MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Lais - Akses Lokasi, Tiket Masuk dan Ragam Pesona

Pantai Lais - Akses Lokasi, Tiket Masuk dan Ragam Pesona
Add Comments
10/31/2021
Pantai Lais - Lokasi: Desa Lais, Kec. Padang Jaya, Kab. Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Indonesia (Map) - Harga Tiket: Rp5.000 - Jam Byuka/Tutup: 08.00 s/d 08.00 - Atraksi Wisata: Alam dan Bahari 
Terpaut jarak sekitar 19 kilometer atau 28 menit dari pusat kota Bengkulu Utara, Pantai Lais adalah kawasan pesisir yang membentang dengan garis pantai cukup panjang di jalur jalan lintas Sumatera. Selain memiliki sumber daya alam berupa biota laut, pantai ini juga layak diproyeksikan sebagai tujuan rekreasi bahari.

Pantai yang terletak di Desa Lais ini menjadi salah satu wilayah terpadu yang identik dengan wisata bahari. Namun, kawasan tersebut juga dikembangkan ke berbagai sektor, mencakup perkebunan sawit, sarana transportasi antar provinsi Bengkulu - Sumatera Barat dan peternakan tradisional.

Atraksi alam dan beragam pesona bahari dari Pantai Lais, memang bisa membuat wisatawan terpukau. Bukan hanya menghadirkan keindahan laut dan pemandangan pulau kecil di seberang pantai saja. Pun pengunjung dapat menyinggahi Bendungan Air yang sudah ada sejak tahun 1982.

Harga Tiket Masuk

Para pengunjung baik lokal maupun domestik yang ingin menikmati wisata Pantai Lais tak akan dipusingkan dengan biaya, harga tiket masuk ke kawasan pesisir ini tidak bikin kantong jebol. Sehingga pengunjung dapat menikmatinya dengan biaya terjangkau.
Harga Tiket Masuk Pantai Lais
Tiket UmumRp5.000
Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan wisatawan, sebab sudah bisa berlibur tanpa harus membeli tiket mahal-mahal. Biaya yang perlu dipersiapkan juga meliputi biaya transportasi dan konsumsi. Tetapi tak ada salahnya menyiapkan biaya tak terduga saat akan berkunjung kemari.

Jam Buka

Lantaran termasuk kawasan terbuka, maka jam buka Pantai Lais tidak dibatasi. Atau dengan kata lain dapat dikunjungi dalam kurun waktu 24 jam mulai hari senin hingga minggu.
Jam Operasional
Jam buka/Tutup24 Jam
Walaupun tidak ada aturan mengenai jam buka, tentunya ada waktu terbaik untuk berwisata ke kawasan pesisir ini. Berdasarkan pengalaman pengunjung, sebaiknya datang pas pagi hari dan sore hari, menjelang matahari terbit dan terbenam.


Pesona dan Aktivitas Wisata di Pantai Lais

Secara asministratif, Desa Lais merupakan desa di kecamatan Padang Jaya, Bengkulu yang sudah cukup familiar bagi sebagian orang. Masyarakat yang bermukim di desa ini rata-rata menggantungkan mata pencaharian dengan cara melaut atau berprofesi sebagai nelayan.

Oleh kekayaan serta keindahan lautnya, pesisir pantai ini memang bisa dimaksimalkan untuk tujuan rekreasi alam dan bahari. Beberapa area memang sudah dikelola oleh warga, satu diantaranya adalah Pantai Tapak Batu Lais. Tapi tak bisa ditampik kalau masih banyak lahan kosong yang layak dikembangkan.

Menguraikan Pantai Lais menurut pesona berikut aktivitas yang biasa pengunjung lakukan di sana tentunya jadi hal yang sangat menarik. Meski keindahannya bertumpu pada sisi bahari dan alam, tetapi berlibur ke sini akan sangat berkesan karena terdapat bermacam aktivitas untuk mengisi waktu liburan.

1. Menikmati Pesona Pantai

pantai lais
pantai denan pulau di seberang laut - image via: instagram/ian.s82
Berita terkait Pantai Tapak Batu Lais dan Pantai Palik Lais mulai mewarnai sejumlah media beberapa waktu terakhir. Bahkan pejabat setempat sudah pula ramai mengunjunginya. Dan tentu saja, hal tersebut tidak terlepas dari pesona yang ditawarkan pantai di tepian tebing batu dan tanah ini.

Ini tentu menunjukkan betapa indahnya seluruh pantai yang berada di kawasan pantai lais. Dari atas tebing pantai yang ditumbuhi perdu, gelombang ombak dan sebuah pulau kecil di kejauhan terlihat begitu memesona. Pemandangan itu pasti membuat pengunjung terkesima.

Tak hanya oleh mereka yang pada tujuan awalnya ingin berwisata, pun para pemudik dan warga luar yang sedang melintas sering kali menyinggahi pantai ini. Tak cukup melihat pemandangannya saja, mereka juga turut mengabadikan pesona itu dengan kamera untuk dijadikan kenang-kenangan.

Hal menarik lainnya yang patut dinikmati ialah barisan pohon kelapa yang membentang luas di areal perkebunan kopra. Samudera biru dan perkebunan hijau yang saling berdampingan tersebut menyuguhkan view yang elok.

2. Bermain Ombak dan Berenang

pantai lais
image via: dedeksaputra14/instagram
Kondisi perairan laut yang tenang dan juga jernih, membuat Pantai Lais disukai oleh para wisatawan yang punya rencana bermain air di akhir pekan. Bersama keluarga, pengunjung biasa menghabiskan waktu dari pagi hingga sore di tempat ini.

Alangkah menyenangkannya bisa berlibur seharian di sini. Pantainya yang dangkal pas untuk aktivitas berenang. Apalagi kedalamannya masih dapat dijangkau anak-anak, sehingga berlibur dengan anggota keluarga bukanlah perkara sulit.

Buih ombak laut yang perlahan menepi ke tepian dan membasahi hamparan pasir putih yang membentang semakin menyempurnakan pantai untuk bermain-main. Tak sedikit wisatawan memilih untuk mendirikan istana pasir dan berlarian di sepanjang garis pantainya yang panjang.

3. Berburu Ikan dan Menanti Sunset

pantai lais
image credit: instagram/abisatriawansa
Bila diamati, rata-rata mata angin pantai di provinsi Bengkulu kebanyakan mengarah ke barat. Sehingga momen matahari baik saat terbit maupun terbenam bisa dilihat dari berbagai penjuru. Pun di pantai ini, pengunjung berkesempatan untuk menyaksikan sunset dan sunrise sekaligus.


Seperti sudah disebutkan di awal, Pantai Lais menjadi daerah laut yang kaya akan hasil sumber daya alam. Karena penangkapan ikannya masih bersifat tradisional, maka persentase ikan di perairan laut ini terus bertambah sepanjang tahun. Nah, bagi yang hobi memancing, jangan lewatkan berburu ikan di tempat ini.

Fasilitas Pantai Lais

Pantai Lais juga memiliki berbagai fasilitas yang mampu memenuhi kebutuhan para wisatawan saat berlibur di sini. Dengan begitu, wisatawan tak sungkan-sungkan menghabiskan waktu berlama-lama di tempat ini. Berikut beberapa diantaranya:

- Tempat parkir
- Spot foto
- Warung makan

Bercengkrama diselingi menikmati kawasan ini memang sangat menyenangkan. Jika membutuhkan oleh-oleh, beli saja ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Lokasi Pantai Lais

Pantai Lais beralamat di Desa Lais, Kecamatan Lais dan Kec. Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Atau, silahkan gunakan peta yang telah kami sematkan dalam artikel ini agar perjalanan ke lokasi lebih mudah dicapai.


Jika berangkat dari Arga Makmur, aksesnya dapat melalui Jl. Bengkulu - Muko-Muko, kemudian lanjut ke arah Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Padang Bengkulu. Perjalanan ke sana tak terlalu jauh dan hanya butuh waktu singkat saja.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -