MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Oleh-Oleh Khas Bengkulu Terfavorit dan Recommended

12 Oleh-Oleh Khas Bengkulu Terfavorit dan Recommended
Add Comments
3/13/2021
Apa saja oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib dibeli ketika kamu traveling ke provinsi atau Kota Bengkulu? Temukan daftar rekomendasi pada ulasan di bawah ini.

Kalau bepergian ke mana saja, pasti traveler sering mencari oleh-oleh yang khas. Terutama jika destinasimu adalah Bengkulu. Selain makanan, terdapat banyak minuman yang bisa dipilih untuk dijadikan buah tangan. Tak ketinggalan aneka souvenir, cinderamata dan karya seni yang unik sekaligus menarik!

Agar kamu tidak kebingungan untuk menentukan pilihan terbaik, Travelingmedan.com sudah merangkum beberapa diantaranya untuk dibawa pulang. Kami sertakan juga taksiran harga, toko dan tempat membelinya. Berikut adalah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu.

1. Kue Tat

oleh-oleh khas bengkulu
kue tat menjadi oleh-oleh bengkulu favorit - image via: nakam.co
Pulang dari Bengkulu, kamu nggak boleh lupa membeli oleh-oleh yang satu ini. Merupakan panganan tradisional yang dahulu diperuntukkan bagi sultan, kalangan kelas atas maupun bangsawan yang hidup mewah, panganan ini diberi nama Kue Tat.

Namun sekarang, Kue Tat sudah merakyat dan bisa dibeli dengan mudah di toko roti Bengkulu terdekat. Fakta uniknya, kue bercita rasa manis, bertesktur empuk dan beraroma harum ini selalu dihidangkan pada saat Idul Fitri, lho!

Dengan harga mulai dari Rp30.000 - Rp100.000, Kue Tat yang sudah dibeli dapat bertahan selama 1 sampai 2 minggu. Jika kamu pulang ke tempat asalmu dengan menggunakan pesawat terbang, kue tersebut dijamin tidak akan basi.

2. Lempuk Durian

oleh-oleh khas bengkulu
image via: instagram/dorian_bengkulu
Produksi buah durian yang berasal dari berbagai kabupaten di Bengkulu sangat melimpah ruah. Agar. buah tropis Bengkulu ini kemudian diolah secara kreatif ke dalam aneka makanan seperti kue maupun dodol, salah satu yang cukup diminati adalah Lempuk Durian.

Tanpa campuran tepung, jajanan ini 100 persen terbuat dari durian kupas ditambah sedikit garam dan gula. Setelah dimasak selama 4 jam dan berwarna kecoklatan, kemudian Lempuk Durian dibungkus menggunakan plastik atau daun kelapa.

Oleh-oleh khas Bengkulu yakni Lempuk Durian sudah sangat familiar bagi banyak wisatawan luar daerah. Karena makanan berbentuk dodol ini sudah dikemas secara praktis sehingga gampang dimasukkan ke dalam traveling bag untuk dibawa kemana-mana. 

3. Emping Bengkulu

oleh-oleh khas bengkulu
image via: instagram/kimberlly.quincey
Emping Bengkulu adalah jajanan kering yang awet dan tahan lama. Emping ini berbeda dengan emping pada umumnya. Di mana teksturnya sangat renyah ketika dikunyah. Namun, kita baru bisa mengkonsumsi camilan ini setelah digoreng lebih dahulu.

Sebagai jajanan ringan, camilan ini pasti disukai keluarga, teman maupun sahabatmu. Apalagi untuk mendapatkannya tidaklah begitu susah. Kamu tinggal menyusuri pasar tradisional atau toko oleh-oleh di seputar jalan Soekarno-Hatta, Bengkulu.

4. Manisan Terong Ungu

oleh-oleh khas bengkulu
image via: instagram/bengkuluirahlal
Bagi kamu yang bukan warga Bengkulu, pasti mengernyitkan dahi setelah mengetahui oleh-oleh unik ini. Manisan yang merupakan olahan dari sayur terong ini memang hanya ada di kota Rafflesia. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membelinya!

Manisan berwarna hitam pekat ini sedikit mirip buah kurma, begitu juga dengan rasanya. Ketika dikunyah, teksturnya legit dan terasa sangat manis. Saat kamu mencobanya, pasti akan ketagihan lagi untuk kembali mengunyah Manisan Terong Ungu ini.

Meski termasuk unik dan berbeda, tetapi harganya tidaklah begitu mahal. Kendati demikian, manisan ini bahkan bisa dijadikan oleh-oleh alternatif yang murah dan tidak malu-maluin. Per bungkusnya hanya dibanderol harga mulai dari Rp9.000.

5. Batik Besurek

oleh-oleh khas bengkulu
image via: instagram/dony_batik__bengkulu
Batik Besurek adalah kerajinan tangan khas yang terbuat dari kain yang diberi motif huruf arab. Hits sejak tahun 1988 hingga sekarang, batik ini sudah memiliki beragam motif yang terinspirasi dari berbagai icon atau simbol yang mewakili Bengkulu.

Semula, kain ini hanya dipakai pada upacara adat tertentu. Namun sejak motif pada kain dikembangkan, sekarang penggunaannya lebih meluas dan tak terbatas pada acara seremonial saja. Batik ini juga sudah banyak digunakan untuk bahan kain pakaian jadi.

Kini, tersedia beberapa motif kerajinan tangan Batik Mesurek yang bisa dipakai berbagai kalangan usia, seperti; motif relung paku, motif bunga raflesia, motif arab, motif burung kuau dan motif rembulan. Meskipun harganya lumayan mahal, tapi kamu bakal puas dengan oleh-oleh ini.

6. Kulit Lantung

oleh-oleh khas bengkulu
salah satu kerajinan khas bengkulu - image via: instagram/cavcraft
Kulit Lantung adalah cinderamata khas Bengkulu yang terbuat dari kulit pohon bergetah. Kulit tersebut dipukul-pukul hingga pipih dengan benda keras sebelum dianyam atau dibentuk menjadi tas, ikat pinggang, pigura, gantungan kunci dan dompet.

Konon, Kulit Lantung ini sangat berharga di zaman penjajahan Belanda. Dimana dilansir dari berbagai sumber terpercaya, disebutkan jika dulu masyarakat Bengkulu menggunakan kulit pohon tersebut untuk pengganti pakaian. Karena pada masa itu harga kain sangatlah mahal.

Cindermata ini sangat cantik untuk dijadikan oleh-oleh, tak salah jika turis mancanegara maupun wisatawan domestik berburu kerajinan Kulit Lantung untuk dibawa pulang. Desain dari Kulit Lantung juga dibuat lebih kekinian sehingga menarik untuk diberikan kepada siapa saja.

7. Miniatur Dol

oleh-oleh khas bengkulu
image via: newsikal.com
Dol merupakan alat musik pukul yang cukup terkenal di Indonesia. Oleh tangan-tangan terampil - alat musik ini kemudian dibuat versi miniatur, supaya wisatawan  dan pelancong bisa membawanya pulang sebagai kenang-kenangan dari Bengkulu.

Sesuai dengan namanya, Miniatur Dol mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil ketimbang ukuran sebenarnya. Miniatur ini bisa kamu pajang di rumah untuk menambah koleksi dekorasi rumahmu. Jadi setiap kali kamu melihatnya, kamu akan terkenang akan keunikan Bengkulu.

Adapun harga miniatur ini tergantung ukurannya sendiri. Untuk ukuran kecilnya sekitar Rp15.000 sementara ukuran besar mencapai Rp40.000. Kalau kamu mau beli dalam jumlah banyak, sebaiknya beli miniatur alat musik Dol yang kecil saja.

8. Sirup Jeruk Kalamansi

oleh-oleh khas bengkulu
image via: instagram.com/konokae2020
Sirup Jeruk Kalamansi merupakan minuman khas Bengkulu yang banyak dicari-cari. Minuman segar ini terbuat dari sari buah jeruk yang dikemas dalam botol yang sudah disterilisasi. Oleh-oleh minuman ini dipercaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam Sirup Jeruk Kalamansi bisa melancarkan sirkulasi darah, mencegah gelaja penyakit pernapasan serta menjaga kesehatan kulit. Mengenai harga, minuman tersebut dijual seharga Rp30-ribuan per botol.

Manfaat yang ada di oleh-oleh khas Bengkulu ini jadi alasan mengapa banyak toko bahkan warung kaki lima menyediakan minuman botol tersebut. Bahkan sudah ada beberapa market place yang menjualnya secara online.

9. Perut Punai

oleh-oleh bengkului
image via: instagram.com/ati.harmoni/
Berbahan dasar tepung beras yang dicampur garam halus, gula pasir dan penambah aroma. Perut Punai adalah camilan tradisional yang dibentuk seperti isi perut burung punai, bentuknya dibuat melingkar dan terdiri dari beberapa lilihat besar.

Jajanan yang ada di Bengkulu ini tidaklah mahal, untuk varian rasa manis dan asin dibanderol harga Rp10.000 per bungkus. Dimana tempat membelinya? Kamu bisa mendapatkannya di sederet toko oleh-oleh yang terletak di jalan Soekarno - Hatta, Kota Bengkulu.

10. Kerupuk Gurita

oleh-oleh bengkulu
image via: kuritos.id
Sumber daya laut di kabupaten seantero Bengkulu menjadikan oleh-oleh khas dari provinsi ini cukup variatif, sebut saja Kerupuk Gurita yang krenyes dan renyah. Dijamin, jajanan ini akan membuat kamu tak berhenti mengunyah.

Kerupuk Gurita sudah dipadukan dengan tepung, bau amisnya pun tak terhirup lagi. Kerupuk ini merupakan hasil industri rumahan atau UMKM. Jika kamu pergi ke Pantai Linau, oleh-oleh ini tak boleh dilupakan dan wajib kamu bawa pulang. 

11. Kopi Bengkulu

oleh-oleh bengkului
image via: instagram.com/aat_zm_latief
Kopi yang ditanam di daerah dataran tinggi Kepahiang yaitu Arabika dan Robusta adalah komoditas unggulan yang sering diekspor ke luar negeri. Kopi ini bahkan sudah pernah memenangi kontes Speciality Indonesia yang dewan jurinya datang dari 12 negara seperti dilansir dari Bengkuluinteraktif.com.

Bubuk kopi yang halus, cita rasa yang kuat dan aroma yang sangat wangi ketika sudah diseduh - membuat Kopi Bengkulu jadi oleh-oleh paling recommended.

Oleh-oleh bubuk kopi ini sangat cocok dihadiahkan kepada teman yang termasuk penikmat kopi kelas berat. Perihal harga dihitung berdasarkan takarannya. Ada yang 1/4, 1/2 dan juga takaran kilogram. Kamu bisa membelinya dengan Rp30-ribuan per bungkus.

12. Lepek Binti

oleh-oleh bengkului
image via: masakandapurku.com
Lepek Binti ini juga merupakan camilan khas Bengkulu yang sedang naik daun. Jika kamu suka memberi oleh-oleh tradisional kepada kerabat dekat, kami merekemondikasn kamu untuk membawa kue yang terbuat dari berbagai bahan lokal ini.

Sama seperti lepat, komposisi utama Kue Lepek Binti terdiri atas tepung ketan, santan dan gula merah. Yang jadi pembedanya adalah kue ini diberi berbagai macam jenis bumbu rempah lokal seperti lengkuas, daun salam dan air garam.

Itulah semua ulasan tentang oleh-oleh khas Bengkulu yang paling terpopuler dan dikenali banyak traveler. Buat kamu yang sedang berencana traveling ke Kota Bengkulu, rekomendasi buah tangan tersebut untuk dibawa pulang sehabis liburan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -