MASIGNASUKA101
7168738000188950837

PAJUS - Lokasi Pasar USU, Area Kuliner & Ragam Toko

PAJUS - Lokasi Pasar USU, Area Kuliner & Ragam Toko
Add Comments
9/02/2022
Pajak USU adalah singkatan dari Pasar Universitas Sumatera Utara. Kata 'pajak' merupakan istilah bagi warga Medan untuk menyebut 'pasar', yang umum diketahui sebagai sentra atau tempat jual-beli barang. Memang dahulu hanya ada satu, tetapi semenjak direlokasi pihak kampus, pasar yang juga dinamai Pajus tersebut sempat dialihkan ke dua lokasi yaitu di jalan Padang Bulan dan Jl. Dr. T. Mansur.

Dibangun pada tahun 1998, Pasar USU atau Pajus pada masanya adalah tempat bertemunya para pembeli dan pedagang. Sejarah tempat yang semula hanya populer di kalangan mahasiswa Universitas Sumatera Utara ini terus berkembang dan semakin terkenal. Bahkan menjadi destinasi belanja yang diminati warga luar kampus.
pajus pasar usu medan

Sebagai salah satu pusat ekonomi, Pajus memiliki sejumlah area yang dibagi ke dalam beberapa kategori. Seperti kuliner, pakaian jadi, percetakan, servis gadget (elektronik), perlengkapan sekolah dan fashion. Sehingga toko yang ada di sana cukup lengkap dan beragam.

Jam Buka Pajus

Sebelum berkunjung ke Pasar USU tentu wajib tahu seluk-beluk dari pasar tradisional sekaligus destinasi kuliner ini. Termasuk soal jam buka Pajus yang berlaku secara resmi. Nah, jam berapa kira-kira tempat tersebut bisa didatangi? Berikut informasinya.
Jam Buka Pajus (Pajak USU)
BukaTutup
09.00 WIB19.30 WIB
Berdasarkan jam operasional di atas, pengunjung sudah bisa berbelanja ataupun berwisata kuliner mulai pagi hingga sore hari. Tenang saja, baik pada hari minggu maupun hari libur nasional lainnya, tempat ini sama sekali tidak pernah tutup.

Lokasi Pajus (Pajak USU)

Meski sudah dipindahkan ke luar area, tetapi tempat belanja ini tak terlalu jauh dari Kampus USU. Alamatnya terletak di Jl. Jamin Ginting, No. 354, Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, 20157. Lebih detail bisa dilihat pada peta tersemat.

Sedangkan Pajak USU yang dulu ada di Jl. Dr Mansyur kalah tenar dan sudah tidak lagi aktif. Semenjak beberapa tahun terakhir tempat tersebut berubah menjadi Mansyur Walk. Dengan demikian, seluruh aktivitas pasar akhirnya dialihkan di Pajus Karona Padang Bulan.

Puncak keramaian berlangsung menjelang siang hingga sore hari. Namun, pedagang sudah banyak yang buka toko dari pagi. Kalau tidak ingin berdesak-desakan dengan pembeli lainnya, sangat direkomendasikan untuk datang mulai pukul 10 saja.

Apa Saja yang ada di Pajus - Pasar USU?

Pajus Karona menjadi tempat paling komplit untuk berburu berbagai barang kebutuhan. Tak sekedar berbelanja, para pengunjung juga bisa mendapatkan layanan jasa di tempat ini. Itulah kenapa pengunjung pasar tersebut berasal dari berbagai kalangan.

Sayangnya, pedagang yang menyewa lapak di sini berbaur satu sama lain sehingga tampak tidak begitu tertata. Mungkin karena harga sewa toko yang dibandrol sesuai letaknya. Semakin tokonya di bagian depan, semakin mahal. Begitu sebaliknya, semakin ke area belakang, semakin murah dan terjangkau tarifnya.

Tetapi hal tersebut tidak terlalu dipermasalahkan pengunjung. Mungkin jadi suatu keasyikan tersendiri ketika mereka blusukan di Pajak USU, dari satu lorong ke lorong lainnya. Lalu, apa saja yang pengunjung dapatkan di dalam pasar ini? Yuk cek kategorinya.

1. Area Kuliner

area kuliner di pajak usu (pajus)
Pada pintu utama dimana terdapat gerbang bertuliskan nama Pajus Karona Padang Bulan, pengunjung pasar akan disambut oleh sejumlah pedagang jajanan kaki lima yang menggelar makanan dan minuman segar di gerobak mereka.

Kemudian di sebelah kiri, ada bangunan dua lantai yang bagian bawahnta difungsikan sebagai tempat nongkrong. Area kuliner ini tak cuma jadi tempat berkumpulnya kawula muda. Pun pengunjung dari berbagai usia kerap makan dan bersantai di sini baik sebelum maupun sesudah shopping.

Masuk sedikit lagi ke bagian dalam pasar yang populer dengan landmark pesawat ini, akan terlihat sederet booth yang menjual aneka camilan. Mulai dari makanan ringan, minuman, krupuk, kue sampai panganan tradisional yang dipajang di masing-masing etalase, tinggal pilih sesuai selera. Pada waktu tertentu, disajikan juga live music yang menghibur pengunjung.

2. Pakaian, Souvenir dan Aksesoris

pajus pasar usu medan
image via: avuriata zebua/gmaps
Di tengah gempuran toko online yang merambah bisnis fashion, Pajus ternyata masih tetap berjaya. Buktinya dapat dilihat dari puluhan stand pakaian yang tak pernah sepi dari para pembeli. Mereka menjual pakaian jadi, celana dan berbagai jenis busana lainnya.

Busana-busana tersebut tidak hanya produk lokal, ada pula produk luar negeri yang ditawarkan dengan harga bersaing. Kedepannya, pengelola berencana membuat pasar tradisional ini go online, sehingga pemilik toko dan pembeli dapat bertransaksi dengan mudah.

Tak lupa, toko souvenir dan aksesoris yang dapat dijumpai di bagian belakang pasar. Toko jenis ini banyak diburu anak muda dan mahasiswa yang peduli akan penampilan. Hampir semua produknya up to date, bahkan souvenir berbau tradisional juga ada di sana.

3. ATK dan Servis Elektronik

pajus pasar usu
image via: gmaps/edwin renaldo
Produk di pasar ber-landmark pesawat ini juga merambah produk alat tulis kantor (ATK). Seperti buku tulis, stereofoam, pensil, pena, rubber dan berbagai peralatan praktik sederhana yang biasanya dibutuhkan pelajar dan mahasiswa.

Apabila laptop, komputer dan  handphone sedang bermasalah, atau ingin meng-install aplikasi tertentu, tidak harus jauh lagi pergi ke mall atau Merak Jingga untuk memperbaikinya. Pasalnya, warga yang tinggal di sekitar Padang Bulan sudah bisa memperbaiki gawai di sini. Apalagi service yang diberikan pun terbilang murah.

Tips dan Harga

Bagi pengunjung asal luar daerah, sepertinya sangat penting untuk mengetahui berbagai tips berbelanja di Pajus. Berikut beberapa panduannya.

- Semua produk dapat ditawar, sebelum memutuskan untuk membeli, bisa berkeliling untuk mencari produk serupa, kemudian bandingkan harganya.
- Meski belum pernah kejadian copet, tetap hati-hati saat membawa tas, dompet dan gawai
- Parkir kendaraan di pasar ini sempit dan tak begitu luas, 2arenanya pertimbangkan untuk naik kendaraan umum.


Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pasar USU terbagi ke dalam dua jenis, pertama untuk pedagang dan kedua untuk pembeli. Meski begitu, ketersediaan fasilitas tersebut seyogianya untuk mendukung kenyaman setiap pihak. Fasilitas umum di tempat ini meliputi:

- Kamar mandi (Berbayar)
- Zona kuliner
- Area parkir, dan
- Penjaga keamanan

Sementara untuk sarana dan prasarana, pasar tradisional ini sudah bagus dan memadai. Termasuk adanya transportasi umum (angkot) dari berbagai arah menuju Pajus. Supaya tidak bingung, silahkan ambil angkot dengan rute ke Padang Bulan. Agar lebih efisien, bisa juga memakai jasa angkutan online. (foto cover credit:briskman parapat/instagram).
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -