MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Batu Busuak: Rute Lokasi, Tiket Masuk dan Aktivitas

Batu Busuak: Rute Lokasi, Tiket Masuk dan Aktivitas
Add Comments
6/25/2021
BATU BUSUAK - Alamat: Jalan Koto Tuo, Kel. Lambung Bukit, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia (Map) - Tiket Masuk: Rp0 - Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB - Telp: - Atraksi Wisata: Pemandian Alam, Trekking dan Sejarah
Batu Busuak merupakan pemandian alam berair biru di Padang. Sungai pemandian ini berjarak 13 km dari Universitas Andalas (UNAND). Untuk ke lokasi, wisatawan akan melewati PLTA Kuranji dan sebuah jembatan bersejarah yang pada masanya didirikan oleh Belanda.

Berada di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, sungai dengan warna biru kristal yang bening lagi jernih ini menyajikan raut alam nan indah. Pemandian eksotis yang menyegarkan tersebut memang sangat wajib untuk dijelajahi.

Objek wisata bernama Batu Busuak menjadi tujuan favorit penjelajah alam karena untuk tiba ke sana, pengunjung harus menyusuri jalur trek, bebatuan dan area hutan yang lumayan menantang supaya dapat melihat sekaligus menikmati warna air yang menyala tersebut.

Tiket Masuk Batu Busuak

Kabar baiknya, wisatawan yang berkunjung ke pemandian alam di Padang ini tidak dipungut biaya alias gratis. Sehingga pengunjung tidak perlu memikiran harga tiket yang terkadang membuat wisatawan membendung niat untuk berlibur.
Harga Tiket Masuk
TiketRp0
Meskipun dapat dikunjungi secara gratis, pengunjung diharapkan menjaga kebersihan dan kealamian tempat ini. Namun bila menggunakan jasa pemandu wisata (local guide), wisatawan pastinya perlu merogoh kocek untuk membayar jasa mereka.


Menjelajah Keindahan Batu Busuak

batu basuak
image via: instagram/_stay.night
Batu Busuak memiliki warna air yang berkilau dan sangat jernih. Diketahui jika warna biru di sungai ini tercipta dari proses alam. Bukan disebabkan oleh polutan atau efek pencemaran. Itulah mengapa para wisatawan tidak perlu khawatir bila ingin berenang.

Pemandian yang menyimpan keindahan alam ini memang sangat memikat. Terdapat beragam pesona yang dapat ditemukan di sini. Perpaduan luar biasa cantik juga tersaji dari hutan perawan dan langit biru yang tiada henti memanjakan mata.

Didukung keasrian alam dan potensi wisatanya, wisatawan tak hanya sekedar berfoto atau melihat eksotika yang terpampang di depan mata. Bahkan, bagi mereka yang hobi berpetualang dapat melakukan serangkaian aktivitas tak terlupakan.

1. Menyusuri Jembatan Tua

batu busuak
image via: @ranniiy
Dulunya, Batu Busuak ini adalah kawasan terpencil yang bagi masyarakat lokal lebih familiar lewat nama Patamuan. Hingga pada masa kolonial Belanda, dibangunlah jembatan permanen berangka besi baja yang melintang di atas sungai yang merupakan pertemuan dari beberapa sungai ini.

Jembatan di dekat PLTA Kuranji yang masih berfungsi dengan bagus tersebut jadi salah satu akses utama bagi wisatawan. Kecuali bagi penjelajah alam bisa saja menyeberang dengan mengarungi sungai. Tetapi hal tersebut sangat tidak dianjurkan sebab sebagai area di sungai ini cukup dalam dan berbatu.

Lagipula, tak semua wisatawan rela melewatkan sensasi menyusuri jembatan yang berusia sudah cukup tua namun tetap terlihat kokoh tersebut. Sambil berjalan kaki di atas ketinggian, pengunjung tak akan bosan menengok hamparan hutan hijau sejauh mata memandang.

2. Menikmati Sungai Biru

batu busuak
image via: desraniarty/ig
Sebagai daya tarik utama, tentu saja menikmati sungai biru di Batu Busuak menjadi idaman setiap wisatawan. Apalagi setelah melihat aliran sungainya yang tenang dan bening seperti kaca. Siapa pun wajib tegoda untuk segera menceburkan diri.

Tidak semua bagian sungai ini punya kedalaman yang dangkal. Oleh karena itu, pengunjung tetap harus berhati-hati saat berenang. Pilih saja bagian pinggir agar lebih aman. Jika membawa kamera underwater, jangan lupa mengabadikannya!

Dibanding Lubuak Paraku, atraksi yang ada di pemandian alam ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, kawasan aliran sungainya lebih luas dan lapang. Sehingga mampu menampung puluhan hingga ratusan orang dalam satu hari meski kunjungan wisatawan sedang membludak.

3. Menjelajah Hutan Sekitar

batu busuak
image credit: instagram/jeffry_rahman31
Para petulang yang gemar menjelah tentu tak akan mengabaikan destinasi alam ini. Karena di sekelilingnya, terhampar hutan hijau nan luas serta tebing-tebing bebatuan yang menantang dan bisa dieksplorasi untuk memuaskan jiwa adventure.

Saat berpetualang, tak lengkap rasanya kalau tidak mendirikan tenda, bukan? Di beberapa titik di pinggiran sungai ini punya kontur tanah yang rata dan tidak berbatu. Pengunjung dapat membangun tenda di sana sebagai tempat bermalam.

Terdapat tips bagi pengunjung yang mau camping, nih! usahakan datang kemari bersama teman=teman atau rombongan komunitas. Pastikan juga kalian datang ketika musim kemarau. Sebab saat musim kemarau, air di sungai ini bisa melimbah dan menghambat harapan berlibur sesuai impian.

Lokasi Batu Busuak

Objek wisata pemandian alam ini terletak Kecamatan Pauh, tepatnya di Kelurahan Lambung Bukit, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Perjalanan ke tempat tersebut memang agak melelahkan. Belum lagi saat hendak bertolak langsung ke sana, karena selain naik kendaraan, pengunjung pun harus berjalan kaki lagi. Tapi hal itu bukanlah alasan untuk mengurungkan niat ke sana. Dijamin tidak akan kecewa.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -