MASIGNASUKA101
7168738000188950837

13 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terkini

13 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terkini
Add Comments
9/15/2021
Empat Lawang yang berada di Sumatra Selatan ini dijuluki sebagai kabupaten Empat Pendekar (Pahlawan). Tak cuma kaya akan budaya dan sejarah, Empat Lawang memiliki banyak tempat wisata yang terkenal berupa air terjun, alam serta taman ikonik.

Sejumlah tempat wisata di Empat Lawang yang terkenal memang menarik. Namun, kabupaten ini masih memiliki spot liburan kekinian yang juga menawan. Bahkan beberapa diantaranya merupakan objek wisata baru yang wajib dikunjungi.

Demi memenuhi bucket list liburan, berikut 12 wisata Empat Lawang terbaik yang dilansir dari berbagai sumber. Agar lebih mudah mengunjunginya satu per aatu, kami sertakan juga info terkait lokasi, jam buka dan harga tiket masuk. Simak daftar selengkapnya:

1. Taman Bunga Buaksi

wisata empat lawang
image via: instagram/tamanbungabuaksi_4lawang
Empat Lawang merupakan kabupaten yang beribukotakan Tebing Tinggi. Di pusat kota ini, terdapat sederet destinasi buatan tetapi menampilkan nuansa alami. Salah satunya yang sedang hits dan difavoritkan wisatawan lokal adalah Taman Bunga Buaksi.

Terletak di Jalan Poros Pendopo, Ulak Mengkudu, Kec. Tebing Tinggi, Taman Bunga Buaksi Empat Lawang menjadi tempat paling pas untuk bersantai sekaligus berfoto. Sambil berburu spot Instagramable, bisa sekalian menikmati pemandangan taman yang dipenuhi kebun bunga nan cantik.

Puluhan jenis bunga-bungaan yang mengisi 70 % areal taman sajikan suasana romantis. Tersedia spot-spot unik yang sengaja dibangun bagi pengunjung yang gemar berfoto. Soal harga tiket, pengelola menerapkan tarif terjangkau yang hemat di kantong.
Lokasi: Ulak Mengkudu, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Empat Lawang, Sumsel
Tiket Masuk: Rp10.000/orang
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB

2. Pantai Terusan

wisata empat lawang
image via: ea yulyani/google.maps
Kendati belum lama dibuka, tetapi pantai ini masuk destinasi wisata baru di Empat Lawang yang mendapat banyak kunjungan. Berlokasi di Desa Terusan Lama, Kec. Tebing Tinggi, pantai adalah semenanjung sungai yang disulap menjadi tujuan rekreasi air.

Terdapat menara pandang di pantai ini yang bagus untuk memandangi pesona alam sekitar. Selain itu, serangkaian aktivitas dapat dilakukan pengunjung, mulai dari berenang atau berendam di dalam airnya yang jernih hingga memancing.

Pantai dengan tulisan "I Love Tarusan" ini sebenarnya merupakan kawasan pertambangan tradisional. Sumber daya alam yang dikelola ialah batu granit dan pasir. Sebab itu pula, tidak ada pungutan atau biaya masuk ke sini, wisatawan bisa menikmatinya secara gratis.
Lokasi: Terusan Lama, Kec. Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Sumater Selatan
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

3. Situs Rumah Adat Empat Lawang

wisata empat lawang
image via: bappedaempatlawang
Dilansir dari sumselprov.go.id ternyata ada dua kecamatan yang masih menyimpan rumah adat Suku Empat Lawang yaitu Kec. Lintang Kanan dan Pasemah Air Keruh. Tentunya, tempat tinggal bergaya tradisional tersebut cocok bagi penggemar wisata sejarah dan budaya.

Rumah adat lokal di Lintang Kanan, berornamen khas ini sudah berusia puluhan tahun. Corak bangunannya sangat unik sangat indah dipandang mata. Seperti kediaman warga Sumsel tempo dulu, desain rumah panggung ini terdiri dari 4 ruangan utama.

Meskipun terbuat dari kayu, Rumah Adat Empat Lawang tetap saja terlihat megah dan menawan. Bukan cuma eksteriornya yang dihiasi dengan ukiran khas, ketika wisatawan masuk ke dalam, pun interiornya terlihat unik dan berbeda dari kebanyakan.
Lokasi: Desa Lintang Kanan, Kec. Lintang Kanan, Empat Lawang
Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk: Gratis

4. Air Terjun Sangeh

wisata empat lawang
image via: google maps/moh rivan
Air Terjun Sangeh merupakan destinasi alam di desa Terusan Baru, Kec. Tebing Tinggi. Wisata alam berbentuk air terjun ini terkenal akan jalur trek yang menguras keringat. Pengunjung akan berhadapan dengan jalan menurun yang licin di kala hujan dan semak belukar yang berduri.

Air terjun alami tersebut memiliki mitos tersendiri bagi warga Sumatera Selatan khususnya masyarakat Tebing Tinggi. Menurut masyarakat lokal, Air Terjun Sangeh dipercaya dapat membuat orang yang mandi atau berendam di sini bisa jadi awet muda.


Dibalik mitos itu, daya tarik keindahan air terjun di Empat Lawang ini memang luar biasa menakjubkan. Berpadu dengan beningnya air dan hijaunya alam, siapa pun pasti akan senang berlama-lama di tempat ini, terutama penikmat wisata tersembunyi yang menantang.
Lokasi: Terusan Baru, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Empat Lawang (Peta)
Tiket Masuk: Rp10.000/orang
Jam Buka: 09.00 - 19.00 WIB

5. Wisata Air Panas Penantian

wisata empat lawang
image via: google maps/jia hartesa
Mencari ide liburan ke Empat Lawang yang berfaedah untuk kesehatan raga dan jiwa? Di sini, ada Air Panas Penantian yang merupakan pemandian alami dengan kandungan belerang yang baik untuk tubuh. Sesuai namanya, tempat ini berlokasi di Desa Penantian, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker).

Seperti diketahui, belerang sejak zaman dahulu kala, dipercaya punya khasiat menyembuhkan berbagai sakit kulit. Sebut saja kurap, panu dan kudis. Bukan hanya itu, belerang juga bisa membantu merenggangkan otot dan persendian yang kaku.

Berlipat manfaat yang bisa didapatkan membuat destinasi wisata minat khusus di Paiker ini punya penggemar tersendiri. Bahkan sejumlah pengunjung mengaku ketagihan dan sering kali bolak-balik ke Suban Air Panas Penantian untuk relaksasi.
Lokasi: Desa Penantian, Kec. Pasemah Air Keruh, Kab. Empat Lawang (Peta)
Jam Buka: 24 Jam
Tiket: Rp5.000/orang

6. Arung Jeram Ulu Musi

wisata empat lawang
image via: southsumatratourism
Sport tourism atau wisata olahraga bukanlah hal baru bagi sebagian besar wisatawan. Selain mampu memacu adrenalin, kegiatan turisme seperti Arung Jeram Ulu Musi di Empat Lawang dapat melatih kekompakan dan menjaga kebugaran tubuh.

Wisata Arung Jeram Ulu Musi yang dapat ditemukan di desa Ranjung Raya, Kec. Pendopo Barat ini terdiri dari 3 grade. Jeram sungai yang menantang tersebut terbagi ke dalam beberapa zona yang diperuntukkan bagi rafter pemula, rafter sedang dan profesional.

Secara popularis, Wisata Arung Jeram Ulu Musi cukup terkenal sebagai salah satu spot rafting terbaik di Sumatera Selatan. Terutama setelah Pemprov Sumsel memilih lokasi ini dalam perhelatan Musi Triboatton. Berdasarkan jarak tempuh, panjang lintasannya mencapai 32 kilometer.
Lokasi: Desa Ranjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kab. Empat Lawang
Tiket Masuk: Mulai Rp150.000
Jam Buka: 07.00 - 16.00

7. Tugu Emas Empat Lawang

wisata empat lawang
image via: google.maps/arum tya
Setiap kabupaten punya landmark yang menandai suatu wilayah. Jika sedang jalan-jalan ke Empat Lawang, maka Tugu Emas adalah bangunan ikonik yang jadi simbol kabupaten yang pertama kali diresmikan pada 20 April 2007 ini.

Letaknya pun sangat strategis lantaran didirikan di perempatan Jalintengsum, jembatan Gandeng, stasiun kereta api Tebing Tinggi dan sungai Musi. Tugu Emas tersebut sering diberitakan media dan dijadikan objek video pembuka ketika sedang membahas kabupaten bermotto "Saling Keruani Sangi Keriwati" ini.

Pada malam hari, area Tugu Emas akan berubah jadi destinasi malam yang menakjubkan. Diterangi lampu-lampu, banyak pedagang kaki lima berjualan makanan khas di sepanjang trotoar jalan. Pengunjung bisa menaiki puncak tugu untuk melihat pemandangan malam hari.
Lokasi: Kel. Tebing Benteng, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Empat Lawang
Jam Operasional: 24 Jam
HTM: Gratis

8. Muare Indah

wisata empat lawang
wisata buatan terbaik untuk keluarga
Fasilitas yang tersedia di Muare Indah menjadikan objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang tak mau ribet kalau lagi liburan. Di sini terdapat permainan anak-anak, spot selfie, panggung karaoke, kolam pemandian dan area kuliner.

Objek wisata yang buka di Empat Lawang ini dibuka selama 24 jam. Terletak di Desa Rantau Tenang, Kec. Tebing Tinggi, pengunjung selalu dianjurkan untuk datang pada pagi hari saja. Agar pengunjung puas menikmati semua fasilitas rekreasi yang ada.


9. Air Terjun Sinar Embun

wisata empat lawang
image via: google.maps/rian bagaskara
Curug Sinar Embun adalah wisata alam berupa air terjun berketinggian 30 meter yang merupakan bagian dari sungai Liang Kanan. Berada persis di wilayah hutan Sumatera, tepatnya Desa Nanjungan, Pasemah Air Keruh, air terjun memiliki suasana alam yang begitu asri.

Petualangan menuju curug ini dimulai dari Desa Nanjungan, pengunjung harus berjalan kaki selama 3 jam. Melintasi hutan tropis, medan yang curam dan lereng bukit. Sejauh ini, kebanyakan pengunjungnya berasal dari kalangan wisatawan yang hobi menjelajah alam.

Pesona air terjun di Empat Lawang ini masih sangat tersembunyi karena berada di daerah terpencil provinsi Sumatera Selatan. Tak heran kalau para penjelah alam harus benar-benar menyiapkan diri sebelum melakukan ekspedisi ke sana.
Lokasi: Desa Nanjungan, Kecamatan Paiker, Kabupaten Empat Lawang (Peta)
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam Penuh

10. Jembatan Musi II Tebing Tinggi

tempat wisata di empat lawang
image via: instagram/erwin ramadhan
Nama Sungai Musi memang sudah sangat terkenal, pengunjungnya bahkan tidak hanya warga Indonesia sendiri. Pun wisatawan macanegara yang berlibur ke Sumatera Selatan selalu meluangkan waktu spesial untuk menyambangi destinasi terbaik ini.

Jembatan Musi II yang terletak persis di Tebing Tinggi, Empat Lawang, tak kalah cantik dibanding jembatan yang ada di berbagai kabupaten yang dilewati sungai tersebut. Lebih lagi, pemerintah sudah mengembangkan jembatan tersebut menyamai Benteng Kuto Besak.

Di bawah jembatan yang juga punya nama Jembatan Kuning ini sudah dibangun sebuah taman bergaya unik. Sehingga para pejalan yang lelah dan mau istirahat sejenak bisa singgah di bawah jembatan dan memandangi keelokan Sungai Musi dari kejauhan secara gratis.
Lokasi: Kota Tebing Tinggi, Empat Lawang
Jam Buka: 24 Jam
Tiket: Gratis

11. Air Terjun Tujuh Panggung

wisata empat lawang
image via: southsumatratourism
Tempat wisata alam yang baru ditemukan di Empat Lawang yakni Air Terjun Tujuh Panggung, terletak pada ketinggian 1.212 meter di atas permukaan laut. Seolah mendeskripsikan namanya, air terjun dengan aliran yang jernih tersebut terdiri atas tujuh tingkat.


Posisi air terjun yang berada di kaki Pegunungan Bukit Barisan membuat destinasi alam ini sangat asri dan cocok untuk kegiatan outdoor seperti jelajah alam dan camping. Bagi yang bernyali dan pemberani, dapat memanjat tebing hingga ke bagian puncak pertama.
Lokasi: Desa Tanjung Alam, Kec. Lintang Kanan, Kab. Empat Lawang
Harga Tiket: Rp5.000
Jam Buka: 07.00 - 18.00 WIB

12. Bendungan Karang Tanding

image via: globalplanet.news
Selain Danau Oge/Tebat Limbet, masih ada wisata Empat Lawang yang menonjolkan keindahan perairan tawar yaitu Bendungan Karang Tanding. Danau buatan ini pada awalnya dibangun untuk irigasi pertanian sawah di Kec. Lintang Kanan. Tapi pesonanya justru membuat warga berduyun-duyun ke sana.

Sebagai tempat wisata andalan di Lintang Kanan, Empat Lawang, danau buatan ini terkesan alami lantaran belum terkena polusi. Udara segar dan lebatnya pepohonan di sekeliling bendungan selalu sukses membuat wisatawan berlama-lama di sini.

Tiket masuk ke wisata alam yang berpadu dengan destinasi buatan ini sepenuhnya gratis. Pengunjung tak perlu menyiapkan biaya retribusi. Sehingga biaya yang seharusnya disiapkan untuk tiket bisa dialihkan ke keperluan logistik saat liburan seperti makan dan minum.
Lokasi: Desa Karang Tanding, Kec. Lintang Kanan, Kab. Empat Lawang
Jam Buka: 08.30 - 19.30
HTM: Gratis

13. Goa Soroman Pendopo

Kecamatan Pendopo di Empat Lawang rupanya menyimpan beberapa gua yang memukau. Seperti Goa Soroman, Goa Batu dan Goa Kelambit. Sebagai destinasi speologi, ketiga gua tersebut menarik dikunjungi dalam hal wisata alam dan edukasi.

Goa Soromon sendiri berada dekat sari ibukota kecamatan Pendopo. Gua bertipe vertikal dengan keunikan berupa stalagmit dan stalagnit ini tidak terlalu luas dan lebar. Namun, di dalamnya pengunjung dapat menemukan fenomena alam yang unik.
Alamat: Pendopo, Empat Lawang, Sumatera Selatan
Jam Buka: 24 Jam
Tiket: Gratis

Jika dirinci sesuai data yang dipaparkan oleh Pempro Sumsel, ada lebih dari 50 tempat wisata di Empat Lawang. Daftar destinasi terbaik di atas kami pilih berdasarkan rekomendasi, objek terbaik dan atraksi menarik yang disajikan supaya waktu liburan terasa lebih berkualitas.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -