MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Keren Nih! Ada 12 Tempat Wisata di Batubara yang Menarik untuk Dikunjungi

Keren Nih! Ada 12 Tempat Wisata di Batubara yang Menarik untuk Dikunjungi
Add Comments
Senin, 11 Februari 2019
Tempat Wisata di Batubara - Halo Sobat traveler! Kabupaten Batubara yang terletak di kawasan pesisir ini sudah lama dijadikan sebagai tujuan berlibur bagi masyarakat Sumut. Selain karena faktor jarak tempuh yang termasuk dekat dari Kota Medan. Batubara juga punya sederet tempat wisata komplit yang sangat menarik seperti wisata buatan, sejarah, pulau dan bahari.

tempat wisata di kabupaten batubara

Status Batubara menjadi pemerintahan kabupaten (pemkab) baru dimulai sejak 2007 silam. Bersamaan dengan keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu maka ditetapkan juga nama Lima Puluh sebagai ibukota kabupaten. Paska terpisah dari kabupaten induk, Asahan, sektor pariwisata di wilayah seluas 70 ha ini semakin menggeliat. Pemugaran situs bersejarah hingga pengelolaan objek wisata terus dilaksanakan agar mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat yang otomatis menambah pendapatan daerah.

Penduduk di daerah Batubara tergolong multi-etnis, rata-rata berasal dari garis keturunan Suku Melayu, Batak dan juga Jawa. Nah, berikut ini adalah 12 tempat wisata di Batubara yang wajib sekali untuk kamu kunjungi.

1. Liburan ala Ekowisata ke Wisata Alam Datuk Batubara

alam datuk batubara

Dengan jargon 'Forest Adventure' wisata Alam Datuk yang berada di Kwala Indah kecamatan Sei Suka ini hadir sebagai tempat wisata yang menyenangkan. Ada banyak sekali spot foto menarik di sekitar lokasi. Fasilitasnya jangan ditanya deh sobat traveling medan, sudah sangat lengkap.

Alam Datuk ini sebenarnya ini cocok bagi traveler yang ingin menikmati ekowisata di Batubara. Kawasan mangrove yang berpadu dengan keindahan pantai serta serta monyet yang sudah jinak bakal bikin kamu betah di sini.

Panduan Wisata Alam Datuk Batubara
Biaya masuk ke Alam Datuk cukup murah, hanya Rp10.000/orang dan retribusi tersebut sudah termasuk biaya parkir
Rute ke objek wisata ini via jalan tol Medan - Tebing Tinggi - Batubara - Kwala Indah membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

2. Menyusuri Pulau Salah Namo di Perbatasan Selat Melaka

salah nama island

Keindahan Pulau Salah Namo sungguh memikat, gradasi lautnya tak kalah keren dari wisata bahari lainnya di Provinsi Sumut. Destinasi terkenal di Batubara ini sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan.

Jarak Pulau Salah Namo cukup dekat dari pelabuhan Batubara, hanya sekitar 1,5 jam. Pulau ini sebenarnya sudah dikelola secara pribadi. Bebatuan berwarna merah tampak menghiasi sepanjang sisi pulau. Ikan-ikan di lautnya tampak menggoda dan membuat kamu tak sabar untuk segera bersnorkeling ria.

Panduan Traveling ke Pulau Salah Namo dan Pulau Pandang
Obyek wisata ini dapat dikunjungi dengan menggunakan jasa tour operator, biayanya sekitar 400 ribu/orang dengan beragam fasilitas.
Perjalanan dari darat hingga ke pulau sekitar 3-4 jam perjalanan. Ombak di sini cukup kencang jadi pastikan kamu hobi wisata laut.

3. Miniatur Singapore Land Versi Batubara

singapore land batubara

Bosan dengan waterpark di Medan? bagaimana kalau beranjak ke Singapore Land Waterpark di Batubara saja?. Tempat ini memang unik sob! mulai dari tiruan Merlion Park hingga Sky Park ada di sini.

Nah, Singapore Land Waterpark juga dilengkapi dengan sederet wahana air seperti kolam renang, kolam ombak, family karoke, top hill cafe and resto, lazy river, superbowl, family side, atv, mobil golf dan masih banyak fasilitas mumpuni lainnya.

Panduan Traveling ke Singapore Land Waterpark
Biaya masuk ke Singapore Land Batubara untuk Senin - Jumat sebesar Rp20.000 (anak-anak) dan Rp35.000 (remaja/dewasa) sedangkan untuk weekend (Sabtu dan Minggu) Rp35.000 untuk anak-anak sedangkan remaja dan dewasa dikenai harga Rp50.000
Lokasi Singapore Land Waterpark Batu Bara berada di jalan Lintas Sumatera Km 141 Kecamatan Sei Balai, Batubara.

4. Pantai Bunga Batu Bara

pantai bunga batubara

Sebagian besar wilayah Batubara yang berada di kawasan laut membuat kabupaten beribukotakan Lima Puluh ini memiliki banyak objek wisata berupa pantai. Salah satunya Pantai Bunga yang sudah sejak lama jadi wisata unggulan Batubara.

Pantai Bunga Batu Bara cukup menarik untuk dikunjungi karena panorama laut yang terlihat menarik apalagi jika laut sedang pasang. Kalau lagi surut, di beberapa titik akan terlihat lumpur. Informasi tambahan, air pantai di sekitar Batubara dan Serdang Bedagai memang tidak biru, tetapi berwarna coklat.

Panduan Wisata Pantai Bunga Batu Bara
Biaya masuk Pantai Bunga Rp5.000/orang dan belum termasuk biaya parkir.
Kondisi jalan ke Pantai Bunga yang berlokasi di Jalan Pariwisata Tanjung Tiram ini tidak terlalu bagus dan tidak ada angkutan umum langsung ke lokasi. Pilihan terbaik adalah menggunakan kendaraan pribadi, bisa roda 4 atau pun roda 2
Fasiltitas tersedia toilet, tempat makan (kuliner) dan pondok kecil untuk bersantai

5. Pantai Galuh Indah Permai yang Seru untuk Hunting Foto

pantai galuh indah permai

Masih tergolong baru nih, di bangun sejak 2 tahun silam, pantai Galuh Indah Permai menawarkan sensasi pantai dengan pasir putih serta pemandangan landskap pesisir serta kawasan mangrove yang begitu eksotis.

Pengelola juga tak kalah kreatif dengan mendirikan beberapa spot foto di sekitar lokasi sehingga banyak diminati oleh anak-anak muda untuk ber-swafoto.

Panduan ke Pantai Galuh Indah Permai
Retribusi masuk dikenai biaya sebesar Rp10.000 untuk setiap pengunjung. Tarif tersebut juga termasuk biaya parkir.
Lokasi Pantai Galuh Indah Permai terletak di Tanjung Tiram, Batubara

6. Menikmati Pulau Pandang yang Eksotis

pulau pandang batubara

Sekitar 1,5 jam dari Pulau Salah Namo, ada pulau lainnya bernama Pulau Pandang. Setiap trip organizer yang mengadakan open trip selalu menyertakan kedua destinasi bahari ini sekaligus.

Karakteristik Pulau Pandang tampak dari tempatnya yang asyik untuk wisata mancing, kontur pulau yang berbatasan dengan negara Malaysia ini juga tak kalah keren apalagi jika dilihat dari menara pandang. Pulau ini akan tampak memukau jika air laut tengah pasang, warna gradasinya terlihat jelas. Sayangnya, banyak bulu babi, sejenis hewan laut berada di Pulau Pandang sehingga setiap pengunjung yang ingin snorkeling harus ekstra hati-hati.

Panduan ke Pulau Pandang Batubara
Pulau Pandang dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut baik kapal motor maupun kapal tongkang
Retribusi masuk dan penginapan biasanya sudah termasuk dalam paket wisata atau open trip pulau Pandang sehingga wisatawan tidak perlu khawatir

7. Ada Danau Lau Tador, Satu-satunya di Batubara


danau laut tador

Siapa bilang Batubara tidak punya danau? Nih Danau Laut Tador yang memiliki luas sekitar 4 hektar dan sempat berjaya tahun 2014 silam. Namun tidak dapat disangkal jika Danau Laut Tador kini kondisinya sangat memprihatinkan. Akses ke lokasi yang tak bagus hingga kondisi danau yang jauh dari kesan terawat.

Padahal jika dikelola dengan baik, Danau Laut Tador memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan sebagai destinasi baru. Sayang banget ya?

Panduan Wisata ke Danau Laut Tador
Biaya: Tidak ada retribusi masuk karena memang tempat ini sepi dari pengunjung, kalau pun ada jumlahnya hanya sedikit
Akses: Lebih baik menggunakan motor atau roda dua karena jalan ke lokasi juga tidak terlalu bagus
Lokasi: Danau Laut Tador berada di Laut Tador, kecamatan Sei Suka, Batubara.

8. Dogi Park Waterboom Indrapura dan Taman Miniatur Dunia

dogi park waterboom

Kamu butuh tempat liburan keluarga yang juga asyik untuk anak-anak? nah Dogi Park Waterboom Indrapura ini adalah jawabannya. Obyek wisata Indrapura yang tak hanya mengandalkan sederet permainan air, di sini kamu juga bisa lho berfoto-foto mulai dari rumah terbalik, rumah hobbit hingga berbagai bangunan iconic di negara asing seperti spot hollywood hingga patung liberty New York. Pastinya ini versi miniatur ya.

Panduan Wisata Dogi Park Waterboom Indrapura
Setiap pengunjung masuk dikenai biaya Rp13.000/orang sedangkan biaya parkirnya Rp3.000
Dogi Park Waterboom berada di Desa Tanjung Kubah, tepatnya di jalan H. Barus Siregar, Kecamatan Indrapura, Batubara

9. Pantai Jono alias Pantai Perjuangan

pantai jono/perjuangan

Traveler, pantai Jono ini sering juga disebut pantai Perjuangan/Sujono. Asyik banget untuk kamu yang suka melihat sunrise atau sunset. Sebab itu, lebih baik datang ketika sore hari karena suasananya sudah adem dan sepi dari pengunjung sehingga lebih menikmati pergerakan matahari terbenam.

Fasilitas Pantai Jono sudah seru buat liburan, ada pondok-pondok di tepi pantai dan juga beragam kuliner sea food. Area wisata ini cukup luas sehingga sering juga diadakan sebagai lokasi event atau kegiatan. Berada di pantai Jono bakal bikin kamu betah memandangi laut yang begitu tenang.

Panduan Pantai Jono Batubara
Biaya masuk Pantai Jono kira-kira Rp5.000/orang dan termasuk biaya parkir
Lokasi Pantai Perjuangan alias Jono terletak di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras. Akses ke lokasi sudah sangat bagus dan bisa dilalui berbagai jenis kendaraan

10. Wisata Religi di Masjid Jamik Indrapura

Bangunan peribadatan ini sudah ada sejak 1920 silam dan hingga kini masih kokoh berdiri. Usianya yang seolah tak lekang oleh waktu menjadi simbol dari peninggalan bersejarah di masa Kesultanan Indrapura.

Panduan ke Masjid Jamik Indrapura
Kawasan Masjid Jamik Indrapura terbuka untuk umum namun, bagi para pengunjung tentu harus mematuhi aturan atau norma yang ada.
Masjid Jamik Indrapura berada di Air Putih, tepatnya di Tanah Merah, Kabupaten Batubara.

11. Pemandian Air Panas Sumber Padi (Papsmer)

pemandian air panas sumber padi

Sumber Padi adalah obyek wisata berupa pemandian air panas satu-satunya yang ada di Kabupaten Batubara. Sejak dibuka pada 2016 lalu, Pemandian Sumber Padi ini tidak pernah sepi dari pengunjung terutama pada musim liburan.

Baca: 15 Tempat Wisata di Kabupaten Samosir yang Wajib Didatangi

Selain terdapat beberapa spot pemandian yang dibuat oleh pengelola, Sumber Padi juga dibuka hingga malam. Kandungan air panasnya ini bisa untuk relaksasi. Pemandangan di sini juga tidak kalah menarik dan kental dengan suasana desa.

Panduan ke Pemandian Air Panas Sumber Padi
Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Sumber Padi sekitar Rp5.000/orang baik untuk anak-anak maupun dewasa. Jalan ke lokasi sudah bagus, bisa dilalui oleh roda 2 maupun 4
Lokasi Pemandian Air Panas Sumber Padi terletak di Desa Sumber Padi, Lima Puluh, Kabupaten Batubara.

12. Wisata Sejarah Batubara, Istana Niat Lima Laras

Kesultanan Melayu di Batubara pernah mengalami puncak kejayaan, hal tersebut terlihat dari bangunan bersejarah bernama Istana Niat Lima Laras. yang berada di Jalan Rakyat, Lima Laras, Kecamatan Tanjung Tiram.

Baca: 12 Tempat Wisata di Karo yang Menarik, Unik dan Recommended

Amat disayangkan sebenarnya, kondisi istana ini jauh sekali dari kesan terawat. Mulai dari warna cat yang pudar hingga kondisi Istana sendiri yang sangat mengkhawatirkan.

Panduan ke Istana Niat Lima Laras
Biaya masuk ke Istana Kedatukan Batubara ini gratis dan terbuka untuk umum.
Lokasi Istana Niat Lima Laras berada persis di Jalan Rakyat, tepatnya di ibukota Kabupaten Batubara, Lima Puluh. Karena berada di pusat pemerintahan, maka sangat mudah untuk diakses

Keberagaman Pariwisata Batubara serta kekayaan budaya Melayu tentu menjadi alasan mengapa sobat traveler harus datang ke kabupaten yang berbatasan dengan Serdang Bedagai ini. Sudah pilih destinasi Batubara yang ingin kamu telusuri? (AN/Th.E/TM)