MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Kahona - Akses Lokasi, Tiket & Ragam Pesona

Pantai Kahona - Akses Lokasi, Tiket & Ragam Pesona
Add Comments
8/23/2022
Pantai Kahona - Lokasi: Lobu Tua, Andam Dewi, Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Peta Lokasi) HTM: Rp5.000/org - Jam Operasional: 09.00 WIB s/d 21.00 WIB - Atraksi/Pesona: Laut Lepas, Bahari dan Alam
Tapanuli Tengah yang letak geografisnya di pesisir laut tentu membuat daerah tersebut punya banyak kawasan bahari. Seperti destinasi laut satu ini, yaitu Pantai Kahona yang bisa dijadikan tujuan berlibur jika sedang tertarik plesiran ke wilayah pesisir.

Pantai Kahona merupakan obyek wisata di desa Lobu Tua, Kecamatan Andam Dewi. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari kota tua Barus. Khusus bagi masyarakat Tapanuli Tengah dan warga Sumatera Utara secara umum, namanya memang sudah terkenal luas bahkan bisa dibilang cukup difavoritkan banyak orang.

Agar tidak salah kaprah, perlu diketahui bahwa nama Pantai Kahona sendiri memang banyak digunakan di berbagai daerah di Indonesia. Selain terdapat di Tapanuli Tengah, ada juga di Sulawesi Utara, Labuhanbatu dan Mandailing Natal.

Harga Tiket Masuk

Meski menawarkan keistimewaan berupa hamparan pasir pantai yang putih dan halus disertai gradasi warna air laut biru, namun harga tiket masuk bagi wisatawan yang berlibur di Pantai Kahona masih terjangkau. Biaya masuk yang relatif murah pasti menjadi alasan kenapa tempat ini wajib dipertimbangkan.
Harga Tiket Masuk
Tiket UmumRp5.0000
Apalagi harga tiket yang ditawarkan dibanderol kepada semua pengunjung tanpa kriteria tertentu. Baik anak-anak, remaja maupun pengunjung dewasa mendapatkan tarif yang sama. Harganya pun tidak berubah pada hari biasa maupun saat akhir pekan.

Jam Buka

Lantaran disesuaikan dengan waktu operasional yang rata-rata digunakan oleh berbagai obyek wisata, maka jam buka pantai kahona mengikuti waktu kunjungan pada biasanya. Yakni mulai pagi pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 20.00 malam.
Jam Operasional Objek Wisata
Buka/Tutup08.00 - 20.00 WIB
Sebenarnya, wisatawan masih bisa memperpanjang waktu seandainya ingin merasakan sensasi malam di pantai dengan berkemah. Tetapi sebelum camping, pastikan sudah mengantongi izin dari pengelola agar nanti tidak menyalahi aturan.

Keindahan Pantai Kahona & Ragam Aktivitas

Wisatawan yang baru pertama mendatangi Pantai Kahona acap kali sepihak mengaitkan asal-usul pantai ini dengan India. Meski tak dapat dipungkiri kalau padanan kata yang menyertainya memuat bahasa Hindi, padahal tidaklah demikian.

Terlepas dari asal-usulnya, pantai ini menyajikan panorama menawan dan pemandangan indah yang selalu memanjakan mata. Walaupun sudah ramai didatangi wisatawan, pesonanya masih begitu asri. Keindahannya seolah belum terjamah.

Deburan ombak yang perlahan memecah pasir pantai dipadukan pemandangan langit biru berselang-seling awan putih turut melengkapi keindahan pantai. Ditambah dataran pantainya yang begitu luas bisa pula digunakan untuk bermacam kegiatan.

1. Bermain Pasir dan Voli Pantai
pantai kahona barus tapteng
image via: instagram/amp lubis
Utamanya bagi pengunjung yang berwisata ke pantai bareng keluarga dan mengikutsertakan anak-anak di dalamnya. Pasti selalu memilih kegiatan yang tergolong aman untuk dilakukan bersama. Dan aktivitas yang masuk kriteria tersebut adalah bermain pasir.

Tidak usah takut kehabisan tempat bermain karena hamparan pasir di pantai ini sangat luas. Dengan kontur yang sedikit landai, gundukan pasir tersebut membentang sepanjang 25 meter dihitung dari garis tepi laut, sampai ke barisan pohon cemara yang membatasi sisi jalan dan kawasan pantai.

Tak heran jika banyak wisatawan betah menghabiskan waktu sampai malam di sini dengan bermain pasir. Misalnya kejar-kejaran, membangun istana, mencari kerang hingga bermain bola voli pantai yang notabene keseruannya akan sulit terlupakan.

2. Berendam dan Berenang di Pinggir Laut

pantai kahona
image via: gmaps/darma sinukaban
Keadaan Pantai Kahona tampaknya juga mendukung wisatawan untuk berenang lantaran ketinggian ombaknya sendiri masih dalam batas wajar jadi tidak terlalu berbahaya. Namun jangan lengah, selalu berhati-hati dan hindari berenang keluar dari batas bibir pantai.

Tidak bisa atau justru takut berenang? Masih ada kok cara lain untuk menikmati air di pantai ini. Contohnya berendam atau bermain sembur-semburan air yang menghibur bersama orang terdekat. Bahkan bisa ajak si kecil juga agar mereka ikut ceria. 

Sensasi berendam di air laut yang punya kandungan garam pasti berbeda dibandingkan dengan air tawar. Apalagi air laut diketahui punya banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, jangan pulang sebelum mencobanya.

3. Menyisir Laut dan Naik Perahu

pantai kahona barus tapteng
image via: ravi batra/gmaps
Mau kegiatan lain yang masih sama serunya? Siapkan saja bajet tambahan untuk menyewa kapal nelayan. Perahu yang biasanya dipakai nelayan untuk mencari ikan dan seafood ini akan membawa pengunjung menyaksikan view dari atas perairan laut.

Di saat perahu melaju dan meninggalkan Pantai Kahona, wisatawan akan mendapatkan pemandangan yang bikin mata jadi sulit berkedip. Dari perbukitan hijau di atas kota Barus, ikan-ikan kecil di antara karang dan pesona menawan yang dipertontonkan matahari dengan kilau keemasan.

Menelusuri lautan selama 15-20 menit di atas perahu barang kali sudah cukup memuaskan. Selama itu juga, mungkin tak terhitung sudah foto yang berhasil diambil untuk kenang-kenangan. Tapi kalau dirasa masih kurang, usahakan tidak terlalu kemalaman balik dari laut supaya spot-spot foto lainnya tidak ketinggalan untuk diabadikan.

Fasilitas

Terpenuhinya kepuasan berlibur tak lepas dari fasilitas yang bisa didapatkan pengunjung di Pantai Kahona. Walaupun belum begitu lengkap, tetapi sudah memenuhi standar layaknya objek wisata. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya.

- Tempat parkir kendaraan roda dua dan empat yang cukup luas.
- Pondok/gazebo untuk bersantai
- Area berkemah (camping)
- Kamar mandi dan toilet
- Warung makan dan minum

Sementara soal sarana dan prasarana, belum ada hotel atau penginapan di sekitar pantai. Pengunjung harus beralih ke kota Sibolga atau kota Pandan jika sedang mencari akomodasi. Lain hal kalau tertarik untuk camping, tak perlu beranjak dari sini.


Lokasi/Alamat Pantai Kahona

Lokasi pantai berada di Desa Lobu Tua, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia. Dari kota Barus, alamat tersebut kurang lebih dapat dijangkau dalam kurun waktu 10 menit atau 4 km perjalanan.

Pantai di sekitar Barus ini menjadi destinasi andalan yang sangat dibanggakan warga Barus dan Tapteng. Pada setiap kesempatan, mereka selalu merekomendasikan destinasi satu ini jika ada wisatawan yang melancong dari luar daerah. (image cover credit: irham anshar/gmaps)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -