Pulau Sibandang, eksotika tersembunyi selain Samosir

Traveling Medan - Selain Samosir, di Danau Toba terdapat beberapa pulau lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pulau di Tapanuli Utara yang bernama Pulau Sibandang.

pulau sibandang

Highlight: Wisata Danau Toba, Pulau Sibandang

Uniknya, Pulau Sibandang sering juga disebut Pulau Mangga lantaran kawasan ini dikenal sebagai penghasil Buah Mangga terbaik di Danau Toba. Gak hanya itu, wisata Danau Toba di Tapanuli Utara ini sebenarnya punya beberapa desa yakni Desa Papande, Desa Sampuran dan Desa Sibandang.

Buah Mangga dari ketiga desa tersebut lah yang banyak dijual di Parapat dan berbagai kota lainnya. Kualitasnya jangan ditanya deh, pasti bakal bikin ketagihan.

Kalau kamu punya banyak waktu luang, yuk traveling ke Pulau Sibandang, pulau terbesar ke dua di Danau Toba setelah Samosir.

Kegiatan Wisata di Pulau Sibandang

pulau sibandang

Terus, kesini masa cuma lihat pulaunya doang? apa dong kegiatan asik di sini? kamu bisa menjelajah ke 3 desa di atas, mulai dari melihat pembuatan ulos secara tradisional, atraksi unik 'moncak' yang merupakan seni bela diri khas Batak hingga mengunjungi sederet bangunan bersejarah terkait kerajaan Batak tempo dulu.

Lokasi Pulau Sibandang

Berada di Kabupaten Tapanuli Utara yang punya ibukota Tarutung, Sumatera Utara. Cukup jauh sih dari Medan, tetapi bisa pakai transportasi udara dari Kualanamu ke Bandara Sibisa lho! cuma butuh 30 menit perjalanan saja.

Setelah itu, kamu bisa memilih kapal penyeberangan di Danau Toba yang memang aksesnya menuju ke Pulau Sibandang yaitu Nainggolan, Muara dan Balige. Pilih paling dekat ya sobat traveler!

Baca Juga: Aek Sijorni

Fasilitas di Pulau Sibandang

Sayangnya, di tempat ini belum ada hotel, jadi kalau mau eksplor lebih dari one day trip, wajib tinggal di pemukiman warga atau opsi lainnya yakni bikin tenda di pinggir Danau Toba.