MASIGNASUKA101
7168738000188950837

PANTAI RAMBAK - Tiket Masuk, Atraksi Menarik & Akses Lokasi

PANTAI RAMBAK - Tiket Masuk, Atraksi Menarik & Akses Lokasi
Add Comments
9/28/2021
Pantai Rambak | Alamat: Desa Parit Padang, Kec. Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 33211 (Peta Lokasi) | Jam Buka: 08.15 WIB s/d 19.30 WIB | HTM: Rp3k | Atraksi Wisata: Alam & Bahari
Pantai Rambak merupakan objek wisata pantai yang berada di daerah pesisir selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Terletak di seputaran Matras, pantai ini hanya berjarak 7,3 km dari Sungailiat dan dapat diakses langsung melalui Jalan Tanjung Pesona.

Beberapa tahun terakhir, Pantai Rambak selalu menjadi tujuan berlibur bagi wisatawan mancanegara dan warga setempat. Oleh lokasinya yang bisa dibilang terisolir dan sedikit tersembunyi membuat objek wisata ini semakin mengesankan.

Pemandangan di lokasi pantai memang benar-benar eksotik dan elok. Dari panorama samudera biru, tumpukan batu-batu besar, serpihan karang, cangkang kerang laut hingga pasir putih yang tersapu ombak. Ya, berbagai kejutan alam bisa ditemukan di Pantai Rambak.

Harga Tiket Masuk Pantai Rambak

Untuk memasuki objek wisata dan menikmati semua pesonanya yang ditawarkan pengunjung perlu membayar biaya masuk pantai rambak. Adapun tarif yang berlaku masih terbilang murah karena per orangnya hanya dipungut biaya retribusi sebesar Rp3k.
Harga Tiket Masuk Pantai Rambak
Tiket umumRp3.000
Informasi penting terkait tiket bagi wisatawan sebelum mengunjungi objek wisata ini, harga yang tercantum dibebankan kepada semua pengunjung baik dewasa, remaja maupun anak-anak. Biaya tambahan lainnya berupa biaya parkir kendaraan.

Jam Buka/Tutup

Pembatasan jumlah pengunjung mungkin berlaku sesuai kebijakan dari pusat dan daerah. Namun, sesuai waktu operasional reguler, jam buka wisata Pantai Rambak mulai pukul 08.00 sampai 19.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)
Waktu Operasional Pantai
buka/tutupRp3.000
Semenjak dibuka pertama kalinya pada tahun 2011 silam, objek wisata ini belum pernah ditutup. Dengan demikian, pantai menerima kunjungan wisatawan mulai dari hari senin sampai hari minggu. Jika berencana camping, silakan koordinasi dengan pengelola.


Atraksi Wisata Pantai Rambak

Mungkin pantai ini adalah salah satu rekomendasi terbaik bagi wisatawan penikmat destinasi tersembunyi saat memilih bepergian ke Pulau Bangka. Terutama bagi yang berencana untuk plesiran ke arah pesisir selatan Babel. Sesuai dengan namanya, inilah Pantai Rambak.

Nama obyek wisata ini memang sudah sangat familiar bagi warga setempat, bahkan sering dijadikan spot terbaik untuk liburan keluarga. Tapi tidak untuk wisatawan domestik. Di sana, bukan hanya panoramanya saja yang terlihat cantik, tapi seluruh kawasan pantainya sangat bersih dan terjaga.

Seperti pantai pada umumnya, pun Pantai Rambak Bangka Belitung menawarkan beragam atraksi dan daya tarik yang bikin terkesan. Nggak heran sih, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seru saat menikmati momen liburan di sini. Apa saja? simak ulasan berikut ya.

1. Menikmati Pesona Pesisir Selatan

pantai rambak
foto pemandangan pantai dari atas - image via: antonius trinovryandi/google.maps
Sejak Bangka Belitung ditetapkan sebagai satu dari sepuluh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), wilayah kepulauan ini seolah terus memunculkan spot baru. Salah satunya yang menawarkan keindahan pesisir yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan yaitu Pantai Rambak.

Karena keindahan yang dimiliki dari ujung selatan hingga ujung utara, selalu dibanjiri oleh pengunjung. Bahkan pada waktu libur nasional, pengunjungnya bisa mencapai ribuan orang. Ada yang duduk menikmati pemandangan ombak, ada pula yang memotret kapal-kapal yang hilir mudik di atas laut.

Pengunjung tidak hanya bisa melihat pesona ombak dan kapal penambang timah. Gugusan bebatuan berukuran besar di sepanjang bibir pantainya turut memperindah kawasan tersebut. Di sana, muda-mudi dapat mengambil foto yang aestetik untuk diunggah ke media sosial.

2. Berenang, Bermain Ombak dan Pasir Putih

pantai rambak
bebatuan, laut biru dan pasir putih di pantai - image via: iyo keren 1/google.maps
Paska dibuka mulai tahun 2016 oleh masyarakat Sungailiat, Rambak memang memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas. Tambah lagi gugus bebatuan yang menghalangi deburan ombak yang menepi ke bibir pantai membuat airnya relatif aman untuk aktivitas berenang.

Selain pas untuk tempat berenang, pantai dengan suguhan pasir putih serta kondisi air laut nan bersih ini sangat mendukung untuk bermain pasir. Anak-anak bisa diajak mendirikan istana pasir atau bermain kejar-kejaran di atas hamparan pasir putihnya yang begitu berkilau.

Mengenai keamanan, pengunjung tak lagi perlu ragu jika ingin bermain atau berenang sepuasnya. Sebab penjaga pantai dari pihak kepolisian, Karang Taruna Siaga Bencana dan club Emas Diving siap siaga menjaga sekaligus memantau aktivitas para wisatawan.

3. Kuliner Khas Pantai dan Sunset

pantai rambak
warung sederhana menghadap ke pantai - image via: pepisae studio/instagram
Sejalan dengan tingginya persentase kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun, maka sudah tersedia pula beberapa sarana pelengkap yang dianggap bisa menunjang kenyamanan para tamu. Sebut saja warung-warung kecil yang tampak dibangun di bawah pepohonan dekat pantai.

Warung untuk tempat makan di pantai ini khusus menyediakan menu laut yang lezat. Para penggemar kuliner seafood bisa makan sepuasnya sebelum beranjak pulang. Menunya pun bermacam-macam, seperti ikan tongkol, ikan tenggiri dan olahan laut lainnya. Tersedia juga air kelapa, minuman segar untuk melegakan rasa dahaga.

Setiap warung menyediakan pondok untuk tempat makan, sambil melahap menu yang telah pengunjung pesan, bisa sekaligus melihat potret sunset nan menawan di ufuk timur. Nah, sebaiknya jangan lupa ketinggalan kamera agar dapat mengambil foto sebanyak-banyaknya saat matahari akan tenggelam.

Fasilitas Pantai Rambak

Meski pengelolaannya belum ditangani secara profesional, fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai. Namun berbeda dibanding pantai lainnya di Bangka Belitung yang pada umumnya sudah dilengkapi hotel dan restoran, fasilitas tersebut belum tersedia di sini. Beberapa yang sudah pengelola sediakan diantaranya:

- Tempat parki
- Toilet
- Pos penjaga
- Warung/kuliner
- Pondok/gazebo


Lokasi Pantai Rambak

Alamat pantai ini persis di Desa Parit Padang, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Indonesia. Tak begitu sulit bagi wisatawan untuk menemukan objek tersebut, beberapa penyedia layanan peta telah mencantumkan lokasinya.

Kendati jarak dari ibukota ke objek wisata tersebut tak begitu jauh, atau bahkan sangat dekat, tetapi tidak banyak angkutan umum yang melayani akses ke sana. Untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya gunakan jasa travel atau sewa motor/mobil dari kota Sungailiat.

Berbagai daya tarik dan pesona di kawasan Rambak memang tak akan mengecewakan wisatawan. Perpaduan alam, bahari dan keunikan yang dapat ditemukan di sana mampu menghipnotis pengunjung. Jadi ketika bepergian ke Babel, pastikan untuk mengunjungi pantai yang recommended tersebut.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -