MASIGNASUKA101
7168738000188950837

15 Tempat Wisata di Lahat Terbaru dan Populer Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Lahat Terbaru dan Populer Dikunjungi
Add Comments
9/13/2021
Lahat merupakan salah satu distrik dengan kondisi alam menarik. Kabupaten yang terkenal dengan julukan pesona kota 1000 air terjun ini menjadi destinasi sempurna untuk berlibur. Pasalnya ada beragam tempat wisata di Lahat dan sekitarnya yang menjadi pilihan terbaik untuk dikunjungi 

tempat wisata di lahat
Seperti kabupaten yang punya penduduk cukup padat di Sumatera Selatan, etalase wisata di Lahat merupakan atraksi perpaduan dari beragam destinasi alam. Daerah berpenduduk 248 ribu jiwa ini juga memiliki tujuan rekreasi buatan.

Oleh daya tariknya yang bervariasi, banyak wisatawan domestik memutuskan berkunjung ke Lahat pada akhir pekan demi mendapatkan momen liburan berkualitas bersama keluarga maupun solo trip. Nah, berikut beberapa daftar tempat wisata di Lahat.

1. Taman 1000 Bunga Rumphon Cabe

tempat wisata di lahat
image via: kms nazar
Kabupaten yang terkenal akan motto: "Seganti Setungguan" ini memiliki sederet destinasi hits yang identik untuk para kawula muda. Salah satu wisata yang ramai dikunjungi kaum remaja dan keluarga yakni Taman 1000 Bunga Rumphon Cabe.

Selain rumah pohon, taman bunga yang terletak di Merapi Timur, Lahat ini menyajikan bunga celosia berwarna merah, kuning dan ungu yang mekar sepanjang tahun. Lantaran sudah dilengkapi jalur pedestrian, pengunjung bisa leluasa menikmati taman bunga.

Terdapat berbagai spot foto yang menambah indahnya taman bunga Rumphon Cabe ini. Namun, bangunan yang paling disukai wisatawan adalah rumah pohon. Nah, tersedia tangga kecil bagi pengunjung yang ingin masuk ke dalam dan melihat seisinya.
Alamat: Desa Lebuay Bandung, Kec. Merapi Timur, Kabupaten Lahat (Peta Lokasi)
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai Rp5.000/orang 

2. Air Terjun Tangga Manik

wisata lahat
image via: instagram/ygaptra_
Berada di tepi aliran sungai Lematang dan dikelilingi oleh hutan sub-tropis nan hijau, lokasi tepatnya di Tanjung Payang, Kec. Lahat Selatan. Terdapat sebuah air terjun berketinggian dua meter berbentuk memanjang yang diberi nama Air Terjun Tangga Manik.

Dari zaman Belanda hingga era milenial, air terjun ini jarang didatangi masyarakat lokal karena lokasinya yang belum terjamah. Namun, sejak sekelompok pemuda/i Karang Taruna menata ulang objek tersebut, puluhan bahkan ratusan wisatawan setiap hari datang ke sana.

Jam buka objek wisata air terjun di Lahat ini mulai jam 8 pagi dan kemudian tutup pada jam 5 sore. Tiket masuk pengunjung sangat terjangkau karena hanya dibanderol Rp5 ribuan per orang. Sehingga tak harus mengeluarkan banyak uang jima hendak habiskan waktu liburan.
Alamat: Desa Tanjung Payang, Kec. Lahat Selatan, Kab. Lahat, Sumatera Selatan
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp5.000

3. Wisata Curup Buluh Lahat

tempat wisata di lahat
curup buluh jadi objek wisata air terjun di lahat - image via: instagram/prasetyaode
Wisata Curup Buluh Lahat terletak di desa Lubuk Selo, Kec. Gumay Ulu. Tepat di sebelah barat Lahat. Perjalanan menuju lokasi menghabiskan waktu kurang lebih dua jam dengan rentang rute sepanjang 58,8 kilometer melalui jalan lintas Sumatra Selatan.

Meski tidak terlalu dekat dari pusat kota, tetapi banyak pengunjung menyusun agenda liburan panjang ke destinasi ini. sebagian besar wisatawan memilih tempat tersebut karena pesonanya yang masih mempunyai nuansa alami dengan air terjun tujuh tingkat.

Walau harus menuruni 1.000 tangga, persentase pengunjung yang berlibur di air terjun masih tetap tinggi. Sarana dan prasarananya sudah komplit, dilengkapi fasilitas memadai. Hal tersebut membuat nama objek wisata ini harus masuk daftar tempat yang harus dikunjdungi.
Lokasi: Lubuk Seloy, Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan 
Jam Buka: 07.30 - 17.30
HTM: Rp3.000/orang

4. Bukit Serelo

wisata lahat
image credit: instagram/palembanginfo
Konon, bukit berketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan punya sudut kemiringan mencapai 180 derajat ini termasuk jarang dikunjungi wisatawan. Namun pada 2019, namanya mulai bergaung setelah berbagai media meliput keunikannya.

Bukit Serelo menjadi salah satu tempat wisata alam di Lahat dengan panorama menawan yang sulit ditemukan di daerah lain. Bentuknya seperti jari telunjuk yang mengarah ke langit. Uniknya lagi, seluruh permukaan bukit masih bisa ditumbuhi pepohonan.


5. Danau Biru Keban

tempat wisata di lahat
image via: instagram/rahmadclr
Jika tertarik membahas objek wisata danau yang ada di Lahat, maka dapat dijumpai di Danau Biru Keban. Ditemukan sekitar tahun 2019 lalu, spot satu ini bisa dimasukkan ke dalam daftar destinasi terbaru. Lebih lagi, danau alami tersebut nampak begitu indah secara visual.

Danau biru ini terbentuk setelah adanya aktivitas pertambangan terbuka beberapa tahun silam. Tanah yang digali untuk mengambil batu bara dari dalam meninggalkan ceruk atau lubang yang cukup luas. Alhasil, curah hujan yang berkepanjangan lambat laun mengisi bekas galian tersebut.

Jarak tempuh ke danau jika ditempuh dari pusat kabupaten Lahat hanya 11,6 kilometer saja. Sampai sekarang, kebanyakan pengunjungnya berasal dari komunitas motor dan sepeda. Padahal, wisatwan umum juga bisa ke sana menggunakan transportasi pribadi.
Alamat: Desa Keban, Kec. Lahat, Kabupaten Lahat.
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 09.00 - 20.00 WIB

6. Wisata Pelancu Ulak Pandan

wisata lahat
image via: nurdin al-palembangi/google maps
Wisata Pelancu Ulak Pandan merupakan tujuan rekreasi dan spot outbond yang ikut menambah destinasi wisata di Lahat bagian selatan, persisnya di kecamatan Merapi Barat. Salah satu area rekreasi yang dibangun Karang Taruna menggunakan anggaran dana desa.

Spot rekreasi ini menawarkan wahana liburan dan sarana outbond paket lengkap. Sebut saja area flying fox, wahana permainan air, taman foto serta pojok rumah baca. Sementara untuk mendukung kenyamanan pengunjung, wisata rekreasi air tersebut juga memiliki fasilitas lengkap.

Bagi pengunjung yang ingin bermain ke sini sekaligus menikmati semua atraksi yang tersedia, akan diminta sejumlah membayar tiket masuk. Per orangnya dikenai tarif Rp5 ribuan. Harga tiket yang murah sekaligus menjadikan pusat rekreasi ini bisa dijangkau berbagai lapisan masyarakat.
Alamat: Desa Ulak Pandan, Merapi Barat, Lahat (Peta Lokasi)
Jam Buka: 09.12 - 18.12
Tiket Masuk: Rp5.000

7. Curup Maung

tempat wisata di lahat
image via: erlangga_anggak/twitter
Berada di Desa Rindu Hati, Kec. Gumay Hulu, terdapat Curup Maung, sebuah air terjun di Lahat yang pernah masuk trending topic dunia di Twitter. Destinasi alam ini sajikan nuansa alam menawan. Tidak itu saja, suasananya yang hijau dengan bentangan air mengalir jernih sangat elok dipandang mata.

Lebih keren lagi, Curup Maung ini adalah salah satu air terjun paling terkenal di Sumatera Selatan yang sering kali mendapat sorotan karena keelokannya. Terpaut jarak 210 km dari Palembang, air terjun ini sangat populer karena memiliki ketinggian 80 meter dan lebar 70 meter lebih.

Air terjun tersebut selalu ramai dan tak pernah sepi meski di hari biasa. Sangking begitu hits, bahkan banyak turis mancanegara dan juga wisatawan domestik mengutamakan destinasi ini ketika mereka liburan ke Sumatra Selatan.
Alamat: Desa Rindu Hati, Kec. Gumay, Kab. Lahat (Peta Lokasi)
Jam Buka: 07.00 - 18.00
Tiket Masuk: Rp5.000

8. Rumah Pohon Jomblo

wisata lahat
image via: eno_dianwulandarimyr/instagram


Rumah Pohon Jomblo adalah tempat nongkrong di Lahat yang unik. Seolah menjelaskan namanya, bangunan untuk ngopi sekaligus spot untuk memandang keindahan alam ini memang dibangun di atas kayu-kayu besar. Dimana, setiap bangunannya terhubung oleh jembatan.


Desain rumah pohon ini sangat alami, dinding dan lantainya terbuat dari kayu. Pun atap bangunan dibuat dari rumbia kering. Lantaran dibuka setiap hari mulai senin sampai minggu selama 24 jam penuh, para pengunjung bisa nongkrong pada malam hari.
Alamat: Desa Reli, Kec. Merapi Timur, Kab. Lahat, Sumatera Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Rp0

8. Puncak Gugah

tempat wisata di lahat
image via: prayuza yusri/google map
Didirikan belum lama ini tepatnya pada awal tahun 2021, objek wisata di Lahat terbaru yakni Puncak Gugah menawarkan beberapa unit kolam renang bergaya infinity pool. Sehingga pengunjung bisa melihat lansekap alam dan pemukiman warga dari tepi kolam.

Sedikit perbedaan dibanding Agrowisata Tanjung Sakti, Puncak Gugah justru dibangun di atas areal perbukitan. Hal tersebut membuat rekreasi alam ini kaya akan pemandangan memesona. Apalagi pengelola menambahkan beberapa spot khusus bagi pecinta fotografi.
Alamat: Jl. Beringin Raya No.2, Selawi, Kec. Lahat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan 
HTM: Rp25k - 30k
Jam Buka: 09.00 - 05.25

9. Tugu Kota Lahat

wisata lahat
image via: asak /youtube.com
Salah satu icon Lahat paling terkenal ialah Tugu Kota yang berada di jalan Pasar Baru. Tugu setinggi 7 meter dengan arsitektur yang mirip jam gadang ini dihiasi lampu dan cat warna-warni. Sedangkan di bagian puncak tugu terdapat sebuah jam yang masih berfungsi baik.

Sebagai icon kota dan kabupaten, tugu ini memang hanya menjadi tempat persinggahan saja. Kebanyakan pengunjung hanya datang untuk berfoto sebelum pulang. Namun, lokasi tugu sangat dekat dari pusat pasar tradisional. Sehingga bisa sekalian membeli oleh-oleh Lahat untuk dibawa pulang.

Tugu Kota yang sudah berusia puluhan tahun ini selalu mendapat perawatan dari pihak terkait karena menjadi Icon kota Lahat. Masyarakat setempat juga sangat bangga akan gedung tersebut meski ukuran bangunannya tak terlalu megah dan tinggi.
Alamat:  Jl. Pasar Baru, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan 31419
Jam Buka: 24 Jam

10. Bukit Besak (Bukit Besar)

tempat wisata di lahat
image via: jenaber_aliana90/instagram
Bukit Besak merupakan tempat camping di Lahat yang terdiri atas 3 jalur pendakian. Akses menuju puncak akan melalui 3 pos penjagaan. Lama waktu pendakian tergantung kondisi fisik, namun rata-rata wisatawan dapat melewati jalur tersebut dalam kurun waktu tiga jam.

Perbukitan di gunung setinggi 1.700 mdpl ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang ingin berkemah. Jumlah pengunjung yang mendaki bukit ini bisa mencapai 1.000 pendaki dalam satu hari. Sebagian besar pengunjungnya datang dari kabupaten sekitar.

Area camping di Bukit Besak sangatlah luas sehingga pengunjung tidak akan kerepotan saat mendirikan tenda. Pengunjung juga bisa singgah ke Gua Putri, sebuah goa di kaki gunung yang konon digunakan masyarakat untuk bersembunyi dari penjajah Belanda.
Alamat: Desa Lubuk Pedaro, Kec. Merapi Selatan, Kabupaten Lahat
Jam Operasional: 24 Jam
Tiket Masuk: Rp5.000

11. Air Terjun Goa Mata

wisata lahat
image via: okezone.com
Banyak orang mengira jika Goa Mata ialah wisata gua seperti pada umumnya. Namun jika ditelusuri, ternyata Goa Mata yang terletak di Desa Serambi, Kecamatan Jurai ini lebih spesifik sebagai destinasi air terjun. Jadi atraksi alam yang diandalkan di tempat wisata di Lahat tersebut.

Secara spesifik, curup atau air terjun Goa Mata ini menyimpan potensi alam yang masih jarang diketahui. Pada bagian bawah, terhampar sebuah kolam alami yang airnya sangat jernih dan biru. Bahkan kamu bisa menyelam dan mengambil foto underwater.
Alamat: Desa Serambi, Kec. Jurai, Kab. Lahat, Sumatera Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Rp0

12. Taman Wisata Penandingan

tempat wisata di lahat
image via: fikri diozz
Terkadang muncul keinginan untuk berlibur ke alam terbuka di mana udaranya sangat segar untuk dihirup. Jika demikian, sebaiknya pilih bertamasya ke taman. Misalnya taman wisata di Penandingan, kabupaten Lahat yang khas akan suasana pedesaan.

Taman wisata Penandingan merupakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang fokus dalam mengembangkan sektor pariwisata lokal. Tak heran, rumput-rumput segar dan bunga tampak indah memenuhi isi taman. Sederet kursi panjang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai sambil menghirup oksigen alami.

Bagi kawula remaja yang gemar berswa-foto, di beberapa sudut taman tampak sederet instalasi foto yang bisa dipilih sebagai latar gambar. Apabila ingin mengeluarkan keringat, tersedia wahana wisata olahraga yang bisa dieksplor, sebut saja sky bike, flying fox, hammock dan bebek-bebekan di area danau.
Alamat: Penandingan, Pseksu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan 31419
Jam Buka: 09.00 - 17.00 
Tiket Masuk: Rp10.000

13. Green Canyon Lahat

wisata lahat
image via: instagram/piang_putra
Belum puas traveling di Lahat? Masih ada destinasi memikat hati yang dinamai Green Canyon. Dengan arus air deras berwarna kehijauan serta diapit bebatuan dengan sudut kemiringan hingga 250 derajat, Green Canyon Pulau Pinang bisa jadi jujukan selanjutnya.


Green Canyon yang berasal dari Sungai Ayek Liem ini juga menjadi sumber air terjun Curup Panjang pada bagian paling hilir. Sementara bagian hulu dimanfaatkan warga untuk lokasi rafting. Nah, jangan lupa menikmati arung jeram yang bakal menguji andrenalin.
Alamat: Pulau Pinang, Lahat, Sumatera Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 10.00 - 18.00

14. Taman Batu Organik

tempat wisata di lahat
image via: instagram/kerrickstory
Jika taman bunga selalu menyuguhkan tanaman hias dan bunga kepada pengunjung. Tetapi lain halnya dengan Taman Batu Organik, di sini wisatawan justru akan menemukan bongkahan-bongkahan batu yang disusun menyerupai megalith.

Di balik keunikannya, Taman Batu Organik yang dirancang Pak Damsi ini ternyata sudah ada sejak era 80-an. Dahulu, taman yang juga dipadati sayuran dan buah organik tersebut belum dibuka untuk umum. Pada awal 2021, barulah lokasi ini bisa diakses wisatawan.

Setiap susunan batu punya filosofi tersendiri. Sehingga pengunjung bisa memetik banyak pelajaran penting. Nah, Taman Batu Organik terletak di Muara Payang. Tepatnya di Desa Bandu Agung. Aksesnya juga cukup mudah, dapat menggunakan motor atau mobil.

15. Megalitikum Tinggi Hari I, II dan III

wisata lahat
image via: donicahyo1
Setiap daerah pasti punya ciri khas budaya, bisa peninggalan bersejarah, rumah adat, atau seni tradisional. Sebut saja situs sejarah Megalitikum Tinggi Hari yang merupakan cagar alam berwujud benda di Desa Tinggi Hari, kecamatan Gumay Ulu.

Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 45 unit megalitum di Lahat yang tersebar di berbagai penjuru wilayah. Menurut badan arkeologi, semua megalitikum tersebut menyimpan ribuan artefak-artefak kuno. Destinasi ini sangat cocok bagi pelajar, mahasiswa maupun penikmat wisata sejarah.

Nah, sekarang sudah pasti tahu dong kalau tempat wisata di Lahat sangat banyak untuk dieksplorasi. Daftar tersebut bisa dipilih kok, tapi jika jadwal liburan terdekat memang cukup panjang, silahkan susun agenda sebagus mungin agar semua destinasi tertera dapat dikunjungi. (Image Cover Credit: instagram/robyapriansyah)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -