MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Malabero - Akses Lokasi, Tiket Masuk dan Daya Tarik

Pantai Malabero - Akses Lokasi, Tiket Masuk dan Daya Tarik
Add Comments
5/14/2022
Pantai Malabero - Lokasi: Jalan Arraw, Malabero, Kota Bengkulu 38115 (Map) - Harga Tiket Masuk: RP5.000 - Jam Operasional: 08.00 s/d 20.00 WIB - Atraksi/Pesona: Wisata Laut dan Kuliner.
Pantai Malabero merupakan destinasi wisata yang terus menarik atensi masyarakat umum dan wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini. Bahkan, namanya digunakan sebagai salah satu judul lagu dari daerah Bengkulu yang membuat pantai ini semakin populer dan banyak dikenali.

pantai malabero
Pesona pantai ini tidak hanya karena memiliki pasir putih yang begitu indah, siapa sangka jika ternyata tempat ini adalah lokasi pertemuan antara bapak pendiri bangsa, bung Karno dan Fatmawati. Di sini pula terdapat pasar tradisional yang khusus menjual ikan segar hasil tangkapan nelayan dari laut. Tak heran jika nama pantai Malabero dipakai juga sebagai judul lagu daerah Bengkulu.

Hal itu sekaligus membuat pantai ini kerap menjadi pilihan wisatawan dan masyarakat untuk berbagai aktivitas. Seperti liburan singkat, belanja ikan hingga bermain air di tepian lautnya yang tenang lagi syahdu. Pada waktu tertentu, terutama saat libur akhir pekan atau hari-hari besar lainnya, tempat ini selalu diramaikan pengunjung.

Tiket Masuk Pantai Malabero

Pengunjung yang memasuki seluruh kawasan wisata di pantai ini harus membayar biaya tiket masuk. Harga tiket yang ditetapkan pengelola pantai tidak terlalu mahal. Bahkan wisatawan cukup menyiapkan bajet sebesar Rp5.000 untuk satu orang dan sudah bisa menikmati seluruh pesona kawasan pantai.
Harga Tiket Masuk
Tiket UmumRp5.000
Sebagai kawasan wisata yang juga menyediakan spot kuliner, pengunjung juga perlu merogoh kocek tambahan jika ingin mencoba berbagai jenis masakan dan minuman di tempat ini. Tetapi harganya sendiri cukup bersahabat bagi setiap kalangan wisatawan.

Ragam Pesona dan Aktivitas Wisata di Pantai Malabero

Sepanjang perjalanan pengunjung menuju lokasi Pantai Malabero, pengunjung akan disajikan pemandangan pohon kelapa di sebelah kanan dan kiri jalan. Udara yang berhembus dari lautan ke area darat terasa begitu segar. Mata tak henti dimanjakan oleh pesona alam yang nyaris tiada cela.

Rata-rata pengunjung yang mengisi liburan ke kawasan tepi laut ini didominasi oleh wisatawan keluarga. Meski begitu, ada juga sejumah kawula muda yang tampak menyerbu tempat ini bersama rekan mereka. Pada dasarnya, pantai ini sangat cocok bagi wistawan lintas usia.

Kendati menikmati pantai adalah aktvitas utama pengunjung, masih ada keseruan lain yang patut dipertimbangkan ketika hendak melakukan kegiatan tambahan. Sebut saja berendam di tepi pantai, berenang di antara birunya laut, maupun mencoba sederet permainan air untuk mengusir rasa bosan.

1. Menikmati Panorama Laut nan Indah

pantai malabero bengkulu
suasana sunset di pantai - image: kedaibucinbkl
Posisi Pantai Malabero sendiri sangat menguntungkan karena berada dekat dari wilayah kota Bengkulu. Sehingga bagi masyarakat yang ingin menyaksikan keelokan dan nuansa laut, dapat segera beranjak ke pantai ini tanpa harus menghabiskan waktu perjalanan yang panjang.

Dengan garis pantai sepanjang 5 kilometer yang mempertemkan garis laut dan daratan, pantai ini tentu saja memiliki hamparan pasir putih yang terbilang luas. Menikmati syahdunya alam dan hembusan udara sembari duduk di pinggir pantai ini tentunya sangat mengasyikkan.

Belum lagi deretan pepohonan hijau yang tumbuh begitu subur di sekitar area pantai, keberadaan tumbuhan hijau tersebut tak pelak membuat suasana sekitar bertambah damai. Panorama alam, laut dan lingkungan yang asri tersebut pasti membuat pengunjung tidak bosan memandangi setiap pesona yang ada di depan mata.

2. Bermain Air dan Menyaksikan Terumbu Karang

pantai malabero
image: instagram/khofah
Dilansir dari Bengkulutoday, Pantai Malabero sendiri memiliki keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain. Yaitu area daratannya yang bertambah luas sepanjang 200 meter. Daratan yang menjorok ke laut tersebut terjadi karena fenomena pasang-surut yang berulang kali terjadi.

Daratan yang semula merupakan kawasan laut itu menyisakan pemandangan terumbu karang yang elok dan berwarna-warni. Pada umumnya momen tersebut bisa pengunjung lihat ketika hari mulai beranjak sore. Wisatawan pun bisa berjalan-jalan menikmati keunikannya sambil bermain air laut.

Hamparan terumbu karang yang menyembul dari permukaan air laut semakin elok ketika matahari mulai terbenam. Bias cahaya matahari yang memancarkan sinar berwarna-warni kian memukau ketika sinar tersebut dipantulkan sempurna oleh air laut. Momen ini benar-benar tak boleh dilewatkan.

3. Memancing dan Belanja Ikan

pantai malabero bengkulu
warung yang menjual ikan di area pantai - image: livingdadream
Air laut di wilayah pantai ini menyimpan beragam kekayaan laut yang hasilnya cukup melimpah. Oleh penduduk Bengkulu yang tinggal di sekitar kawasan sekaligus berprofesi sebagai nelayan, hasil laut tersebut dijadikan sebagai sumber mata pencaharian pokok.

Tempat wisata yang populer lewat lirik lagu Pantai Malabero ini menjadi spot yang terkenal bagi pemancing. Agar mendapatkan hasil pancingan yang banyak, pengunjung biasanya menyewa perahu nelayan untuk dibawa ke tengah laut. Tetapi, wisatawan juga dapat memancing di sepanjang pinggiran pantai.

Jika terburu-buru dan merasa tidak punya cukup waktu, di sini ada spot khusus untuk jual-beli ikan. Selain karena harganya yang murah, ikan hasil tangkapan para nelayan juga dijamin segar. Sehingga cocok dibawa ke rumah sebagai oleh-oleh. Tetapi pengunjung pun bisa mencicipi ikan segar di warung-warung makanan yang berjajar di area pantai.

Fasilitas

Area pantai ini memang belum memiliki fasilitas yang memadai, tetapi sudah tersedia berbagai sarana un tuk memenuhi semua kebutuhan standard, seperti toilet sekaligus ruang ganti, penyewaan perahu, spot kuliner, mushola dan pasar ikan.


Lokasi

Pantai Malabero beralamat di Jl. Arrwa, Kecamatan Malabero, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. 38115. Atau, bisa menggunakan peta sesuai petunjuk map yang tertera di bawah ini.


Pantai yang buka selama 24 jam ini tidak sulit ditemukan, bahkan akses dari pusat kota Bengkulu hanya akan memakan waktu selama 5 menit dengan jarak tempuh 2,2 km melalui Jl. Ahmad Yani dan Jl. Pariwisata. Nah, tertarik liburan kemari? Jangan lupa ajak teman dan keluarga ya. (image cover credit: instagram/muhammadfikriiakbar)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -