahan dengan Opi Water Fun Palembang.

Wisata Bebek Aye adalah kawasan destinasi yang menawarkan area kuliner, permainan air dan objek rekreasi buatan dalam satu lokasi. Kawasan ini mulai dilirik setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Asian Games diadakan di Kota Palembang secara berturut-turut.

Kendati PON dan Asian Games sudah berakhir, Wisata Bebek Aye di Danau Opi tetap bertahan. Bahkan semakin hits setelah pengusaha kuliner ramai membuka tempat makan di pinggir danaunya. Tak sebatas makan atau nongkrong, kamu pun bisa mencoba permainan airnya lho!
Lokasi: Kel. 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu, Kabupaten Banyuasin.
HTM: Rp5.000/orang + permainan
Jam Buka: 08.30 - 17.30 WIB

9. Tugu Hutan Larangan

wisata banyuasin
image credit: gant mas/googletravel
Tugu Hutan Larangan adalah areal hutan terjal dengan kemiringan mencapai 40 derajat. Dahulu, kawasan ini sempat dihindari warga karena menyimpan banyak keanehan. Ada juga yang mengatakan jika semula Hutan Larangan ini merupakan bentuk kearifan lokal dari masyarakat adat Banyuasin. 

Di Hutan Larangan terdapat sebuah tugu besar yang memiliki arsitektur unik. Pada bagian puncak tugu dihias dengan 3 buah daun kuning yang dibentuk dari rangka besi. Hiasan itu ditopang oleh 3 balok beton berwarna hitam yang kokoh.

Karena kerumitan arsitekturnya, tempat ini akhirnya menjadi salah satu ikon kabupaten Banyuasin. Hampir semua wisatawan pernah singgah ke tempat wisata tersebut. Biasanya, mereka mengambil gambar dengan latar Tugu Hutan Larangan yang terlihat ikonik. 
Alamat: Jl. Banyuasin III, Kedondong Raye, Sumatera Selatan
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

10. Taman Nasional Sembilang

image credit: maryam nabilah/instagram
Pemandangan alami dan udara segar tersaji di Taman Nasional Sembilang yang terletak di Sungsang, Semenanjung Banyuasin. Selain menyajikan panorama nan indah, kamu juga dapat menyusuri pulau serta menengok atraksi lumba-lumba yang menggemaskan.

Taman Nasional ini merupakan perpaduan lahan gambut dan darat yang kaya akan flora dan fauna. Tak cuma lumba-lumba, bermacam tumbuhan air yang hidup di dalamnya menjadi keistimewaan yang tak dimiliki oleh kabupaten lain.

Waktu terbaik untuk menjelajah Taman Nasional ini biasanya berlangsung pada akhir tahun, mulai november hingga desember. Perjalanan menuju lokasi membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dari ibukota, kamu harus singgah ke Sungsang terlebih dulu sebelum lanjut ke basecamp TN. Sembilang dengan naik speed boat.
Lokasi: Desa Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, kab. Banyu Asin.
Tiket Masuk: Mulai dari Rp20.000
Jam Buka: 24 Jam

11. Danau Kautsar

tempat wisata di banyuasin
image credit: m.nashihulwan98
Kamu akan mendapatkan ketenangan ketika datang ke telaga atau Danau Kautsar. Destinasi Banyuasin yang terletak di Desa Pulau Harapan, Kecamatan Sembawa ini menyuguhkan telaga hijau yang aduhai indahnya. Tempatnya memang agak tersembunyi, tapi suguhan alamnya yang bagus akan membuat kamu betah.

Nah, untuk menuju lokasi kamu melintasi jalan berbatu sepanjang 1 kilometer. Tapi perjalanan itu tak akan bikin bosan. Sebab, pemandangan sawah dan perkebunan hijau senantiasa menemani perjalanan. Pastinya, banyak juga spot yang bisa dijepret.

Tiket masuk ke objek wisata ini Rp10 ribuan perorang. Dengan membayar biaya kunjungan yang termasuk murah itu, serangkaian kegiatan menarik sudah dapat kamu coba. Bagi yang suka berenang, air di telaga ini sangat bersih lantaran bersumber dari mata air alami.
Lokasi: Desa Pulau Harapan, Kecamatan Sembawa, Banyuasin
HTM: Rp10.000
Jam Buka: 09.00 - 19.00 WIB

12. Suaka Margasatwa Padang Sugihan

image credit: instagram.com/veronikarenyaan
Beralih ke Kecamatan Muara Padang, tak banyak orang tau jika di sini ada Pusat Pelatihan Gajah. Sebuah kawasan suaka margasatwa yang layak dijadikan tujuan berlibur ini menawarkan destinasi anti-mainstream.

Ya, di Pelatihan Gajah Air Gading, kamu diajak untuk melihat lebih dekat aktivitas sekawanan gajah Sumatra. Dari memberi makan, memandikan sampai melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan sesamanya. Karena jinak dan bersahabat, gajah di sini bisa diajak berfoto lho!
Alamat: Desa Air Gading, Kecamatan Muara Padang, Banyuasin (Peta)
Jam Buka: -
Nah, demikian ulasan tentang Tempat Wisata di Banyuasin, Sumatera Selatan yang berhasil kami rangkum. Termasuk tujuan berlibur di Pangkalan Balai sekitarnya. Kamu pasti terkejut setelah mengetahui kalau ternyata, cukup banyak destinasi yang bisa dikunjungi, bukan? (image credit cover: yosi noviana/googlemap).
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -