MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Lubuk Minturun: Lokasi Pemandian, Tiket dan Pesona Wisata

Lubuk Minturun: Lokasi Pemandian, Tiket dan Pesona Wisata
Add Comments
6/20/2022
Lubuk Minturun - Alamat: Sungai Batang Kandis, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia (Peta Lokasi) - Jam Operasional: 07.00 s/d 18.00 WIB - Tiket Masuk: Rp3 s/d 5k - Daya Tarik: Alam, Sejarah
Lubuk Minturun merupakan objek wisata pemandian alam yang masih tersembunyi di Sumatera Barat. Pemandian di Sungai Batang Kandis yang konon sudah ada sejak puluhan tahun silam ini menjadi lokasi favorit warga Padang sekitarnya untuk melakukan tradisi balimau.

Aksesibilitas ke lokasi sangat terjamin dan memadai. Wisatawan tidak akan kesulitan untuk mencapainya. Sudah tersedia jalan hotmix dan papan petunjuk arah yang terpampang di sepanjang rute menuju Pemandian Lubuk Minturun. Pngunjung dipastikan tidak kesasar meski jarak tempuh via kota Padang sendiri kurang lebih 27 kilometer.

Kalau dikupas lebih dalam, objek wisata ini rupanya sudah ada sejak zaman Belanda. Dimana para pemuda-pemudi atau noni-menir Belanda sering menggunakan pemandian alam ini untuk kegiatan refreshing. Maka tak perlu kaget lagi bila masyarakat Padang mengenal baik tempat ini.

Tiket Masuk & Jam Buka

Sama seperti objek wisata lainnya yang saat ini dikelola langsung oleh pemerintah Kota Padang, pemandian alam Lubuk Minturun menawarkan harga tiket masuk yang relatif murah. Setiap wisatawan cukup membayar biaya sebesar Rp5k untuk satu kali kunjungan.
Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000
Tiket ParkirRp1.000 (motor) Rp3.000 (mobil)
Soal jam buka, operasional pemandian alam ini mulai dari hari senin sampai minggu di jam yang sama, tepatnya pukul 07.00 WIB pagi hingga 18.00 WIB sore. Lantaran tak pernah tutup dan selalu dibuka sepanjang hari, pengunjung bisa datang kapan saja.

Ragam Pesona Lubuk Minturun dan Aktivitas

Objek wisata Lubuk Minturun ditopang oleh sumber daya alam yang sangat potensial. Tak heran saat pengunjung menyambangi desa di Padang, Sumatera Barat satu ini, akan disuguhkan berbagai destinasi alam juga wisata buatan (man-made) yang saling melengkapi.

Pesona Lubuk  Minturun menjadi semakin lengkap setelah beberapa akomodasi dibangun di kecamatan ini. Seperti Legen Villa, Villa Rumah Kayu dan Grace Hill Vila yang semuanya memberikan pelayanan sempurna dengan tarif terjangkau.

Lantas, apa saja yang akan ditemukan dan bisa dilakukan di tempat ini?

1. Pemandian Alam Lubuk Minturun

lubuk minturun
image via: badely bachtiar/g.maps
Untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, kita pasti langsung memikirkan objek wisata alam. Setidaknya terdapat aliran sungai, pepohonan hijau dengan suasana yang ekstra tenang. Kriteria tersebut bisa didapatkan jika mengunjungi pemandian alam ini.

Bukan cuma satu tempat, wisatawan bisa memilih beberapa spot pemandian alam yang populer. Diantaranya adalah Pemandian Lori, Ngungun Saok dan Pemandian Alam Lumin. Kedua tempat ini cukup terkenal bagi warga Kota Padang.

Pemandian yang Pemandangan di pemandian alam ini juga sangat menakjubkan. Saat berendam atau duduk santai di atas bebatuan yang terhampar di antara aliran sungai, pengunjung bisa menyaksikan view pegunungan, hutan tropis dan persawahan di kejauhan.

2. Tradisi Mandi Balimau

lubuk minturun
image via: instagam/muchlis leman
Hampir semua masyarakat yang tinggal di Sumatera Barat memiliki sebuah tradisi menjelang Ramadan yaitu Balimau. Dalam tradisi ini, masyarakat akan beramai-ramai ke sungai untuk membersihkan diri. Nah, tak sedikit warga yang melakukan tradisi tersebut di Lubuk Minturun.

Wisatawan yang tertarik melihat atau sekaligus mengikuti tradisi Balimau, bisa datang ke tempat ini dua atau satu hari sebelum puasa. Pada momen tersebut, kita bisa menyaksikan warga yang beramai-ramai mandi dengan menggunakan perasan air jeruk purut.

3. Menelisik Prasasti Kuno

pemandian lubuk minturun
image via: instagram/putri solo
Berdasarkan sejarah yang dikutip dari pariwisata.padang.go.id (20/06/2022), Pemandian Lubuk Minturun dikenal pula oleh sebuah prasasti yang seyogianya menandai sejarah panjang dari tempat ini. Prasasti tersebut masih terpancang kokoh di salah satu tepi aliran sungai Batang Kandis.

Secara tersirat, prasasti bertuliskan "Diboeka 8-4-1883, oleh. penghoele, Achin"tersebut membuktikan bahwa Kolonial Belanda sudah menjadikan sungai ini sebagai tujuan rekreasi. Aliran airnya yang jernih kehijauan dan kesegaran udaranya memang pas untuk refreshing.

Rasanya tidak berlebihan jika menyebut tempat pemandian alam ini sebagai destinasi yang tak ada matinya. Nyatanya dari tahun 1883 hingga sekarang, usai 139 tahun sudah berlalu, keindahan dan pesonanya tak kunjung memudar.

Fasilitas

Dari segi fasilitas, Wisata di Lubuk Minturun sudah tercukupi. Di sini sudah ada warung makan dengan makanan dan minuman yang beragam. Warung-warung tersebut juga menyewakan pelampung bagi wisatawan yang membutuhkan. Selain itu ada juga:

- Toilet
- Kamar bilas
- Akomodasi villa
- Tempat parkir kendaraan, dll

Kebutuhan wisatawan saat berlibur memang jadi prioritas pengelola, Jika hal itu sudah terpenuhi, pengunjung pastinya betah dan nyaman berlama-lama menikmati objek wisata. Pun jika pengunjung berencana akan bermalam, sudah ada sejumlah sarana penginapan dan villa yang bisa dipilih sesuai selera.

Lokasi Lubuk Minturun

Secara administratife, Lubuk Minturun adalah sebuah kelurahan/desa yang berada di Kecamatan Koto Tangah, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Nama kecamatan tersebut juga dipakai untuk lokawisata ini sendiri. Selengkapnya bisa lihat panduan peta berikut.


Sesuai letaknya, destinasi yang sering disebut dengan nama lain yaitu Pemandian Alam Lori ini bersebelahan dengan Sungai Lareh dan Air Dingin Batu Gadang. Jika punya banyak waktu luang, cobalah mengeksplor keduanya.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -