MASIGNASUKA101
7168738000188950837

13 Tempat Wisata di Mukomuko 2021 Wajib Dikunjungi

13 Tempat Wisata di Mukomuko 2021 Wajib Dikunjungi
Add Comments
10/03/2020
Mukomuko adalah sebuah wilayah yang menjadi bagian dari provinsi Bengkulu. Karena kabupaten ini dianugerahi puluhan panorama alam bernilai sejarah dan objek rekreasi dengan milyaran pesona, serta didukung oleh mudahnya infrastruktur kesana, maka tidak ada salahnya bila berkunjung ke tempat wisata di Mukomuko.

Suguhan pesona wisata Mukomuko yang wajib kamu eksplor itu antara lain mencakup pantai nan alami, air terjun, spot peninggalan sejarah dan tempat hunting foto Instagramable yang kekinian. Tak lupa destinasi kuliner yang siap bikin lidah di manjakan oleh bumbu lokal penuh cita rasa daerah.

Daripada berdiam diri saat berkunjung ke Mukomuko. Alangkah bagusnya bila menyisihkan waktu luang untuk menikmati aneka destinasi wisata yang tersedia. Sekaligus berkeliling ke seantero wilayah indahnya. Berikut ini kami sajikan daftar pilihan rekomendasi tempat wisata di Mukomuko.

1. Pantai Batu Kumbang

tempat wisata di mukomuko
pantai batu kumbang merupakan wisata di mukumuko terhits - image via instagram/nuhaulinnuha_
Dibuka mulai jam 08.00 WIB selama 24 jam setiap hari, Pantai Batu Kumbang adalah objek wisata di Mukomuko sebelah kecamatan Ipuh. Pantai ini merupakan tempat bersantai yang tak asing lagi bagi orang Bengkulu. Dituturkan bahwa tokoh proklamator pernah mampir di sana sebelum dipindah ke rumah pengasingan Bung Karno.

Lantaran memiliki jam operasional cukup panjang, pantai Batu Kumbang dapat dikunjungi kapan saja. Jika sedang bulan purnama dan bertepatan dengan waktu bertelur penyu laut, maka di pantai yang elok ini akan berseliweran penyu sisik hijau.

Konon, nelayan yang pertama kali menemukan pantai ini sengaja memberinya nama Batu Kumbang. Sebab ketika sang berada di pinggir pantai tersebut, ia sekonyong-konyong melihat 3 objek batu berukuran besar yang kokoh meski kuat diterjang ombak. Sedangkan di area tepian pantainya dihuni oleh ratusan kumbang.

2. Wisata Taman Kota Mukomuko

wisata taman kota mukomuko
taman kota digital bundaran mukomuko via via fuji widodo/googlemap
Taman kota bundaran digital berada di jalan Pasar Baru, Kota Mukomuko. Tempat wisata ini paling mudah sekali diakses. Nggak perlu effort berlebih, cukup dengan berjalan kaki dari tempat menginapmu atau naik kendaraan yang jurusannya menuju pusat kota.

Wisata taman Mukomuko ramai dikunjungi warga sejak pagi hingga larut malam. Sebagai destinasi luar ruangan, inilah pilihan tempat yang dirasa tepat bagi mereka untuk bercengkrama dengan keluarga maupun teman-teman terdekat.

Selain area taman yang wilayahnya cukup luas untuk dipakai berpiknik, taman bundaran digital di Mukomuko merupakan ikon baru dari kabupaten seluas 4.037 kilometer persegi tersebut. Taman ini didirikan dari tahun 2017 dan kelar pada 2020. Fasilitas rekreasinya telah dioptimalkan, sekarang ada permainan anak-anak dan aneka tumbuhan hias yang menghijaukan taman tersebut.

3. Air Terjun Singkai

air terjun singkai via dimasbrowww/instagram
Bagaimana dengan destinasi air terjun di Mukomuko? selain curug Mandi Angin, terdapat Air Terjun Singkai yang baru muncul ke permukaan. Tempat wisata ini merupakan rekomendasi terbaik bagi kamu yang mendambakan segarnya suasana alam.

Air Terjun Singkai berada di Desa Lubuk Selandak, Kecamatan Teramang Jaya. Atau, sekitar 82, 4 km dari daerah Kota Mukomuko. Tempat wisata ini memiliki medan yang agak susah diakses sehingga cukup menantang untuk ditaklukan.

Air terjun dengan tinggi 80 meter ini mengalir deras dari puncak bebatuan sebelum terhempas ke permukaan sungai. Jika ingin basah-basahan, ceruk di bagian bawah dapat digunakan untuk bermain air sambil menikmati keindahan air terjun tersembunyi ini.


4. Pantai Pandan Wangi (PW)

wisata pantai di mukomuko
pantai pandan wangi via ririinnnnw/instagram
Wisata pantai banyak dicari ketika liburan pendek sudah di depan mata. Sebab bisa melihat nelayan, bermain-main dengan timbunan pasir putih ataupun berenang. Di Mukomuko, terdapat beberapa destinasi pantai terkenal untuk plesiran laut, salah satu yang menjadi tempat wisatanya ialah pantai pandan wangi.

Pantai yang ada di Koto Jaya, kecamatan Mukomuko ini memang semerbak dan seharum namanya. fasilitas wisatanya tak bisa dipandang sebelah mata sangat lengkap. Dengan demikian, tak mengherankan lagi bila pantai yang eksotik ini bolak-balik dikunjungi wisatawan. 

Dibandingkan dengan jejeran pantai lainnya di seputaran Mukomuko, tempat wisata ini unggul dari segi fasilitas. Lingkungannya pun selalu diperhatikan pengelola, sangat bersih dan nyaman. Keluarga yang membawa anak-anak, di kawasan pantai ini banyak spot ideal bagi mereka.

5. Danau Nibung

wisata mukomuko
via @putri_mestia_utami
Lanjut ke objek wisata yang ada di mukomuko yang mungkin sudah tidak asing lagi bahkan menjadi tujuan terpopuler juga di bengkulu, inilah danau nibung.

Selain menjadi tempat wisata di Mukomuko yang ramai didatangi, danau ini juga merupakan lokasi hutan lindung. Oleh sebab itu, pemkab menggunakan danau rawa Nibung sebagai destinasi prioritas yang dikembangkan sesuai aturan konservasi.

Tiket masuk ke danau Nibung adalah rp5.000 per orang. Tiket tersebut sudah mencakup kegiatan personal yang memanfaatkan wahana yang tersedia. Hanya saja kalaulah kamu ingin mengelilingi danau itu, akan ada biaya tambahan sesuai harga sewa kapal.

6. Pantai Tapok Merah Air Rami

pantai tapok merah via newbie channel youtube
Tempat wisata rekomendasi lainnya adalah Tapok Merah. Tak sama seperti Pantai Abrasi, pantai ini tidak persis terletak di Mukomuko, tetapi ada di jalan lintas Bengkulu - Padang. Namun keindahan alam luar biasa di sana sangat menjanjikan.

Tapok Merah adalah tempat wisata yang mengkombinasikan spot pemandangan dan bahari sebagai sajian atraksi utama. Di balik itu, tujuan rekreasi keluarga di kecamatan Air Rami ini juga menarik atensi wisatawan karena menyajikan kuliner khas pinggir laut. 

Saat datang ke Mukomuko, sempatkanlah rehat di Tapok Merah. Birunya laut dan keheningan alam yang syahdu di tempat ini pasti akan sangat kamu suka! Apalagi saat menyaksikan pemandangan muara sungai Air Manis menuju laut lepas. Perpaduan kedua warna airnya yang berbeda sangat indah. 

7. Benteng Anna

wisata mukomuko
benteng anna via alek muhibat
Salah satu destinasi khas yang unik dari Mukomuko adalah Benteng Anna atau Fort Anna. Benteng ini dibangun oleh Inggris pada 1798 ketika mereka menginjakkan kaki di Bengkulu. Ada beberapa puing reruntuhan yang menjadi cagar budaya dalam komplek ini seperti meriam kuno dan tembok penjaga.

Tempat wisata ini disebut ada hubungan dengan benteng Marlborough dan benteng York. Sebagai cagar budaya yang berlokasi di aliran sungai Selang, ketiga benteng tersebut telah dipugar dan ditetapkan sebagai warisan benda atau heritage Bengkulu.

Konon, Benteng Anna ini terhubung dengan 2 benteng bersejarah lainnya melalui jalan bawah tanah. Namun, keberadaan lorong jalan itu masih dianggap sebagai mitos belaka. Tapi bagaimana pun itu, mengunjungi objek wisata di Mukomuko yang berbau sejarah ini sangat kami rekomendasikan.

8. Pantai Abrasi

via sandi sande/googlemap
Pantai abrasi merupakan tempat wisata di mukomuko yang berada di pesisir Timur. Pantai ini berawal dari upaya penahan abrasi laut. Jika dikunjungi kawasan ini dipadati oleh bebatuan pemecah ombak.

Pantai ini relatif aman karena di sekelilingnya telah dibangun pagar pembatas. Selain melihat pemandangan alam, kamu bisa santai sepuasnya. Kamu tidak perlu dipusingkan dengan tiket masuk karena untuk menikmatinya gratis 100 persen.

Pantai abrasi merupakan pantai yang bagus untuk ber swafoto di kota mukomuko. Selain berfoto selfie, kita akan dimanjakan oleh pesona matahari tenggelam di ufuk timur.

9. Air terjun Mandi Angin

air terjun di mukomuko
via @ilhamrahmadani04
Air terjun mandi angin sebenarnya merupakan sebuah wisata yang sudah hits di kalangan kaula muda. Ada di desa air berau kecamatan pondok sungguh, destinasi wisata ini masuk kawasan wilayah hutan produksi terbatas (hpt). 

Apakah kamu penasaran kenapa objek wisata mukomuko ini dinamai air terjun mandiangin?

Usut punya usut, nama itu asal dari kondisi air terjunnya yang punya debit besar. Efeknya pengunjung akan selalu basah seperti dimandikan oleh alam tatkala berada di dekat atau sekitarnya. Lokasi wisata ini sendiri ada di desa Berau Komar, Kcamatan Pondok Suguh, Mukomuko, Bengkulu.

10. Bendungan Air Manjunto

wisata mukomuko
via bengkuluinteraktif
Selain danau alami, terdapat bendungan terbesar di Provinsi Bengkulu yang keberadaannya bisa ditemukan di Mukomuko. Wisata air tersebut ialah Bendungan Air Manjunto.

Sangking luasnya, bendungan yang didirikan pada masa orde baru ini bahkan mampu mengairi 4,918 hectare lahan persawahan. Seiring berjalannya waktu, hulu bendungan Tak hanya difungsikan sebagai sumber pengairan dan irigasi, tetapi juga menjadi obyek wisata alternatif.

Tempat wisata ini dapat dijangkau dengan perjalanan selama 17 kilo dari arah Kota Mukomuko. Adapun lokasinya berada di Desa Lalang Luas, Kecamatan V Koto. Jalan ke sana sudah dapat diakses dengan kendaraan umum.

11.Danau Lebar

tempat wisata di mukomuko
gambar via adek mustofa/googlemap
Tempat wisata di Mukomuko ini sering juga dikunjungi pendatang maupun warga karena mempunyai daya tarik isimewa. Dimana Danau Lebar berada di tengah dua danau lainnya yaitu danau Panjang dan Danau Lebar. Namun, letaknya agak masuk ke dalam hutan.

Istimewanya lagi, di Danau Lebar terdapat 2 buah pulau yang dapat didekati dengan mengayuh perahu sekitar 5 menitan. Aktivitas wisata di sini pun bermacam rupa. Kebanyakan pengunjung memancing ikan air tawar sebagian lagi piknik dan sekaligus bersantai.

12. Pantai Batung Badoro

tempat wisata di mukomuko
pantai batung badoro - via pariwisato
Di Bengkulu banyak sekali objek wisata yang dapat kalian eksplor, jika sedang mencari tempat wisata yang ada di Mukomuko terdekat, luangkanlah waktu mengeksplor salah satu keindahan lain yang akan membuat Anda rileks, Pantai Batung Badoro namanya.

Kendati belum begitu sering mendapat kunjungan turis mancanegara, namun Pantai Batung Badoro menjadi tujuan alam yang nyaman banget untuk berlibur. Serpihan batu kerikil dan ombak landai membuat wisata ini disukai banyak orang sejak dibuka pada 1997 lalu sampai sekarang.

Pantai di Mukomuko ini sudah memiliki akomodasi pula, seperti homestay dan penginapan sederhana. Jadi jika kamu kemalaman, ada tempat untuk tidur. Berkemah pun menjadi opsi lain sebab kawasan pantai ini punya luas 15 hektar. 

13. Pantai Air Patah

pantai air patah - image via melisha l gaya/googlemap
Fakta uniknya, saat ini sudah ada 35 objek wisata yang terdaftar resmi di Kabupaten Mukomuko. 4 diantaranya tergolong baru dibuka yaitu Pantai Punggur, Pantai Umbul Selawe dan yang sedang naik daun yaitu pantai Air Patah.

Keempat pantai tersebut terletak di jalur lintas Sumatera sehingga dapat dikunjungi secara bersambung. Panti Air Patah membuat destinasi wisata di Mukomuko menjadi lebih komplit. Sebab, view mengagumkan dengan baris pohon cemara melengkapi suasana asrinya.

Objek wisata ini terletak di Koto Jaya dan buka mulai pukul 09.00 - 17.00 setiap hari. Pengelolanya adalah Disparpora Mukomuko sendiri sehingga sarana dan prasarananya terus dibenahi.

Demikianlah pilihan daftar tempat wisata di Mukomuko yang kami rangkumkan hanya untuk teman TM. Sudah siap mengunjungi semua pilihan tempat berlibur rekomendasi tersebut.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -