10 Tempat wisata di Tebing Tinggi yang Menarik dan Terkenal

Dicap sebagai salah satu kota tertua di Sumatera Utara dan merupakan bagian dari Kerajaan padang. Tebing Tinggi memiliki banyak sekali tempat wisata sejarah. Destinasi alam di sekitarnya juga keren dan bisa dijumpai di berbagai spot.

Tempat Wisata di Kota Tebing Tinggi

Dari deretan wisata di kota tersebut, berikut ini tim travelingmedan.com paparkan 10 tempat wisata di Kota Tebing Tinggi yang menarik dan terkenal untuk dikunjungi.

1. Istana Negeri Padang

istana negeri padang tebing tinggi foto @tebingtinggku
Istana Negeri Padang menyimpan sejarah tentang Tebing Tinggi dan sekarang dijaga oleh ahli waris. Di dalam terdapat peninggalan milik kesultanan seperti pakaian kebesaran, foto tempo dulu dan perabotan yang dahulu digunakan oleh keturunan Kesultanan Melayu.

Istana Negeri Padang berlokasi di Jalan KF Tandean, Tebing Tinggi dan sering dikunjungi oleh mahasiswa maupun suku Melayu dari berbagai daerah. Bangunan bersejarah yang dibangun oleh Tengku Hasyim di abad XII pada masa Kesultanan Melayu. Bercorak kuning terang dan terlihat mencolok dari antara bangunan yang ada di sekitarnya.

2. Kolam Renang Lubuk Indah

lubuk indah kolam renang
Lubuk Indah sangat terkenal bagi warga Tebing Tinggi karena menjadi cikal bakal keberadaan wahana air di kota yang meraih adipura secara berturut-turut ini. Kolam Renang Lubuk Indah juga merupakan lokasi rekreasi favorit karena punya fasilitas lengkap.

Tiket masuknya pun termasuk murah hanya Rp10.000/orang. Mengingat terbatasnya wisata air di Tebing Tinggi, Lubuk Indah selalu padat terutama di hari libur.

3. Taman Kota Tebing Tinggi
Taman Kota Tebing Tinggi merupakan sentra kegiatan pemerintah dan swasta saat mengadakan acara resmi maupun hiburan semata. Taman ini terletak di jantung kota sehingga mudah diakses dari berbagai sudut kota.

Taman Kota Tebing Tinggi mendapatkan perhatian cukup tinggi dari pemerintah karena ruang hijau terbuka di Jalan Diponegoro merupakan taman paling luas di Tebing Tinggi. Pada hari biasa, taman di bilangan Rambung ini dipadati penduduk untuk berolahraga.

3.Water Park Gundaling

waterpark gundaling
Waterpark Gundaling terletak di Jalan Soekarno Hatta tepatnya di Lingkungan III Tambangan, Padang Ilir. Merupakan spot liburan menarik di Tebing Tinggi yang cocok untuk semua usia lantaran memiliki wahana air yang lengkap.

Waterpark Gundaling dibangun pada 2008 lalu dan sampai sekarang tetap aktif beroperasi. Tiket masuk hanya Rp8.000 dan anak-anak di bawah 5 tahun gratis. Sayangnya, Waterpark Gundaling tidak buka setiap hari dan selalu ditutup di hari Selasa.

4. Museum Kota Tebing Tinggi

museum tebing tinggi
Bangunan yang menyimpan potret sejarah peradaban kota Tebing Tinggi dari masa ke masa dan berlokasi di Jalan Kotamadya di kawasan padat penduduk. Koleksi dari museum ini juga lengkap umumnya mengenai sejarah multi-etnis dan suku yang berdiam di pemerintahan kota ini seperti benda bersejarah Nias, Batak, Jawa dan Melayu.

Bukan cuma koleksi yang sudah disebutkan di atas saja, Museum Tebing Tinggi pun menyimpan banyak sekali foto-foto perjuangan terkait kemerdekaan. Apalagi, kota ini pernah disinggahi oleh presiden dan wakil presiden RI.

5. Makam Tua Syech Baringin

masjid dan makam syekh baringin
Nama Tuan Syekh Baringin sangatlah terkenal bagi warga Tebing Tinggi, ia diketahui memiliki kekuatan sakti dan pada masa Jepang, Tuan Syekh Baringin pernah beradu kekuatan. Beliau diketahui sebagai sosok yang tangkas dalam seni bela diri.

Masih ada rumah kediaman yang dulunya ditinggal oleh Syeh Baringin dengan arsitektur khas Minangkabau. Sayangnya, kondisi peninggalan tersebut cukup memprihatinkan. Namun terdapat Makam Tua Syekh Baringin yang terawat dengan corak warna hitam dan berlokasi di sekitar Sungai Sigling.

6.  Lapangan Sri Mersing

lapangan sri mersing tebing tinggi
Berdekatan dengan Taman Kota, Lapangan Sri Mersing ini merupakan tempat bersantai yang tak pernah sepi di malam hari karena suasananya sangat nyaman dan asri. Terlihat dari banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitar Lapangan Sri Mersing.

Disini juga banyak sekali penjaja makanan ringan yang menjual dagangan mereka kepada para pengunjung. Tepat di Lapangan Sri Mersing, terdapat Taman Revolusi yang berdiri sejak 2018 lalu sebagai percontohan kota revolusi selain Kota Medan di Sumatera Utara.

7. Masjid Al-Hikmah

masjid al hikmah tebing tinggi
Dibangun pada 1960, Masjid Al-Hikmah ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan sarana peribadatan umum di Tebing Tinggi. Berdasarkan penuturan pengelola masjid Al Hikmah, air yang digunakan untuk wudhu di masjid ini bersuhu hangat.

Ketika Belanda melakukan pengeboran sekitar tahun 1928. Tiba-tiba mengalir air yang bersuhu panas. Uniknya, air yang kemudian disalurkan ke masjid tersebut tidak berbau kuat dan bebas dari kandungan belerang. Warnanya pun sangat jernih.

8. Kuliner Lemang Tebing Tinggi

lemang tebing tinggi
Tak boleh dilewatkan saat berwisata ke Tebing Tinggi, Lemang di daerah ini sudah sangat terkenal hingga keluar daerah bahkan pernah meraih predikat dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Secara berkala, Tebing Tinggi memang intens menyelenggarakan event kuliner khusus terkait Lemang.

Di sepanjang jalan protokol, Lemang Tebing Tinggi banyak dijajakan oleh pembuat. Jenisnya bermacam-macam, dari Lemang Pulut, Lemang Batok Kelapa dan jenis lainnya yang sudah dikembangkan serta dicampur dengan berbagai aneka rasa.

Baca Juga: Tempat Wisata di Batubara

9. Tugu Peringatan 13 Desember 1945

tugu peringatan 13 desember tebingtinggi
Monumen setinggi 5 meter dan berdiri di tengah kota ini adalah simbol dari perjuangan rakyat Tebing Tinggi yang ikut serta terlibat dalam perjuangan membela Tanah Air. Bangunan monumen atau Tugu Peringatan 13 Desember '45 dibuat menyerupai bambu runcing.

Sarat akan makna perjuangan, Tugu Peringatan 13 Desember 1945 kondisinya sangat terawat, dicat putih dan kuning keemasan serta dikelilingi oleh pagar pembatas.

10. Becak Tebing Tinggi

becak tebing tinggi
Transportasi khas dari Tebing Tinggi yang sekaligus dapat dijadikan sebagai landmark adalah becak motor. Menariknya, becak Tebing Tinggi ini juga bisa dijumpai di kota-kota besar lainnya di Sumatera Utara seperti Pematangsiantar dan Padangsidimpuan.

Bila membutuhkan transportasi saat traveling di Tebing Tinggi, silahkan mencoba Becak Tebing Tinggi yang cukup melegenda.

Baca Juga: Tempat Wisata di Karo

Jadi sudah tau kan tempat wisata di Tebing Tinggi yang menarik dan terkenal apa saja yang wajib dikunjungi?