MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Air Terjun Luaha Ndroi: Aktivitas di Lokasi, Tiket & Keunikan

Air Terjun Luaha Ndroi: Aktivitas di Lokasi, Tiket & Keunikan
Add Comments
5/01/2021
Air Terjun Luaha Ndroi - Alamat: Desa Fulolo, Alasa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, 22861 (Titik Koordinat) - Tiket Masuk: Rp5.000 0- Jam Buka 24 Jam - Atraksi Wisata: Pemandian dan Alam
Air Terjun Luaha Ndroi adalah objek wisata alam yang terletak di kecamatan Alasa. Terdapat di Desa Fulolo, Kab. Nias Utara, air terjun ini menjadi pelengkap liburan yang tidak hanya menawarkan kesejukan tetapi juga eksotika hutan lebat dengan suasana alami.

Pada hakikatnya, berlibur di air terjun Luaha Ndroi akan membuat teman Travelingmedan.com terpukau. Disana, kamu bisa melepas penat dan menyegarkan pikiran dengan melakukan sederet aktivitas. Seperti berendam di kolam atau menaiki bebatuan bertingkat yang memperindah objek wisata tersebut.

Namun, lokasinya yang berada di area hutan lebat seolah memaksa wisatawan untuk harus siap naik-turun perbukitan. Perjalanan menuju objek wisata ini tidak akan membosankan. Mata selalu disegarkan dengan kontur alam dan perkebunan hijau di sepanjang rute.

Tiket Masuk

Setiap wisatawan yang datang ke Air Terjun Luahandroi tanpa terkecuali, akan disambut suara gemuruh yang terdengar menggoda di telinga. Hanya saja, sebelum menengok pesonanya, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk terlebih dahulu.
Harga Tiket Masuk Luaha Ndroi
TiketRp5.000
Sementara untuk jam buka, objek wisata alam ini dapat didatangi kapan saja. Kamu bisa melanjutkan petualanganmu dengan camping di tepian aliran sungai yang terbentuk dari air terjun.


Rute Menuju Lokasi

Terutama bagi mereka yang berasal dari luar Pulau Nias, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Pertama mengenai transportasi. Masalahnya, tidak ada angkutan umum pulang-pergi ke wisata di Alasa ini. Satu-satunya cara ialah dengan menyewa mobil atau motor yang ada di Pelabuhan Luaha Sifarando atau Kota Lotu.


Akses ke sana sudah dapat kamu temukan di Waze dan Google Map. Tepatnya di Desa, Fulolo, Alasa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara 22861. Durasi perjalanannya memang cukup panjang, kurang lebih 2 jam 40 menit dengan jarak yang harus ditempuh sebanyak 81.5 km.

Keunikan Air Terjun Luaha Ndroi

Air Terjun Luaha Ndroi memiliki debit air dengan tinggi 6-7 meter. Tebing yang mengelilingi air tersebut tertutupi oleh lapisan batu alami yang keras. Maka dari itu, air yang langsung mendapat ke permukaan batu menimbulkan suara gemuruh.

Keunikan lainnya yang ada di sana adalah bentuk air terjunnya yang bertingkat. Air yang terus-menerus mengalir tanpa henti sejak ratusan tahun silam perlahan mengerus permukaan bebatuan. Sehingga tercipta beberapa kolam-kolam alami berdiameter 5-7 meter.

Biasanya, pengunjung memanfaatkan kolam alami tersebut untuk mengistirahatkan kaki yang pegal. Jika kamu hendak berendam, jangan langsung terburu-buru menyebur. Airnya yang dingin karena bersumber dari gunung di Nias bisa saja membuat ototmu kaku seketika.

Aktivitas di Air Terjun Luaha Ndroi

Sebagai destinasi air terjun yang sedang diproritaskan oleh Pemkab Nias Utara, wajar jika salah satu pesona wisata alam di Alasa ini terus di-upgrade demi meningkatkan persentase pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

Terutama jika melihat keasrian alamnya yang masih perawan. Keistimewaan itu sekaligus menjadikan destinasi ini layak diperhitungkan sebagai tempat berlibur. Apalagi sensasi liburan yang ditawarkan cukup beragam, pengunjung dapat memilih sederet kegiatan yang mengesankan.

1. Berendam di Kolam Alami

air terjun luaha ndroi
dilengkapi dengan pemandian alam
Bukan cuma satu, ada sejumlah kolam dengan pondasi bebatuan alami yang mana dapat kamu pergunakan untuk menyegarkan sekaligus merenggangkan otot tubuh. Setelah 10 - 15 menit, otot yang pegal dijamin akan kembali rileks.

Pepohonan yang hijau nan rindang diselang-selingi cahaya matahari yang menembus celah dedaunan tak pernah gagal membuat wisatawan rileks menikmati liburan di air terjun ini. Sembari berendam, kicau burung dan desau angin yang merdu tak ayal membuat pengunjung selalu betah berendam dari biasanya.

Kedalaman sungai dan kolam yang ada di sekitaran air terjun memang dangkal. Kamu tak perlu risau meskipun tak begitu lihai dalam berenang. Kalau masih ragu, cari saja pinggiran air terjun yang tinggi airnya hanya setinggi lutut saja.

2. Trekking ke Puncak Air Terjun

air terjun luaha ndroi
image via: iman zebua 997/googlemap
Para petualang yang memfavoritkan destinasi menantang untuk jelajah alam, cobalah menyambangi air terjun ini. Kawasannya yang dipadati pepohonan tinggi dengan beragam jenis tumbuhan liar sangat memungkinkan untuk melakukan aktivitas trekking.

Pastinya seru! Karena selain bisa menjelajah hingga ke sumber air terjun berada, kamu dapat pula mengenali berbagai tanaman endemik selama melintasi jalur trekking yang menantang.


Fasilitas

Sejak 2020 lalu, objek wisata Air Terjun Luaha Ndroi sudah dipercantik. Fasilitasnya pun telah ditambahi sehingga sangat mendukung kenyamanan bagi setiap wisatawan yang mendatanginya. Bahkan, sudah tak sedikit turis mancanegara nampak berlibur kemari.

Fasilitas yang disedikan mencakup gazebo, bilik bilas/ruang ganti bagi yang ingin basah-basahan, tempat parkir kendaraan yang cukup luas, warung makan sederhana dan pemandian alam yang bagian tepinya sudah dibeton dengan modern.

Bagi yang selalu merasa kurang jika tidak berfoto atau selfie, ternyata di objek wisata ini sudah dihadirkan macam-macam wahana foto. Sebut saja ayunan langit, tulisan atau spot dari nama air terjun itu sendiri yang terbuat dari bata dan semen. 
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -