MASIGNASUKA101
7168738000188950837

PANTAI JAKAT Bengkulu: Tiket Masuk, Aktivitas dan Fasilitas Lokasi

PANTAI JAKAT Bengkulu: Tiket Masuk, Aktivitas dan Fasilitas Lokasi
Add Comments
6/19/2021
Pantai Jakat Bengkulu | Lokasi: Kel. Bajak, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Indonesia (Peta Alamat) | Jam Buka: 08.00 - 19.00 WIB | HTM: Rp5.000 | Atraksi: Bahari, Wahana Air dan Spot Foto
Dalam kurun waktu 7 menit dari kota Bengkulu melalui Jalan Bencoolen ke arah barat, posisi Pantai Jakat berada di kelurahan Bajak, Kec. Teluk Segara ini sudah bisa dicapai dengan jarak 2,7 kilometer saja. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu pantai yang paling mudah diakses.

pantai jakat bengkulu
Pantai Jakat merupakan kawasan rekreasi di pinggir laut. Tak hanya unggul lewat aksesibilitas, daya tarik pantai yang menawarkan wahana permainan outdoor, kios kuliner dan pasir putih juga dinilai sebagai nilai lebih sekaligus keistimewaan objek wisata ini.

Pengunjung bukan hanya ramai pada akhir tahun saja, bahkan di hari biasa, antusias wisatawan lokal maupun domestik cukup tinggi. Apalagi didukung dengan tersedianya berbagai macam permainan air serta kelengkapan sarana pendukung seperti kuliner dan fasilitas lainnya. Sehingga anak-anak, remaja maupun dewasa sangat menyukai objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Jakat

Kawasan wisata laut ini menetapkan harga tiket terjangkau. Dengan biaya yang terbilang murah, lokasinya asik untuk tempat liburan keluarga. Kecuali pengunjung ingin bermain wahana air maka perlu biaya tambahan lagi.
Tiket Masuk Pantai Jakat
Kategori TiketHarga
Tiket NormalRp7.500
Tiket ParkirRp3.000
Sewa PelampungRp10.000
Selain itu tidak ada biaya tambahan bagi pengunjung yang datang menggunakan angkutan umum. Tetapi jika membawa kendaraan pribadi, wisatawan akan dipungut biaya parkir sesuai tipe kendaraan yang digunakan.

Jam Buka/Tutup Pantai Jakat

Seperti area wisata umum lainnya, pun kawasan pantai ini menerapkan jam buka yang sudah tetap sejak pertama dibuka. Dimana jam operasionalnya mulai pada pagi dan tutup sore hari, dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB.
Jam Buka Objek Wisata
Senin s/d Minggu08.00 - 19.00
Adapun waktu terbaik untuk mendatangi objek wisata dianjurkan saat weekday saja. Pasalnya, jumlah pengunjung saat weekend selalu membludak. Tetapi jika suka akan keramaian, pengunjung tidak perlu bingung lagi memilih waktu yang tepat.

Menikmati Keindahan Pantai Jakat

Agak berbeda dengan pantai di sepanjang Teluk Segara, Jakat memiliki pasir pantai yang kehitaman tetapi tetap lembut ketika dipijak. Begitu juga dengan kondisi lautnya, meski berada di kawasan teluk yang pada umumnya terkenal akan RIP Current, fenoma itu sama sekali tidak pernah terjadi di sini.

Sayangnya, tidak semua areal tepian pantai terjaga kebersihannya, terlihat dari sampah yang bertebaran di berbagai sudut tertentu. Untung saja para pemilik kios kuliner rutin membersihkan objek wisata ini setelah para pengunjung pulang berlibur.

Meski masih membutuhkan perhatian terutama dari segi kebersihan, Pantai Zakat adalah tujuan rekreasi yang tetap menjadi primadona warga Bengkulu. Selain menikmati keindahannya, wisatawan masih dapat memuaskan waktu liburan melalui bermacam aktivitas seru.

1. Mengitari Laut dengan Banana Boat

pantai jakat
kapal kecil di area pantai - image credit: fredy kurniawan/googlemap
Sejumlah permainan air wajib dicoba untuk menikmati wisata pantai jakat, salah satunya adalah mengelilingi tepian lautnya dengan menggunakan banana boat. Pengunjung yang dilengkapi dengan pelampung akan dibawa melintas di permukaan air laut dengan berbagai kecepatan.

Di atas banana boat, pengunjung biasanya berteriak kegirangan jika terkena percikan air. Lebih lagi jika banana boat sampai terbalik, sensasinya tentu sangat seru dan bikin ketagihan. Baik remaja maupun dewasa pasti tertawa riang sehingga Gundah gulana seperti hilang seketika.

Kalau menaiki banana boat terlalu ekstrim untuk usia anak-anak, para orangtua tidak usah khawatir. Sebab di sini banyak pelapak yang menyewakan ban. Pengunjung tinggal mengarahkan mereka ke pantai yang dangkal, jadi snak-anak tak akan kehilangan momen berlibur.

2. Bermain Pasir Sembari Berenang

lokasi pantai zakat ditutupi pasir putih dan hitam - image via: shinta indrata
Pantai Jakat menjadi salah satu pantai yang pas untuk bermain pasir. Karakteristik pantainya yang memiliki hamparan pasir hitam kecoklatan berlatar laut biru terlihat begitu eksotik. Tersajinya keunikan tersebut mampu membius setiap wisatawan.

Dengan panjang kurang lebih 500 meter, pengunjung dapat merasakan halusnya butir-butiran pasir ketika mengitari area wisata ini. Tak cuma berkeliling, wisatawan pun bisa bermain dengan pasir tersebut. Misalnya mendirikan istana pasir hingga membentuk aneka bangunan ikonik lainnya.

Selain bermain pasir, berenang adalah salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan wisatawan jika sudah memutuskan liburan kemari. Karena pada dasarnya air laut di sini cukup jernih dan sangat aman untuk renang. Tetapi harus diingat, pengunjung tak dibolehkan berenang terlalu jauh dari area yang sudah ditentukan.

3. Mencicipi Lezatnya Kuliner Laut

spot kuliner di bibir pantai - image via: yunika sari
Di Pantai Jakat terdapat sejumlah kios dan warung kuliner yang menyediakan aneka hidangan laut. Meskipun hanya bangunan sederhana, makanan laut yang dijual kepada wisatawan tidak bisa dianggap remeh. Kelezatannya benar-benar tak terkira.

Sampai sekarang, ikan hasil tangkapan nelayan yang dimasak dengan cara dibakar adalah makanan paling laris. Karena cita rasanya yang gurih dan segar, makanan tersebut masih menjadi favorit para pengunjung. Banyak wisatawan umumnya para foodies datang kemari untuk berburu kuliner satu ini.

Sebagai tambahan, minuman khas pantai seperti jus dan air kelapa muda bisa dipesan untuk menyegarkan tenggorokan yang kering. Mengenai harga makanan, pemilik warung membanderol harga sesuai jenis masakan dan menu yang dipilih.

Fasilitas Pantai Jakat

Lantaran terkenal akan keindahan sunset dan sunrise, pantai ini dilengkapi kursi dan area santai yang biasanya digunakan wisatawan untuk menunggui matahari terbenam. Sementara bagi penikmat fotografi, disediakan instalasi swa-foto keren di berbagai titik spot. Fasilitas lainnya yang disediakan pengelola diantaranya:

- Bilik bilas/toilet
- Area parkir kendaraan
- Gazebo pinggir pantai
- Penyewaan pelampung dan wahana permainan
- Spot foto menarik
- Area kuliner laut


Lokasi Pantai Jakat

Pantai Jakat terletak di Teluk Segara, tepatnya di Kelurahan Bajak, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Untuk memudahkan wisatawan menuju lokasinya, tersedia plang petunjuk arah di sepanjang rute. Atau, bisa gunakan peta yang terdapat di berbagai layanan map.

Rute yang akan dilalui memang cukup singkat. Wisatawan juga dimudahkan dengan tersedianya berbagai moda transportasi publik dari arah kota hingga sampai ke pantai ini. Jika tertarik, silahkan meluangkan waktu untuk menyambanginya di hari libur terdekat.

Ragam pesona di kawasan Jakat sangat bagus untuk terus dikembangkan. Apalagi dengan persentase jumlah wisatawan yang relatif tinggi. Seandainya stake holder terus berupaya menjaga sekaligus mengembangkan objek wisata tersebut, niscaya akan semakin jadi primadona bagi pelancong. (image cover credit: instagram/saefullah_14)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -