MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Ngungun Saok: Pesona Air Terjun, Tiket dan Panduan Lokasi

Ngungun Saok: Pesona Air Terjun, Tiket dan Panduan Lokasi
Add Comments
8/02/2021
Ngungun Saok - Lokasi: Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586 (Peta) | Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB | HTM: Rp5.000 | Telp: - | Atraksi Wisata: Air Terjun, Alam dan Pemandian
Ngungun Saok merupakan air terjun alami yang terletak di Koto Tengah, Padang, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Jika diakses dari pusat kota Padang, maka air terjun ini berada tepat di arah selatan yang berjarak kurang lebih 23 kilometer menuju Lubuk Minturun.
air terjun ngungun saok

Pada dasarnya, lokasi Air Terjun Ngungun Saok adalah wilayah konservasi dengan status hutan lindung di Sumatera Barat yang sebagian lahannya dilepas untuk tujuan wisata. Oleh karena itu, kawasan di air terjun ini masih sangat lestari dan terjaga.

Tak heran, Wisata air terjun di Kota Padang yang memiliki ketinggian 14 meter ini menyuguhkan pemandangan hutan lebat, sungai sebagai pemandian alam dan jalur trekking menantang yang sampai sekarang belum bisa dilewati kendaraan.

Tiket Masuk Air Terjun Ngungun Saok

Biaya berkunjung ke air terjun ngungun saok terbilang murah. Pengunjung sudah dapat menikmati seluruh kawasan wisata alam ini dengan membayar biaya masuk yang relatif murah. Tarif yang ditetapkan per orangnya yakni Rp10 ribuan.
Harga Tiket Masuk Ngungun Saok
Tiket NormalRp10.000
Wisatawan dan penikmat alam tidak akan dikenakan biaya tambahan lain. Perlu diketahui, objek wisata ini berada di bawah pengelolaan warga desa Lubuk Minturun. Tiket tersebut dibanderol bagi setiap pengunjung yang datang baik weekday maupun weekend.

Pesona Keindahan Ngungun Saok

Dalam bahasa Padang yang sehari-harinya dipakai masyarakat Lubuk Minturun, Ngungun Saok artinya suara air berdegung di balik bebatuan. Nama tersebut memang menggambarkan topografi air terjun ini yang seolah disembunyikan oleh tumpukan batu-batu padas berukuran besar.

Sungai yang memiliki sebuah aliran air terjun di sisi tebing ini sangat memesona. Memercik indah dari atas bebatuan. Selain itu, airnya yang berwarna hijau juga sedap dipandang mata. Berikut beberapa aktivitas petualangan yang menarik di sini.

1. Berpetualang Menembus Hutan

air terjun ngungun saok
pintu masuk ke air terjun - image via: google.maps/fdln
Mulai dari Air Terjun Pancuran 7, wisatawan akan disambut jalur trek yang menantang. Lajur jalan yang tersedia tidak bisa dilalui jeep atau transportasi roda empat lainnya. Agar perjalanan tidak terhambat, kami merekomendasikan untuk membawa kendaraan roda dua yang kondisinya prima.

Setelah menemukan plang petunjuk arah bertuliskan "Air Terjun Ngungun Saok", pengunjung harus menuruni jalan setapak yang sudah ditumbuhi semak belukar dan pepohonan. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kawasan air terjun ini masuk wilayah konservasi hutan lindung Bukit Barisan bagian Sumatera Barat.

Dengan begitu, setiap orang dilarang mengeksploitasi SDA dan satwa di hutan lindung tersebut tanpa izin. Kebijakan itu membuat lingkungan sekitaran air terjun tetap terlindungi. Bahkan, wisatawan akan merasa sensasi seperti sedang berpetualang di tengah alam liar.

2. Kolam Hijau Alami

air terjun ngungun saok
image via: instagram/metsu_shazad
Para penggiat wisata alam dan hobi petualangan pasti akan menyukai objek wisata di Kecamatan Koto Tangah ini. Terdapat dua buah kolam alami di bagian hilir dan hulu. Kolam tersebut terbentuk oleh gerusan sungai dari masa ke masa yang perlahan membentuk cekungan air.

Kedua kolam terisi oleh air sungai yang berwarna toscha. Kondisi airnya selalu jernih meskipun sedang musim penghujan. Seperti telaga hijau, di tempat inilah wisatawan bisa berenang, berendam atau bermain air sembari melepas penat.

Sumber air pada sungai disebut-sebut berasal dari baris pegunungan yang membentang di daerah dataran tinggi Lubuk Minturun. Sekalipun tidak tau berenang, debit sungainya cukup tenang sehingga wisatawan akan merasa aman.

3. Berfoto di Tepian Air Terjun

air terjun ngungun saok
image via: @williamlisafriyadi2007
Tak jauh dari tepian sungai, terlihat jelas sebuah air terjun kecil yang terpecah menjadi beberapa bagian. Pengunjung biasanya berenang untuk sampai ke bagian dasar air terjun. Berbeda dengan kolam alami, air di sini sedikit lebih dingin.

Agar lebih dekat, coba saja naik ke atas deretan batu granit yang tertata rapi oleh alam di tepian air terjun. Lantaran permukaan bebatuan tersebut cukup licin, pastikan berhati-hati saat melangkah. Tidak ada salahnya berpegangan tangan supaya lebih aman.

Tebing batu yang didominasi warna hitam tampak kontras dengan buih-buih air yang mengucur deras. Walau air terjun ini bisa dibilang kecil, tetapi untuk memenuhi konten foto traveling di feed Instagram, tempatnya bagus untuk latar foto. Jadi, jangan lupa mengambil gambar sebanyak-banyaknya.

Jam Buka dan Fasilitas

Secara operasional, wisatawan sebenarnya bisa berkunjung ke Air Terjun Ngungun Saok, Lubuk Minturun setiap hari. Namun, mengingat tempat ini sudah tak sama ramainya dibanding tahun 2017-an, upayakan mengunjunginya dengan teman-teman.

Fasilitas yang ada di sini memang jauh dari yang diharapkan wisatawan. Sama sekali belum ada kamar ganti, toilet, warung dan lainnya. Pengunjung wajib membawa kebutuhan konsumsi dan logistik. Jika ingin kemari, pengunjung harus siap akan segala kekurangan itu.


Lokasi dan Alamat Ngungun Saok

Air terjun ini berada di Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Lihat rute tercepat pada peta yang kami sematkan di bawah ini.


Rute ke lokasi dapat mengambil jalan Kota Padang - Bukittingi. Kemudian arahkan kendaraan menuju Lubuk Minturun hingga mencapai Air Terjun Tingkat Tujuh. Dari sini, hanya butuh waktu kurang lebih 1 kilometer lagi untuk sampai di tujuan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -