MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Air Terjun Ciupang - Rute Lokasi, Tiket Masuk & Pesona

Air Terjun Ciupang - Rute Lokasi, Tiket Masuk & Pesona
Add Comments
3/18/2022
Air Terjun Ciupang - Alamat: Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Lampung, 35455 (Peta)  | Jam Buka: 24 Jam | HTM: Rp5.000 | Atraksi Wisata: Alam, Pemandian, Spot Foto
Air Terjun Ciupang adalah tujuan wisata alam terkenal di Lampung karena panorama dan suasananya yang memukau. Tempat ini bisa diakses dalam kurun waktu sekitar 56 menit atau dengan menempuh jarak 26 km dari pusat kota Pesawaran.

Terletak di Kabupaten Pesawaran, Air Terjun Ciupang berlokasi di Dusun Purwajaya, Desa Sumber Jaya, Kec. Way Ratai, Provinsi Lampung. Untuk perjalanan kesana pengunjung dapat memilih 2 jalur. Selain lewat jalan Gedongtatan - Kedondong, bisa juga melalui rute Lempasing - Padang Cermin.

Kendati namanya sudah cukup terkenal, air terjun ini belakangan semakin sering dikunjungi wisatawan. Bukan hanya menawarkan keasrian alam yang indah dan eksotik, pun tempatnya sangat Instagramable sehingga cocok untuk hunting foto kekinian.
air terjun ciupang

Harga Tiket Masuk

Tak perlu khawatir soal tiket masuk, pasalnya pengunjung sudah bisa bebas menikmati Air Terjun Ciupang usai membayar biaya retribusi yang nominal harganya sangat murah, yaitu mulai dari Rp10K per wisatawan. Berikut rincian tarif yang berlaku.
Harga Tiket Masuk (HTM)
Tiket ParkirRp2.000
Tiket MasukRp10.000
Meski wisatawan wajib menyiapkan dana tambahan untuk biaya parkir kendaraan, tetapi tentu saja harga yang ditetapkan oleh pengelola tersebut masih terjangkau. Dan sama sekali tidak membuat para pengunjung harus merogoh kocek terlalu dalam.


Pesona Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyegarkan diri di tengah alam. Jauh dari polusi udara, lingkungan serba asri, suasana pedesaan, iklim yang sangat sejuk hingga tampilan pemandangan yang begitu memukau mata.

Air terjun yang terletak di ketinggian 1.423 meter di atas permukaan laut ini memancarkan pesona yang mahal. Dengan eksotika alamnya yang nyaris tiada banding, banyak hal bisa wisatawan lakukan di sini untuk menyelami keindahan yang tersaji.

1. Air Terjun yang Tak Terlalu Tinggi

air terjun ciupang
image via: instagram/rifkiabii_
Dibandingkan air terjun lainnya yang dapat ditemukan di seputaran Lampung, nama Air Terjun Ciupang Padang Cermin memang tidak masuk ke dalam daftar curup tertinggi di seantero provinsi tersebut. Ya, ketinggiannya hanya 20 meter saja.

Uniknya, air terjun ini terdiri dari dua tingkat, di bagian pertama kita bisa melihat undakan setinggi 15 meter yang dilalui oleh anak air sungai dengan debit cukup deras. Sedangkan pada tingkat kedua, terdapat undakan kurang lebih 5 meter. 

Sayangnya, tidak semua orang bisa menyaksikan tingkat kedua dari air terjun ini. Bagaimana tidak? Selain tebingnya cukup terjal dan curam, wisatawan lagi-lagi harus merangkak dan memanjat di antara bebatuan yang licin agar bisa naik ke atas.

2. Bermain Air dan Berenang

air terjun ciupang
image via: instagram/eki_alfinn
Volume air baik saat musim hujan maupun kemarau tetap stabil dan terus mengalir mengisi celah bebatuan. Itulah mengapa wisata di Air Terjun Ciupang selalu identik dengan aktivitas air. Sebut saja berenang dan bermain air yang tak boleh pengunjung lewatkan keseruannya.

Lebih banyak pengunjung langsung basah-basahan di bawah aliran air terjun. Sensasinya seperti sedang mandi di bawah kucuran shower. Bedanya, di sini wisatawan akan diguyur air asli dari pegunungan yang notabene tidak terkontaminasi kaporit dan sejenisnya.

Jika mulai lelah berdiri, terdapat batu-batu besar dan kecil yang bisa digunakan untuk tempat duduk. Sembari merendam kaki, pengunjung sekalian bisa menyesap udara segar yang berhembus dari vegetasi pepohonan yang mengelilingi sekitar air terjun.

3. Mengabadikan Liburan dengan Berfoto

air terjun ciupang
image via: instagram/okyy_setia
Tempat wisata di Pesawaran ini pun bisa dijadikan spot yang keren untuk berfoto. Tinggal pilih background dan sudut pengambilan foto terbaik, hasil jepretan kamera DSLR maupun handphone dijamin memukau tanpa perlu di-edit lagi. Tinggal post ke Instagram atau Facebook, deh!

Tapi jangan lewatkan spot foto favorit wisatawan di air terjun ini yakni sebuah rumah pohon yang terlihat artistik. Dari rumah yang dibangun diantara dahan pepohonan tersebut, pemandangan hijau yang berpadu dengan indahnya air terjun sangat sayang kalau tak dipotret.

Walaupun tidak menyediakan banyak spot foto kekinian, tetapi tempatnya benar-benar cocok bagi wisatawan yang hobi bereksplorasi. Bahkan, jika ingin mendapatkan gambar pre-wedding outdoor yang masih alami, disinilah tempatnya!


Jam Buka dan Fasilitas

Untuk jam operasional Air Terjun Ciupang sendiri dibuka selama 24 jam penuh. Terserah pengunjung mau datang kapan saja, karena pada dasarnya akses ke wisata alam ini tidak dibatasi untuk hari-hari tertentu saja.
Jam Buka
Buka - Tutup07.00 - 09.00 WIB
Lantaran masuk kategori wisata air, pengunjung tentu saja harus memperhatikan musim atau cuaca yang sedang berlangsung. Sangat disarankan untuk pergi ke sana pada musim kemarau. Sebaiknya tunda waktu kunjungan ketika musim penghujan.

Fasilitas di tempat ini masih seadanya, belum ada bangunan permanen seperti kamar mandi dan bilik bilas. Pengunjung pun harus sembunyi-sembunyi kalau mau berganti pakaian setelah bermain air. Untuk makan dan minum, biasanya pengunjung membeli dari pemukiman warga.

Lokasi dan Alamat Air Terjun Ciupang

Lokasi Air Terjun Ciupang berada di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Indonesia. Agar lebih mudah menjangkau tempat tersebut, rute ke sana dapat juga dilihat dari peta berikut.


Air terjun ini memang tak sulit untuk dijangkau, karena aksesibilitas baik dari, maupun menuju tempatnya sudah sangat layak dilalui oleh kendaraan. Setelah sampai di area desa, perlu berjalan kaki kurang lebih 6 menit agar tiba di tujuan. (image cover credit:instagram/wahyuhandisaputra)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -