MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Air Panas Lubuk Simbolon: Pesona Pemandian, Tiket dan Lokasi

Air Panas Lubuk Simbolon: Pesona Pemandian, Tiket dan Lokasi
Add Comments
8/06/2021
Pemandian Air Panas Lubuk Simbolon - Lokasi: Unnamed Road, Harapan Jaya, Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20773 (Map) - Jam Buka: 24 Jam - Telepon: 0 - Harga Tiket: Mulai Rp3.000 - Atraksi: Hotspring dan Alam
Lubuk Simbolon merupakan pemandian air panas di Langkat yang terletak di Desa Harapan, Kec. Sei Lepan. Pemandian hotsprings ini rekomended dikunjungi karena menyuguhkan kolam renang dengan temperatur air bersuhu hangat.

Pemandian air panas Lubuk Sinbolon menjadi salah satu tempat wisata di Sei Lepan yang menarik. Pengunjung dapat mengobati rasa lelah setelah berendam di airnya yang hangat. Apalagi sumber air panas ini berasal dari dalam perut bumi. Sehingga kondisinya sangat bersih dan alami.

Ulasan mengenai Pemandian Air Panas Simbolon di bawah bisa dijadikan referensi jika ingin berlibur ke tempat ini. Apa saja daya tarik, fasilitas, keunikan dan bagaimana cara kesana? Tanpa perlu berbasa-basi lagi, simak info yang sudah Travelingmedan himpun selengkapnya.

Tiket Masuk Air Panas Lubuk Simbolon

Sebagai tempat wisata baru di Sei Lepan, tentu biaya berkunjung masih sangat murah. Harga tiket masuk yang ditetapkan mulai dari Rp3 - Rp5 ribuan. Dengan bajet terbatas, wisatawan sudah bisa menikmati pemandian air panas sepuasnya.
Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Simbolon
Tiket Anak-AnakRp3.000
Tiket DewasaRp5.000
Tidak ada retribusi tambahan selain biaya tersebut, begitu juga biaya parkir untuk mobil ataupun motor, semuanya sudah termasuk dalam tiket. Hanya saja, harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.


Aktivitas Wisata di Air Panas Lubuk Simbolon

Asal mula terjadinya pemandian air panas Lubuk Simbolon berbeda dibandingkan hotsprings lainnya. Dituturkan masyarakat, pada awalnya tempat ini dipilih sebagai lokasi pengeboran air dingin. Namun, pihak pengebor justru dihebohkan oleh hasil yang didapat.

Dimana, air yang keluar malahan memiliki temperatur panas. Setelah kejadian itu, pengeboran sempat dihentikan. Namun selang beberapa minggu kemudian, pemilik memutuskan untuk mengelola sumber air panas tersebut jadi tempat wisata.

Mengingat bahwa objek wisata di Sei Lepan belum begitu banyak. Maka pengelola membangun sederet fasilitas yang diharapkan bisa membuat pengunjung semakin nyaman. Tak heran, saat berkunjung ke Air Panas Simbolon pengunjung sudah bisa berlibur dengan nyaman.

1. 2 Kolam Air Panas

pemandian air panas lubuk simbolon
image via: google.map/wahyu ginting
Jika di hotel pengunjung hanya bisa berendam air hangat di bath tube, maka di sini terdapat sebuah kolam renang yang suhu airnya sekitar 36-37 derajat celcius. Sehingga wisatawan dapat berendam berlama-lama tanpa khawatir kedinginan.

Walaupun hanya ada dua unit kolam srenang aja, tetapi ukurannya cukup luas. Setidaknya bisa memuat 20 sampai 25 orang. Airnya tentu jernih dan juga tidak berbau karena air yang langsung mengalir dari sumbernya ini tidak mengandung belerang.

Wisatawan bisa mengajak keluarga untuk bersantai dan menikmati sensasi berendam di kolam ini. Meski demikian, sangat tidak dianjurkan berendam air panas terlalu lama. Pasalnya, hal itu dapat memengaruhi kinerja tubuh. Jika kelamaan bisa terkena hipotermia.

2. Menikmati Pesona Alam Sei Lepan

pemandian air panas lubuk simbolon
pemandian air panas dengan kolam renang - image via: instagram/pangkalan brandan
Desa Harapan Jaya di Kecamatan Sei Lepan ini berada di kawasan perkebunan sawit. Sejauh mata memandang, tanaman holtikutura tersebut akan menghalangi pandangan. Tapi berkat tanaman itu pula, udara di sekitarnya selalu segar ketika dihirup.

Sembari menormalkan suhu tubuh yang baru berendam di kolam, tersedia fasilitas gazebo bagi pengunjung yang mau bersantai. Nah, di tempat wisata Sei Lepan ini terdapat warung makan dan jajanan. Kalau mulai lapar atau dahaga, bisa pesan ke pemilik warung.

Pondok-pondok yang dibangun di sekeliling pemandian alam ini dapat digunakan semua pengunjung. Kalau datang kemari untuk habiskan liburan bersama keluarga, silahkan pakai pondok kecil tersebut untuk bersantap bekal makan siang dari rumah.

Jam Buka dan Fasilitas

Pengelola membuka wisata pemandian alam ini setiap hari. Tepatnya mulai jam 09.00 pagi dan tutup jam 17.00 sore. Jam buka tersebut tidak berlaku pada hari biasa saja, baik saat hari libur nasional maupun cuti umum laknnya tetap dibuka sesuai jam operasional.

Mengingat usia objek wisata alam ini masih sangat.baru, maka fasilitas yang disediakan sudah lebih dari cukup. Terdapat kamar mandi, bilik bilas, tempat parkir dan gazebo. Karena tak ada penyewaan pakaiam renang di sini, sebaiknya bawa pakaian sendiri atau pakaian ganti.


Alamat dan Lokasi Pemandian Air Panas Lubuk Simbolon

Objek wisata ini terletak tak jauh dari pusat ibukota, letaknya berbatasan dengan Teluk Haru, Pangkalanbrandan. Alamatnya sendiri berada di Desa Harapan Jaya, Kec. Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Indonesia.

Bila berangkat dari Kota Medan, maka aksesnya melalui Jl. Lintas Sumatra/Medan - Banda Aceh sekitar 2 jam 31 menit dengan jarak tempuh 89,5 km. Sedangkan dari Stabat, jaraknya hanya 49.8 km atau 1 jam 30 menit. Sebaiknya gunakan Map di atas agar bisa memilih rute tercepat.

TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -