MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Sago - Lokasi, Tiket Masuk & Aktivitas

Pantai Sago - Lokasi, Tiket Masuk & Aktivitas
Add Comments
1/21/2022
Pantai Sago - Alamat: Sago Salido, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, 25652 (Peta Lokasi) - Tiket Masuk: Rp5.000 - Jam Operasional: 08.00 - 20.00 WIB - Telepon: - Atraksi: Bahari, Spot Foto, Kuliner dan Alam
Berpagar cantik oleh laut kebiruan dengan suasana alami, Pantai Sago merupakan tempat wisata di desa Sago Salido, Pesisir Selatan dengan beragam daya tarik. Pantai yang dikelilingi pohon cemara laut ini menawarkan panorama bahari dan bermacam instalasi swa-foto.

Pantai yang terletak di Desa Sago Salido ini memang memiliki keindahan luar biasa. Karenanya, ketika lagi berada di Painan harus singgah sebentar kesini. Apalagi untuk berkunjung, wisatawan nantinya hanya akan menempuh perjalanan sekitar 7,8 km saja.

Tak butuh perjuangan berat untuk sampai di Pantai Sago. Begitu juga jalur jalan menuju tempat ini yang notabene melewati jalan lintas Sumatera Barat, kondisinya tidaklah jadi kendala bagi wisatawan. Itu juga yang sebenarnya membuat keramaian pantai tak kalah dengan Pantai Carocok.

Lokasi / Alamat Pantai Sago

Pantai Sago berada persis di wilayah Sumatera Barat, tepatnya di Desa Sago Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Prov. Sumatera Barat, Indonesia, 25652. Kemudian untuk rute dan waktu tempuh lebil detil lihat peta berikut.


Berkendara ke pantai satu ini cukup menyenangkan karena di sepanjang jalan menuju arah selatan, wisatawan akan dipertemukan dengan pantai-pantai lain yang tak kalah indah. Perjalanan pastinya akan sangat menyenangkan mengingat infrastruktur ke sana sudah sangat memadai.


Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang akan mengunjungi tempat bernama Pantai Sago sudah pasti harus mengeluarkan biaya retribusi. Tetapi tenang saja, biayanya cukup minim dikarenakan pengelola belum menetapkan harga tiket masuk (HTM) reguler bagi setiap pengunjung.
Harga Tiket Masuk Pantai Sago
Tiket MasukRp0
Biaya Parkir Roda DuaRp2.000
Biaya Parkir Roda EmpatRp5.000
Selebihnya, pengunjung mungkin perlu menyiapkan anggaran lain jika berencana menikmati kuliner laut di tempat ini. Tidak sama seperti kulineran di destinasi wisata lainnya, harga makanan dan minuman di sini relatif terjangkau sehingga wisatawan tak harus menahan lapar saat berlibur.

Aktivitas Wisata di Pantai Sago

Pantai Sago menempati kawasan pesisir seluas 23 hektar yang membujur dari arah barat hingga selatan. Sedari dulu, daerah ini memang menjadi pilihan utama pelancong dan warga Padang untuk menghabiskan musim liburan pendek.

Pantai berpagar pohon cemara laut ini sudah ditata lebih modern. Terlihat dari sederet fasilitas wisata yang sengaja dihadirkan agar pengunjung lebih nyaman. Dengan area wisata yang cukup luas ditambah amenitas yang tersedia, wajar jika wisatawan bisa melakukan bermacam aktivitas menyenangkan di sini.

1. Berenang dan Bermain Ombak

pantai sago
pengunjung terlihat asik berenang - image via: gmaps/romi saputra
Salah satu kelebihan pantai ini adalah perairannya yang landai. Serta ditambah lagi dengan kedalaman laut yang cukup dangkal. Dengan begitu, tidak hanya pengunjung dewasa saja yang bisa bebas berenang, pun anak-anak akan sangat leluasa bermain air.

Berenang di pantai ini memang menjadi kegiatan yang paling bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Karena selain ombak airnya yang cenderung kecil, suasana lautnya juga selalu aman. Apalagi terdapat pertanda berupa ban yang dibuat pengelola ketika air laut akan naik.

Menceburkan diri ke dalam sapuan air laut di pesisir pantai ini seakan memberi pengalaman tak terlupakan. Bahkan tak sedikit pula pengunjung yang tampak berlarian mengejar ombak ke bagian tengah. Gelak tawa mereka pecah ketika berhasil mencapai gulungan ombak yang hanya setinggi 20-30 cm itu.

2. Bersantai di Antara Pohon Cemara Laut

pantai sago
baris pohon cemara di pinggiran pantai berpasir putih - image via: wanchen rafa
Beberapa gugusan pantai di wilayah ini memang khas dengan keberadaan Pohon Cemara Laut. Begitu pula saat pengunjung tiba di Pantai Sago, kawasan wisata ini juga ditumbuhi oleh Casuarina equisetifolia berdaun runcing yang ikut memperindah pemandangan.

Meskipun matahari sedang terik-teriknya, pohon Cemara Laut tersebut senantiasa mampu menaungi sebagian area bibir pantai. Sehingga wisatawan yang datang bersama keluarga bisa bersantai sekaligus bercengkrama di atas hamparan pasir putih tanpa perlu khawatir akan panasnya sinar matahari.

Menggelar tikar atau duduk langsung di atas pasir putih tentu menyenangkan. Terutama jika membawa bekal makanan atau minuman dari rumah, di sini menjadi tempat paling pas untuk membawa bekal tersebut. Tentunya sangat nikmat mencicipi makanan sembari menengok pemandangan laut yang tersaji.

3. Bermain dan Berfoto

pantai sago
sarana swafoto dan taman kecil - image via: tomi pratama
Pantai sago memiliki bermacam-macam permainan darat yang sengaja dibangun agar pengunjung terus betah selama di sini. Meski permainan tersebut lebih banyak dibangun untuk anak-anak, tetapi beberapa diantaranya juga dapat dimainkan wisatawan dewasa.

Permainan darat seperti perosotan kayu, jembatan mini hingga ayunan di areal pantai ini pasti bisa menambah keseruan pengunjung saat berwisata. Sehingga wisatawan tidak hanya diam dan berpangku tangan semata. Tetapi bisa menambah keakraban dengan si kecil.

Tetapi jangan lupa menyisakan waktu agar bisa mengambil foto liburan, karena sejumlah instalasi foto yang menyenangkan dan instagramable bagi para penikmat selfie sudah menanti. Jika ingin suasana lebih natural, ada taman kecil yang dipenuhi aneka bunga untuk berfoto.

Jam Buka

Menurut info yang diambil dari akun resmi pengelola, saat ini jam buka Pantai Sago mengikuti aturan pemerintah daerah. Namun secara garis besar, pantai dibuka mulai pagi sampai sore hari. Selain itu, pengunjung pun bisa berkemah pada malam hari setelah mendapatkan izin dari pengelola.
Jam Buka/Tutup
Buka/Tutup08.00 WIB - 20.00 WIB
Jam operasional di atas tidak hanya berlaku pada hari biasa saja, pun saat libur nasional seperti idul fitri, natal, tahun baru atau momen libur bersama lainnya, jam buka tersebut sama sekali tidak akan berubah.


Fasilitas

Sebagai salah satu unggulan wisata di Pesisir Selatan, Pantai Sago menyediakan fasilitas lengkap dan nyaman. Terlihat dari adanya sarana utama dan sarana tambahan yang mampu menunjang kenyamanan pengunjung di saat berlibur di tempat ini, seperti:

- Toilet/bilik bilas
- Tempat parkir
- Warung makan/kuliner
- Taman mini
- Spot swafoto

Bagaimana, lengkap sekali bukan? Selain keindahan laut yang eksotik, pasir putih berkilau hingga pantai landai yang cocok jadi tujuan libur keluarga. tak ada ruginya berlibur ke pantai satu ini ketika cuti ataupun liburan mendatang. 
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -