MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Ogan Ilir Terbaru Menarik Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Ogan Ilir Terbaru Menarik Dikunjungi
Add Comments
7/12/2021
Ogan Ilir merupakan kabupaten di wilayah Sumatera Selatan yang sudah menjadi opsi tujuan berlibur bagi segelintir wisatawan. Dengan Indralaya sebagai pusat kota, kabupaten Ogan Ilir seluas 2,3 km persegi ini adalah salah satu daerah jarang terekspos tetapi menarik untuk dieksplorasi.

Hal tersebut tak lepas dari ragam variasi wisata Ogan Ilir yang disokong penuh oleh potensi pesona alam dan keberadaan area rekreasi buatan yang tak cukup banyak. Lebih penting lagi, kabupaten yang terkenal lewat julukan penghasil karet terbesar di Sumsel ini punya jalan tol dan angkutan umum yang memudahkan mobilitas wisatawan.

Terpenuhinya kebutuhan dasar pengunjung seperti yang telah dijabarkan, tentu membuat tempat wisata di Ogan Ilir jadi pilihan berlibur yang menyenangkan. Berikut beberapa objek wisata terbaru di kabupaten ini yang sangat wajib dikunjungi.

1. Taman Pancasila (TPK Ogan Ilir)

wisata ogan ilir
taman pancasila jadi tempat wisata di ogan ilir - image via: google.map/eko hendra utama
Terletak di pusat kota Indralaya, Taman Pancasila adalah taman hijau yang dibangun untuk menjaga ekosistem dan lingkungan alam perkotaan. Meski bukan taman bunga, tetapi wisata buatan yang baru didirikan ini tetaplah menarik secara visual.

Dilansir dari Oganilirkab.co.id, taman yang dihias dengan bermacam jenis bunga dan pepohonan hijau ini menjadi icon kota Indralaya. Untuk menyenangkan hati para pengunjung yang didominasi warga lokal, dibuat juga kolam air mancur dan tugu di tengah areal taman.

Sesuai namanya, memang ada sebuah monumen atau tugu berlambangkan burung garuda serta lima pilar pancasila di taman yang juga sering disebut TPK Ogan Ilir ini. Paska diresmikan, taman selalu dipadati warga. Terutama pada sore hari dimana banyak warga asik bercengkrama bareng keluarga dan berolahraga.
Alamat: Sakatiga Seberang, Kec. Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

2. Desa Wisata Pulau Semambu

image via: andi agusman/googlemap
Seperti diketahui, Ogan Ilir terkenal sebagai daerah perkebunan sawit dan karet. Namun, sejak minat masyarakat untuk berlibur semakin meningkat, tak sedikit lahan perkebunan yang akhirnya dikembangkan untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Salah satu yang hits adalah Desa Wisata Pulau Semambu, tempat ini mengusung konsep wisata edukasi atau agro-tourism yang dipadankan dengan destinasi outbond. Jadi, selain bisa menambah wawasan soal pertanian, pengunjung dapat mencoba bermain wahana flying fox.
Lokasi: Desa Semambu, Kec. Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel 30862 
Jam Buka: 09.00 - 17.00 (Jumat Tutup)
Tiket Masuk: Mulai dari Rp10.000

3. Tanjung Senai

wisata ogan ilir
image via: instagram/veriandikawijaya
Sebetulnya, Tanjung Senai adalah komplek perkantoran pemerintah mencakup Kesra, DPRD, Bappeda, Dispar dan lainnya. Akan tetapi, penataan perkantoran yang rapi dan lokasinya yang asri, membuat komplek ini punya pesona tersendiri.

Pada musim hujan, akan muncul beberapa kolam air menyerupai danau kecil atau rawa di komplek tersebut. Ditambah lagi dengan akses masuk yang tidak dibatasi membuat warga bebas berduyun-duyun datang ke objek wisata di Ogan Ilir ini.

Spot favorit pengunjung adalah danau kecil yang menyajikan panorama alam nan asri. Ada juga jembatan wisata di Tanjung Putus dengan arsitektur unik yang melintang di atas rawa. Setiap hari libur, akan ada pedagang makanan dan minuman di sini. Sehingga para wisatawan bisa jajan sembari menikmati pesona yang tersaji.
Alamat: KPT Tanjung Senai, Sakatiga, Indralaya, Ogan Ilir (Peta Lokasi)
HTM: Gratis
Jam Buka: 07.30 - 19.00 WIB

4. Pantai Supi

wisata ogan ilir
image via: google.maps/kadri.putra
Beberapa tahun lalu, pantai di Ogan Ilir yang terletak di bantaran Sungai Ogan ini mendadak ramai dikunjungi wisatawan setelah ditata oleh warga Desa Sungai Pinang. Pun sampai sekarang, Pantai Supi masih menjadi favorit para penikmat alam.

Pantai ini tidaklah seperti pantai di Sumatera Selatan pada umumnya. Sebab jika ditelusuri, objek wisata tersebut justru berada di kawasan bantaran sungai dan bukan seperti pantai yang ada di pinggir laut. Jadi, saat berjalan-jalan ke sini, jangan berharap bisa melihat terumbu karang, ikan warna-warni dan kerang laut ya.

Dengan tiket masuk Rp2.000/orang, ada banyak keseruan yang bisa pengunjung lakukan saat liburan di Pantai Supi. Misalnya bermain di atas pasir yang berwarna putih kekuningan, berenang di perairannya yang dangkal hingga berburu kuliner lezat.
Lokasi: Desa Sungai Pinang I, Kec. Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir (Peta)
Tiket Masuk: Rp2.000
Jam Buka: 09.00 - 21.00 WIB

5. Pantai Jodoh

wisata ogan ilir
image via: google.maps/m.deni
Berlibur ke Ogan Ilir, tak lengkap jika tak menyambangi Pantai Jodoh. Sebuah bibir sungai yang menawan dengan pasir kecoklatan yang terhampar luas. Gelombang arus yang cukup tenang dan air bening di lokasi ikut menambah daya pikatnya.

Pantai Jodoh di Tanjung Raja ini berada persis di jalur jalan Lintas Sumatera. Kalau berangkat dari arah Indralaya, perjalanan menuju pantai hanya habiskan waktu sekira 33 menit atau 20,1 km saja. Selain menggunakan kendaraan pribadi, tersedia juga sejumlah angkutan umum.


Di balik namanya yang menggelitik, masyarakat lokal percaya jika pengunjung yang belum menikah datang ke tempat tersebut, maka akan enteng jodoh du kemudian hari. Boleh percaya atau tidak, tetapi cerita rakyat yang menyertainya membuat objek wisata ini semakin spesial
Alamat: Serijabo, Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Peta Lokasi)
Tiket Masuk: Rp3.000/orang
Jam Buka: 24 Jam

6. Kebun Raya Sriwijaya

tempat wisata di ogan ilir
image via: google.map/dwi handoko
Wisata alam di Ogan Ilir ini memang sudah sangat populer di kalangan tertentu karena Kebun Raya Sriwijaya adalah area konservasi, tempat penelitian dan juga sarana wisata sains yang dikembangkan oleh Pemprov Sumatera Selatan.

Terletak di Desa Bakung, jalan lintas Palembang - Muara Enim, lahan botani Sumatera Selatan seluas 100 hektar ini terdiri dari taman tematik hias, embung konservasi, vegetasi tanaman herbal (obat) dan bermacam jenis tumbuhan yang lahan basah.

Area konservasi ini juga menjadi bagian dari Agro Techno Park II (ATP), sehingga wisatawan dapat menjelajah dua tempat tersebut sekaligus. Untuk memasuki kawasan, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu melalui online atau langsung di pos jaga.
Alamat: Desa Bakung, Inderalaya Utara, Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Peta Lokasi)
Tiket Masuk: Rp-
Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB

7. Danau Teluk Seruo

tempat wisata di ogan ilir
image via: instagram/fiskaaay
Tak butuh waktu lama untuk bisa tiba di destinasi satu ini. Pasalnya, Danau Teluk Seruo terbilang sangat dekat dengan Indralaya. Bagaimana tidak, cukup berkendara selama 13 menit saja, sudah tiba di danau cantik yang memiliki warna kebiruan.

Setibanya di lokasi, danau jernih berwarna biru dan sarana wisata yang lengkap akan menyambut pengunjung. Lantaran background-nya begitu memukau, tempat ini sangat bagus untuk hunting gambar sehingga sering dipakai untuk foto prewedding.

Terutama pada musim liburan Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru, berjubel pengunjung akan memadati tepian danau. Wajar saja, pesona elok yang disajikan serta keindahan alam yang terhampar membuat wisatawan bolak-balik berkunjung ke tempat wisata di Ogan Ilir ini.


8. Kampung Warna-Warni Burai

tempat wisata di ogan ilir
image via: google.map/azom azuhri
Jika ingin melihat kampung warna-warni, maka Desa Burai menjadi tempat rekreasi selanjutnya. Dibandingkan spot lain, desa di Tanjung Batu ini memang menampilkan atraksi memukau. Setiap rumah warga dicat dengan spektrum warna berbeda sehingga tampak unik.

Berdasarkan sisi sejarah, wisata ini semula adalah perkampungan kumuh. Sebagian besar masyarakatnya hidup dalam garis pra-sejahtera. Munculnya program kampung warna-warni yang dipelopori oleh Wili Sandi berhasil mengubah citra tersebut.

Selain menengok kampung warna-warna, pengunjung juga bisa menyusuri sungai di samping Desa Burau. Sungai sepanjang puluhan kilometer ini menyimpan banyak ikan. Bagi yang hobi memancing, rugi jika tak meluangkan waktu ke sini.
Alamat: Desa Burau, Kec. Tanjung Batu, Ogan Ilir (Map)
HTM: Mulai Rp5.000
Jam Buka: 24 Jam

9. Ancol Tanjung Atap

wisata di ogan ilir
image via: image via: google.maps/amin bitun
Kecamatan Tanjung Batu tak ketinggalan soal wisata, baru-baru ini, ada sebuah objek wisata yang menyasar kawula muda. Selain nongkrong, tersedia sederet spot Instagramable di sekitarnya. Nah, namanya adalah Ancol Tanjung Atap.

Menyadur nama Ancol, tentu langsung kepikiran destinasi wisata di Jakarta. Tapi perlu digarisbawahi, tempat wisata ini pastinya terletak di Kabupaten Ogan Ilir, tepatnya di Desa Tanjung Atap, Kec. Tanjung Batu. Pesona unggulannya masih rawa atau danau kecil.

Biaya berkunjung ke objek wisata ini juga termasuk murah-meriah. Gak perlu mahal-mahal, cukup dengan mengeluarkan tiket masuk sebesar Rp2 ribu rupiah saja, sudah bisa puas berfoto selfie dengan latar keren serta menjajal pesona yang ada.
Lokasi: Desa Tanjung Atap, Kec. Tanjung Batu, Kab. OI, Sumatera Selatan
Tiket Masuk: Rp5.000
Jam Buka: 08.00 - 19.00 WIB

10. Taman Wisata Kebun Si Punai

tempat wisata di ogan ilir
image via: vhnyta gurel/instagram
Di awal tahun, Taman Wisata Kebun Si Punai resmi dibuka untuk pengunjung. Tidak cuma mengandalkan alam saja, pengelola juga menawarkan 4 progam edu-tour kepada wistawan yaitu wisata pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan.

Lebih asyik lagi, taman rekreasi di Indralaya tersebut memiliki kolam renang, taman bunga, sarana permainan anak, area berkemah, kebun buah, wahana air dan juga area kuliner. Sarana yang lengkap membuat tempat ini jadi alternatif liburan seru.

Bagi wisatawan yang berencana menyenangkan keluarga dengan mengajak mereka holiday kemari. Sama sekali tidak akan menyesal, karena semua fasilitas dan atraksi yang ditawarkan akan mendukung pengalaman berlibur, serta membuat pikiran rileks dan segar kembali.
Alamat: Jl. Bhakti Guna, Desa Tanjung Seteko, Indralaya, Ogan Ilir
Tiket Masuk: Mulai dari Rp10.000
Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB

11. Masjid H. Bajumi Wajab

tempat wisata di ogan ilir
image via: google.map/tri cahyo singadinata
Sebagian orang Palembang mungkin kenal dengan sosok Bajumi Wahab. Seorang pengusaha kaya raya yang punya banyak harta peninggalan. Selain Rumah Limas Bari di Kota Palembang, di Ogan Ilir juga terdapat sebuah masjid yang kini menjadi tujuan wisata religi yakni Masjid H. Bajumi Wahab.

Mengenai masjib megah kebanggaan warga OI ini, arsitekturnya memang tak pernah bosan untuk dilihat. Ditambab lagi dengan area sekelilingnya yang hijau dan asri. Tujuan pengunjung ke tempat ini pun tak lagi hanya beribadah, tetapi mengagumi keindahan masjidnya.

Berlokasi di Jalan Lintas Timur Palembang - Lampung, masjid putih dengan 1 kubah ini acap kali disinggahi para pemudik untuk beristirahat. Dengan arsitektur masjid bergaya Arab dan Eropa, tak seorang pun mampu berkedip setelah melihat bangunan tersebut.
Alamat: Jl. Lintas Timur Palembang - Lampung, Tj. Sejaro, Indralaya, Ogan Ilir
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

12. Danau Teluk Putih

tempat wisata di ogan ilir
image via: ais channel/youtube
Danau Teluk Putih adalah danau musiman yang hanya ada ketika memasuki musim penghujan. Terletak di Sakatiga, danau ini dapat diakses melalui Jl. KH. Moh. Harun. Jarak tempuh Indralaya ke wisata alam ini cukup singkat, hanya kurang lebih 1,7 km.

Pinggiran danau ini dirindangi oleh pepohonan sehingga udara di sekitar selalu sejuk dan dingin meski cuaca sedang panas. Di beberapa titik, dibangun gazebo atau pondok yang biasanya digunakan wisatawan untuk bersantai. Di sini, ada pula restoran terapung dan wahana bebek-bebekan.

Bagaimana? Ulasan daftar wisata tersebut tentu tidak kalah menawan dibanding wisata lainnya di wilayah Sumatera Selatan. Tertarik menjelajah setiap destinasi tempat wisata di Ogan Ilir tersebut dalam waktu dekat, yuk atur jadwal liburan secepatnya. (image cover credit: google.maps/novran alfarizi - ismeini mey)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -