MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Haranggaol Horison, Wisata Danau Toba di Simalungun

Haranggaol Horison, Wisata Danau Toba di Simalungun
Add Comments
Senin, 24 Juni 2019
haranggaol horison
Destinasi yang tersembunyi di Danau Toba. Inilah istilah yang cocok untuk Haranggaol Horison di Simalungun. Destinasi Geopark Kaldera Toba yang dulunya sempat ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki pemandangan ekstra menawan.

Haranggaol Horison

Terdiri dari 5 desa meliputi Purba Pasir, Sihalpe, Purba Horison, Nagori Purba dan Haranggaol serta berada di wilayah Pemkab Simalungun. tempat ini dikenal sebagai produsen ikan mas dan buah mangga terbaik. Selain itu, wisata Haranggaol Horison sebenarnya tak kalah menarik untuk dikunjungi.

1. Wisata Haranggaol Horison

wisata haranggaol
Disini sudah dibangun sebuah spot untuk menyaksikan pemandangan Danau Toba di Haranggaol Horison. Terdapat pula tempat selfie sekaligus pertanda jika daerah ini merupakan bagian dari Geopark Kaldera Toba.

Ketika travelingmedan.com berkunjung, spot tersebut sepi dan hanya ada beberapa orang tampak beristirahat. Di area tersebut, hamparan Toba terlihat memanjakan mata sejauh mata memandang. Begitu juga perbukitan hijau dan pemukiman penduduk di kejauhan.

Menuruni perbukitan dengan kendaraan motor, sisi kiri dan kanan jalan juga keren untuk difoto. Selain jadi petambak ikan, penduduknya disini memanfaatkan lahan untuk menanam bawang merah di sela-sela pohon mangga.

Setelah sampai di pemukiman penduduk, tim travelingmedan.com meneruskan perjalanan hingga ke ujung. Tujuannya mendapatkan lokasi yang nyaman hingga akhirnya tiba di sebuah hotel di Haranggol Horison yang juga sering dijadikan tempat berlibur oleh wisatawan.

Di hotel dengan desain bambu tersebut, terdapat area pemandian Danau Toba. Posisinya yang seperti di teluk membuat traveler bisa memandangi seluruh perbukitan. Begitu juga dengan Danau Toba yang tampak tenang.

2. Sisi Menarik dari Haranggol



Alkisah, destinasi Simalungun ini dahulu adalah tempat favorit raja-raja Batak untuk berlibur. Wajar saja, suasananya cukup tenang dan jauh pula dari keramaian. 

Menurut penuturan warga, ada juga goa di Haranggaol namun karena keterbatasan waktu, kami memilih untuk tidak menjelajah destinasi speologi tersebut.

Lain dari itu, produk pertanian Haranggaol berupa Mangga cukup familiar bagi orang Sumut sebab memiliki cita rasa yang lezat sama seperti buah mangga dari Pulau Sibandang

Kondisi jalan ke Haranggaol Horison memang tidak terlalu baik, jalan aspal belum hot mix dan tampak bolong di beberapa titik. Saat hujan turun, permukaan jalan pun tertutupi dengan bebatuan yang ikut tergerus oleh air.