MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Keren, Ada 9 destinasi di Danau Toba dan Parapat sekitarnya yang siap mendunia

Keren, Ada 9 destinasi di Danau Toba dan Parapat sekitarnya yang siap mendunia
Add Comments
Kamis, 30 Mei 2019
Wisata Danau Toba - Sesungguhnya Parapat dan Danau Toba tak bisa dipisahkan karena kota kecil di Simalungun tersebut dikenal sebagai salah satu pintu gerbang terhadap kawasan Pariwisata Toba. Meski diketahui jika perairan seluas 1.130 ini memiliki deretan destinasi tersembunyi.

Namun, Parapat bukanlah satu-satunya destinasi yang ada di Danau Toba, di sekitar wilayahnya yang dikelilingi 7 kabupaten sekaligus juga terdapat tempat-tempat wisata keren. Sederet spot lainnya juga bertambah seiring giatnya Traveler mencari tempat wisata baru di Danau Toba yang instagenik dan seru untuk dijelajah.

Tempat Wisata di Parapat dan Danau Toba

Traveling ke Parapat bukanlah hal sulit apalagi sarana ke destinasi geopark ini sudah diperhatikan. Traveler bisa menggunakan pesawat atau roda empat, touring ke berbagai destinasi Toba yang siap mendunia dan direkomendasikan oleh Traveling Medan berikut:

1. Situmurun, Wisata Alam Air Terjun di Danau Toba

air terjun situmurun
Berada di Desa Binangalom, Toba Samosir, Situmurun adalah salah satu air terjun unik di Sumatera Utara lantaran airnya langsung jatuh ke danau. Ketinggiannya yang mencapai 10 meter membuat Situmurun terkenal di mata para pelancong. Untuk mengunjungi Air Terjun Binangalom wisatawan bisa berangkat dari Pelabuhan Ajibata.

2. Aek Nauli Elephant Conservation

aek nauli elephant conservation
Singgahlah ke Aek Nauli Elephant Conservation jika Traveler mau berlibur ke Parapat sebab tempat ini baru saja dibuka untuk wisatawan. Di Aek Nauli pengunjung dapat berinteraksi dengan gajah-gajah yang lucu. Kawasan hutan khusus ini terbuka untuk umum dan bisa juga digunakan untuk camping dan kegiatan ekowisata lainnya.

3. Binahal Indah Resort, Alam Simalungun dengan Pemandangan Toba

binahal indah resort
Di Binahal Indah Resort Anda akan dimanjakan dengan view landskap Toba dari dataran tinggi Simalungun. Tempat wisata baru di Danau Toba ini mulai beroperasi sejak 2017 lalu, keindahannya tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Bukit Indah Simarjarunjung yang sudah terlebih dahulu populer.

4. Bukit Gajah Bobok yang Tersembunyi di Kabupaten Karo

bukit gajah bobok
Siapa tak tau Bukit Gajah Bobok? obyek yang merupakan tempat wisata tersembunyi ini ramai dikunjungi wisatawan usai Gunung Sinabung alami erupsi yang cukup berkepanjangan. Kehadiran Gajah Bobok yang lokasinya berada di Kecamatan Merek, dekat dari Tongging dan Sipiso-Piso menambah spot keren Danau Toba yang digandrungi pecinta alam untuk camping.

5. Sapo Juma yang Dipenuhi Taman Bunga Menawan di Tongging

sapo juma tongging
Jika membutuhkan destinasi di Danau Toba berupa taman bunga, maka Sapo Juma Tongging adalah pilihan terbaik. Pusat rekreasi keluarga di seputaran Tongging ini bukan hanya identik dengan bunga saja tetapi fasilitas homestay-nya juga patut dicoba. Potret keindahan Sapo Juma Tongging akan membuat Traveler bingung sangking banyaknya spot selfie yang disediakan oleh pengelola.

6. Bukit Holbung yang Pernah Viral

bukit holbung
Beranjak ke Samosir, ada pula Holbung si bukit hijau yang elegan. Berada di Desa Sihotang dan Janji Martahan, Bukit Holbung ini sempat viral karena keindahannya yang unik dengan kontur topografi nan unik. Dari sekian spot wisata yang pernah dibanjiri pengunjung usai viral di media sosial, Holbung bisa disebut sebagai wisata danau Toba yang hingga kini masih diincar oleh turis.

7. WaterFun Parapat, Wahana Air di Parapat

water fun parapat
Ke Parapat tak melulu mengunjungi Batu Gantung atau mandi-mandi di Danau Toba saja. Teman Traveling Medan patut mencoba Super 9 Water Fun Lake Toba yang ada di Siantar Hotel. Daya tarik obyek wisata Parapat ini ada pada permainan atau wahana air yang kesemuanya diletakkan di permukaan Toba.

8. Air Terjun Sipiso-Piso yang Begitu Melegenda

air terjun sipiso-piso
Ratusan tangga akan dijumpai bila Traveler berniat mengunjungi destinasi wisata Karo ini. Namun, lelah selama menuruni tangga akan hilang seketika setelah merasakan sensasi dingin dari percikan air yang dihembuskan oleh angin. Tempat wisata di Tongging ini merupakan rangkaian spot keren lainnya melengkapi Bukit Gajah Bobok dan Sapo Juma yang sudah disebutkan sebelumnya.

9. Sibandang, Pulau Terbesar yang Kedua di Kawasan Danau Toba

pulau sibandang
Taukah kamu? Samosir bukanlah satu-satunya pulau yang ada di Danau Toba. Di kabupaten Tobasa, terdapat pulau lainnya yang dinamai Pulau Sibandang. Pulau ini pun sudah dikelola dan dijadikan destinasi Toba oleh Kemenpar lewat beragam atraksi wisata seperti tenun ulos, pertunjukan kebudayaan Batak hingga wisata sejarah.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kota Tebing Tinggi

Di Parapat sendiri ada beragam pilihan destinasi keren yang patut dikunjungi. Diantaranya Batu Gantung Parapat dengan mitologinya, pun Monumen Kapal KM Sinar Bangun yang baru saja didirikan untuk mengenang kejadian beberapa waktu lalu hingga menikmati fasilitas menawan di hotel-hotel yang ada di Parapat.