MASIGNASUKA101
7168738000188950837

13 Tempat Wisata di Bangka Selatan Terbaru Recommended Dikunjungi

13 Tempat Wisata di Bangka Selatan Terbaru Recommended Dikunjungi
Add Comments
12/20/2021
Dengan pusat kota Toboali, Bangka Selatan merupakan kabupaten yang terletak di timur laut Selat Gaspar, Indonesia. Karenanya, kebanyakan roda wisata Bangka Selatan digerakkan oleh pantai nan cantik dan pulau menawan, serta objek alam eksotik yang ramai dikunjungi untuk destinasi berlibur.
tempat wisata di bangka selatan

Bagi yang gemar akan dunia traveling, mungkin sudah familier dengan tempat wisata di Bangka Selatan. Bahkan awam sekalipun pasti tahu bahwa kabupaten yang hits lewat julukan "Negeri Junjung Besaoh" ini, memiliki sejumlah area wisata yang terkenal hingga ke mancanegara.

Gugus daerah tujuan wisata (DTW) yang dapat ditemukan di Bangka Selatan menyebar di Kepulauan Pongok, Kec. Payung dan Air Gegas. Sementara itu destinasi budaya yang khas bisa dikunjungi sewaktu plesiran ke Toboalo serta daerah Simpang Rimba.

Kali ini, Travelingmedan merangkum sederet referensi tempat wisata di Bangka Selatan yang rekomended untuk disambangi. Berikut adalah rincian daftar objek wisata terbaru sekaligus paling populer disertai dengan info lokasi, jam buka dan harga tiket masuk.

1. Pantai Tanjung Kerasak

wisata bangka selatan
image via: instagram/yogawl
Jajaran wisata pantai di Bangka Selatan tak terhitung jumlahnya. Bahkan hanya dengan melangkah beberapa meter dari Toboali saja, tempat untuk menikmati keindahan laut yang mempesona sudah di depan mata. Namun, Pantai Tanjung Kerasak merupakan rekomendasi pertama sebelum kamu mengeksplor spot bahari lainnya.

Bukan hanya sajikan panorama laut biru yang ekostik, sepanjang garis pantai ini juga terisi penuh oleh pepohonan rimbun yang hijau sekaligus menyejukkan mata. Belum lagi pemandangan dari gugusan pulau di seberang laut yang seolah menyambut kedatangan para pengunjung.

Tak heran jika Pantai Tanjung Kerasak ini menjadi ikon sekaligus destinasi utama di Kabupaten Bangka Selatan. Selain jarak tempuhnya cukup dekat dan terjangkau dari Toboali, kondisi jalan ke lokasi ini pun sudah sangat memadai bagi setiap tipe kendaraan.
Lokasi: Desa Pasir Putih, Kec. Toboali, Kab. Bangka Selatan. (Peta)
Jam Buka: 08.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp5.000

2. Benteng Toboali

tempat wisata di bangka selatan
image via: instagram/lilirpotrait
Benteng Toboali adalah reruntuhan dari bangunan pertahanan Belanda di masa penjajahan yang kini dialihfungsikan sebagai destinasi sejarah. Bangunan bernilai historis yang berada di seputaran Tanjung Ketapang ini mempunyai arsitektur Eropa kuno.

Walaupun termasuk objek wisata sejarah, tetapi benteng yang didirikan sekitar tahun 1825 ini sudah ditumbuhi rumput liar dan beringin (ara) sehingga sangat memerlukan perhatian khusus. Sebab hampir seluruhnya sudah tidak lagi terawat.

Kebanyakan pengunjung yang mendatangi benteng ini adalah wisatawan penikmat sejarah. Padahal, di tempat ini juga tersimpan keelokan alam berupa pesona matahari tenggelam dan aerial view kota Toboali dari ketinggian yang luar biasa indah.
Lokasi: Desa Tanjung Ketapang, Kec. Toboali, Bangka Selatan
Jam Buka: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

3. Pantai Lampu

wisata bangka selatan
image via: gmaps/ angga prasetya
Setiap daerah di Indonesia seakan tak henti menghadirkan wisata terbaru, Bangka Selatan menyediakan destinasi pilihan yang juga wajib dikunjungi. Satu diantaranya adalah Pantai Lampu yang bisa menjadi opsi liburan bagi wisatawan yang baru menginjakkan kaki di Bangka Belitung.

Sesuai namanya, asal-usul Pantai Lampu sendiri berawal dari keberadaan lampu mercusuar yang pada masa itu sengaja dibangun untuk mengawasi areal pantai. Pencarian wisatawan terdapat destinasi baru membuat lokasinya yang dahulu tersembunyi kini semakin terbuka.

Rute ke objek wisata ini memang memakan waktu kurang lebih 90 menit perjalanan. Jalur transportasi yang digunakan pun tidak hanya kendaraan darat tetapi juga kapal penyeberangan karena harus mengarungi laut lewat pelabuhan Sadai di Kecamatan Kepulauan Lepar Pongok.
Alamat: Desa Tanjung Labu, Kec. Kep. Lepar Pongok, Bangka Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 07.30 - 18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp5.000

4. Wisata Alam Batu Belimbing

wisata bangka selatan
image via: gmaps/arief julianda
Tujuan Wisata Bangka Belitung ini terletak di Tanjung Ketapang, Bang Toboali. Dengan jarak cukup ringkas sekitar 12 menit atau 4,5 kilometer jika mengambil perjalanan dari kota Toboali. Berdasarkan pertimbangan itu pula, tempat wisata ini menjadi tujuan berlibur paling direkomendasikan.

Wisatawan yang berlibur ke destinasi yang menarik ini akan dibuat takjub oleh keindahan bebatuan yang menyerupai batu belimbing. Perlu dicatat bahwa fenomena seperti ini hanya ada 4 di dunia dan dua diantaranya terdapat di Bangka Selatan.

Batu raksasa yang terbentuk secara alami ini sering kali dipilih pelancong sebagai destinasi utama. Lagi pula, belum ada biaya atau tiket masuk sehingga para pengunjung dapat bebas mengambil foto dan menghabiskan waktu tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.
Alamat: Desa Tanjung Ketapang, Bang Toboali, Kab. Bangka selatan (Peta Lokasi)
Jam Operasional: 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

5. Pantai Batu Kapur

tempat wisata di bangka selatan
image via: gmaps/tjan sanak huma
Libur keluarga memang cocoknya ke tempat wisata yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Ditambah lagi jika objek yang akan dituju sudah dilengkapi fasilitas mumpuni. Dengan begitu, para orangtua bisa mengajak si kecil rekreasi atau piknik tanpa harus diliputi rasa was-was.


Nah, Pantai Batu Kapur ini adalah tujuan rekreasi keluarga paling ideal. Di sini tersedia fasilitas seperti gazebo, toilet, area pemandian, bilik bilas dan tempat beribadah. Ada pula area kuliner yang menjajakan beragam hidangan laut. Eits, di sini juga terdapat pusat oleh-oleh lho! Jadi bisa sekalian beli souvenir khas Bangka Belitung.
Alamat: Desa Tanjung Ketapang, Kec. Toboali, Kab. Bangka Selatan.
Tiket: Rp5.000
Jam Buka: 07.30 - 18.30

6. Pantai Nek Aji

wisata bangka selatan
image via: gmaps/ langit warna
Rekomendasi objek wisata air yang ada di Bangka Selatan bisa ditemukan di Pantai Nek Aji. Sebelum berganti nama, tempat ini dahulunya lebih sering dipanggil Pantai Bhayangkara. Sebab lokasinya memang tepat berada di kawasan Kantor Polisi Sektor Toboali.

Pantai ini memang sangat bersih dan asri. Tetapi daya tariknya bukan itu saja. Pekerja industri kreatif dan pemerintah daerah sering mengadakan event budaya maupun musik di sana. Melalui event tersebut, pengunjung bukan hanya bisa menikmati alam tapi juga menonton hiburan yang sedang berlangsung.

Dekat dari kota Toboali menjadi alasan utama kenapa lokawisata air ini sangat difavoritkan warga lokal. Bayangkan saja, pengunjung cukup berkendara 7 menit untuk sampai di sana. Akses yang sangat terjangkau dan harga tiket masuk yang murah sepertinya sudah cukup membuat pantai ini wajib masuk itinerary.
Alamat: Desa Tanjung Ketapang, Kota Toboali, Bangka Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 08.00 - 20.00 WIB
Tiket Masuk: Rp5.000

7. Bukit Nenek

tempat wisata di bangka selatan
image via: ig/bangka_update666
Selain pantai, Bangka Selatan adalah surga destinasi wisata alam. Apabila ingin melihat kenampakan alam, hutan-hutan hijau dan puncak perbukitan, maka luangkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Bukit Nenek.

Secara topografi, Bukit Nenek adalah wilayah di Taman Wisata Alam Permisan yang berada di Simpang Rimba dengan ketinggian 382 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Bangka Selatan ini menjadi rekomendasi terbaik bagi wisatawan yang hobi mendaki dan berpetualang ke tengah alam.

Bukit di Simpang Rima ini memiliki sebuah batu berukuran raksasa di bagian puncak yang dikelilingi pepohonan hijau. Untuk mencapai titik tertinggi dari puncak bukit, harus melewati jalur pendakian yang dapat dicapai dengan estimasi waktu kurang lebih 1/2 jam. 
Alamat: Desa Gudang, Kec. Simpang Rimba, Kab. Bangka Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

8. Bukit Gebang

wisata bangka selatan
image credit: instagram/r_.a.p
Trend destinasi kekinian yang mengandalkan spot-spot foto instagramable juga merambah wisata Bangka Selatan. Destinasi alam terbuka yang populer dengan nama Bukit Gebang ini merupakan tempat rekreasi yang asyik untuk berburu gambar unik.

Spot foto di tempat wisata ini tidak hanya satu saja melainkan lebih dari sepuluh. Properti foto yang instagenik seperti jembatan gantung, taman bunga mini, rumah pohon hingga properti kayu yang dibentuk menyerupai tulisan "I Love You" sangat aestetik untuk dijadikan latar gambar.

Agar dapat menikmati seluruh area di destinasi kekinian ini maka pengunjung harus pula menyiapkan tiket masuk seharga Rp5.000. Khusus bagi yang tak mau capek berjalan kaki, sediakan juga biaya naik ojek ke puncak bukit sebesar Rp10.000.
Alamat: Desa Nangka, Kec. Air Gegas, Kab. Bangka Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp5.000

9. Air Panas Nyelanding

tempat wisata di bangka selatan
image credit: instagram/airpanas_nyelanding
Rileksasi tak harus menggunakan jasa pekerja spa atau menginap di hotel berbintang bertarif mahal. Berendam di kolam air panas dengan kandungan kapur belerang yang bermanfaat bagi tubuh pun cukup recommended, coba deh ke Air Panas Nyelanding ini.


Wisata air panas kater Desa Nyelanding ini sudah disulap menjadi lebih modern. Terdapat sejumlah kolam yang dapat digunakan para pengunjung untuk berendam. Keunikan air panas ini ada pada debitnya yang relatif tetap baik pada musim hujan maupun musim kemarau.
Alamat: Desa Nyelanding, Kec. Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Rp10k

10. Pulau Salma

wisata bangka selatan
image via: @novitaarianti52
Pilihan objek wisata di Bangka Selatan ini sangat pas bagi yang gemar menikmati destinasi bahari yaitu Pulau Salma. Pulau yang tak dihuni ini memiliki garis pantai di sepanjang sisi daratan. Sementara lautnya menyimpan biota laut, ikan warna-warni dan gugusan terumbu karang yang cantik.

Berwisata ke pulau di Bangka Belitung memang menjadi impian banyak orang karena sebagian besar tak berpenghuni sehingga menciptakan sensasi layaknya pulau pribadi. Dengan segala pesona yang ada, pulau seluas 2 hektar ini pantas jadi destinasi pilihan.

Nah, perjalanan laut ke pulau tersebut membutuhkan waktu 5 jam perjalanan yang bisa dicapai dengan kapal motor selama 6 jam melalui pelabuhan Sadai. Di pelabuhan ini ada banyak kapal yang bisa disewa seharian. Kalau punya waktu luang, bisa sekalian hoping island ke Pulau Salah Nama dan Pulau Kelapan.
Lokasi: Pulau Salma, Kecamatan Pulau Pongok, Kab. Bangka Selatan
Tiket Masuk: Rp0
Jam Operasional: 24 Jam

11. Pulau Pongok

image via: instagram/pulaupongok00
Sunset dan sunrise adalah dua momen terbaik untuk melihat keeksotisan matahari. Salah satu spot sunset terbagus di kabupaten ini yang sudah diakui pesonanya ialah Pulau Pongok di sebelah barat kota Toboali. Persisnya di wilayah perbatasan dengan Belitung Timur.

Satu dari sederet gugusan pulau di Basel ini sudah didiami masyarakat lokal sejak puluhan tahun silam. Warga yang menetap di sana bermata pencaharian sebagai nelayan. Sebab itu pula, tidak lagi perlu khawatir ketika berlibur ke tempat wisata di Bangka Selatan tersebut.

Usai melihat sunrise dan berencana juga menyaksikan sunset, berkeliling menikmati suasana pulau sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Bahkan, beberapa warung makan menyajikan aneka makanan khas Bangka Belitung yang mayoritas diolah dari hasil laut.
Alamat: Pulau Pongok., Kecamatan Pulau Pongok, Bangka Selatan.
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

12. Pantai Kelisut

wisata bangka selatan
image via: gmaps/roka randika
Kendati bukan destinasi baru, tetapi Pantai Kelisut masih masuk dalam daftar pantai terindah di Bangka Selatan yang sudah punya nama di kalangan pelancong. Akses jalannya juga mudah, bahkan hanya butuh 6-11 menit saja untuk sampai ke lokasi.

Pada hari libur besar seperti Natal, Tahun Baru maupun Idul Fitri, destinasi wisata ini selalu saja dipadati wisatawan. Terlebih lagi sarana dan prasarananya terlengkapi dengan sempurna. Pantai ini sekaligus jadi tempat nongkrong dan berkumpulnya berbagai komunitas lokal.

Daya tarik yang ditawarkan tak melulu soal pantai dan pasir putih yang terhampar luas. Di sini, pengunjung akan disajikan kawasan hutan mangrove yang luas dan dihuni hewan primata kera. Tak jarang mereka menampakkan diri kepada wisatawan.
Lokasi: Tj. Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan 33783
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Buka: 09.00 - 20.00 WIB

13. Klenteng Dewi Sin Mu

tempat wisata di bangka selatan
image via: gmaps
Mengakhiri perjalanan berlibur dapat ditutup dengan menelusuri wisata religi, siapa sangka kalau ada klenteng yang bikin hati adem di Bangka Selatan. Peninggalan sejarah yang dibangun di tahun 1862, Klenteng Dewi Sin Mu ini dapat dijadikan referensi.

Walaupun sudah berusia cukup tua, akan tetapi struktur bangunan klenteng tetap terjaga. Corak dan desainnya akan membuat kita terbawa suasana ke masa lampau. Karena masih dipakai untuk beribadah, tentu pengunjung diharuskan menjaga etika saat berada di sini.

Bagaimana? sudah bisa tarik kesimpulan bahwa tempat wisata di Bangka Selatan sangat bervariasi, bukan? lihat saja daftar objek wisata yang tertera di atas, semua ada! Nah, tinggal kamu mau yang mana, bisa pilih sebagian atau langsung kunjungi satu per satu. (image cover credit: tic_basel/fannylayb)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -