MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Aek Sijorni, Air Terjun Tapanuli Selatan yang Unik

Aek Sijorni, Air Terjun Tapanuli Selatan yang Unik
Add Comments
Selasa, 02 April 2019
travelingmedan.com - Tak kalah memukau dari Pulau Samosir dan Danau Toba, air terjun di Tapanuli Selatan yang sangat dibanggakan ini terkenal dengan nama Aek Sijorni.

Wisata Aek Sijorni termasuk Destinasi populer Sumatera Utara bagian Selatan. Selain memiliki bentuk unik, Destinasi di Simpang Tolang, Sayur Matinggi ini juga dikelilingi perbukitan luas dengan suasana sejuk berkat keberadaan pohon kelapa.

aek sijorni

Highlight: Aek Sijorni

Berdasarkan bahasa daerah Mandailing, Sijorni berarti Si Jernih yang menggambarkan kondisi dari air terjun yang memang tak pernah berwarna keruh meski di musim hujan. Mengalir deras dari perbukitan, Sijorni sudah sejak lama dijadikan sebagai lokasi pemandian alam.

Keunikan lainnya dari Aek Sijorni terletak pada bentuknya yang berundak-undak menyerupai terasering. Selain itu, pola airnya yang mengalir juga menyebar ke berbagai penjuru.

Air yang mengalir dari ketinggian 10 meter kemudian ditampung ke dalam kolam renang. Ya, di sini ada beberapa kolam renang dengan berbagai tingkat kedalaman sehingga pengunjung bisa memilih untuk mandi langsung di air terjun atau di kolam dengan ukuran cukup luas yang sudah disediakan.

1. Air Terjun Tapanuli Selatan yang Unik

aek sijorni

Di balik kesegarannya, air ini dipercaya memiliki khasiat bisa membuat pengunjung jadi awet muda lho sobat traveling medan. Berdasarkan riset, air yang punya kandungan mineral memang dipercaya memiliki banyak khasiat.

Selama berada di tempat wisata Tapanuli Selatan ini, traveler akan menikmati suasana yang begitu nyaman dan sejuk sebab di area ini tumbuh pohon kelapa yang tinggi menjulang. Adanya pohon-pohon kelapa tersebut tentu menghalangi pengunjung dari paparan sinar matahari secara langsung.

2. Fasilitas

sijorni tapanuli selatan
Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) telah mengambil alih pengelolaan Aek Sijorni. Sejak itu, fasilitas di sekitar pun semakin dilengkapi. Terlihat dari adanya kolam renang terbuka, bilik bilas hingga gazebo di sekitar lokasi.

Gak perlu khawatir deh kalau lagi lapar, di sini sudah banyak warung kecil yang menjual pelbagai makanan dan minuman.

3. Lokasi Aek Sijorni

Sudah nggak sabar kan? kalau hendak kemari, langsung saja menuju Desa Simpang Tolang di Kecamatan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan. Kalau dari Medan, jaraknya cukup jauh bila menggunakan transportasi darat, sekitar 10 jam perjalanan.

Baca: Goa Kampret - Bahorok Langkat

Nah kalau mau lebih cepat, sahabat traveling medan bisa pilih opsi penerbangan dari KNO ke Bandara Aek Godang.

4. Tiket Masuk Aek Sijorni

Retribusi atau biaya masuk ke kawasan wisata ini cukup murah, hanya Rp5.000-Rp10.000/orang kok. Nggak bikin kantong kamu bolong deh pokoknya.

Yuk atur jadwal liburan ke Tapanuli Selatan, jangan lupa untuk masukkan Aek Sijorni ke dalam bucket list kamu ya sobat Traveling Medan.